Rab. Nov 13th, 2019

Jajanan Khas Pasar Malam Taiwan di Bintaro: Shihlin

Di berbagai belahan dunia, jajanan pasar malam identik dengan dagangan kaki lima yang murah meriah. Biasanya jajanan pasar malam disajikan dengan cukup sederhana dengan pembungkus kertas atau plastik yang dapat dinikmati pembeli sambil berjalan-jalan. Hal inilah yang diadopsi oleh Shihlin Taiwan Street Snacks, sebuah jaringan gerai kuliner cepat saji yang mengkhususkan diri menyediakan jajanan khas pasar malam di Taiwan.

Di Taiwan sendiri, Shihlin merupakan nama sebuah pasar malam yang terbesar di Taipei. Setiap malam pengunjung membanjiri pasar malam ini untuk berjalan-jalan dan mencari berbagai kebutuhan. Pasar malam Shihlin dikenal sebagai pusat jajanan di seantero Taiwan, tak heran Shihlin pun menjadi ikon dari Taiwan.

shihlin_night_market_info_bintaro
Pasar Malam Shihlin

Dari Taiwan, jaringan Shihlin Taiwan Street Snacks melebar ke berbagai negara. Tercatat negara-negara Indonesia, Singapura, Malaysia, Australia dan Hongkong telah memiliki gerai Shihlin.

Di Indonesia, gerai cepat saji Shihlin tentu saja tampil berbeda dengan di negara asalnya. Shihlin Taiwan Street Snacks yang telah memiliki puluhan gerai di berbagai wilayah di Indonesia bisa ditemukan di berbagai mall-mall. Salah satunya adalah Bintaro Xchange Mall.

Menempati Lantai UG Unit 302, lokasi gerai Shihlin berada persis di sebelah resto Mama Malaka menghadap ke arah eskalator. Gerainya tidak besar, warna merah menyala mendominasi tampilan gerai ini. Kita tidak akan menemukan meja kursi seperti di resto-resto pada umumnya karena konsep sebagai tempat membeli jajanan tetap dipertahankan. Pengunjung hanya dapat melakukan pesanan dan kemudian membawa menu pesanannya pergi, walaupun di beberapa gerai tertentu disediakan meja kursi untuk makan di tempat. Bagi pembeli hanya tersedia 4 buah kursi tanpa meja buat pengunjung  sewaktu menunggu pesanannya disiapkan. Jika sedang ramai, pembeli harus rela berdiri mengantri.

shihlin_bintaro_info_bintaro_2-2

Menu jajanan yang menjadi favorit di Shihlin adalah XXL Chicken Crispy. Ayam fillet berukuran besar hampir 2 telapak tangan laki-laki dewasa digoreng dengan tepung bumbu yang renyah. Ada 3 pilihan rasa: Original, Barbeque dan Seaweed. Chicken Crispy yang telah matang kemudian ditaburi bubuk lada dan cabai sebelum  digunting-gunting menjadi ukuran yang kecil.

O ya Anda bisa memilih tingkat kepedasannya sesuai selera, tidak pedas, sedang atau pedas. Penyajiannya cukup dimasukkan ke kantong kertas dengan diberi sebatang bambu sebagai peralatan makannya. Cukup praktis untuk dibawa berputar-putar di Bintaro Xchange. Namun perlu berhati-hati kalau membawa XXL Crispy Chicken ini saat berjalan-jalan karena bungkus kertasnya yang tipis, dengan Crispy Chicken yang panas berminyak, tidak menutup kemungkinan kertas wadahnya akan sobek.

BACA JUGA  Steak Jadi Pilihan Menarik Untuk Pecinta Kuliner di Bintaro
shihlin_bintaro_info_bintaro
XXL Crispy Chicken Seawed

Variasi lainnya adalah Egg Crepes yang mirip dadar gulung. Pilihan rasanya Crispy Floss, Sausage Cheese dan Mushroom Cheese. Dengan kulit dari telur yang digoreng dadar, dijamin menu satu ini akan bikin ketagihan.

Bagi Anda yang ingin makanan yang lebih mengenyangkan, bisa memilih menu-menu yang sudah dilengkapi dengan nasi seperti Happy Rice Box dan Tempura Rice Box. Happy Rice Box merupakan nasi dan crispy chicken disajikan dengan saus ala Taiwan, ditambah potongan tofu dingin beserta irisan telur phitan yang juga disiram dengan saus ala Taiwan. Sedangkan Tempura Rice Box berisi nasi yang disajikan bersama taburan abon dan tempura yang bersiram saus ala Taiwan.

Variasi lainnya adalah Mee Sua alias mie ala Taiwan yang lembut. Pilihannya adalah Oyster dan Tempura. Untuk yang Oyster berisi potongan daging tiram dan daging ayam giling, sedangkan yang Tempura berisi tempura dan daging ayam giling. Yang paling membuat enak adalah kuahnya yang berwarna kecoklatan.

Satu lagi menu baru yang sedang dipromosikan adalah Chessylicious Combo. Sesuai namanya, ini adalah menu combo yang terdiri dari XXL Crispy Chicken dengan Sweet Plum Potato Fries yang disiram dengan mayonaise, sungguh mengundang selera. Sweet Plum Potato Fries ini french fries yang renyah ala Taiwan yang terbuat dari ubi manis. Seteipa pembelian menu baru ini mendapat ekstra teh kotak.

shihlin_bintaro_info_bintaro_2-1

Kepingin cemilan unik khas Taiwan? Yuk ke Shihlin saja.

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan