Kuliner

Kangen Suasana Jogja? Silahkan Mampir ke Angkringan D’SO 114

Masih ingat dengan lagu Yogyakarta karya KLA Project? Lagu lawas yang liriknya bercerita tentang kerinduan seseorang akan Jogja, akan suasana dan kesederhanaannya. Memang Jogja bagi siapa pun yang pernah tinggal menetap atau sekedar mampir selalu membuat kangen. Ingat dengan Malioboro, ingat dengan keratonnya, ingat dengan lesehannya dan juga ingat dengan angkringannya. Ya, angkringan adalah salah ikon Jogja yang cukup populer, tidak saja bagi warga Jogja, namun istilah ini cukup dikenal masyarakat Indonesia pada umumnya.

Angkringan (berasal dari bahasa Jawa ‘ Angkring’ yang berarti alat dan tempat jualan makanan keliling yang pikulannya berbentuk melengkung ke atas) adalah sebuah gerobag dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang biasa terdapat di setiap pinggir ruas jalan di Jawa Tengah dan Jogja.

Murah dan terjangkau, itulah 2 kata yang tepat untuk harga makanan dan minuman yang disajikan di angkringan sekali pun dibandingkan antara berbagai kedai makanan yang menjamur di Jogja. Karena murahnya, angkringan menjadi tempat favorit para mahasiswa terutama saat kiriman uang dari orang tua belum tiba. Selain murah,angkringan juga dikenal karena variasi menunya yang beragam. Tidak heran, angkringan pun populer sebagai tempat nongkrong baik bagi para mahasiswa maupun warga Jogja.

Nah bagi Anda yang kangen dengan angkringan dengan aneka makanan dan minumannya, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Jogja. Di Bintaro pun ada angkringan yang menyajikan menu khas angkringan. Walau bukan menggunakan gerobak tapi suasananya dibuat mirip dengan suasana kedai makan sederhana di Jogja, begitu pun dengan harga-harga makanannya.  Yuk, kita meluncur ke Angkringan D’SO 114.

 
Angkringan D’SO 114 terletak di Jl. IKPN Bintaro No. 22. Lokasinya hanya berjarak sekitar 100 meter dari kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Terletak di lantai 2 sebuah bangunan sederhana, untuk mengaksesnya kita perlu naik tangga kayu. Dari situ kita bisa bersantap sambil menikmati suasananya yang khas Jogja sambil melihat pemandangan di sekitarnya dan merasakan semilir angin karena angkringan ini berkonsep open air. Karena lokasinya yang sangat dekat dengan kampus, angkringan ini juga menjadi tempat nongkrong ideal para mahasiswa/i. Jam buka Angkringan D’SO 114 setiap harinya dari pukul 17.00-22.00.

Angkringan D’SO 114 ini dimiliki oleh 4 sahabat yakni Agus Dwianto, Edwin Yusman, Sakti Setya dan Yophi Hananto. Sebelum membuka di Bintaro pertengahan Agustus 2017, Yophi dan rekannya Adi membuka angkringan di daerah Slipi. Tepatnya di Jl. Sulaiman No.6, RT.2/RW.4 Slipi, Jakarta. Adapun nama Angkringan D’SO 114 diambil dari jumlah ayat di Al-Quran.

Walaupun bernama angkringan, angkringan di sini lebih istimewa dibanding angkringan pada umumnya. Lebih tepat dibilang café daripada angkringan. “Kami memang ingin menaikkan kelas dari angkringan, menjadi lebih elit dengan suasana café,” jelas Agus Dwianto kepada Info Bintaro. Walaupun bersuasana cafe, namun soal harga, harga-harga makanan dan minuman di sini sangat terjangkau, bahkan untuk ukuran kantong mahasiswa sekalipun. “Dengan mengeluarkan Rp. 15 ribu saja, pengunjung bisa makan kenyang di sini,“ sambung Agus.

Menu-menu yang disajikan di sini adalah berbagai makanan yang lazim dijual di angkringan seperti nasi kucing dengan varian tempe, jamur, teri atau telor, nasi bakar, gorengan, sate usus (ayam), sate telur puyuh, keripik, tempe bacem, tahu bacem, ceker ayam dan lain-lain. Ditambah aneka minuman seperti teh jahe, teh tubruk, kopi jahe, wedang uwuh dll. Semua dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagi yang masih asing dengan istilah nasi kucing, nasi kucing yang dalam bahasa Jawa disebut dengan sego kucing adalah makanan khas dari Yogyakarta, Semarang, dan Solo di mana porsinya sedikit, ditambah sambal, ikan dan tempe serta dibungkus daun pisang. Kata “nasi kucing” berarti “nasi untuk kucing”, karena porsinya yang kecil. Kata tersebut berasal dari kebiasaan masyarakat Jawa yang memelihara kucing dan memberikan makanan untuk peliharaannya dengan porsi kecil.

BACA JUGA  Nongkrong Asyik Sambil Membahas Motor di Cleveland Cyclewerks Lounge

Menu makanan favorit di sini apalagi kalau bukan nasi bakar yang murah dan mengenyangkan. Uniknya, nasi bakar dan aneka satenya bisa dipanggang sendiri di atas anglo (tungku arang) yang terbuat dari tanah liat. Sambil menunggu nasi bakar dan sate matang dibakar, kita bisa ngobrol-ngobrol santai dengan rekan atau kekasih. O ya, anglonya bisa kita taruh di meja di hadapan kita lho! Jadi bukan anglo yang dipakai beramai-ramai.

Untuk minuman, yang menjadi favorit dari pengunjung Angkringan D’SO 114 adalah wedang uwuh. Wedang uwuh adalah minuman khas Jogja dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Pada awalnya wedang uwuh masih dalam bentuk bahan utuh berupa rempah-rempah asli, namun seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kepraktisan. Saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan, maupun bentuk celup.

Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat malam hari apalagi pada cuaca yang dingin.

Nasi Bakar
Wedang Uwuh
Sayap Ayam
Ceker Ayam
Kepala Ayam
Sate Telor Puyuh
Sate Kulit
Sate Ati Ampla
Sate Kerang
Jadah Bakar
Tungku Arang Untuk Membakar Nasi dan Sate
Tempe Bacem
Tahu Bacem
Bakwan

 
Nah, sangat menarikkan? Dimana lagi kita bisa menemukan tempat makan yang seasyik ini. Bernuansa akrab khas Jogja, berbagai makanan dan minuman yang enak dan mengenyangkan, harga-harganya pun sangat murah. Yuk…ditunggu ya…

Info lebih lanjut:

Angkringan D’SO 114
Jl. IKPN Pesanggrahan Bintaro Jakarta Selatan
Facebook: @dso.angkringan
Twitter: @dsoangkringan
Instagram: @dsoangkringan114
WA: 0858-9270-4842

 

(EGS)

 

Baca Juga

  • Heyfest! Dan Java Jazz Festival, Dua Festival Musik Paling Keren Di Bulan Februari Ini

    Heyfest! Dan Java Jazz Festival, Dua Festival Musik Paling Keren Di Bulan Februari Ini

    Bagi kamu para pecinta musik, ada dua event yang sangat keren yang tidak boleh kamu lewatkan di akhir pekan bulan Februari ini. Yakni HeyFest! Music Festival dan Java Jazz International Music Festival. Keduanya akan berlangsung hampir bersamaan di akhir bulan Valentine ini. HeyFest! Music Festival akan berlangsung pada hari libur weekend, pada Sabtu-Minggu, 29 Februari […]
  • Charles Francis Richter, Penemu Skala Gempa Bumi

    Charles Francis Richter, Penemu Skala Gempa Bumi

    Anda mungkin pernah mendengar skala gempa yang disebut Richter. Sebagai contoh, kejadian gempa di Lebak, Banten kemarin memiliki skala 6,1 Richter. Siapakah Richter? Charles Francis Richter (lahir 26 April 1900 – meninggal 30 September 1985 pada umur 85 tahun) Adalah ahli seismologi dari Amerika Serikat. Lahir di Hamilton, Ohio, menyelesaikan S3 nya di Institute Teknologi […]
  • Zap Clinic – Rangkaian Perawatan Kulit Wajah Dengan Tiga Teknologi Modern : Photo Facial

    Zap Clinic – Rangkaian Perawatan Kulit Wajah Dengan Tiga Teknologi Modern : Photo Facial

    Kulit wajah yang cantik dan sehat merupakan idaman setiap wanita. Namun panas, debu, kosmetik, ruangan ber-AC dan usia menyebabkan kesegaran kulit menurun. Untuk menutupi kulit wajah yang sudah tidak segar, sebagian wanita menggunakan kosmetik yang justru akan memperburuk kondisi kulit wajah. Zap Clinic, sebuah klinik kecantikan di Bintaro Xchange Mall dengan pelayanan hotel bintang 5 […]
  • Tips Praktis dalam Berbisnis Bersama Keluarga

    Tips Praktis dalam Berbisnis Bersama Keluarga

    Masih ingat bisnis keluarga Ayam Goreng Kalasan Borobudur (AGKB) yang sudah berdiri lebih 30 tahun di Jalan Borobudur Jelambar Baru? Ini merupakan bisnis keluarga. Simak beritanya: https://www.infobintaro.com/mau-coba-ayam-goreng-kremes-yang-umurnya-sudah-30-tahun/ Bisnis bersama keluarga? Tentu menjadi ide yang sangat baik. Mengingat jumlah pengusaha di Indonesia kurang dari 5%, yaitu sekitar 3,1% dari jumlah populasi. Yup, sangat sedikit bukan? Padahal […]
  • Telkomsel Gelar Pengalaman Teknologi 5G Pertama di Indonesia melalui ‘Telkomsel 5G Experience Center’

    Telkomsel Gelar Pengalaman Teknologi 5G Pertama di Indonesia melalui ‘Telkomsel 5G Experience Center’

    Setelah menjadi yang pertama menghadirkan teknologi 3G dan 4G bagi negeri tercinta, Telkomsel kini menjadi yang pertama kali menghadirkan pengalaman 5G di Indonesia. Sebagai “Official Mobile Partner’ Asian Games 2018, Telkomsel memberikan pengalaman eksklusif teknologi 5G kepada Indonesia melalui momentum Asian Games 2018 dengan menghadirkan ‘Telkomsel 5G Experience Center’. Melalui teknologi 5G, Telkomsel bertujuan untuk […]
  • AIA Perkuat Layanan di Medan Dengan Peresmian Kantor Baru

    AIA Perkuat Layanan di Medan Dengan Peresmian Kantor Baru

    PT AIA FINANCIAL (AIA) hari ini meresmikan kantor baru di Medan yang berlokasi di Lippo Plaza Medan, Jl. Imam Bonjol No. 6. Peresmian dilakukan oleh Ben Ng, Presiden Direktur, PT AIA FINANCIAL beserta jajaran manajemen AIA. Kantor baru ini menjadi pusat operasi dan layanan nasabah AIA di Medan dengan menggabungkan tim Agency, Bancassurance dan Customer […]
  • Menu Sarapan Pagi Untuk Pecinta Kuliner di Bintaro

    Menu Sarapan Pagi Untuk Pecinta Kuliner di Bintaro

    INFOBINTARO (IB) – Menu sarapan pagi biasanya tidak jauh dari roti, bubur ayam, atapun nasi uduk. Bagi yang tidak ingin menu terlalu berat, tapi tetap mengenyangkan, bubur bisa menjadi menu pilihan sarapanmu. Nah, untuk pencinta kuliner di Bintaro kamu bisa mencoba Bubur Ayam Monas yang lokasinya ada di depan RS Premier Bintaro/Lotte Mart. Bubur Ayam […]
  • Kekerasan Anak dan Peran Tenaga Kesehatan untuk Menanganinya

    Kekerasan Anak dan Peran Tenaga Kesehatan untuk Menanganinya

    Kasus kekerasan pada anak akhir-akhir ini makin marak terdengar. Menurut data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terjadi kasus kekerasan anak sebanyak 22.109 kasus yang terjadi antara tahun 20112016. Dengan latar belakang inilah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IMC Bintaro mengadakan seminar kesehatan “Peran Orang Tua dan Tenaga Kesehatan untuk Menghindari Kekerasan Pada Anak” pada hari […]
  • Wings Air Melakukan Proving Flight Tanjung Karang ke Krui

    Wings Air Melakukan Proving Flight Tanjung Karang ke Krui

    Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group menyampaikan perkembangan terkini sehubungan dengan pelaksanaan uji coba terbang awal (proving flight) pada hari ini telah berlangsung secara tepat, baik dan berjalan lancar. Operasional tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety, security, comfort first). Wings Air mengoperasikan salah satu armada tipe ATR 72-600, […]
  • Bintaro Dog Lovers, Wadah Pecinta Anjing di Bintaro dan Sekitarnya

    Bintaro Dog Lovers, Wadah Pecinta Anjing di Bintaro dan Sekitarnya

    Anjing adalah binatang peliharaan yang dikenal setia. Tingkah polah anjing yang lucu menyebabkan anjing merupakan binatang peliharaan favorit. Hasil survey kepemilikan hewan peliharaan di Amerika Serikat pada tahun 2007-2008 menunjukkan popularitas anjing sebagai hewan peliharaan sebesar 38,7% yang tertinggi dibanding semua jenis hewan peliharaan. Pada waktu belakangan ini, tren untuk memelihara anjing semakin meningkat di […]
  • Memahami Obesitas dan Cara Mengatasinya – Seminar Awam RS Omni Alam Sutera

    Memahami Obesitas dan Cara Mengatasinya – Seminar Awam RS Omni Alam Sutera

    Saat ini semakin baik kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan diri. Hal ini ditandai dengan banyaknya para ibu yang hadir di seminar obesitas yang diselenggarakan RS Omni Alam Sutera pada hari Sabtu, 9 September 2017. Sekilas Tentang Obesitas Obesitas atau penumpakan lemak berlebih merupakan sebuah kondisi kronis di mana terjadinya penumpukan lemak berlebih di dalam […]
  • Sejarah Hari Kesetiakawanan Nasional yang Diperingati Setiap 20 Desember

    Sejarah Hari Kesetiakawanan Nasional yang Diperingati Setiap 20 Desember

    Perang mempertahankan kemerdekaan yang terjadi dari tahun 1945 hingga tahun 1948 mengakibatkan permasalah sosial semakin bertambah jumlahnya. Kementerian Sosial menyadari bahwa untuk menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial tersebut diperlukan dukungan menyeluruh dari unsur masyarakat. Oleh sebab itu, maka pada bulan Juli 1949 di kota Yogyakarta, Kementerian Sosial mengadakan Penyuluhan Sosial bagi tokoh-tokoh masyarakat dan Kursus […]
  • Nissan Memulai Pengiriman New Terra Ke Pelanggan

    Nissan Memulai Pengiriman New Terra Ke Pelanggan

    Nissan mengumumkan pengiriman new Terra ke pelanggan telah dimulai sejak Desember 2018. Pada seremoni penyerahan kendaraan kepada pelanggan yang diadakan di Jakarta Selatan pada 21 Desember 2108, Nissan menyerahkan New Terra dengan tipe VL 2WD dengan warna twilight grey. “Sebagai penggemar mobil SUV dengan ukuran yang besar, saya memilih new Nissan Terra yang menawarkan tenaga […]
  • CIMB Niaga Namaste Festival 2018 Ajak Budayakan Gaya Hidup Sehat dan Ramah Lingkungan

    CIMB Niaga Namaste Festival 2018 Ajak Budayakan Gaya Hidup Sehat dan Ramah Lingkungan

    PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali berkolaborasi dengan Namaste Festival akan menggelar CIMB Niaga Namaste Festival (CNNF) 2018 di Klub Bimasena, Hotel Darmawangsa Jakarta, pada 26-28 Oktober 2018 mendatang. Mengusung tema “Magnifying Gratitude”, CIMB Niaga memberikan dukungan penuh sebagai sponsor utama festival yang menyatukan berbagai komunitas, praktisi yoga, serta aktivis dan praktisi kesehatan […]
  • Sienta Pop Up Playground, Ajang Bertemunya Para Pecinta Anjing

