Rehat

Jalan-Jalan Bersama Anak Naik Commuter Line

Warga Bintaro, para orang tua sering merasa pusing mengajak anak-anaknya rekreasi. Budget jalan-jalan yang diperlukan cukup lumayan besar.  Terkadang mereka hanya mengajak anak untuk bermain di mal. Saat ini memang banyak zona bermain anak di mal. Dalam sehari, mereka bisa menghabiskan koin main lebih dari Rp. 100.000. Itu di luar budget makanan dan minuman selama berekreasi.

Namun sekarang jangan khawatir. Saat ini pemerintah sudah membangun infrastruktur transportasi yang memadai di antaranya busway (TransJakarta) dan kereta (commuter line). Banyak lokasi wisata di Jakarta yang bisa kita gunakan dengan memakai transportasi umum ini.

KA Commuter Jabodetabek (KCJ) Memulai modernisasi angkutan KRL pada tahun 2011 dengan menyederhanakan rute yang ada menjadi lima rute utama, penghapusan KRL ekspres, penerapan kereta khusus wanita, dan mengubah nama KRL ekonomi-AC menjadi kereta Commuter Line. Proyek ini dilanjutkan dengan renovasi, penataan ulang, dan sterilisasi sarana dan prasarana termasuk jalur kereta dan stasiun kereta yang dilakukan bersama PT KAI (persero) dan Pemerintah.

Pada tahun 2016, rata-rata jumlah pengguna KRL per hari mencapai 850.000 pengguna pada hari-hari kerja, dengan rekor jumlah pengguna terbanyak yang dilayani dalam satu hari adalah 931.082. Sebagai operator sarana, kereta Commuter Line yang dioperasikan KCJ saat ini melayani 72 stasiun di seluruh Jabodetabek dengan jangkauan rute mencapai 184,5 km.. Info Bintaro akan mengajak Anda untuk menjajal rekreasi bersama kereta commuter line.

Dari Bintaro kita bisa berangkat dari stasiun Pondok Ranji, Jurangmangu atau Sudimar. Bila sang ayah tidak ikut, Ibu dan anak-anaknya yang kecil dapat naik gerbong pertama dan gerbong terakhir yang dikhususkan bagi kaum perempuan. Ini bakal menjadi aman dan nyaman untuk sang ibu dan anak.

Tiket

Hanya dengan membayar biaya Rp. 3.000/orang, kita bisa menuju kota Jakarta. Stasiun tujuan pertama adalah Stasiun Tanah Abang. Kenapa Tanah Abang? Karena dari stasiun inilah kita dapat berpindah kereta ke jalur kereta lain, tanpa membayar biaya tambahan. Bila Anda jarang naik kereta api, pada stasiun keberangkatan Anda cukup membeli kartu tiket harian berjaminan seharga Rp. 10.000. Misalnya berangkat dari stasiun Pondok Ranji, Anda wajib membayar Rp. 10.000 untuk kartu tiket harian berjaminan + Rp. 3.000 untuk biaya perjalanan ke tanah Abang. Kartu tiket tersebut berfungsi untuk kartu tap masuk ke area stasiun keberangkatan.

Begitu tiba di tanah Abang, setelah Anda tap kartu untuk keluar dari stasiun, Anda dapat menukar tiket harian berjaminan tsb di loket. Selanjutnya petugas akan mengembalikan Rp. 10.000 yang sebelumnya Anda bayarkan. Kereta commuter line menerapkan aturan ini untuk mendidik penumpang agar menjaga baik-baik kartu tap tersebut. Bila Anda menghilangkan kartu tiket harian berjaminan tsb, Anda tidak akan mendapat kembalian Rp. 10.000 di stasiun tujuan.

Stasiun Tanah Abang ini merupakan stasiun tersibuk di Jakarta yang menjadi stasiun transit bagi penumpang seJabotabek. Stasiun yang sudah direnovasi ini terkesan modern yang megah. Ada 6 jalur kereta yang menghubungkan 72 stasiun kereta seJabobatek. Buat anda yang membawa anak kecil, tidak perlu khawatir naik turun tangga karena stasiun menyediakan eskalator (tangga berjalan) yang aman dan nyaman. Di tiap eskalator pun ada petugas KA yang mengawasi dan mengarahkan penumpang via megafon yang dipegangnya.

