Sab. Okt 19th, 2019

Kangen Dengan Masakan Suroboyo-an? Di Pecel Pincuk Godong Ijo Rasa Kangen Itu Bisa Terobati

Bagi Anda yang berasal dari Surabaya, atau yang pernah tinggal di Surabaya tentu tahu kepopuleran kuliner nasi pecel. Dari mulai kelas kaki lima sampai dengan di resto-resto elit, hidangan khas Surabaya ini dengan mudah dapat ditemui. Popularitas nasi pecel seperti nasi pecel Ketabang Kali dekat Tunjungan Plaza atau nasi pecel Pandegiling demikian tersohor, sehingga menimbulkan rasa kangen bagi ‘arek-arek Suroboyo’ yang sudah bermukim di berbagai kota di Indonesia.

Tidak mudah menemukan gerai kuliner yang menyajikan nasi pecel seenak di Surabaya di wilayah Bintaro. Kompromi dengan lidah setempat seringkali membuat kekhasan suatu menu kuliner berubah dari aslinya. Namun hal ini tidak terjadi di Pecel Pincuk Godong Ijo.

Gerai Pecel Pincuk Godong Ijo berada di 2 lokasi yaitu di Sektor 9. Di Sektor 1 lokasinya berada di Jl. Taman Bintaro Raya No. 07 Bintaro Sektor 1. Lokasinya berada di pojokan pertemuan antara Jl. Bintaro Taman Barat, Jl. Cempaka dan Jl. Taman Bintaro. Sedangkan di Sektor 9 lokasinya berada di area Gedung Anita Salon, Jl. Bintaro Utama 9. Gerai yang di Sektor 9 merupakan pusat dari Pecel Pincuk Godong Ijo, sedangkan gerai di Sektor 1 merupakan cabangnya. Hal ini menjadi penting, karena di buku menu tidak semua menu tersedia di semua gerai. Ada menu-menu tertentu yang hanya tersedia di Pusat dan ada yang hanya di Cabang. Penandaan dari menu-menu yang hanya tersedia di suatu gerai ditandai dengan ‘Pusat’ atau ‘Cabang’ dalam tanda kurung.

Info Bintaro akan mengulas gerainya yang berada di Sektor 1. Soal rasa dan kualitas antara kedua gerai ini sama, karena manajemennya membuat standarisasi dalam bahan, bumbu dan cara memasak menu-menunya. Pembelian bahan dan bumbu dilakukan melalui sumber-sumber yang sama.

pecel_pincuk_godong_ijo_info_bintaro_1

Jika kita baru pertama kali datang ke gerai di Sektor 1 ini mungkin kita akan berpikir lahan parkirnya sempit, apalagi kalau kita datang menjelang jam makan siang, dimana mobil-mobil berjejer di halaman parkirnya. Namun jika sudah melihat secara keseluruhan area yang digunakan oleh gerai, kita akan melihat lahan parkirnya cukup luas, terutama lahan parkir bagian belakang yang berada di Jl. Taman Bintaro.

Jika masuk dari bagian depan dari gerai ini, kita akan segera melihat saung-saung kayu yang dipelitur warna coklat tua khas Jawa Timur. Kita dapat memilih jika kita ingin ‘cangkruk’ sambil menyantap menu-menu pilihan kita di saung-saung yangberalaskan tikar ini. Namun jika kita lebih menyukai bersantap di ruangan yang sejuk ber-AC, kita dapat memilih di ruang utama yang cukup lega. Meja kursi pengunjung di ruang utamanya standar resto.

BACA JUGA  Kuliner di Bintaro Sate Taichan Khas Dengan Rasa Pedas, Asin dan Asem!

Menu andalan Pecel Pincuk Godong Ijo tentulah Pecel sendiri. Kita bisa memilih Pecel Komplit menggunakan nasi atau lontong. Pencelnya menggunakan piring anyaman rotan yang dialasi daun pisang segar. Isi dari Pecel Komplit ini terdiri dari berbagai sayuran seperti bayam, daun singkong, kacang panjang, tauge dan daun kecipir yang disiram dengan bumbu kacang beraroma jeruk yang kental, dilengkapi rempeyek kacang yang garing, tempe goreng, perkedel kentang, tempe orek dan serundeng. Kekhasan kuliner Surabaya terasa dari bumbu pecelnya yang manis dan sedikit asam dan sangat terasa kekentalan kacang tanahnya.

pecel_pincuk_godong_ijo_info_bintaro

Menu lainnya yang patut dipertimbangkan adalah Rawon. Rawonnya berkuah kental berwarna hitam kecoklatan dan terasa asin asam. Aroma khas rawon tercium semerbak saat kita mengaduk kuah rawon yang disajikan panas dengan taburan bawang goreng. Dagingnya bisa dikatakan cukup banyak untuk ukuran menu rawon dan saat dikunyah tidak alot. Sepotong tempe goreng yang juga masih panas, sepotong telur asin, tauge, sambal ulek dan kerupuk udang besar, tersaji dalam mangkok siap menemani acara bersantap Anda. Bagi Anda yang kangen dengan rawon khas Suroboyo di tempat asalnya, dengan menyantap paket rawon ini, rasa kangen itu akan terobati.

pecel_pincuk_godong_ijo_info_bintaro_2

Tidak hanya pecel dan rawon, berbagai menu khas Surabaya tersedia, seperti Rujak Cingur, Soto Gubeng, Soto Ayam Suroboyo, Sayur Lodeh Tewel, maupun Tahu Telor. Bagi Anda yang ingin menyantap menu-menu yang ‘umum’, banyak pilihan yang bisa Anda pesan, seperti Lele Goreng/Penyet, Mie Jawa Goreng/Kuah, Nasi Goreng Kampung, Bandeng Presto, Sego Jagung, maupun paket lauk seperti ayam goreng/bakar, bebek goreng/bakar, empal, berbagai pepes, dll. Jangan lupa memesan es blewah khas Surabaya yang manis segar, yang sulit Anda temukan di berbagai wilayah di Jabotabek.

Pecel Pincuk Godong Ijo juga menyediakan paket Nasi Tumpeng untuk berbagai acara. Untuk pemesanan, Anda menghubungi langsung ke gerainya, yaitu Sektor 1 021 – 737 7097 / 737 7108 dan Sektor 9 021 – 7149 4863 / 9828 4493. Pecel Pincuk Godong Ijo buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00 (Sektor 1) dan pukul 08.00 – 19.00 (Sektor 9).

BACA JUGA  Mau Coba Ayam Goreng Kremes yang Umurnya Sudah 30 tahun?

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan