Berita Utama

Investree Siap Dukung UKM Beradaptasi di Fase Transisi Kenormalan Baru

Sejak pengumuman pandemi COVID-19 pada bulan Januari, aktivitas masyarakat dan bisnis, terutama Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia terdampak cenderung negatif.  Pandemi COVID-19 telah membuat ekonomi di Indonesia rentan karena adanya penurunan permintaan, gangguan pasokan, dan situasi kebutuhan dana yang semakin meningkat.

Terlepas dari kontraksi ekonomi saat ini, UKM harus siap untuk beradaptasi agar dapat bertahan dan berkontribusi untuk memulihkan ekonomi Indonesia dengan memiliki teknologi yang tepat untuk membantu menyesuaikan strategi bisnis untuk beradaptasi di fase transisi.

Seiring dengan komitmen Investree untuk mendukung pendampingan finansial bagi UKM Indonesia terutama mereka yang terkena dampak COVID-19, Investree siap mendukung UKM agar mampu beradaptasi di fase transisi kenormalan baru.

Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi, mengatakan bahwa selama fase transisi, UKM akan membutuhkan inovasi dan teknologi yang dapat mendukung proses adapstasi serta penerapan kebijakan tersebut. “Selama fase transisi, peran fintech dalam melayani kebutuhan UKM terpusat dalam inovasi melalui teknologi yang akan memudahkan kolaborasi serta peningkatan keamanan. Fase transisi ini krusial bagi UKM-UKM Indonesia. Kami siap mendukung mereka untuk kembali bertumbuh dengan menyediakan akses permodalan yang lebih mudah bagi mereka,” tambah Adrian.

Investree sebagai pionir marketplace lending di Indonesia saat ini sudah menyiapkan sistem pendanaan yang komprehensif yang dapat mendukung UKM yang kesulitan dalam memperoleh pendanaan untuk menjalankan usahanya kembali. “Investree sangat memahami kebutuhan UKM dalam sisi finansial terutama selama fase transisi. Maka dari itu, kami telah mempersiapkan bisnis dan menyediakan produk pinjaman yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan UKM. Kami optimis Investree mampu dukung UKM-UKM Indonesia yang bisnisnya terdampak pandemi COVID-19 dan membantu mereka stabilkan kembali keadaan finansial bisnis,” ujar Adrian.

Investree percaya diri mampu terus mendukung UKM-UKM yang sedang kesulitan dalam memperoleh pendanaan di fase transisi ini karena bahkan saat pandemi menyerang, bisnis Investree tetap stabil bahkan meningkat. Dicerminkan oleh peningkatan angka pinjaman yang disalurkan dibandingkan dengan sebelum kasus COVID-19 pertama diumumkan yaitu pada tanggal 2 Maret 2020.

Terhitung sejak awal bulan Maret hingga akhir April 2020, terjadi kenaikan rata-rata per bulannya sebesar 6% dibandingkan bulan sebelumnya. Selain itu, selama masa pandemi ini juga, Investree turut menyalurkan pendanaan kepada UKM-UKM yang berperan dalam penyediaan alat-alat kesehatan dan pelindung diri antara lain Torch.id dan PT Indosopha Sakti.

Untuk mendukung para pelaku UKM selama fase transisi, perusahaan teknologi keuangan yang telah menyalurkan total fasilitas pinjaman lebih dari lima triliun rupiah ini fokus pada penyaluran pinjaman yang berdasarkan skema produk rantai pasokan seperti Invoice Financing dan Pre-invoice Financing yang sangat sesuai dengan situasi dan keadaan UKM yang perlu beradaptasi di fase transisi dan sedang memulai menghidupkan kembali aktivitas bisnisnya.

Dengan kedua produk tersebut, pelaku UKM bisa memanfaatkan tagihan yang sedang berjalan, sesuatu yang dulunya merupakan aset tidak produktif kini menjadi sumber pembiayaan. Ditambah lagi, dengan menyediakan produk berbasis invoice tersebut, Investree turut memfasilitasi permintaan yang tinggi dari instansi penyedia alat-alat kebutuhan medis untuk pengadaan di RSUP dan RSUD seluruh Indonesia melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang berkaitan langsung dengan penanganan COVID-19.

Selain itu, Investree juga membangun kemitraan dengan rekan-rekan yang berada di ekosistem untuk untuk memudahkan penyaluran pembiayaan kepada para Borrower, menyediakan pinjaman yang semakin terjangkau dengan tingkat risiko yang lebih terukur. “Memperluas dan memudahkan akses pembiayaan bagi UKM-UKM di Indonesia agar semakin berdaya adalah misi Investree sejak pertama kali berdiri dan kolaborasi dengan rekanan-rekanan profesional merupakan upaya kami untuk merealisasikan misi tersebut,” lanjut Adrian. Ditambah lagi, Investree sedang menghelat kampanye bertajuk #UKMTangguh yang ditujukan untuk para Borrower, agar pelaku UKM dapat memanfaatkan produk pinjaman Investree untuk melewati masa sulit akibat COVID-19 dan kembali bertumbuh selama fase transisi.

BACA JUGA  LinkAja Luncurkan Layanan Syariah LinkAja, Uang Elektronik Syariah Pertama di Indonesia

Saat ini, Investree juga berusaha maksimal agar dana Lender tetap aman. Upaya yang dilakukan oleh Investree agar hal itu terjadi adalah dengan hanya menyediakan pembiayaan berkualitas dengan menyeleksi Borrower melalui sistem credit-scoring yang modern dan melihat kredibilitas dari Borrower serta menganalisis kemampuannya untuk membayarkan pinjaman. “Hingga saat ini, kualitas pembiayaan di Investree masih terjaga dengan baik sehingga Lender tidak perlu khawatir,” ujar Adrian.

Sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam menangani dan menjaga negeri dari COVID-19, Investree sebagai Mitra Distribusi (Midis) Penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel kembali ikut memasarkan instrumen investasi Obligasi Negara Ritel ORI017. Dengan masa penawaran 15 Juni – 9 Juli 2020 dan kupon sebesar 6,40% p.a., hasil investasi ORI017 akan digunakan untuk menangani COVID-19.

Nikmati berbagai keuntungan berinvestasi ORI017 antara lain aman dijamin oleh Pemerintah Republik Indonesia, minimal pemesanan Rp 1 juta sehingga siapa pun bisa berpartisipasi, dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder dan hanya antarinvestor domestik (individu maupun institusi) setelah 2 (dua) kali pembayaran kupon, dan ada potensi keuntungan dari selisih harga (capital gain) ketika harga jual lebih tinggi dari harga beli. Pemesanannya mudah, 100% online melalui http://sbn.investree.id/ori dengan pembayaran melalui Bank Persepsi, Bukalapak, Tokopedia, Finnet, dan Pos.

(AB)

 

Baca Juga

  • Cozyfield Bersama Viva Barista Menggelar Ajang Pencarian Jagoan Barista : Latte Art Battle

    Cozyfield Bersama Viva Barista Menggelar Ajang Pencarian Jagoan Barista : Latte Art Battle

    Pada saat ini kopi tidak lagi hanya sekedar minuman, namun sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Seni menikmati kopi tidak lagi semata-mata hanya dilihat dari rasa kopi yang disajikan, melainkan juga keindahan kopi yang disajikan. Latte Art adalah seni menghias di atas secangkir kopi espresso dengan menggunakan bahan dasar susu yang dipanaskan terlebih dahulu. Kemampuan […]
  • Weddingku, Acara Wajib Bagi Yang Mau Menikah

    Weddingku, Acara Wajib Bagi Yang Mau Menikah

    Pesta pernikahan yang meriah merupakan dambaan bagi para calon pengantin dan keluarganya. Segala sesuatunya dipersiapkan jauh-jauh hari. Untuk itulah Hotel Santika Premiere Bintaro mengadakan event “WEDDINGKU OPEN HOUSE” pada tanggal 14-15 Mei 2016 jam 12.00-19.00 WIB. Event ini merupakan kerja sama hotel dengan wedding organizer ternama WEDDINGKU yang berdiri sejak Mei 2012. Menurut Bapak Bangkit […]
  • Sambut Hari Batik Nasional, Blanja.com Berikan Diskon Hingga 50% untuk Produk Batik

    Sambut Hari Batik Nasional, Blanja.com Berikan Diskon Hingga 50% untuk Produk Batik

    Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2019, BLANJA.com memberikan penawaran spesial berupa diskon up to 50% untuk berbagai produk batik di platformnya. Penawaran diskon tersebut merupakan bentuk memeriahkan hari Batik Nasional sekaligus mendukung upaya pelestarian batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. “Diskon pada produk batik kami berikan sebagai […]
  • MSI Hadirkan Laptop Terbaru dengan Dukungan Platform Terbaru Intel dan Nvidia RTX Super Series

    MSI Hadirkan Laptop Terbaru dengan Dukungan Platform Terbaru Intel dan Nvidia RTX Super Series

    Meningkatnya kebutuhan akan laptop di kalangan para gamers dan content creator pada periode Q1 2020 ini membuat MSI, produsen merek laptop gaming terkemuka asal Taiwan menghadirkan jajaran laptop terbarunya untuk pasar Indonesia. Dengan platform terbaru Intel® yaitu prosesor Intel® Core™ Generasi ke 10 dan kartu grafis NVIDIA® GeForce RTX SUPER™ Series menciptakan performa yang maksimal. […]
  • AirAsia Akan Pindahkan Penerbangan Internasional di Jakarta ke Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

    AirAsia Akan Pindahkan Penerbangan Internasional di Jakarta ke Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

    AirAsia akan memindahkan operasional penerbangan internasional dari Terminal 3 ke Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 12 Desember 2018 pukul 03.00 pagi WIB. Nantinya seluruh penerbangan AirAsia rute domestik maupun internasional akan beroperasi di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sehubungan dengan perpindahan ini, jadwal penerbangan AirAsia tidak mengalami perubahan. Namun, demi kenyamanan, kami mengimbau penumpang […]
  • WanaArtha Life Telah Merealisasikan Program Akta Kelahiran untuk 1.000 Warga, Akta Nikah untuk 100 Pasangan, dan Mobil Pintar untuk Masyarakat di Provinsi Banten

    WanaArtha Life Telah Merealisasikan Program Akta Kelahiran untuk 1.000 Warga, Akta Nikah untuk 100 Pasangan, dan Mobil Pintar untuk Masyarakat di Provinsi Banten

    Sebagai pionir asuransi lokal, WanaArtha Life terus berupaya merealisasikan komitmennya untuk menjadi perusahaan yang terkemuka, baik di Indonesia namun juga di regional dan global. Sebagai perusahaan anggota dari World Economic Forum, WanaArtha Life mendukung terwujudnya pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan dimana tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat. Untuk menyukseskan semua kegiatan ini, WanaArtha […]
  • Laba Usaha MAP Meningkat 34% untuk Semester Pertama 2019

    Laba Usaha MAP Meningkat 34% untuk Semester Pertama 2019

    PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), perusahaan ritel gaya hidup terdepan di Indonesia hari ini mengumumkan pencapaian pendapatan untuk semester pertama tahun 2019. Pendapatan bersih meningkat 10% menjadi sebesar Rp 10 trilyun – naik dari Rp 9,1 trilyun yang tercatat di semester pertama tahun 2018. Laba usaha meningkat 34% dari Rp 722 milyar menjadi Rp 969 […]
  • Hanya di Mas Teng, Cuma Rp. 8 Rb Sudah Makan Kenyang dan Enak

    Hanya di Mas Teng, Cuma Rp. 8 Rb Sudah Makan Kenyang dan Enak

    Saat dompet sudah menipis sementara gaji belum masuk, perut tidak mau berkompromi, mau tidak mau harus dilakukan penghematan. Bagi karyawan yang berkantor di kawasan Bintaro, Anda tidak perlu kuatir, ada alternatif bagi Anda untuk berhemat tapi tetap tidak mengorbankan kenikmatan makan siang Anda. Cukup dengan Rp. 8.000 Anda sudah bisa makan siang dengan enak di […]
  • Mari Berteman…

    Mari Berteman…

    Banyak penelitian menunjukkan bahwa individu yang memiliki teman dan melakukan aktivitas pertemanan akan memiliki kesehatan mental dan kesejahteraan (wellbeing) yang lebih baik. Mempunyai harga diri (self-esteem) lebih tinggi, lebih percaya diri, jarang merasa kesepian, menunjukkan sikap yang lebih positif terhadap kegiatan sekolah, mampu coping secara lebih baik terhadap stres serta cenderung terhindar dari bully yang […]
  • Kemendag Gandeng Bukalapak Gelar Lokakarya Peluang Pasar Singapura dan Malaysia

    Kemendag Gandeng Bukalapak Gelar Lokakarya Peluang Pasar Singapura dan Malaysia

    Di tengah kondisi COVID-19, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) bekerja sama dengan Bukalapak menyelenggarakan lokakarya dengan tema “Peluang Pasar Singapura dan Malaysia di tengah Pandemi” di Jakarta pada Senin (27/4). Lokakarya dilakukan secara virtual bagi pelapak binaan Bukalapak dari beberapa daerah di Indonesia. “Lokakarya merupakan upaya Kementerian Perdagangan dalam memberikan […]
  • Fresh Milk Kandang Moo, Segarnya Susu Untuk Berbagai Aktivitas

    Fresh Milk Kandang Moo, Segarnya Susu Untuk Berbagai Aktivitas

    Aktivitas sehari-hari yang padat sangat menguras energi, apalagi bagi kita yang juga banyak beraktivitas di luar ruangan. Banyaknya pekerjaan di depan komputer, meeting dan presentasi, bertemu klien, berbagai urusan pekerjaan yang datang silih berganti sering membuat kita harus menunda makan siang walaupun perut sudah sangat lapar. Bagi Anda yang sering mengalami situasi seperti itu, ada […]
  • Chic-Chat & Workshop #2 Permata Bank

    Chic-Chat & Workshop #2 Permata Bank

    Banyak orang yang memiliki cita-cita ingin memiliki bisnis sendiri. Dalam pekerjaan sehari-hari sebagai karyawan kita sering mendengar orang mengatakan kepingin punya usaha. Mungkin kita sendiri pernah terlintas pikiran seperti itu. Ya siapa sih yang tidak kepingin punya usaha sendiri, pendapatan besar, waktu kerja fleksibel, tidak tergantung kepada perusahaan tempat bekerja dengan segala permasalahannya, tidak menunggu […]
  • Kopi Kenangan Memberi Jaminan Kesehatan Hadapi Covid-19

    Kopi Kenangan Memberi Jaminan Kesehatan Hadapi Covid-19

    Di tengan wabah COVID-19, peritel minuman grab-and-go Kopi Kenangan yang tengah berkembang pesat saat ini, menerapkan langkah-langkah dan upaya dalam memastikan kebersihan, sekaligus memberikan rasa tenang dan aman bagi para karyawan, mitra pesan antar dan pelanggan. Chief Operating Officer dan Co-Founder Kopi Kenangan James Prananto mengatakan, “Sejak awal berdirinya Kopi Kenangan tiga tahun lalu, core […]
  • Mercedes-Benz di IAA Frankfurt International Motor Show 2019: “Diidamkan, Sebuah Kemewahan Kontemporer Harus Berkelanjutan

    Mercedes-Benz di IAA Frankfurt International Motor Show 2019: “Diidamkan, Sebuah Kemewahan Kontemporer Harus Berkelanjutan

    Konferensi pers Mercedes-Benz di IAA 2019 di Frankfurt, Jerman, berfokus pada solusi berkelanjutan untuk masa depan mobilitas, yang tercermin dalam produk dan strategi bisnis, di mana Mercedes-Benz mempertahankan posisi sebagai produsen mobil mewah terkemuka. Inisiatif kemewahan berkelanjutan ini diwujudkan pada premier global show car Mercedes-Benz VISION EQS, di mana Mercedes-Benz juga menghadirkan 19 kendaraan lain […]
  • Akademisi dan Fiat 500 Kesayangannya

    Akademisi dan Fiat 500 Kesayangannya

    Di Bintaro dan sekitarnya terdapat berbagai macam komunitas hobi yang salah satunya adalah otomotif. Mobil klasik memiliki penggemar fanatik yang cukup banyak, tidak hanya penggemar mobil-mobil keluaran terbaru. Berbicara mengenai mobil klasik di Bintaro, tidak lengkap rasanya jika tidak mengulas mengenai pemiliknya dan tentunya juga mobil klasik yang dimilikinya. Salah satu yang ditemui oleh Info […]
  • Cwiemie Veeboo, Buatan Arema

    Cwiemie Veeboo, Buatan Arema

    Kabar gembira bagi warga Bintaro asal Malang yang kangen rasa cwiemie yang asli, bisa pesan ke  Cwiemie Veeboo. Di sini dijual cwiemie polos dengan topping ayam Rp. 28.000, cwimie ayam dan baso Rp. 30.000, cwiemie paket mini 50g Rp. 17.500 dan cwiemie instan isi 5 mie seharga Rp. 100.000. Ada yang unik dari produk cwiemie […]
  • Cari 7 Warna Skuter yang Cocok Sama Kepribadian Kamu

    Cari 7 Warna Skuter yang Cocok Sama Kepribadian Kamu

    Warna memiliki peran yang berpengaruh terhadap kepribadian seseorang dan juga dalam mengambil sebuah keputusan untuk membeli barang tertentu. Menurut Angela Wright dalam bukunya yang berjudul ‘The Beginners’ Guide to Colour Psychlogy, setiap warna memiliki kepribadiannya sendiri, sehingga pemilihan warna tertentu pada setiap pribadi seseorang dapat mewakili karakter orang tersebut. Maka jika kita ditanyakan tentang warna […]
  • Mobilkamu Akan Berpartisipasi Dalam Acara Indonesia Car Enthusiast and Modification 2019

    Mobilkamu Akan Berpartisipasi Dalam Acara Indonesia Car Enthusiast and Modification 2019

    Untuk para pencinta otomotif modifikasi, bulan September 2019 ini, Mobilkamu berpartisipasi di acara Indonesia Car Enthusiast And Modification (ICEMOD). Acara ini akan di selenggarakan tepatnya pada tanggal 14-15 September 2019. Acara otomotif yang di gelar di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD City ini menjadi sarana dan prasarana yang mendukung kreatifitas anak bangsa dalam bidang otomotif […]
  • Cleveland Cycle Werks, Tunggangannya Para Pecinta Motor Sejati

    Cleveland Cycle Werks, Tunggangannya Para Pecinta Motor Sejati

    We are Cleveland. Inilah tagline dari Cleveland CycleWerks, sebuah merek sepeda motor asal Cleveland, Ohio, AS, yang menggambarkan kebanggaan dari para pemiliknya akan identitas dirinya sebagai bagian dari komunitas pecinta sepeda motor Cleveland di seluruh dunia. Kebanggaan inilah yang dibawa PT. Sumatra Motor Indonesia, exclusive distributor sepeda motor Cleveland Cyclewerks di Indonesia kepada para pecinta motor tanah […]
  • Mengendalikan Diabetes Pada Saat Sakit

    Mengendalikan Diabetes Pada Saat Sakit

    Cuaca akhir-akhir ini tidak menentu. Siang panas terik. Sore atau malam hari hujan deras membuat Anda demam, batuk, pilek, muntah/mencret serta sakit lainnya. Keadaan tersebut dapat “menaikkan” kadar gula dalam darah diabetisi (sebutan bagi penderita diabetes). Penting diketahui bahwa kadar gula darah yang tinggi akan memperlambat proses penyembuhan, bahkan dapat memperberat perjalanan penyakit yang belum […]

Tinggalkan Balasan