    Sienta Pop Up Playground, Ajang Bertemunya Para Pecinta Anjing

    Anjing merupakan hewan peliharaan yang dikenal sebagai sahabat manusia. Tingkah lakunya yang lucu dan bersahabat membuat banyak orang yang menyukai anjing sebagai hewan peliharaan di rumah. Tidak heran dari waktu ke waktu pecinta anjing makin bertambah. Untuk menampung animo masyarakat pecinta anjing, Living World Alam Sutera dengan disponsori oleh Toyota Sienta mengadakan acara yang bertajuk […]
  • Huawei Mendobrak Standar Smartphone dengan Huawei Mate 30 Series

    Huawei Mendobrak Standar Smartphone dengan Huawei Mate 30 Series

    Huawei meluncurkan HUAWEI Mate 30 Series yang menggebrak pasar smartphone di acara peluncuran eksklusif di Munchen. Menentukan standar baru di setiap area, mulai dari desain estetika hingga perangkat keras dan inovasi perangkat lunak, HUAWEI Mate 30 Series merupakan smartphone pertama dengan 5G generasi kedua dan puncak dari perkembangan teknologi mobile. Memanfaatkan keahlian Huawei dalam teknologi […]
  • Warung Jajan Veteran, Tempat Nongkrong Murmer Yang Tidak Murahan

    Warung Jajan Veteran, Tempat Nongkrong Murmer Yang Tidak Murahan

    Bersosialisasi merupakan bagian keseharian kita sebagai makhluk sosial. Setiap orang membutuhkan waktu untuk bersama rekan mau pun keluarga baik sekedar untuk ngobrol santai sampai dengan membicarakan hal seperti urusan sekolah, pekerjaan atau bisnis. Namun sayangnya, tidak semua tempat pertemuan untuk bersosialisasi (baca : tempat nongkrong) terjangkau bagi kantong kebanyakan orang, khususnya bagi anak muda yang […]
  • Penandatanganan MoU Summarecon dengan PT Toyota Housing Indonesia

    Penandatanganan MoU Summarecon dengan PT Toyota Housing Indonesia

    PT Summarecon Agung Tbk. terus membuktikan komitmennya dalam menghadirkan inovasi dalam industri properti, salah satunya yaitu dengan menggandeng perusahaan kelas dunia untuk menghadirkan produk berkualitas di kawasannya. PT Summarecon Agung Tbk. melalui anak perusahaannya yaitu PT Summarecon Property Development melakukan kerjasama dengan PT Toyota Housing Indonesia yang merupakan anak perusahaan Toyota Housing Corporation Ltd. Dari […]
  • Pentingnya Pendidikan Musik Bagi Anak

    Pentingnya Pendidikan Musik Bagi Anak

    Tahukah Anda bahwa pendidikan musik banyak sekali memberikan kontribusi bagi perkembangan dan keseimbangan rasional, emosional intelektual dan kesadaran estetis. Banyak sekali hasil penelitian yang memberikan informasi kepada kita tentang pentingnya pendidikan seni khususnya musik bagi perkembangan anak, berikut beberapa hasil penelitian yang penulis rangkum dari Bulletin of the Council for Research in Music Education, di […]
  • Dekke Naniura, Menu Istimewa Para Raja Batak Tempo Dulu

    Dekke Naniura, Menu Istimewa Para Raja Batak Tempo Dulu

    Bangsa Indonesia memiliki budaya yang begitu kaya dan tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain. Bila Bangsa Jepang memiliki menu Sushi, yang sekarang cukup ‘ngetren’ di Indonesia, berupa ikan yang tidak dimasak, Bangsa Indonesia juga memiliki menu dari ikan yang tidak dimasak, yaitu Dekke Naniura. Dekke Naniura merupakan masakan yang berasal dari Tapanuli Utara. Dulunya, Dekke Naniura ini hanya […]