Sel. Jun 25th, 2019

Jakartashoesid, Tempat  Kolektor Sepatu Menemukan Jawabannya

Tahukah Anda ada sepatu basket yang anti peluru? Atau sepatu jogging yang terbuat dari gabus sumbat botol? Ternyata ada lho, dan sepatu-sepatu langka ini bisa Anda temukan di Bintaro. Di mana itu? Yuk, kita simak liputan Info Bintaro ini.

Adalah 2 kakak beradik, Arie Nugroho dan Adhitya Dwiyanto, pemilik sekaligus pengelola toko sepatu yang diberi nama Jakartashoesid yang berlokasi di Bintaro Sektor 3. Berawal dari hobinya bermain basket, Arie suka membeli sepatu-sepatu basket dari berbagai merek dan model. Lama kelamaan koleksinya bertambah banyak dan bertumpuk di kamarnya. Dari situ ia mulai berpikir bagaimana jika sepatu-sepatu itu ditawarkan kepada orang-orang yang mau membelinya, karena kondisi sepatu-sepatu itu masih bagus. Mulailah ia menawarkan kepada teman-temannya untuk membeli sepatu-sepatu bekas pakainya, ternyata di luar dugaan sambutannya cukup positif. Dalam waktu singkat sepatu-sepatu itu habis terjual. Akhirnya muncul ide bisnisnya, mengapa ia tidak membuka sebuah toko sepatu yang khusus menjual sepatu-sepatu olah raga. Akhirnya berdirilah sebuah toko sepatu yang diberi nama Jakartashoesid.

Jika kita melihat dari luar tokonya di Bintaro Sektor 3, sepintas tidak ada yang berbeda dengan toko-toko sepatu yang khusus menjual sepatu olah raga. Namun kalau kita melihat ke dalam lebih teliti koleksi-koleksi sepatu yang dipajang, barulah kita bisa melihat perbedaannya. Arie menjelaskan, sepatu-sepatu yang dijual di tokonya adalah sepatu-sepatu yang cukup langka karena sepatu-sepatu ini tidak ditemukan di toko-toko penjual peralatan olah raga. Bisa karena untuk model itu sudah tidak dipasarkan lagi atau memang dibuat dengan jumlah sangat terbatas (limited edition).

Sepatu-sepatu limited edition ini biasanya diproduksi oleh merek-merek sepatu terkemuka karena ada sebuah momen dan untuk mendapatkannya terkadang Arie dan Adhitya harus berburu ke luar negeri karena model-model khusus ini tidak masuk ke Indonesia.

Arie mencontohkan, salah satu sepatu yang dijualnya dengan merek terkenal merupakan sepatu basket berwarna silver keperakan, sepatu ini terbuat dari bahan khusus anti peluru. Sepintas tidak ada perbedaan sepatu ini dari sepatu lainnya, kecuali desainnya yang terlihat elegan. Namun jika kita mendengar harganya, kita akan ternganga karena harganya Rp. 10 juta. Atau sepasang sepatu yang terbuat dari gabus tutup botol yang terlihat sangat unik. Adhitya menjelaskan sebuah sepatu basket yang lain yang berwarna hitam dengan glitter hitam yang berkilau. Sepatu ini diproduksi sebagai tanda protes terhadap perlakuan diskriminatif terhadap orang-orang kulit hitam di Amerika Serikat.

BACA JUGA  Mempersiapkan Liburan Lebaran Bersama Carrefour Bintaro

Arie menjelaskan jenis toko sepatu ada 2 macam: retailer dan collector. Retailer banyak dijumpai di manapun  karena toko-toko ini menjual sepatu-sepatu keluaran terbaru, sementara Jakartashoesid adalah toko sepatu yang berkategori collector, yang hanya menjual sepatu-sepatu yang tidak ada di toko-toko biasa. Ia menjelaskan, animo kolektor-kolektor sepatu untuk berburu sepatu-sepatu langka sangat tinggi. Kalau mereka menemukan sepatu-sepatu yang diincarnya, mereka bisa mencari ke manapun dan rela membayar dengan harga yang mahal. Salah satu pelanggannya, saat membeli sepatu sekaligus membeli beberapa sepatu dan tidak hanya itu, ia membawa rombongan keluarganya di mana masing-masing orang memilih sepatu kesukaannya sendiri. Bagi mereka, harga bukan masalah asalkan menemukan sepatu yang cocok.

Pelanggan-pelanggan Jakartashoesid bukan hanya berasal dari wilayah Bintaro dan sekitarnya, namun juga dari kota-kota lain di Indonesia. Ada pelanggannya yang khusus datang dari Medan begitu mengetahui ada model sepatu yang dicarinya. Arie dan Adhitya juga punya pelanggan-pelanggan tetap karyawan sebuah perusahaan pertambangan besar di Papua. Mereka kerap memesan sekaligus beberapa sepatu. Untuk permintaan-permintaan khusus ini tidak jarang Arie dan Adhitya terbang langsung mengantarkan sepatu-sepatu pesanan pelanggannya. Hal ini dilakukan demi kepuasan pelanggan-pelanggannya, di samping pertimbangan faktor keamanan dalam pengiriman.

Sepatu-sepatu yang tersedia di Jakartashoesid bukan hanya untuk orang dewasa, bahkan sepatu anak-anak (infant) juga bisa didapatkan di sini. Selain itu, tidak hanya sepatu-sepatu baru saja, sepatu-sepatu bekas pun cukup banyak dicari terutama untuk model-model yang langka. Di Jakartashoesid memang terlihat beberapa sepatu bekas pakai yang dipajang dengan kondisi masih sangat baik.

Tidak hanya menjual berbagai sepatu olah raga koleksi khusus baru maupun bekas pakai, Jakartashoesid juga menyediakan jasa shoes repairing. Adhitya menjelaskan, sepatu-sepatu seperti ini memerlukan perawatan yang berbeda dengan sepatu-sepatu pada umumnya, karena seringkali material pembuatnya juga sangat khusus. Salah dalam melakukan perawatan sepatu akan berakibat fatal, sepatu yang berharga jutaan rupiah bisa rusak dalam sekejap. Harga perbaikan sepatu yang ditawarkan Jakartashoesid bervariasi, tergantung tingkat kesulitannya. Harga layanan yang diberikan mulai dari Rp. 500 ribu.

Mengapa orang rela membayar begitu mahal untuk sepatunya? Sepatu kesayangan biasanya memiliki nilai kenangan tak ternilai. Misalnya dari almarhumah ibu atau mantan pacar.

BACA JUGA  Akademisi dan Fiat 500 Kesayangannya

Nah, bagi Anda yang sedang mencari sepatu-sepatu yang sangat khusus, datang saja ke gerai Jakartashoesid. Jakartashoesid buka setiap hari pukul 12.00 – 21.00.

Jakartashoesid
Jl. Bintaro Raya Utama 3 Blok AM No. 27
Bintaro Jaya Sektor 3
Telp. : 0813 1523 5649
Instagram : @jakartashoesid
Line : @jhf8793h

 

(BON)

 

 

Baca Juga