Kita patut bersyukur saat ini kota Jakarta benar-benar memanjakan penduduknya dengan sarana transportasi umum yang murah. Sama seperti penumpang bis TransJakarta, penumpang dapat berganti rute tanpa membayar biaya tambahan lagi. Dari stasiun Tanah Abang, kita dapat berganti tujuan kereta sesuai lokasi tujuan wisata kita.

Ada beberapa lokasi yang bisa dicapai melalui stasiun kereta tertentu:

  1. Stasiun Tanah Abang. Stasiun ini relatif dekat dengan pusat perbelanjaan Tanah Abang seperti Thamrin City, dan Pasar Tanah Abang Blok B. Kita tepat ke sini apabila mau membeli baju anak dengan harga terjangkau.
  2. Stasiun Kota. Stasiun yang dulu disebut stasiun Beos merupakan karya besar Frans Johan Louwrens Ghijsels, seorang arsitek Belanda kelahiran Tulungagung 8 September 1882, yang dikenal dengan ungkapan Het Indische Bouwen yakni perpaduan antara struktur dan teknik modern barat dipadu dengan bentuk-bentuk tradisional setempat. Dengan balutan art deco yang kental, rancangan stasiun ini terkesan sederhana meski bercita rasa tinggi. Dari stasiun kota, kita dapat menuju kawasan Kota Tua yang menjadi cikal bakal dari kota Jakarta. Di kompleks Kota Tua ini, kita serasa dibawa ke masa tempo dulu karena banyak bangunan-bangunan tua peninggalan jaman Belanda. Terdapat beberapa museum yang dapat kita kunjungi saat kita berada di kompleks Kota Tua seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bahari dan Museum Bank Mandiri. Di samping itu kita dapat menuju kawasan pantai Ancol. Tahukah Anda bahwa ada halte bisbTransjakarta yang tepat berada di sisi stasiun yang dapat kita gunakan menuju kawasan Ancol. Mudah dan murah bukan?
  3. Stasiun Bogor. Menurut Wikipedia dulunya bernama Stasiun Buitenzorg. Stasiun berlantai dua yang dibangun pada tahun 1881 ini bergaya Eropa dengan berbagai motif, misalnya motif geometris awan, kaki-kaki singa, dan relung-relung bagian lantai. Begitu tiba di stasiun Bogor kita melanjutkan dengan angkutan kota yang tersedia atau dapat berjalan kaki sambil menikmati suasana kota Bogor yang terkenal dengan kota hujan. Tentu jangan lupa membawa payung ya, Sob. Kebon Raya Bogor dan Museum Zoologi dapat menjadi lokasi tujuan wisata kita di sana.
  4. Stasiun Juanda yang terletak di Jalan Juanda, Jakarta. Di sini kita bisa mengunjungi Pasar Baru, pusat perbelanjaan tempo dulu, Masjid Istiqal, Gereja Kathedral maupun Monas (Monumen Nasional).
  5. Stasiun Gambir. Selain menuju Masjid Istiqal, kita pun dapat berkunjung ke Museum Gajah yang berada di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta.
BACA JUGA  Diggerland, Di Sini Anak-Anak Bisa Memainkan Alat Berat

Nyaman

Naik KRL di saat weekend merupakan kenyamanan yang luar biasa. Kereta api tidak sepadat hari kerja Senin-Jumat. Kita bisa merasakan kenyamanan duduk di gerbong ber-AC sambil menikmati pemandangan di sepanjang jalur kereta.

Jam Operasional Kereta

KA Commuter Line beroperasi sampai jam 24.00. Kereta terakhir dari stasiun Tanah Abang menuju Bintaro/ Serpong akan berangkat jam 23.30 dari Stasiun Tanah Abang. Jadi Anda sekeluarga dapat puas berjalan-jalan sampai malam hari! 

Apa yang Harus Dibawa Untuk Anak?

Mengingat larangan membawa makanan dan minuman di dalam gebong kereta, disarankan Anda hanya membawa air putih untuk dikonsumsi anak di kereta. Setelah sampai di tempat tujuan, Anda dapat membuat susu dengan termos kecil yang Anda bawa dari rumah.

Jangan lupa membawa selimut, baju dan sepatu ganti untuk sang anak. Bawa kantong kresek hitam untuk berjaga-jaga bila sang anak mual dan muntah.

Nah, tunggu apalagi, yuk wisata dengan KA Commuter Line. Gak bikin kantong kempes.

