Kesehatan

Kebutuhan Asupan Nutrisi bagi Perempuan Berbeda di Setiap Jenjang Usia

Pada setiap tahap kehidupan perempuan, keseimbangan antara nutrisi dan olahraga teratur menjadi faktor yang sangat menentukan. Hal ini patut menjadi perhatian perempuan untuk mendapatkan kesehatan tubuh prima serta untuk memenuhi kebutuhan energi dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Tuntutan pekerjaan dan keluarga membuat perempuan wajib memiliki kemampuan untuk mengetahui jenis-jenis nutrisi yang penting pada setiap fase usia. Pengetahuan itu dapat membantu perempuan mendapatkan keseimbangan alami tubuh serta menikmati hidup sehat.

Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman, mengatakan pada saat remaja perempuan sering kali tidak banyak berpikir saat memutuskan untuk mengkonsumsi makanan seperti pizza atau makanan cepat saji lain. Namun, seiring bertambahnya usia, asupan nutrisi menjadi penting untuk diperhatikan.

Berikut beberapa nutrisi dan hal penting lain bagi perempuan dalam menjalani jenjang usia:

Usia 20-an

Minum cukup air putih: Ketika anda sedang bergegas untuk menjalankan aktifitas seperti ke sekolah, ke kantor atau kegiatan sosial lain, sangat gampang untuk melupakan kondisi hidrasi tubuh anda. Meski banyak perempuan tahu bahwa tubuh yang terhidrasi dengan baik adalah kunci untuk melawan suhu panas tubuh akibat dari aktifitas yang dilakukan. Maka untuk mengatasinya, bawalah botol air besar bersama anda untuk setidaknya meminum dua liter air setiap hari.

Asupan nutrisi penting: Perhatikan asupan kalsium dan asam folat tubuh anda. Jangan lupa bahwa di usia 20-an anda tubuh anda masih membangun tulang. Tulang akan kuat jika setidaknya anda mengkonsumsi 1.000 mg kalsium setiap hari. Nutrisi tersebut bisa didapat dari beberapa jenis makanan seperti yoghurt, susu, tahu, sarden dll.

Usia 30-an

Perhatikan asupan kalori: Perempuan di usia 30-an seharusnya sudah tidak menerapkan pola makan seperti masa remaja. Di usia 30-an metabolisme mulai melambat dan perempuan mulai kehilangan massa ototnya. Ganti asupan makanan yang berasal dari olahan karbohidrat (roti dan kue) atau minuman manis anda dengan asupan makanan dari makanan segar dan air.

Sempatkan berolahraga: Massa otot perempuan akan menurun sekitar lima persen setiap dekade dimulai sejak usia 30-an. Untuk menjaga massa otot, tambahkan sedikit olahraga berat seperti angkat beban ke dalam porsi olahraga rutin anda. Selain itu, jangan lupa mengkonsumsi protein dalam jumlah yang memadai untuk membantu menghindari hilangnya massa otot.

Usia 40-an

Lindungi jantung anda: Kolesterol dan tekanan darah akan naik seiring semakin dekat anda dengan fase menopause. Lindungi jantung anda dengan olahraga rutin dan makan makanan sehat. Lebih baik untuk memilih sayuran berwarna hijau gelap dan buah-buahan segar.

Nutrisi penting adalah Vitamin D dan antioxidan: Di fase ini penting untuk memperhatikan asupan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D membantu tubuh anda untuk menyerap kalsium lebih baik. Selain itu, vitamin D membantu menjaga sistem imun tetap kuat serta membantu anda menghidari kanker payudara dan kanker usus besar. Perlu diingat simpanan vitamin D dalam tubuh akan menurun saat menginjak usia 40-an.

Antioxidan seperti vitamin A, C dan E membantu anda untuk mencegah atau menunda kerusakan sel yang akan menyebabkan penuaan. Makanan yang direkomendasikan pada fase ini adalah paprika merah, jeruk, wortel, ubi jalar dan kacang-kacangan.

Usia 50-an

Konsumsi lebih banyak serat: Berdasar data dari The National Heart, Lung and Blood Institute, pada perempuan, risiko penyakit jantung menjadi lebih tinggi ketika menginjak usia 50-an. Serat akan membantu menekan tingkat kolesterol dalam tubuh, yang akan berdampak baik pada kesehatan jantung anda. Serat juga menjaga anda untuk kenyang lebih lama guna membantu anda mengontrol berat badan anda.

Nutrisi penting adalah Omega 3 dan B12: Beberapa kajian memaparkan bahwa 10 persen hingga 30 persen orang berusia 50 tahun ke atas, kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin B12 dari makanan akan berkurang. Maka dari itu, perlu dipertimbangkan untuk menambahkan suplemen vitamin B12, serta meningkatkan asupan Omega 3 dengan mengkonsumsi makanan seperti ikan salmon, minyak ikan, dan lain-lain.

Usia 60-an lebih

Terus bergerak: Banyaknya waktu luang memberikan keuntungan tersendiri bagi anda ketika memasuki usia 60-an. Gunakan waktu luang ini untuk mendapatkan kegiatan baru seperti berwisata bersama pasangan, mengikuti kursus bahasa baru, atau berolahraga di taman kota dan kegiatan lain yang dapat melatih fisik dan kinerja otak secara rutin.

Asupan nutrisi ditambah dengan probiotik menjadi penting pada anda yang berada di fase usia ini. Kesehatan pencernaan kita berubah seiring bertambahnya usia. Berkurangnya bakteri bersahabat di tubuh kita diikuti menurunnya kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi penting. Maka dari itu, perlu mengkonsumsi probiotik untuk merangsang pertumbuhan bakteri bersahabat dalam tubuh.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Berbagai Pilihan Pangkas Rambut di Bintaro

    Berbagai Pilihan Pangkas Rambut di Bintaro

    Pada umumnya orang menginginkan penampilan dirinya rapi, bersih dan menarik untuk dilihat sehingga akan meningkatkan respek dari orang lain. Salah satu yang paling berperan untuk menunjang penampilan adalah rambut. Rambut yang rapi akan memberikan kesan yang positif terhadap seseorang, tentunya dengan kesan yang positif kita akan lebih mudah diterima dan dihargai orang lain. Tidaklah heran, apabila […]
  • MAXI Yamaha Day Menjelajahi Pontianak, Angkat Wisata dan CSR

    MAXI Yamaha Day Menjelajahi Pontianak, Angkat Wisata dan CSR

    Setelah Jawa dan Sumatera, event MAXI Yamaha Day bertandang ke Kalimantan. Untuk pertama kalinya akan diadakan di Singkawang Pontianak, Kalimantan Barat. Gebyar perhelatan akbar di Singkawang ini merupakan hasil kerjasama PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dengan main dealer PT Aneka Makmur Sejahtera. Kali ini digelar dua hari, Sabtu – Minggu (13 – 14 Juli 2019) […]
  • Permintaan Mobil Bekas Bluebird Group Tetap Tinggi di Tengah Masa Pandemi Covid-19

    Permintaan Mobil Bekas Bluebird Group Tetap Tinggi di Tengah Masa Pandemi Covid-19

    Situasi krisis -sebagaimana dua sisi mata uang- selalu menampilkan sisi terang dan sisi gelap dari suatu keadaan. Pandemi dari COVID-19 yang mewabah di hampir seluruh negara, dan di Indonesia sejak bulan Maret 2020, memberikan dampak yang besar terhadap hampir seluruh aspek kehidupan, tak terkecuali terhadap kegiatan bisnis dan industri di tanah air. Industri transportasi merupakan […]
  • Bridgestone Indonesia Menambah 10 Lokasi Outlet Resmi Baru Tahun 2020

