KB & TK Islam Bintang Pagi Mengembangkan Kecerdasan Multi Dimensi Anak Melalui Metode Sentra

Dalam tahap perkembangan seorang anak, bermain adalah bagian yang terpenting. Karena dengan bermain seorang anak dapat belajar banyak hal yang menjadi dasar bagi kehidupannya nanti. Bermain merupakan cara yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan anak usia dini sesuai kompetensinya. Melalui bermain, anak memperoleh dan memproses informasi mengenai hal-hal baru dan berlatih melalui keterampilan yang ada. Selain itu bermain juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara fisik, sosial emosional, intelektual maupun kreativitasnya.

Menyadari pentingnya fase bermain bagi anak-anak, Karlina Yulianti, M.Pd, seorang dosen bidang pendidikan di Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), berkeinginan untuk mengaplikasikan ilmu yang dipelajarinya dalam bentuk yang nyata dengan mendirikan KB & TK Islam Bintang Pagi.

KB & TK Islam Bintang Pagi berlokasi di Jl. Cendrawasih II Blok A26 No. 10, Pondok Jurang Mangu Indah (PJMI).

kbi_bintang_pagi_info_bintaro_1

Sejak awal berdirinya pada Januari 2015, KB & TK Bintang Pagi mengembangkan metode pengajaran yang menekankan proses belajar mengajar melalui bermain yang dinamakan Metode Sentra.

Metode Sentra merupakan salah satu metode pembelajaran anak usia dini yang termasuk dalam Metode Creative Curriculum yang dikembangkan oleh Pamela Phelps di Florida, Amerika Serikat.

Perbedaan Metode Sentra dengan metode kelas yang konvensional adalah: dalam jika pada Metode Kelas semua anak bermain dan belajar di semua area pembelajaran setiap hari, sedangkan pada Metode Sentra anak belajar dan bermain dalam satu sentra bermain setiap harinya. Sentra bermain adalah zona atau area main anak yang dilengkapi dengan seperangkat alat permainan yang disesuaikan dengan tema sentra pada hari itu. Walaupun tema sentra pada satu hari merupakan tema yang spesifik, namun anak tetap mengaplikasikan apa yang sudah diperolehnya pada sentra yang lain.

Menurut Karlina, yang juga merupakan Master bidang Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), pada saat ini KB & TK Islam Bintang Pagi menerapkan 5 sentra dalam proses bermain-belajar siswa-siswanya, yaitu Sentra Bahan Alam, Sentra Main Peran Besar, Sentra Persiapan, Sentra Seni, Sentra Imtaq (Iman & Taqwa). Sentra-sentra ini dibagi dalam jadwal-jadwal: Senin untuk Sentra Bahan Dasar, Selasa untuk Sentra Peran Besar, Rabu untuk Sentra Persiapan, sedangkan Kamis minggu 1 & 3 untuk Sentra Seni dan Kamis minggu 2 & 4 untuk Sentra Imtaq. Lamanya kegiatan bermain-belajar setiap hari dari pukul 08.30-11.30.

Lebih lanjut Karlina memberikan contoh, misalnya pada hari Selasa jadwalnya adalah Sentra Peran Besar, saat anak datang pada pukul 08.30, kegiatan dimulai dengan menggambar. Setiap anak diberikan selembar kertas dan pinsil warna. Si anak diberikan kebebasan untuk mencoret-coret kertas gambar berdasarkan apa yang diimajinasikannya. Kemudian guru akan menanyakan kepada siswa apa yang digambarnya. Guru tidak boleh berkomentar atau mengkritik apapapun yang digambar si anak, Tujuannya proses ini supaya anak bisa mengungkapkan apa yang menjadi imajinasinya.

Setelah kegiatan menggambar, karena jadwal pada hari Selasa adalah Sentra Peran Besar, anak-anak diberikan seperangkat alat permainan untuk melakukan kegiatan jual-beli. Anak-anak pun diberikan kebebasan untuk menentukan perannya, apakah sebagai penjual, pembeli atau orang lain yang terlibat dalam suatu jual beli. Anak-anak diberikan kesempatan melakukan jual beli sesuai peran yang dipilihnya sesuai imajinasinya dalam jual beli. Peran guru disini cuma sebatas mengamati dan mengingatkan.

kbi_bintang_pagi_info_bintaro

Dalam membimbing, guru harus menggunakan bahasa dan cara yang positif. Kesalahan atau kenakalan anak tetap diberitahukan, namun dengan cara yang tidak membuat anak menjadi takut. Untuk itu, KB dan TK Islam Bintang Pagi menerapkan rasio guru dan siswa adalah 1 : 6, seorang guru hanya dapat membimbing maksimum 6 orang anak dalam setiap kelasnya. Hal ini bertujuan, agar guru dapat membagi perhatian secara cukup kepada masing-masing anak.

Karlina menambahkan, KB & TK Islam Bintang Pagi mengajarkan kepada anak-anak bahwa belajar itu merupakan pengalaman yang menyenangkan,. Melalui Metode Sentra yang dijalankan, setiap anak dapat mengalami perkembangan afeksi, estetik, bahasa, sosial dan psikomotorik secara wajar. Hal ini sejalan dengan slogan dari KB & TK Islam Bintang Pagi, Bersama Membangun Karakter Islami dan Kecerdasan Jamak.

kbi_bintang_pagi_info_bintaro_2

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut atau ingin mendaftarkan putra/i Anda yang berusia di bawah 4 tahun, silakan menghubungi Lina (0811 901 540) atau melalui email : sekolahbintangpagi@gmail.com. Dapatkan juga informasi mengenai KB dan TK Islam Bintang Pagi melalui Instagram @sekolahbintangpagi.

 

(ES)

Leave a Comment