Info lebih lanjut:
Stasiun Juanda
Jl. Ir. H. Juanda I, Jakarta Pusat
Telp.: 021 – 345 3535
Call Center: 121/021-121
E-mail: kcj@krl.co.id

Website: http://www.krl.co.id

 

(EGS)

 

Baca Juga

  • Vivo S1 Pro New Version Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

    Vivo S1 Pro New Version Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

    vivo S1 Pro New Version telah resmi tersedia di pasar Indonesia. Hadir dengan ROM 256GB yang lebih besar, konsumen bisa mendapatkan smartphone versi terbaru dari vivo S1 Pro ini dapat mengunjungi vivo Official Store dan retail partner resmi vivo di beberapa kota di Indonesia atau di vivo Official Online Store di e-commerce partner Lazada. Hadir […]
  • Canon Gelar Program Spesial di Hari Pelanggan Nasional 2019

    Canon Gelar Program Spesial di Hari Pelanggan Nasional 2019

    Menyambut Hari Pelanggan Nasional (HARPELNAS) 2019, Canon dan pt. Datascrip menyelenggarakan program “Semarak HARPELNAS bersama Canon”, yang terdiri dari beragam kegiatan khusus bagi para pengguna produk kamera Canon maupun konsumen umum, mulai dari layanan Free Sensor Cleaning, Photo Sharing/Hunting bersama Fotografer Profesional, Gathering & Dinner, Lelang Produk Canon, hingga berbagai Promo Penjualan yang menarik. Program […]
  • ICEperience Destination Unknown: Event Dengan Tempat Rahasia Pertama di Tangerang

    ICEperience Destination Unknown: Event Dengan Tempat Rahasia Pertama di Tangerang

    CLIQUE sebagai salah satu lifestyle destination yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang, kembali melakukan gebrakan dengan membuat satu kegiatan bertajuk “ICEperience Destination Unknown”, sebuah acara dengan tempat tujuan rahasia pertama di Tangerang. Kegiatan ini pastinya sangat dinantikan oleh para party-goers Serpong, Tangerang, dan sekitarnya. Mengusung konsep rahasia, acara ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berbeda bagi […]
  • Metode Diet 16:8

    Metode Diet 16:8

    Sesudah Lebaran apakah berat badan Anda bertambah? Hati-hati bila hal ini dibiarkan terus Anda dapat menderita obesitas alias kegemukan. Berbagai cara diet dapat dipilih. Di antaranya adalah membatasi waktu makan. Menurut penelitian pembatasan waktu makan adalah cara efektif mengurangi berat badan dan menurunkan tekanan darah. Diet ini dinamai diet 16:8, yaitu 16 jam puasa dan […]
  • Gepuk Teteh, Nasi Liwet Tanpa Teri atau Ikan Asin Asal Bintaro

    Gepuk Teteh, Nasi Liwet Tanpa Teri atau Ikan Asin Asal Bintaro

    Selain Nasi Liwet Solo, Indonesia juga punya ragam nasi yang berbumbu dan bercita rasa gurih. Antara lain nasi lemak, nasi uduk, nasi megono, nasi gemuk, dan lainnya. Salah satu jenis nasi yang populer hingga kini ialah liwet yang masuk tatar sunda yaitu Nasi liwet Bandung, atau dikenal dengan “sangu liwet” khas Sunda. “Proses pembuatan nasi […]
  • Ayam Bakar Madu si Bangkong, Ayam Bakar Spesial Bagi Pecinta Kuliner Berbasis Daging Ayam

    Ayam Bakar Madu si Bangkong, Ayam Bakar Spesial Bagi Pecinta Kuliner Berbasis Daging Ayam

    Yuhuuuu……, para pecinta ayam bakar madu, ada kabar gembira nih.Ayam Madu si Bangkong buka cabang ke-12 di PHX BINTARO, pusat kuliner yang ada di Jl. Senayan Utama Blok HJ1 No. 1A, Bintaro Sektor 9 Jangan lewatkan promo 500 porsi free paket ayam madu si bangkong goreng. Cuma di tanggal 11-12 Janusri 2020, bayar 20.000 dapet […]
  • Penawaran Terakhir Diskon 50% Tiket Super K-Pop Festival Indonesia 2019 di Tokopedia

    Penawaran Terakhir Diskon 50% Tiket Super K-Pop Festival Indonesia 2019 di Tokopedia

    PT Cana Global Media dan NK Mulsan Co., Ltd dari Korea bekerja sama dengan PT Tokopedia menghadirkan Super K-Pop Festival Indonesia 2019 (SKF 2019), Festival Super K-Pop pertama yang diadakan pada 28 dan 29 September, 2019 di ICE BSD. Kejutan datang menjelang perhelatan Super K-Pop Festival Indonesia 2019. Akan ada Flash Sale terakhir sebelum berlangsungnya […]
  • Pucung Gabus, Makanan Langka Khas Betawi Yang Kembali Naik Daun

