Kesehatan

Jangan Terlambat, Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Pada Masa Emasnya!

Seperti waktu yang terus berjalan, periode emas dalam tumbuh kembang anak, yaitu usia 0-6 tahun tidak akan bisa kembali. Di periode emasnya, anak-anak bertumbuh sangat pesat, baik secara fisik maupun kecerdasannya. Oleh karena itu, orang tua tidak boleh terlambat dalam mempersiapkan masa depan anak, terutama di masa kompetisi yang semakin sulit dengan perubahan waktu yang semakin cepat seperti sekarang ini.

Masa awal tumbuh kembang anak merupakan periode yang sensitif atau ‘sensitive golden periods’ yang terjadi hanya sekali dan tidak bisa kembali lagi. Sensitive golden periods merupakan momen penting yang akan menentukan tumbuh kembang anak selanjutnya. Orang tua diharapkan dapat mengoptimalkan periode ini dengan mengkombinasikan stimulasi dan nutrisi yang tepat.

Psikolog Dr. Rose Mini A.P, MPsi mengemukakan, “Orang tua harus rajin memberikan stimulasi kepada anak, namun harus menunggu kesiapan anak sehingga tidak overstimulation. Di samping itu, jangan membanding-bandingkan kemampuan masing-masing anak karena setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.”

“Orang tua tentu menginginkan anaknya untuk tumbuh aktif dan cerdas. Namun terkadang, makna kecerdasan hanya dibatasi oleh pencapaian-pencapaian di sekolah. Hal ini membuat anak terbatas pada jenis kecerdasan yang sangat sempit. Padahal, dalam diri anak, ada banyak potensi yang bisa dikembangkan karena pada dasarnya terdapat kecerdasan majemuk. Jika dipersiapkan dengan matang, generasi yang disebut ‘Gen Alpha’ ini akan unggul dengan kecerdasan majemuk,” jelasnya.

Head of Medical KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur mengatakan, “Kalbe Morinaga menghadirkan Multiple Intelligence Play Plan (MIPP), sebuah rencana bermain yang berbasis multiple intelligence (kecerdasan majemuk). MIPP menyajikan beragam ide permainan yang dapat mengasah kecerdasan majemuk pada anak. Disamping penyediaan stimulasi dalam bentuk bermain di atas Kalbe Morinaga juga menyediakan nutrisi buat tumbuh kembang optimal Si Kecil, dengan penambahan functional food ke dalam susu formulanya seperti Probiotik Triple Bifidus yaitu kombinasi 3 Bifidobakterium longum BB536, Bifidobacterium breve M-16V, dan Bifidobacterium infantis M-63 yang akan mengoptimalkan tumbuh kembang optimal Si Kecil. Pemberian Probiotik Bifidobakterium Triple Bifidus secara rutin dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, saluran pernapasan dan tumbuh kembang serta kecerdasan anak.”

Tentang kaitan pertumbuhan anak selama masa pandemi Covid-19, Reisa Broto Asmoro, seorang public figure dan juga Ibu 2 anak balita mengemukakan, “Program MIPP merupakan pilihan yang baik bagi orangtua untuk mengembangkan ide aktivitas yang seru bagi anak selama belajar di rumah saat masa pandemi Covid-19. Pemberian stimulasi bermain di atas tentu saya barengi dengan pemberian nutrisi termasuk susu. Saya juga adalah ibu yang sangat memperhatikan komposisi pada kemasan dalam memilih susu, tentunya susu yang mengandung Alfa-Laktalbumin, AA-DHA, Omega 3&6, Kolin, Laktoferin, Triple Bifidus, dan Vitamin & Mineral yang lengkap seperti Morinaga Platinum yang menjadi pilihan saya.”

Dalam meningkatkan kualitas tumbuh kembang dan kecerdasan anak, kebanyakan orang tua terkadang terlalu fokus pada organ otaknya saja. Padahal, organ lain yang juga berpengaruh dalam hal ini adalah saluran pencernaannya dimana para ahli sering menyebutnya dengan the 2 nd brain.

Konsep yang menggabungkan antara pengaruh saluran cerna proses perkembangan fungsi otak disebut sebagai gut-brain axis.

