Jam Session Bersama Dwiki Dharmawan dan Youth Musicians Farabi Music School

Setiap Rabu dan Sabtu malam ada hal yang tidak biasa di Bintaro Entertainment Center (BEC). Mall yang berkonsep leisure & entertainment di CBD Bintaro Sektor 7,  yang biasanya layaknya mall yang dipenuhi lalu lalang pengunjung yang berbelanja atau bersantap, terdengar alunan musik jazz yang terkadang juga lagu-lagu lama. Begitu kita memasuki area parkir kita akan mendengar musik yang terkadang menghentak.

Alunan musik jazz itu ternyata berasal dari lantai 1, tepatnya di Music Cafe Bintaro. Setiap Rabu malam, dimulai dari pukul 19.00, pengunjung Music Cafe dapat menikmati musik yang dimainkan oleh Dwiki Dharmawan, seorang musisi jazz tersohor tanah air dan para siswa Farabi Music School, sekolah musik yang dibesut Dwiki. Tidak hanya itu, terkadang berbagai musisi-musisi maupun penyanyi kondang tanah air ikut meramaikan jam session ini, sehingga acara ini juga menjadi ajang reuni maupun nongkrong para seniman musik.

Jam Session bersama Dwiki Dharmawan dan musisi-musisi muda Farabi Music School ini memang merupakan kerjasama antara Farabi Music School dan Music Cafe. Seperti diungkapkan oleh Dwiki Dharmawan kepada Info Bintaro baru-baru ini, jam session ini ditujukan untuk memberikan pengalaman kepada musisi-musisi muda siswa/i Farabi Music School untuk melatih kemampuan mereka dalam ‘manggung’ dalam pengertian yang sebenarnya. Hal ini menjadi penting, karena selama belajar musik di Farabi, mereka lebih banyak mempelajari teori bermusik. Untuk melengkapi kemampuan para siswa, diperlukan pengalaman bermusik di hadapan audiens, dan jam session inilah sarananya.

Untuk dapat tampil di jam session ini tidaklah sembarang siswa. Farabi Music School melakukan seleksi untuk memilih siswa/i-nya yang dianggap cukup mampu untuk kemudian diseleksi lagi di jam session internal Farabi. Setelah mereka terpilih, barulah kesempatan diberikan kepada mereka untuk merasakan panggung yang sebenarnya. Bahkan terkadang, para siswa ini berkolaborasi dengan Dwiki Dharmawan sendiri maupun berbagai musisi kondang lainnya.

Tidak hanya memberikan pengalaman manggung, jam session ini juga merupakan ajang pencarian bakat yang dilakukan oleh para produser maupun musisi yang memang sengaja datang ke Music Cafe. Jika beruntung, para siswa ini akan mendapatkan tawaran bermusik dari sebuah grup musik yang sedang mencari calon-calon pemain musik di grupnya maupun para produsen yang tertarik untuk mengajak para siswa untuk masuk dapur rekaman.

Pada saat Info Bintaro menyambangi Music Cafe beberapa waktu yang lain, sedang berlangsung jam session yang cukup menarik. Tampak Dwiki Dharmawan yang memainkan bas gitar, di pojok terlihat Budi Haryono, seorang drummer yang sudah malang melintang di berbagai grup musik tanah air. Sedangkan Ita Purnamasari, yang malam itu kebagian ‘apes’ karena didaulat untuk bernyanyi. Walaupun di awalnya Ita menolak, tapi akhirnya ia menyanyikan sebuah lagu lama karya The Beatles, Oh Darling, dengan cukup prima.

Malam pun semakin larut, tapi suasana Music Cafe semakin meriah dengan semakin ramainya pengunjung maupun para musisi dan siswa Farabi Music School yang bergantian menunjukkan keterampilannya. Sampai ketemu pada jam session berikutnya.

 

(ES)

Leave a Comment