    Pucung Gabus, Makanan Langka Khas Betawi Yang Kembali Naik Daun

    Mendengar nama masakan pucung gabus, mungkin sebagian dari kita merasa asing. Mungkin kita pernah mendengar secara sepintas nama masakan khas Betawi ini, namun kita tidak sepenuhnya paham mengenai bentuk dan rasanya, paling di pikiran kita terbayang ikan gabusnya saja. Tidak mengherankan, karena kita jarang sekali bisa menemukan nama kedai makan Betawi bertuliskan menu pucung gabus […]
  • Bantu Tingkatkan Wisatawan Mancanegara, Telkomsel Hadirkan Kartu Perdana ‘Simpati Tourist Wonderful Indonesia’

    Bantu Tingkatkan Wisatawan Mancanegara, Telkomsel Hadirkan Kartu Perdana ‘Simpati Tourist Wonderful Indonesia’

    Dalam rangka mewujudkan kerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar) sebagai official partner ‘Wonderful Indonesia’, Telkomsel kini mewujudkan dukungannya bagi sektor pariwisata Indonesia dengan meluncurkan kartu perdana khusus ‘simPATI Tourist Wonderful Indonesia’. Kartu perdana ini memiliki desain khusus dan memiliki spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan mancanegara. ‘SimPATI Tourist Wonderful Indonesia’ memiliki 11 desain […]
  • Foto : Serunya Acara  “BWCC BIRTHDAY SERIES”

    Foto : Serunya Acara “BWCC BIRTHDAY SERIES”

    Hari Minggu, 15 Juli 2018 menjadi hari istimewa bagi Bintaro Women and Children Clinic (BWCC). Bertempat di Citra Dream Hotel Bintaro diselenggarakan perayaan ulang tahun BWCC ke 3 yang bertema “BWCC BIRTHDAY SERIES” Sejak pukul 7 pagi telah ramai para peserta mendaftarkan diri di meja registrasi.  Acara klinik Bintaro ini diawali dengan kegiatan yoga untuk […]
  • Genjot Daya Saing Industri Nasional, RI Percepat Bangun Infrastruktur Digital

    Genjot Daya Saing Industri Nasional, RI Percepat Bangun Infrastruktur Digital

    Indonesia akan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur digital dalam rangka mendukung penerapan revolusi industri generasi keempat sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0. Langkah ini perlu kolaborasi antara pemerintah dan swasta guna merealisasikannya, terutama mengenai investasi dan teknologi yang akan dikembangkan. “Bagi industri yang paling penting itu infrastruktur, termasuk infrastruktur digital, karena untuk memacu daya saing agar […]
  • Gudeg Seenak Gudeg di Jogja, Ya Gudeg Bu Dibyo

    Gudeg Seenak Gudeg di Jogja, Ya Gudeg Bu Dibyo

    Gudeg merupakan kuliner yang mudah ditemukan di berbagai tempat. Tidak hanya di kota asalnya Yogyakarta, gudeg bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Begitu pun di Bintaro, di berbagai lokasi kita mudah menemukan gerai yang menyajikan gudeg. Karena mudahnya kita menemukan gudeg, terkadang kita harus melakukan coba-coba terlebih dahulu sampai menemukan gerai yang menyajikan gudeg yang […]
  • Bernostalgia Melalui Lidah, Lontong Balap Bioskop Ria Surabaya

    Bernostalgia Melalui Lidah, Lontong Balap Bioskop Ria Surabaya

    Surabaya, Surabaya, oh Surabaya. Kota kenangan, kota kenangan takkan terlupa… Itulah sepenggal lirik lagu berjudul Surabaya karya Titik Hamzah. Surabaya memang sering dianggap kota yang penuh kenangan. Berbagai peristiwa heroik pernah terjadi di kota tua ini dengan segala romantikanya. Tidak hanya kisah perjuangan para pahlawan saja yang membuat Surabaya menjadi penuh kenangan, berbagai bangunannya pun dikenal […]
  • CIMB Niaga, Accorhotels, dan Mastercard Luncurkan Kartu Kredit Co-Brand

    CIMB Niaga, Accorhotels, dan Mastercard Luncurkan Kartu Kredit Co-Brand

    PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bekerjasama dengan AccorHotels dan Mastercard meluncurkan kartu kredit co-brand hotel pertama di Indonesia, ”CIMB Niaga Le Club AccorHotels Card” di Jakarta, Kamis (31/1/2019). Kartu kredit baru ini hadir untuk mendukung gaya hidup masyarakat yang kerap melakukan perjalanan baik wisata maupun bisnis, dengan memberikan beragam keuntungan dan kemudahan dalam […]
  • Segarnya Sop Kimlo di Warung Makan Anita Wong Jowo

    Segarnya Sop Kimlo di Warung Makan Anita Wong Jowo

    Kalau sekarang sedang tren istilah ‘fusion food’ alias makanan yang yang merupakan perpaduan beberapa budaya, bisa dikatakan Sop Kimlo ini merupakan jenis fusion food. Sop Kimlo memang identik dengan Solo, namun sebenarnya kuliner ini diperkenalkan oleh orang-orang Tiongkok yang masuk ke Indonesia berabad-abad yang lalu. Setelah masuk ke Indonesia, bumbu serta bahan-bahannya mengalami perubahan menyesuaikan […]
  • Guyubnya Dog Walking dari Bintaro Dog Lover

    Guyubnya Dog Walking dari Bintaro Dog Lover

    Komunitas Bintaro Dog Lover (BDL) sebagai wadah pecinta anjing di Bintaro dan sekitarnya mempunyai acara unik untuk menjalin keakraban di antara sesama anggotanya, yaitu Dog Walking. Acara yang berlangsung setiap Sabtu pagi ini mengambil tempat di jalan lingkar belakang dari perkantoran Indika, CBD Bintaro Sektor 7. Acara yang dimulai dari pukul 07.00 ini merupakan ajang kumpul-kumpul informal […]
  • KFC Indonesia Hadirkan Sedotan Eksklusif untuk Penuhi Gaya Hidup Ramah Lingkungan

    KFC Indonesia Hadirkan Sedotan Eksklusif untuk Penuhi Gaya Hidup Ramah Lingkungan

    Dalam rangka merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni dan sehubungan dengan hari jadi KFC Indonesia ke-40 tahun maju bersama Indonesia, KFC Indonesia menghadirkan paket eksklusif sedotan stainless edisi ulang tahun. Sedotan dikemas dalam sebuah pouch khusus bertema natural yang berisi tiga jenis sedotan dan satu sikat pembersih. Di setiap bagian ujung […]
  • Siap-siap! Huawei P40 Akan Merevolusi Fotografi Seluler

    Siap-siap! Huawei P40 Akan Merevolusi Fotografi Seluler

    Tahun 2020 membawa gelombang baru kemajuan teknologi yang sebelumnya hanya bisa diimpikan orang. Produsen ponsel Cina telah mengubah industri smartphone dan memecahkan ekspektasi pengguna tentang apa yang dapat dicapai melalui perangkat mereka. Salah satunya adalah dengan kamera smartphone sekarang yang sangat berkualitas sehingga bisa dibilang dapat bersaing dengan kamera DSLR. Salah satu produsen ponsel Cina […]
  • Batik Fashion Day Hotel Santika Premiere Bintaro, Menampilkan Kekayaan Budaya Tangerang Selatan Melalui Batik

    Batik Fashion Day Hotel Santika Premiere Bintaro, Menampilkan Kekayaan Budaya Tangerang Selatan Melalui Batik

    Untuk mempromosikan kekayaan budaya lokal, Hotel Santika Premiere Bintaro menggelar acara yang bertajuk Batik Fashion Day pada Kamis, 13 Oktober 2016 di Restoran Kembang Sepatoe, Ground floor, Santika Premiere Bintaro. Acara ini menampilkan batik etnik khas Tangerang Selatan yang mengambil tema Batik Tangsel: The Everlasting Heritage. Menurut Bangkit Ciptadi, Director of Sales Hotel Santika Premiere […]
  • Cermati Resiko Makan Daging Kambing Berlebihan

    Cermati Resiko Makan Daging Kambing Berlebihan

    Olahan daging kambing seperti sate, gulai, dan tongseng kerap disajikan dalam perayaan Idul Adha. Namun, jangan sampai berlebihan mengonsuminya karena berdampak buruk bagi kesehatan. Menurut pakar saluran cerna dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indoneisa-RS Cipto Mangunkusumo, DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB dampak langsung mengonsumsi daging kambing berlebihan […]

Tinggalkan Balasan