  1. Keterkaitan antara sistem saluran cerna dan otak ini diperankan penting oleh mikrobiota dalam saluran cerna, di mana bisa menghubungkan pusat kognisi dan emosi pada otak dengan aktivasi imun.
  2. Anak yang mempunyai saluran cerna yang baik dan sehat akan mampu menyerap nutrisi dengan baik dan mensuplai kebutuhan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk otak. Bakteri baik di usus, yang sering disebut sebagai mikroflora, besar pengaruhnya terhadap perilaku anak sehingga perlu dijaga keseimbangannya.

Teknologi nutrisi yang semakin berkembang saat ini menciptakan tiga bifidobacterium sekaligus yang dikenal dengan triple bifidus ke dalam susu anak sehingga mikroflora usus anak dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Triple bifidus ini ada dalam MoriCare Zigma dalam Morinaga Platinum.

“Menjaga daya tahan tubuh anak sangat penting, salah satunya dengan memberikan nutrisi yang cukup. Orang tua bisa mengacu pada Isi Piringku dari Kemenkes, lalu ditambahkan juga dengan susu pertumbuhan. Ada 3 komponen yang harus diperhatikan dalam pemenuhan nutrisi pada anak, yaitu nutrisi bagi Kecerdasan Multitalenta (Brain Care): berperan penting untuk pembentukan dan koneksi sel saraf otak. Nutrisi yang diperlukan adalah Kolin, Alfa-Laktalbumin, AA & DHA, serta Fosfolipid. Nutrisi bagi Pertahanan Tubuh Ganda (Body Defense) yang berperan penting untuk menjaga anak tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Nutrisi yang diperlukan adalah Vitamin A & C, Triple Bifidus, Prebiotik GOS, dan Laktoferin. Sedangkan Nutrisi bagi Tumbuh Kembang Optimal (Body Growth): berperan penting untuk pertumbuhan organ tubuh, tinggi, dan berat badan anak. Nutrisi yang diperlukan adalah Vitamin D dan Kalsium,” tutup dr. Muliaman Mansyur.

Tentang Kecerdasan Majemuk

Terdapat 8+1 Kecerdasan Majemuk, yaitu Kecerdasan Bahasa: kemampuan menggunakan katakata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca dan menulis, Kecerdasan Logika: memahami kondisi atau situasi dengan menggunakan perhitungan matematis, serta melalui penalaran analisa-sintesa. Selanjutnya Kecerdasan Musikal: kemampuan memahami musik sebagai media untuk mengeskpresikan diri, Kecerdasan Gerak Tubuh: penggunaan tubuh dalam  berkomunikasi dan mengekspresikan diri, juga dalam berolah raga, Kecerdasan Gambar & Ruang: kecerdasan dalam berpikir dan belajar dengan gambar-gambar, memahami bentuk, pola, posisi, dan ruang suatu objek, termasuk untuk berpikir secara kreatif. Yang terakhir, yaitu Kecerdasan Memahami Diri: dapat memahami dan mengenali diri sendiri, Kecerdasan Sosial: bisa memahami orang lain, termasuk bagaimana perasaan mereka serta hal-hal apa yang memotivasi dan mengganggu mereka, Kecerdasan Naturalis: berpikir dan belajar yang berkaitan dengan pemahaman terhadap lingkungan sekitar dan Kecerdasan Moral: mengetahui apa yang baik atau buruk untuk dilakukan dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) adalah kecerdasan yang mencakup banyak bidang dalam kehidupan sehari-hari. Setiap anak memiliki kecerdasan majemuk, apalagi pada ‘Gen Alpha’ yang tumbuh dengan kecanggihan teknologi. Teknologi bisa dimanfaatkan sehingga ‘Gen Alpha’ bisa lebih produktif, bertalenta, dan siap menghadapi tantangan.

Kecerdasan majemuk pada anak memiliki porsi yang berbeda-beda pada tiap kecerdasannya. Untuk mengetahui hal tersebut, maka peran orang tua sangatlah penting. Perlu dilakukan 3 tahap, yaitu observasi, stimulasi, dan evaluasi. Observasi adalah tahap dimana orangtua mencari kecerdasan mana yang menonjol dan kecerdasan mana yang perlu dikembangkan.

Ketika orang tua sudah menemukan kecerdasan mana yang perlu dikembangkan, orang tua perlu menstimulasi kecerdasan tersebut. Di akhir kegiatan, orang tua juga perlu melakukan evaluasi agar mengetahui perkembangan si kecil.

(BON)

 

Baca Juga

  • SiCepat Ekspres Menandatangani CSSA dengan Digiresto, Food Ordering Platform yang Dikembangkan oleh MCAS Group

    SiCepat Ekspres Menandatangani CSSA dengan Digiresto, Food Ordering Platform yang Dikembangkan oleh MCAS Group

    PT SiCepat Ekspres Indonesia (“SiCepat”), mengumumkan penandatanganan conditional share subscription agreement (CSSA) untuk menginvestasikan hingga 51% saham di DigiResto, Food Ordering Platform yang dikembangkan oleh PT Digital Maxima Kharisma (“DMK”), anak perusahaan PT M Cash Integrasi Tbk (IDX: MCAS). Investasi yang didasarkan atas kepuasan akan hasil dari uji kelayakan ini akan menjadikan SiCepat terlibat langsung […]
  • Kanopi FEB UI Akan Menggelar Seminar International 15th Economix Global Economic Challenges

    Kanopi FEB UI Akan Menggelar Seminar International 15th Economix Global Economic Challenges

    Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Kanopi FEBUI kembali akan menggelar acara tahunan Economix Global Economic Challenges, yang tahun ini akan memasuki pelaksanaan ke-15. 15th Economix Global Economic Challenges merupakan sebuah rangkaian acara yang bertujuan menjadi sarana bagi para peserta yang datang dari berbagai latar belakang pengalaman, pendidikan dan budaya untuk berbagi, berdiskusi dan menemukan solusi berbagai isu ekonomi […]
  • PT Piaggio Indonesia Mengawali Tahun 2020 dengan Program Live More with New You

    PT Piaggio Indonesia Mengawali Tahun 2020 dengan Program Live More with New You

    Awal tahun adalah momen yang tepat untuk menyalakan semangat baru serta menebus resolusi baru. Mengawali 2020, PT Piaggio Indonesia telah menyiapkan sebuah program menarik untuk menambah semangat para pelanggan dan pecinta Piaggio dan Vespa di Indonesia, yaitu “Live More with New You”. Program ini memberikan penawaran terbatas berisi beragam paket menarik bagi Anda yang berencana […]
  • Nasgor Something, Tempatnya Nasi Goreng yang “Something’

    Nasgor Something, Tempatnya Nasi Goreng yang “Something’

    Bosan dengan nasi goreng yang begitu-begitu aja? Pingin nasi goreng yang kekinian? Pingin nongkrong asyik dengan harga ‘friendly’? Nah sekarang sudah ada alternatif baru yang menjadi jawaban dari semua keinginan di atas, yaitu di Nasgor Something. Tempat nongkrong baru ini memang menawarkan ‘something different’. Apa aja? Yuk kita simak. Nasgor Something merupakan sebuah resto baru […]
  • Tempat Nongkrong di Bintaro  Kafe Ala Bikers Carburator Springs!

    Tempat Nongkrong di Bintaro Kafe Ala Bikers Carburator Springs!

    INFOBINTARO – Mencari tempat nongkrong di Bintaro yang tidak biasa? Maka artikel ini mungkin akan menjadi salah satu referensi kalian para sobat IB. Walaupun mungkin sudah banyak sobat IB yang mengetahui mengenai Carburator Springs, namun tidak ada salahya bila IB kembali mereview sedikit mengenai kafe unik satu ini. Tempat Nongkrong di Bintaro Dengan Dekorasi Motor […]
  • Gandeng Komunitas Gamer Surabaya, Telkom Luncurkan Indihome Paket Premium dengan Kecepatan Hingga 300 Mbps

    Gandeng Komunitas Gamer Surabaya, Telkom Luncurkan Indihome Paket Premium dengan Kecepatan Hingga 300 Mbps

    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi seluruh segmen pelanggannya. Kali ini, Telkom mempersembahkan IndiHome Paket Premium 200 Mbps dan 300 Mbps yang secara resmi diluncurkan dengan menggandeng komunitas gamer di Surabaya, Senin (23/9). Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana dalam acara re-launching IndiHome Paket Premium mengatakan, […]
  • Perluas Jaringan Kantor, Cashlez Aktif Realisasi Strategi Akuisisi dan Pelayanan

    Perluas Jaringan Kantor, Cashlez Aktif Realisasi Strategi Akuisisi dan Pelayanan

    Perusahaan Payment Gateway Indonesia, Cashlez, semakin memperkuat keberadaannya di kancah solusi pembayaran. Tepat pada tanggal 16 Juni 2019, Cashlez meresmikan jaringan kantor baru di kawasan Puri Mutiara, Sunter Agung, Jakarta Utara yang dilakukan secara simbolis oleh Chief Executive Officer (CEO) Cashlez – Teddy Tee bersama dengan Chief Revenue Officer (CRO) Cashlez – Tan Leny Yonathan […]
  • Therapy Zone, Pijat ‘Tune Up’ Untuk mengembalikan Berbagai Kondisi Tubuh

    Therapy Zone, Pijat ‘Tune Up’ Untuk mengembalikan Berbagai Kondisi Tubuh

    Tubuh manusia ibarat sebuah mesin yang tersusun atas berbagai bagian dan komponen yang bekerja dalam berbagai sistem yang menciptakan harmonisasi. Adanya satu masalah di satu bagian akan mempengaruhi sistem yang lebih besar, tidak menutup kemungkinan keseluruhan sistem akan terganggu. Setelah sekian puluh tahun keseluruhan sistem bekerja tanpa henti, sangat mungkin terjadi kerusakan atau kelemahan dalam satu […]
  • Park Hotel Jakarta Implementasikan SOP New Normal Manajemen PT PP Pastikan Park Hotel Jakarta Siap Beroperasi Kembali

    Park Hotel Jakarta Implementasikan SOP New Normal Manajemen PT PP Pastikan Park Hotel Jakarta Siap Beroperasi Kembali

    PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia melalui Manajemen Perseroan melakukan kunjungan kerja ke Park Hotel Jakarta yang berlokasi di Cawang, Jakarta Timur. Kunjungan kerja tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan manajemen hotel dalam rangka mulai beroperasinya kembali Park Hotel Jakarta di era New Normal ini. Kunjungan kerja yang dilaksanakan […]
  • Coffee Shop yang Enak, Instagrammable dan Kekinian, di KOPILIPILI Tempatnya

    Coffee Shop yang Enak, Instagrammable dan Kekinian, di KOPILIPILI Tempatnya

    Hidup itu penuh pilihan. Tapi jangan pilih-pilih terus ya….Begitu Anda memutuskan sesuatu, maka Anda harus menikmati pilihan tersebut. “PILIH AND CHILL” merupakan prinsip dari Gian, warga Bintaro yang menjadi pemilik kedai kopi KOPILIPILI yang ada di Ruko Sentra Menteng, Bintaro Sektor 7 (Seberang Lotte Mart Bintaro).  Menurut Gian, dalam kehidupan, kita selalu dipertemukan dengan berbagai […]
  • Bantu Tingkatkan Wisatawan Mancanegara, Telkomsel Hadirkan Kartu Perdana ‘Simpati Tourist Wonderful Indonesia’

    Bantu Tingkatkan Wisatawan Mancanegara, Telkomsel Hadirkan Kartu Perdana ‘Simpati Tourist Wonderful Indonesia’

    Dalam rangka mewujudkan kerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar) sebagai official partner ‘Wonderful Indonesia’, Telkomsel kini mewujudkan dukungannya bagi sektor pariwisata Indonesia dengan meluncurkan kartu perdana khusus ‘simPATI Tourist Wonderful Indonesia’. Kartu perdana ini memiliki desain khusus dan memiliki spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan mancanegara. ‘SimPATI Tourist Wonderful Indonesia’ memiliki 11 desain […]
  • Iptek : Cara Pembuatan Briket Batu Bara

    Iptek : Cara Pembuatan Briket Batu Bara

    Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat dibakar yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket yang paling umum digunakan adalah briket batu bara, briket arang, briket gambut, dan briket biomassa. Antara tahun 2008-2012, briket menjadi salah satu agenda riset energi Institut Pertanian Bogor. Bahan baku briket diketahui dekat dengan masyarakat […]
  • Peningkatan Transaksi di Shopee Big Ramadhan Sale hingga 500% Dibandingkan Tahun Lalu

    Peningkatan Transaksi di Shopee Big Ramadhan Sale hingga 500% Dibandingkan Tahun Lalu

    Kemeriahan Big Ramadhan Sale berhasil menjadikan Shopee sebagai destinasi belanja online nomor satu di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa maupun jelang Lebaran. Sepanjang Ramadhan, Shopee mengalami peningkatan yang signifikan baik dari segi transaksi maupun kunjungan. Momen ini juga berimbas pada tingginya angka donasi di dalam aplikasi dalam kampanye #MemberiDariHati yang disalurkan melalui Baznas […]
  • GrabFood Rayakan Pencapaian Pertumbuhannya dengan Peluncuran GrabFood Signature di Indonesia

    GrabFood Rayakan Pencapaian Pertumbuhannya dengan Peluncuran GrabFood Signature di Indonesia

    GrabFood, layanan pesan-antar makanan dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, menandai pencapaian bisnis terbarunya sebagai platform pesan-antar makanan terbesar berdasarkan total nilai penjualan atau GMV (gross merchandise value) dan platform pesan-antar makanan #1 yang paling sering digunakan di Indonesia. Dalam survei konsumen yang dilakukan oleh Kantar, sebuah perusahaan riset global, 58% konsumen di Indonesia mengatakan GrabFood […]
  • One Championship dan Grab Rayakan Semangat Everyday Champions

    One Championship dan Grab Rayakan Semangat Everyday Champions

    Global sports media property terbesar dalam sejarah Asia, ONE Championship™ (ONE), mengumumkan kerja sama dengan Grab, online-to-offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, untuk merayakan semangat mitra pengemudi Grab yang menjadi andalan pengguna dalam melayani kebutuhan harian mereka (everyday champions). Kerja sama ini akan diluncurkan di Indonesia dan Filipina, karena riset menunjukkan bahwa ONE […]
  • Tips Menghilangkan Stres Kerja

    Tips Menghilangkan Stres Kerja

    Sebagai masyarakat perkotaan, kita pasti pernah mengalami stres pekerjaan dan kemacetan lalu lintas yang kita temui sehari-hari. Biasanya, liburan adalah salah satu hal yang ada pada pikiran kita untuk menghilangkan stres. Namun, terkadang pergi liburan pun bisa jadi penuh pertimbangan. Entah karena habisnya jatah cuti, libur akhir pekan yang hanya dua hari, tingginya budget yang […]
  • Baru! Mie Sedaap Goreng Salero Padang Nikmatnya Bikin Pengin Tambuah Ciek!

    Baru! Mie Sedaap Goreng Salero Padang Nikmatnya Bikin Pengin Tambuah Ciek!

    Pernah nggak sih ngalamin galau dalam memilih makanan? Pengin mi instan, tapi pengin nikmat dan kenyangnya nasi padang. Mie Sedaap, mi instan unggulan dari Wings Food kini hadir menjawab keinginan masyarakat Indonesia dengan menghadirkan Mie Sedaap Goreng Salero Padang. Setelah berhasil dengan inovasi mi instan pedas a la Korea, kini Mie Sedaap kembali menyajikan inovasi […]
  • Penjualan Lock & Lock Dalam Satu Hari di Shopee Super Brand Day Mencatatkan Rekor Penjualan Online Tertingginya Sepanjang Sejarah

    Penjualan Lock & Lock Dalam Satu Hari di Shopee Super Brand Day Mencatatkan Rekor Penjualan Online Tertingginya Sepanjang Sejarah

    Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, kembali meraih kesuksesannya setelah menggelar Super Brand Day untuk ketiga kalinya. Kali ini, Shopee bekerjasama dengan LOCK&LOCK Indonesia sebagai perusahaan inovatif dalam memproduksi perlengkapan rumah tangga dan peralatan dapur. Promo Super Brand Day yang telah berlangsung dari 26 Juli hingga puncaknya pada 31 Juli 2018 ini […]
  • Gerakan Turun Tangan Mengadakan Gerakan Pungut Sampah di Situ Gintung

    Gerakan Turun Tangan Mengadakan Gerakan Pungut Sampah di Situ Gintung

    Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2017 lalu, Gerakan Turun Tangan Banten menyelenggarakan kegiatan Gerakan Pungut Sampah (GPS) yang dilaksanakan di Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan. Gerakan Turun Tangan adalah inkubator gerakan kerelawanan di Banten yang berfokus pada bidang politik, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan pengembangan sosial. Kegiatan […]
  • Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan

    Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan

    Kita sering mendengar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Namun sayangnya peran serta pemerintah belum banyak dirasakan oleh pelaku-pelaku ekonomi yang menempati porsi terbesar dalam menggerakan perekonomian, bahkan di saat kondisi ekonomi global mengalami penurunan seperti saat ini, usaha-usaha kerakyatan tetap bergerak dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang tidak […]

Tinggalkan Balasan