Jangan Mengaku Pecinta Soto Betawi, Jika Belum Cobain Soto Betawi Bang Ali

INFOBINTARO (IB) – Membayangkan soto betawi, terbayang nikmatnya makanan khas asal betawi dengan kuah bersantan yang kental dengan rasa bumbu yang bervariasi berisi campuran daging atau babat, emping, potongan daun bawah…hemm… Apalagi kalau sudah ditambahkan perasan jeruk nipis, kecap dan sambal, sepiring nasi mungkin tidak cukup. Terlebih lagi kalau menikmati soto betawi yang dimasak oleh ahlinya, rasanya tidak terbayang nikmatnya.

Berbicara mengenai soto betawi rasanya tidak bisa dilepaskan dari nama Soto Betawi Bang Haji Usman Ali, atau yang lebih terkenal dengan nama Soto Bang Ali. Warung soto yang telah berdiri sejak tahun 1979, berlokasi Jl. WR Supratman No. 28, Pondok Ranji. Cukup mudah diakses, dari perempatan lampu merah Bintaro Plaza, melewati Stasiun Pondok Ranji, tidak sampai 500 meter di sebelah kanan jalan. Penampakannya tidah wah, dari luar kelihatan seperti rumah-rumah pada umumnya. Namun siapa sangka kalau pengunjung warung soto ini ramai sekali, cukup banyak mobil dan sepeda motor yang parkir di sini untuk menyantap kuliner khas Betawi ini, terutama saat jam makan siang.

soto_betawi_bang_ali_1

Jika Anda ingin menikmati soto betawi Bang Ali, jangan datang pada hari Selasa, karena pada hari itu, warung Soto Betawi Bang Ali tidak buka seharian. Hal yang lain, datanglah saat perut keroncongan karena Anda akan kalap menyantap menu-menu yang tersedia di sini.

Menu utama andalan Soto Bang Ali ini tentu saja soto betawi dengan varian yang bisa dipilih, jeroan, daging atau campur. Dengan kuah santan kental bercampur bumbu-bumbu dengan racikan yang pas, dipadu dengan irisan kentang goreng dan tomat yang ditaburi daun bawang, rasanya ternyata tidak sesederhana penampilan warung sotonya. Rasa sotonya membuat sepiring nasi tidak cukup. Jangan lupa menambahkan perasan jeruk nipis, kecap dan sambal sesuai selera….wah…kata orang, mertua lewat pun tidak tahu.

soto_betawi_bang_ali

Disamping soto betawi, kuliner yang menjadi andalan adalah lidah goreng dan pecal lele. Lidah sapi gorengnya terasa lembut dan gurih, rasanya asin dan sedikit manis. Dengan ditemani lalapan daun singkong rebus, timun dan sambal terasi, lidah goreng ini terasa nikmat di lidah, tak terasa harus menambah sepiring nasi lagi. Pecal lelenya juga layak Anda coba, dengan sambal yang diulek setengah kasar, rasa bawang merah dan kemiri terasa di lidah, apalagi kalau ditambah perasan keruk nipis.

Selain menu-menu tadi, Soto Bang Ali juga  memiliki berbagai menu lain, antara lain daging empal, ayam bakar, soto ayam, pepes ikan mas dan sayur asam.

Jika Anda datang kesini, jangan harapkan Anda menikmati makanan di ruang ber-AC, tempat yang terbuka yang mengandalkan sirkulasi udara akan membuat Anda berkeringat, apalagi jika Anda memakan sambal yang cukup banyak. Namun disinilah serunya, menyantap kuliner tradisional dengan suasana yang juga alami. Untuk menetralisirnya, segelas es jeruk atau es teh manis dapat menjadi pilihan yang pas.

 

Warung Soto Betawi Bang. H. Usman Ali
Jl WR Supratman No. 28, Pondok Ranji, Bintaro
Telp. : 021 – 73691701

 

(ES)

Leave a Comment