Rab. Nov 20th, 2019

Juaranya Sop Buntut : Sop Buntut Ibu Samino Senayan

Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, hal ini pas sekali kalau kita melihat panjangnya pengalaman dari bisnis kuliner Sop Buntut Ibu Samino Senayan. Walau pun dimana-mana dengan mudah kita menemukan gerai kuliner yang menyajikan hidangan sop buntut, namun soal rasa sulit menandingi lezatnya Sop Buntut Ibu Samino ini. Betapa tidak, berangkat dari sebuah rombong (gerobak), kini Sop Buntut Ibu Samino ada di berbagai tempat di Jakarta, Bandung, Solo  dan berbagai kota lainnya. Salah satunya yang berada di Kampung Kuliner, Bintaro Sektor 9.

gerai_sop_buntut_ibu_samino
Ciri khas gerai yang bernuansa kuning dan hijau tetap dipertahankan sampai sekarang

Perjalanan panjang Sop Buntut Ibu Samino Senayan, bermula dari tahun 1973. Pasangan suami istri Bapak Samino dan Ibu Sriyati yang berasal dari Wonogiri mulai menjajakan sop buntut di belakang gedung Hotel Atlit Senayan. Kelezatan bumbu racikan Ibu Samino membuat lama kelamaan usaha kaki lima ini makin terkenal dari mulut ke mulut. Pengunjung dari gerobak sop buntut suami istri ini pun makin ramai, hingga banyak pejabat dan tokoh penting Indonesia, termasuk mantan presiden SBY, yang suka memesan sop buntut di sini. Jejak kepopuleran Sop Buntut Ibu Samino ini masih terlihat sampai sekarang. Gerai utamanya di Senayan masih dibanjiri pengunjung, terutama saat jam makan siang. Begitu ramainya pengunjung yang ingin bersantap di sini, sehingga sering timbul antrian pengunjung untuk sekedar mendapatkan tempat duduk.

Saat ini usaha ini sudah diteruskan oleh keempat anaknya dengan bumbu racikan yang masih sama seperti dulu. Berawal dari Senayan, lama kelamaan usaha ini makin tersebar ke berbagai daerah. Berdasarkan informasi yang diperoleh Info Bintaro, permintaan untuk membuka gerai di berbagai kota terus mengalir. Walau pun usaha ini telah berubah menjadi industri kuliner yang besar, namun ciri khas awal usaha ini tetap dipertahankan, yaitu kesederhaan penampilan dari gerainya dengan lebih mengutamakan kelezatan dari menu-menu utamanya. Di setiap gerainya, kita tidak akan menemukan penataan interior dan furniture yang ‘wah’, semuanya masih memiliki ciri warung makan tradisional.

sop_buntut_ibu_samino
Sop Buntut Biasa

Menu andalan dari Sop Buntut Ibu Samino ini tentu saja sesuai namanya yaitu Sop Buntut. Walau pun saat ini berbagai menu seperti ayam dan bebek tersedia, namun kebanyakan pengunjung lebih banyak yang ingin merasakan kelezatan sop buntut yang sudah sangat tersohor itu. Ada 3 varian sop buntut yang menjadi favorit, yaitu Sop Buntut Biasa, Sop Buntut Goreng dan Sop Buntut Bakar. Rahasia kelezatan menu sop buntut dari Sop Buntut Ibu Samino ini terletak pada lembutnya daging sapi yang disajikan dengan lezatnya kuah sop yang panas mengepul menggunakan bumbu racikan sesuai resep Ibu Samino. Aroma daging sapi yang kuat menambah nikmatnya makan.

BACA JUGA  24 Es Krim Rasa Buah ala Meksiko

Untuk memenuhi selera pengunjung yang bervariasi, Sop Buntut Ibu Samino Senayan mengembangkan berbagai menu seperti Ayam/Bebek Goreng Biasa, Ayam/Bebek Kremes, Ayam/Bebek Bakar dan Konro Bakar, yang juga menjadi menu-menu favorit disamping sop buntut. Menu-menu lainnya juga tersedia, seperti Aneka Menu Soto, Aneka Menu Ayam Kampung, Nasi Gudeg, Nasi Pecel, Lele, Menu Tumisan, Menu Pepes, Menu Snack & Gorengan dan Aneka Menu Minuman.

sop_buntut_ibu_samino_senayan_bintaro
Ayam Goreng Kremes

Menu-menu lainnya permintaanya tidak setinggi menu sop buntut, namun soal rasanya tidak kalah dengan tempat lain. Misalnya seperti Menu Ayam Goreng Kremes, ayam gorengnya cukup lembut dengan ukuran yang sedang karena menggunakan ayam kampung. Kekuatannya adalah di kremes dan sambal yang disajikan. Kremesnya sangat renyah dengan bumbu yang terasa. Sambalnya ada jenis, sambal ijo dan sambal merah.

Dengan hadirnya Sop Buntut Ibu Samino Senayan, warga Bintaro tidak perlu jauh-jauh jika ingin menikmati sop buntut yang lezat. Sop Buntut Ibu Samino Senayan juga menyediakan paket nasi kotak untuk berbagai acara seperti arisan, pesta ulang tahun, acara kantor, dsb, dan juga pesanan antar di tempat. Untuk delivery order silakan menghubungi :

Sop Buntut Ibu Samino Senayan
Kampung Kuliner
Belakang McD, Bintaro Sektor 9
Telp. 0851 0055 8896

 

(ES)

 

 

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan