Berita Utama

Jual Alkes Berkualitas Rendah dan Harganya Mahal,Kemendag Tutup Ratusan Akun Pedagang Daring

Selain membahas realokasi dan refokusing anggaran dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, perlawanan terhadap COVID-19 juga dilakukan Kementerian Perdagangan melalui pengawasan perdagangan daring.

“Masih ada pedagang yang nekat menjual alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer berkualitas rendah di tengah kondisi sulit pandemi COVID-19,” tegas Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan, dalam RDP tersebut, Rabu (22/04).

Oke melanjutkan, untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen, Kementerian Perdagangan melakukan pengawasan secara intensif di semua platform lokapasar (marketplace). Selama pengawasan dilakukan, Kementerian Perdagangan telah berhasil menjaring 169 pedagang yang menjual alat kesehatan berkualitas rendah dan 143 pedagang yang menjual bahan pangan di atas harga eceran tertinggi.

“Secara total terdapat 312 akun pedagang daring di semua lokapasar yang diberikan sanksi dengan menutup (takedown) akunnya dan menghilangkan tautan (link) dari toko daring (merchant). Perusahaan atau mereka yang memanfaatkan situasi pandemi COVID-19 ini dengan menjual produk alat kesehatan berkualitas rendah dan menjual harga kebutuhan pokok secara tidak wajar di atas harga eceran tertinggi (HET) seperti diatur dalam Permendag No. 7 Tahun 2020, tentu dikenakan sanksi berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 dan bahkan UndangUndang Perdagangan No. 7 Tahun 2014,” tambah Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Veri Anggrijono.

Veri mengungkapkan, produk alat kesehatan yang terindikasi menjual dengan harga tinggi dan berkualitas rendah, yaitu hand sanitizer (95 pedagang daring di 9 lokapasar), masker (25 pedagang daring di 8 lokapasar), dan produk kalung Virus Shut Out (49 pedagang daring di 8 lokapasar).

“Sedangkan produk barang kebutuhan pokok yang terindikasi menjual di atas HET adalah gula kristal putih atau GKP (terkait harga) sebanyak 53 pedagang daring di 8 lokapasar, 52 pedagang daring minyak goreng (terkait harga) di 8 lokapasar, 38 pedagang daring bawang putih (terkait harga) di 5 lokapasar, dan 3 pedagang daring gula kristal rafinasi atau GKR (tidak sesuai peruntukan) di 1 lokapasar,” ujar Veri.

Pengawasan terkait dengan harga juga dilakukan terhadap produk makanan yang dikemas ulang (repacking) dan daging beku yang dijual melalui lokapasar dan media sosial. “Saat ini pedagang GKR sedang dalam proses tindak lanjut pemeriksaan. Sedangkan, untuk produk makanan yang dikemas ulang dalam proses tindak lanjut penegakan hukum berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan bahkan Undang-Undang Pangan, serta untuk daging beku masih dalam proses pengawasan,” ujar Dirjen Veri.

Menurut Veri, Kemendag telah mengantisipasi pelanggaran kegiatan perdagangan daring dengan memanggil operator niaga elektronik untuk mengikuti aturan yang ada dan menguatkan perlindungan konsumen sehingga tidak ada pelanggaran dalam kegiatan perdagangan.

“Setiap pelaku usaha yang tidak taat aturan akan ditindak tegas. Penerapan sanksi kepada para pedagang mengacu kepada Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 dan UndangUndang Perdagangan No. 7 tahun 2014,” kata Veri.

Selain melakukan pengawasan barang dalam perdagangan daring, Kemendag juga telah menerima total 127 pengaduan terkait niaga elektronik dari 2018 sampai dengan 2020. Pada 2018 Kementerian Perdagangan menerima sebanyak 44 jumlah pengaduan, pada 2019 sebanyak 76 pengaduan, dan pada 2020 sebanyak 7 pengaduan.

Pengaduan niaga elektronik meliputi pembelian barang yang tidak sesuai dengan perjanjian (barang yang datang berbeda dengan yang ditampilkan pada iklan); barang yang dibeli tidak datang (belum diterima oleh konsumen); barang yang sampai rusak/tidak bisa digunakan; pembatalan sepihak yang dilakukan pelaku usaha; waktu kedatangan barang tidak sesuai yang diperjanjikan; pengembalian dana (refund) yang sangat lama; dan terjadi penipuan pada sistem lokapasar yang menyebabkan kerugian pada konsumen.

“Penyelesaian pengaduan yang telah dilakukan berupa penggantian barang pelaku usaha dan/atau mengembalikan dana secara tunai,” ujar Veri.

Veri menegaskan, Kemendag melakukan berbagai upaya melindungi konsumen dalam perdagangan daring ini, di antaranya melalui penyebarluasan iklan layanan masyarakat terkait hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berbelanja secara daring dan edukasi terkait hak-hak konsumen, seperti melaksanakan gelar wicara dan kegiatan penyelesaian pengaduan.

Pengaduan konsumen untuk permasalahan niaga elektronik dapat dilakukan melalui WhatsApp: 0853 1111 1010, surel: pengaduan.konsumen@kemendag.go.id, hotline: 0213441839, situs web: www.siswaspk.kemendag.go.id, atau datang langsung.

Sementara itu, khusus perlindungan konsumen dalam perdagangan berjangka komoditi, Kementerian Perdagangan sedang memfinalisasi rancangan peraturan tentang pengaduan nasabah secara daring untuk memudahkan keluhan nasabah. “Draf rancangan peraturan menteri perdagangan telah selesai. Saat ini sedang tahap finalisasinya,” ujar Dirjen Veri.

“Ke depan, sesuai kesepakatan dengan Komisi VI DPR RI, Kemendag akan menguatkan layanan pengaduan perdagangan dan perlindungan konsumen, khususnya di tengah kondisi sulit pandemi COVID-19 ini,” pungkas Sekjen Oke Nurwan.

(EGA)

 

Baca Juga

  • Oppo Luncurkan F7, Selfie Expert dengan Teknologi AI Beauty 2.0 Terbaru

    Oppo Luncurkan F7, Selfie Expert dengan Teknologi AI Beauty 2.0 Terbaru

    OPPO, Selfie Expert dan Leader, resmi meluncurkan OPPO F7 di Indonesia. Seri terbaru Selfie Expert yang ditenagai oleh Artificial Intelligence (AI) ini akan membawa teknologi smartphone ke jenjang yang lebih tinggi. Hadir dengan tiga warna pilihan; Solar Red, Moonlight Silver, dan Diamond Black, OPPO F7 dijual dengan harga Rp4.199.000,-. Warna Solar Red dan Moonlight Silver […]
  • Modalku dan Zilingo Bekerja Sama untuk Dukung Perkembangan Merchant e-Commerce di Indonesia Melalui Modal Usaha

    Modalku dan Zilingo Bekerja Sama untuk Dukung Perkembangan Merchant e-Commerce di Indonesia Melalui Modal Usaha

    Modalku, platform Peer-to-Peer (P2P) lending digital yang menghubungkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pemberi pinjaman individu dan institusi, dan Zilingo, salah satu platform penjualan terkemuka, telah memulai kerja sama yang bertujuan untuk menyediakan solusi pendanaan bagi para pedagang (merchant) Zilingo melalui proses digital yang efisien. Berdasarkan 2018 ASEAN SME Transformation Survey dari UOB, […]
  • Menguji Kemampuan Menghadapi Ujian Nasional : Tryout Nasional Universitas Pembangunan Jaya

    Menguji Kemampuan Menghadapi Ujian Nasional : Tryout Nasional Universitas Pembangunan Jaya

    Untuk memberikan pengalaman bagi siswa SMA yang sebentar lagi akan menyelesaikan pendidikannya di bangku SMA, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) mengadakan Tryout Nasional yang berlangsung pada Sabtu, 25 Maret 2017, mulai pukul 09.00 di kampus UPJ, Jl. Cendrawasih No. 65, Sawah Baru, Ciputat. Tryout ini terbuka diikuti oleh para siswa kelas 3 SMA, maupun lulusan SMA yang […]
  • Clean Bandit – Live In Jakarta I Miss You Tour 2018

    Clean Bandit – Live In Jakarta I Miss You Tour 2018

    Otello Asia membawa kabar gembira, yakni mereka akan mendatangkan salah satu grup musik elektronik ternama asal Inggris Clean Bandit ke Jakarta. Bertema Clean Bandit Live in Jakarta – I Miss You Tour 2018, konser ini dijadwalkan tampil pada hari Senin 20 Agustus 2018 di The Kasablanka Hall – Mall Kota Kasablanka Jakarta pukul 20.00 WIB. […]
  • Perencanaan Keuangan Sedini Mungkin untuk Haji Mendukung Tren Positif Perbankan Syariah Danamon

    Perencanaan Keuangan Sedini Mungkin untuk Haji Mendukung Tren Positif Perbankan Syariah Danamon

    Haji merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat muslim yang harus dilakukan jika mampu. Sampai dengan bulan Januari 2019, tercatat ada lebih dari 4 juta calon jamaah haji dari Indonesia dengan masa tunggu yang beragam. Jumlah peserta haji di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan total populasi sekitar 260 juta jiwa, dimana 87% diantaranya […]
  • Rangkaian Aktivitas Buka yang Baik Semarakkan Ramadan di Bukalapak

    Rangkaian Aktivitas Buka yang Baik Semarakkan Ramadan di Bukalapak

    Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan kebaikan bagi semua umat Muslim. Menyambut Ramadan 1439 H, Bukalapak ingin mengajak masyarakat untuk mengisi bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang lebih positif dan bermakna yaitu dengan Buka yang Baik. Untuk mendukung kampanye Ramadan Buka yang Baik di Bukalapak, berbagai kegiatan diselenggarakan oleh Bukalapak yang melibatkan berbagai pihak […]
  • AXA Financial Indonesia Lengkapi Kebutuhan Perlindungan bagi Pertumbuhan Pesat Kota Tangerang

    AXA Financial Indonesia Lengkapi Kebutuhan Perlindungan bagi Pertumbuhan Pesat Kota Tangerang

    Badan Pusat Statistik Kota Tangerang menyebutkan setiap tahun penduduk di kota tersebut meningkat 0,98 persen. Di tahun 2017 ini, penduduk Kota Tangerang tercatat sebanyak 2.081.985 jiwa. Sehingga sebagai kota penyangga Jakarta, Tangerang saat ini sudah menjadi kota yang berkembang dengan pesat. Mudahnya trasportasi, terbukanya akses jalan dan transportasi serta dekatnya jarak dengan bandara Soekarno-Hatta menjadikan […]
  • Australia Menyediakan Peralatan Medis Kritikal bagi Indonesia untuk Mendukung Respons Covid-19

    Australia Menyediakan Peralatan Medis Kritikal bagi Indonesia untuk Mendukung Respons Covid-19

    Pemerintah Australia telah menyerahkan 100 ventilator non-invasif ke Indonesia sebagai bagian dari paket peralatan medis dan laboratorium kritikal senilai AUD 2 juta (IDR 19,4 miliar) untuk mendukung respons dan pemulihan COVID-19 di Indonesia. Peralatan medis ini akan membantu Indonesia di garis depan dari respons COVID-19, dan merupakan bagian dari komitmen Australia untuk bekerja dengan Indonesia […]
  • Melangsungkan Resepsi Pernikahan di Lokasi Strategis, Aman dan Nyaman di Griya CIMB Niaga

    Melangsungkan Resepsi Pernikahan di Lokasi Strategis, Aman dan Nyaman di Griya CIMB Niaga

    Dalam persiapan suatu rencana pernikahan, salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan setiap calon pengantin adalah tempat berlangsungnya resepsi pernikahan. Lokasi menjadi sangat penting karena salah satu pertimbangan para undangan untuk menghadiri suatu resepsi pernikahan adalah kemudahan aksesnya, keamanan dan kenyamanan. Lokasi yang sulit ditemukan, tidak aman, parkiran yang sempit, ruangan yang kurang nyaman adalah […]
  • Galaxy Land by Eraspace.com Kembali Digelar

    Galaxy Land by Eraspace.com Kembali Digelar

    Berangkat dari kesuksesan event Galaxy Land by eraspace.com pada bulan Mei 2020 lalu, Erajaya Group dengan Samsung Indonesia kembali menggelar event Galaxy Land secara online yang berlangsung dari tanggal 19 Oktober hingga 1 November 2020. Menghadirkan produkproduk Samsung terlengkap dan terkini, baik device dan ekosistem-nya, yang dikemas dalam program promosi serta diskon menarik, event Galaxy […]
  • Stress Akibat Tuntutan Pekerjaan dan Cara Mengatasinya (Studi Kasus: Profesi Polisi)

    Stress Akibat Tuntutan Pekerjaan dan Cara Mengatasinya (Studi Kasus: Profesi Polisi)

    Beberapa waktu lalu terjadi kasus terorisme di mana polisi menjadi sorotan masyarakat. Menjadi anggota kepolisian memiliki tugas dengan resiko bahaya yang tinggi dan juga beban serta tuntutan yang tinggi pula. Pekerjaan sebagai seorang polisi merupakan pekerjaan yang mencakup banyak aspek yang sulit, berbahaya dan stressfull.  Mereka memiliki tugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Hal tersebut merupakan […]
  • Telkomsel Dukung Program Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 oleh PMI melalui Penyediaan Solusi IoT

    Telkomsel Dukung Program Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 oleh PMI melalui Penyediaan Solusi IoT

    Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Telkomsel mengumumkan kolaborasi dalam menjalankan upaya kolektif untuk menanggulangi wabah COVID-19 di Indonesia. Pada program Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19 yang diinisiasi oleh PMI, Telkomsel dipercaya untuk menyediakan solusi internet of things (IoT) FleetSight, Telkomsel Order Management System (TOMS) dan Asset Performance Management (APM), yang akan membantu PMI untuk tetap […]
  • Garuda Indonesia Group Laksanakan Kick Off Kesiapan Penerbangan Haji 2018/1439H

    Garuda Indonesia Group Laksanakan Kick Off Kesiapan Penerbangan Haji 2018/1439H

    Maskapai Nasional Garuda Indonesia bersama-sama dengan anak usaha Garuda Indonesia Maintenance Facility (GMF AeroAsia), Kementerian Perhubungan, kementerian Agama dan jajaran terkait lainnya, hari ini Rabu (12/7) melaksanakan kick off atas kesiapan operasional penerbangan Haji 2018/1439H yang akan mulai beroperasi pada 17 Juli 2018 mendatang. Kegiatan kick off operasional penerbangan Haji 1439H tersebut dihadiri oleh oleh […]
  • Mastercard Berinovasi Bersama 10 Fintech Baru untuk Membentuk Ulang Masa Depan Perdagangan dengan Transaksi Ultrasonik

    Mastercard Berinovasi Bersama 10 Fintech Baru untuk Membentuk Ulang Masa Depan Perdagangan dengan Transaksi Ultrasonik

    Mastercard menyambut 10 fintech dari seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam program keterlibatan startup peraih penghargaan, Start Path, untuk mengukur masa depan perdagangan. Mulai dari menjembatani kesenjangan digital untuk miliaran pengguna seluler berikutnya hingga memenuhi kebutuhan orang atau organisasi yang tidak memiliki akses yang memadai ke layanan dan produk keuangan, Mastercard membantu fintech mempercepat cara mereka […]
  • Belanja di Shopee Paket Bersih, Tak Perlu Risih

    Belanja di Shopee Paket Bersih, Tak Perlu Risih

    Memasuki masa Pembayaran Sosial Berskala Besar (PSBB) masyarakat, khususnya yang berada di Jabodetabek akan memiliki keterbatasan ruang gerak, sehingga terdapat penyesuaian dalam pemenuhan kebutuhan. Salah satu opsi yang bisa dimaksimalkan adalah belanja di e-commerce karena pengiriman paket masih tetap diperkenankan dalam period PSBB. Selain memiliki banyak keuntungan seperti banyaknya promo, cashback, dan gratis ongkir, dengan […]
  • Weekend Program: Membuat Pempek Kapal Selam

    Weekend Program: Membuat Pempek Kapal Selam

    Weekend merupakan saat yang tepat untuk membuat masakan bagi putra putri di rumah. Menu makanan yang dipilih adalah menu yang simpel dan tidak memakan waktu untuk proses pembuatannya. Memasak Pempek Kapal Selam bisa menjadi alternatifnya. Simak bahan pembuatan dan video proses pengolahannya di bawah ini. BAHAN 500 gr Ikan Tenggiri 2 butir Bawang Putih 120 […]
  • Permintaan Melonjak Akibat Efek WFH, Sayurbox Tambah Pekerja Untuk Kelancaran Distribusi

    Permintaan Melonjak Akibat Efek WFH, Sayurbox Tambah Pekerja Untuk Kelancaran Distribusi

    Salah satu aplikasi yang menjual aneka bahan pangan secara online, Sayurbox menambah jumlah tenaga kerja mereka untuk memastikan kelancaran distribusi, mengingat pesanan dari konsumen yang melonjak, terutama pada masa pandemi COVID-19 ini. Meski tidak menyebutkan secara rinci jumlah pekerja yang ditambah, Head of Communications Sayurbox, Oshin Hernis mengatakan penambahan tenaga kerja ini juga untuk mendukung […]
  • Kwetiau 28 Aho Salsa Food City, Summarecon Mall Serpong, Mempertahankan Ciri Khas Sejak 1977

    Kwetiau 28 Aho Salsa Food City, Summarecon Mall Serpong, Mempertahankan Ciri Khas Sejak 1977

    Usaha kuliner kian menjamur saat ini. Berbagai jenis kuliner yang ditawarkan berbagai gerai kuliner muncul silih berganti, ada yang mampu bertahan dan bahkan berkembang, namun banyak juga yang akhirnya tidak mampu bertahan, lenyap ditelan persaingan bisnis yang keras. Bila sebuah usaha kuliner mampu bertahan selama puluhan tahun, tentunya usaha kuliner ini memiliki kelebihan sehingga tetap […]
  • Memahami Liku-Liku Amnesti Pajak : Layanan Amnesti Pajak KPP Pratama Pondok Aren

    Memahami Liku-Liku Amnesti Pajak : Layanan Amnesti Pajak KPP Pratama Pondok Aren

    Dalam situasi perekonomian dunia yang mengalami kelesuan seperti saat ini, untuk menggerakkan roda pembangunan dibutuhkan biaya yang salah satunya bersumber dari pajak. Dari porsi kemungkinan pendapatan negara, pajak memiliki porsi terbesar. Pajak merupakan kewajiban setiap warganegara yang telah memiliki penghasilan maupun badan usaha yang mendapatkan keuntungan dari bisnisnya. Namun sayangnya, jumlah wajib pajak yang terrdaftar pada […]
  • Berbagai Pernak-Pernik K-Fish Festival

    Berbagai Pernak-Pernik K-Fish Festival

    Untuk mempromosikan produk-produk laut olahan Korea Selatan ke pasar Indonesia, Korea International Trade Association (KITA) bekerjasama dengan Lottemart mengadakan K-Fish Festival, pada tanggal 30 September dan 1 Oktober 2017 di Lotte Mall Bintaro. Diikuti 10 perusahaan Korea yang bergerak di bidang kelautan yang memamerkan sekitar 30 jenis produk laut, acara ini memberikan kesempatan kepada masyarakat […]

Tinggalkan Balasan