    Bridgestone Indonesia Menambah 10 Lokasi Outlet Resmi Baru Tahun 2020

    PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), pemimpin global dalam Layanan Mobilitas Berkelanjutan dan Solusi Tingkat Tinggi, mengumumkan kesiapannya untuk menambah 10 Authorized Outlet baru dari Toko Model Bridgestone (TOMO)  sampai dengan akhir 2020 ini yang tersebar di seluruh wilayah indonesia. Kesepuluh TOMO Bridgestone tersebut hadir di beberapa lokasi yaitu: Tangerang, Jawa Barat (Sumedang dan Cikijing), […]
  • Xiaomi Menjadi Vendor Smartphone Terbesar Kedua Indonesia pada Kuartal Pertama 2018: Canalys

    Xiaomi Menjadi Vendor Smartphone Terbesar Kedua Indonesia pada Kuartal Pertama 2018: Canalys

    Pemimpin teknologi global, Xiaomi berhasil menempati posisi kedua dalam jajaran vendor smartphone terbesar di pasar Indonesia menurut laporan pengapalan smartphone Canalys untuk kuartal pertama 2018. Berdasarkan data laporan estimasi pengapalan smartphone Canalys yang diperbaharui setiap tiga bulan, Xiaomi telah mencapai posisi kedua terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 18,3 persen pada kuartal pertama 2018 […]
  • Blibli Menopang Industri Ritel Fashion dengan Jalin Kolaborasi Bersama Creativepreneur Fashion Lokal Ternama

    Blibli Menopang Industri Ritel Fashion dengan Jalin Kolaborasi Bersama Creativepreneur Fashion Lokal Ternama

    Pandemi COVID-19 yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan physical distancing telah mempengaruhi tingkat konsumsi terhadap berbagai produk, termasuk lifestyle. Keadaan ini membawa tantangan tersendiri bagi industri fashion di Ramadan tahun ini, sebuah musim yang umumnya identik dengan peningkatan bisnis karena didorong oleh perhelatan Hari Raya. Sebagai online superstore Indonesia, Blibli memperkuat peran dalam menopang industri ritel […]
  • Shopback Catat Peningkatan Transaksi hingga 3 Kali Lipat Selama Ramadan

    Shopback Catat Peningkatan Transaksi hingga 3 Kali Lipat Selama Ramadan

    ShopBack, platform gaya hidup yang mendukung masyarakat belanja hemat dan cermat, mencatat peningkatan transaksi hampir 3 kali lipat sepanjang Ramadan tahun ini, dengan rata-rata belanja hingga Rp 1,2 juta rupiah. Sementara itu, berdasarkan data historis Shopback, jumlah pemesanan dan transaksi meningkat tajam di minggu kedua Ramadan. Hal ini disebabkan di minggu tersebut kebanyakan dari masyarakat […]
  • Cetak Banyak dan Efisien dengan Printer Multifungsi Canon Pixma Ink Efficient E3470

    Cetak Banyak dan Efisien dengan Printer Multifungsi Canon Pixma Ink Efficient E3470

    Aktivitas mencetak dokumen dalam jumlah banyak dengan menggunakan printer inkjet identik dengan biaya yang mahal. Namun, tidak dengan printer terbaru dari Canon yang satu ini, PIXMA Ink Efficient E3470. Printer multifungsi yang dihadirkan melalui pt. Datascrip sebagai authorized distributor Canon di Indonesia ini dapat dapat mencetak dokumen dalam jumlah banyak dan tetap efisien dalam penggunaan […]
  • Lezatnya Bakso Rudal di Pasar Modern Bintaro Membuat Ketagihan

    Lezatnya Bakso Rudal di Pasar Modern Bintaro Membuat Ketagihan

    Apa hubungan antara bakso dan rudal? Rasanya tidak ada. Namun kalau rasa baksonya membuat kita kelenger, mungkin hanya di Bakso Rudal Pasar Modern Bintaro. Namun tentunya kelengernya beda dengan kelenger kena rudal betulan. Kalau di sini kelengernya karena kekenyangan. Memang banyak gerai kuliner di Bintaro yang menyajikan bakso memiliki berbagai kelebihan, masing-masing menawarkan positioning yang […]
  • Festival Jajanan Bango 2019 Satukan Semangat Puluhan Ribu Pecinta Kuliner untuk Dukung Regenerasi Pelestarian Kelezatan

    Festival Jajanan Bango 2019 Satukan Semangat Puluhan Ribu Pecinta Kuliner untuk Dukung Regenerasi Pelestarian Kelezatan

    Kecap Bango produksi PT Unilever Indonesia Tbk. kembali menghadirkan perhelatan kuliner akbar tahunan yang selalu dinanti puluhan ribu pecinta kuliner, yaitu Festival Jajanan Bango 2019 tanggal 16 – 17 Maret 2019 bertempat di di Area Parkir Squash, Gelora Bung Karno Senayan. Tahun ini, FJB 2019 yang bertema “Kelezatan Asli, Lintas Generasi” menyajikan kelezatan asli dari […]
  • Sekarang, Bayar SPP Sudah Bisa Pakai GoPay

    Sekarang, Bayar SPP Sudah Bisa Pakai GoPay

    Para orang tua dan wali murid kini dapat membayar SPP dan biaya pendidikan lain seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler dengan GoPay. Pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi Gojek di fitur GoBills. Saat ini ada sekitar 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah dan tempat kursus di Indonesia yang telah terdaftar di GoBills. Hal ini sejalan […]
  • Teknologi Gojek Bantu Upaya Nestle Indonesia dan Shell Lubricants Indonesia Dalam Pencegahan Covid-19

    Teknologi Gojek Bantu Upaya Nestle Indonesia dan Shell Lubricants Indonesia Dalam Pencegahan Covid-19

    Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, menjadi mitra strategis Nestlé Indonesia dan Shell Advance yang merupakan bagian dari lini bisnis Shell Lubricants Indonesia dalam melakukan edukasi pencegahan penyebaran COVID-19. Kolaborasi Gojek, Nestlé Indonesia dan Shell Advance diwujudkan dalam solusi Promogo, yaitu iklan berbasis teknologi yang ada di armada GoCar dan GoRide. Armada di kedua […]
  • Kopi Kenangan Menjadi Kopi Susu Kekinian Halal Pertama di Indonesia

    Kopi Kenangan Menjadi Kopi Susu Kekinian Halal Pertama di Indonesia

    Peritel minuman grab-and-go Kopi Kenangan memperkuat komitmennya dalam memberikan kualitas terbaik dengan menjadi penjual Kopi Susu kekinian pertama yang mendapatkan sertifikasi halal di Indonesia. Kopi Kenangan meresmikan kehadirannya sebagai penjual minuman yang telah memenuhi standarisasi halal dengan pemasangan plakat sertifikasi halal pada gerai Kopi Kenangan Epicentrum oleh CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata bersama […]
  • Si #Juaracepat GrabFood Siap Antar Menu Hokben Favoritmu Gak Pake Lama!

    Si #Juaracepat GrabFood Siap Antar Menu Hokben Favoritmu Gak Pake Lama!

    HokBen telah menjadi salah satu restoran cepat saji favorit masyarakat Indonesia. Beef Teriyaki? Ebi Furai? Egg Chicken Roll? Wah! Kebayang dong, kelezatannya! Kini, pelanggan dapat menikmati menu favorit HokBen mereka dengan lebih mudah, melalui layanan pesan-antar makanan GrabFood! Dengan rata-rata waktu pengantaran 29 menit, pesanan HokBen kamu akan tiba selagi hangat, dan siap memanjakan perut […]
  • Grab Bermitra dengan Kementerian Pertanian Memberi Kemudahan Akses Kebutuhan Pangan Selama PSBB

    Grab Bermitra dengan Kementerian Pertanian Memberi Kemudahan Akses Kebutuhan Pangan Selama PSBB

    Dengan implementasi Pembatasan Sosial Berskala Besar yang telah dimulai sejak 10 April 2020 di Jakarta, masyarakat diimbau untuk tetap tinggal di rumah agar dapat melandaikan kurva penyebaran virus COVID-19. Saat kita semua  terus beradaptasi pada kebiasaan baru untuk belajar, bekerja, dan beribadah  di rumah, Grab bekerja sama dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia serta berbagai mitra […]
  • Logitech Tingkatkan Penggunaan Plastik Daur Ulang Pasca-Konsumen Dalam Skala Besar

    Logitech Tingkatkan Penggunaan Plastik Daur Ulang Pasca-Konsumen Dalam Skala Besar

    Logitech International, perusahaan desain pemenang penghargaan dan pembuat produk periferal, mengumumkan komitmennya untuk memasukkan plastik daur ulang pasca-konsumen (post-consumer recycled) ke produknya dalam skala besar. Hal ini dilakukan dalam upaya mengurangi dampak karbon serta meningkatkan sirkularitas produk konsumen. Dalam waktu kurang dari satu tahun, portofolio produk dari Logitech akan menyertakan plastik daur ulang pasca-konsumen pada […]
  • Camping Bareng Keluarga di Maxi Yamaha Day Sulawesi

    Camping Bareng Keluarga di Maxi Yamaha Day Sulawesi

    Puncak Tinambung dipenuhi ratusan konsumen skutik MAXI Yamaha yang mengikuti event besar di tempat wisata di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan itu. Digelar selama dua hari, 27-28 Juli 2019, MAXI Yamaha Day berlangsung meriah dan penuh kebersamaan. Sudah tiga kali MAXI Yamaha diadakan di Sulawesi khususnya di Sulawesi Selatan. Area ini memiliki perkembangan MAXI Yamaha yang […]
  • Tokopedia Dukung Gerakan Nasional BanggaBuatanIndonesia lewat Berbagai Program

    Tokopedia Dukung Gerakan Nasional BanggaBuatanIndonesia lewat Berbagai Program

    Tokopedia berkomitmen mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia lewat berbagai program untuk pengusaha lokal. Selama pandemi COVID-19, pelaku usaha yang sudah memiliki kanal pemasaran daring dinilai lebih tangguh. Mereka berhasil membuat bisnis tetap berjalan sehingga lapangan pekerjaan pun tetap dapat dipertahankan. Presiden RI, Joko Widodo, di acara peluncuran gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang berlangsung hari ini, menyampaikan, “Dalam kondisi […]
  • UPJ Meluluskan Calon Pemimpin Inovatif di Era Disruptif

    UPJ Meluluskan Calon Pemimpin Inovatif di Era Disruptif

    Pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018 Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)  mengadakan acara Dies Natalis ke-7 dan Wisuda Sarjana ke-4 yang diselenggarakan di Theater Global Jaya School, Bintaro Jaya. Acara wisuda yang mengambil tema Innovative Leader In You ini dihadiri sekitar 350 orang undangan. Dalam acara ini, turut hadir Ir. Hiskak Secakusuma, MM, selaku Komisaris Grup […]
  • Nasti Craft, Inspirasi Bisnis Keluarga yang Go-digital

    Nasti Craft, Inspirasi Bisnis Keluarga yang Go-digital

    Lazada mengucapkan Selamat Hari Ibu untuk semua ibu di Indonesia, termasuk para ibu luar biasa yang menjalankan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam berbagai bidang. Sebagai perusahaan yang peduli akan pemberdayaan perempuan, Lazada sangat senang bisa menjadi bagian dari perjalanan UMKM, terutama yang dikelola para perempuan, yang terus berkembang melalui digitalisasi di platform eCommerce. Sebagai […]