Pendidikan

Investasi 2018: Emas, Saham atau ”Cryptocurrency”?

Warga Bintaro, tahun baru sudah kita lewati sebulan. Investasi pada beragam instrumen di sektor finansial sangat menarik dicermati. Terlebih lagi, biasanya pada awal tahun terjadi ”bongkar pasang” portofolio investasi untuk memaksimalkan investasi.

Kenapa harus maksimal? Karena kinerja sejumlah instrumen investasi tersebut untuk mempersiapkan kebutuhan di masa depan, seperti biaya sekolah, uang muka rumah, atau sekadar berwisata ke tempat impian.

Meski hasil kinerja masa lalu belum tentu merefleksikan hasil di masa depan tetapi faktanya kinerja pasar uang sepanjang tahun 2017 cukup cemerlang. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) misalnya, naik 19,9 persen dan mencetak rekor tertinggi pada posisi 6.355 pada akhir tahun lalu.

Sementara itu, kinerja pasar obligasi tidak kalah menariknya. Indeks harga obligasi pemerintah tumbuh sekitar 16,68 persen, dan obligasi korporasi memberikan imbal hasil sekitar 14 persen.

Indeks saham pun tetap melaju walau investor asing merealisasikan keuntungannya sekitar Rp 40 triliun. Kenapa? Karena dana itu kecil jika dibandingkan kapitalisasi pasar. Pada 29 Desember 2017, hari terakhir perdagangan di Bursa Efek Indonesia tahun 2017, kapitalisasi pasar mencapai Rp 7.052 triliun.

Dana investor asing di pasar surat berharga juga semakin besar. Hingga akhir 2017, kepemilikan investor asing pada surat berharga negara (SBN) mencapai Rp 814 triliun (46,36 persen), belum termasuk investasi di pasar obligasi negara syariah.

Sepanjang tahun 2017, pertumbuhan kepemilikan SBN oleh investor asing mencapai 24 persen atau bertambah Rp 157,5 triliun. Tahun 2016, pertumbuhan SBN oleh investor asing ”hanya” 19 persen.

Indeks saham dan obligasi menguat didukung membaiknya perekonomian global dan stabilnya perekonomian dalam negeri. Inflasi yang terjaga juga membantu penguatan indeks. Kenaikan peringkat dari pemeringkat besar serta penurunan suku bunga perbankan membuat saham dan obligasi menjadi pilihan menarik untuk membiakkan aset.

Banyak juga saham yang harganya bertumbuh melampaui kinerja indeks saham, seperti saham PT Unilever Tbk yang dalam satu tahun lalu naik 33 persen, atau harga saham PT Bank Central Asia Tbk yang naik sekitar 53 persen pada 2017.

Produk turunan instrumen di pasar keuangan, yakni reksa dana, juga membukukan kinerja yang bagus. Berdasarkan data dari Infovesta Equity Fund Index, rata-rata reksa dana saham membukukan kenaikan 11,25 persen tahun lalu.

Faktanya, ada investor yang mengeluhkan kinerja sebagian reksa dana saham yang di bawah kinerja IHSG. Namun sebaliknya, ada pula kinerja reksa dana saham yang jauh di atas indeks, seperti reksa dana Eastspring Investments Value Discovery, dengan imbal hasil 23 persen.

Sementara indeks reksa dana pendapatan tetap, berdasarkan data Infovesta tumbuh 10,92 persen. Indeks reksa dana campuran tumbuh 9,52 persen, dan reksa dana pasar uang sebesar 4,48 persen.

Kinerja emas

Bagaimana dengan komoditas seperti emas? Kinerja emas sangat berkilau sepanjang tahun 2017. Melihat data dari situs Logam Mulia milik PT Aneka Tambang Tbk yang menyediakan emas batangan bersertifikat, ada kenaikan 25,75 persen dari awal tahun hingga akhir tahun lalu. Harga emas pada akhir tahun tercatat Rp 630.000 per gram.

Pada tahun 2018, para analis memperkirakan pasar saham masih akan tetap melaju. Tahun politik identik dengan semakin banyak uang beredar. Pertumbuhan ekonomi biasanya berjalan lebih cepat. Perusahaan pun masih terus berekspansi.

Pada tahun politik, beberapa pekerjaan lebih banyak dilakukan dibandingkan tahun yang sepi peristiwa politik. Bayangkan, dengan 171 pemilihan kepala daerah pada pertengahan tahun ini, berapa banyak kaus yang harus dicetak. Belum lagi penunjang kampanye, seperti pencetakan buku, selebaran, dan spanduk. Juga pendukung lain, seperti penginapan dan transportasi.

Pemilihan kepada daerah di provinsi padat penduduk, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, yang menempati porsi 30 persen ekonomi Indonesia akan mendorong perputaran roda ekonomi nasional lebih cepat.

Penghasilan tambahan

Masyarakat kelas menengah bawah biasanya mendapatkan penghasilan tambahan jika terlibat dalam kampanye pilkada. Mereka yang akan mendapatkan tambahan penghasilan dan kemungkinan dibelanjakan untuk membeli kebutuhan dasar, seperti bahan makanan juga rokok.

Tahun depan, Asian Games pun digelar di Palembang, Sumatera Selatan, dan Jakarta. Tayangan iklannya akan mendongkrak pendapatan emiten-emiten media. Lagi-lagi, kebutuhan makanan dan akomodasi juga lebih banyak dari hari biasa.

Mencermati faktor-faktor tersebut, sektor saham yang dapat dipertimbangkan untuk dapat memberikan hasil baik tahun depan antara lain saham-saham konsumsi. Karena kenaikan uang beredar juga memperbaiki daya beli masyarakat, khususnya kelas menengah bawah, setelah sempat terpukul oleh kenaikan harga yang diatur pemerintah, seperti listrik.

Kabar baiknya, tahun ini pemerintah berjanji tidak akan menaikkan harga energi. Selain itu, dalam anggaran 2018, pemerintah pun lebih banyak mengalokasikan dana sosial untuk menopang daya beli masyarakat.

Kenaikan harga minyak mentah, yang juga turut mengerek kenaikan harga komoditas lain, seperti batubara dan sawit, membuat saham-saham pada sektor ini pun dapat dilirik pada tahun 2018.

Sementara itu, pasar obligasi diperkirakan masih memberikan hasil yang baik tahun ini walaupun tidak sebaik tahun lalu. Kecenderungan bank sentral lain di negara maju menurunkan suku bunga membuat pasar obligasi domestik harus bersaing untuk menarik pemodal masuk.

Suku bunga yang lebih tinggi di Amerika Serikat, misalnya, bisa jadi akan membuat investor lebih tertarik menanamkan investasinya di sana.

Reksa dana yang berbasis saham dan obligasi pun akan mengikuti kecenderungan pada aset yang menjadi dasarnya yaitu saham dan obligasi.

”Cryptocurrency”

Sepanjang 2017, demam cryptocurrency seolah melanda dunia. Berbagai kisah sukses dari orang yang membeli cryptocurrency pada harga rendah dan menjualnya pada harga tinggi terdengar dari berbagai belahan dunia. Semakin banyak orang tertarik mencoba peruntungan pada cryptocurrency ini.

Dalam waktu kurang dari dua tahun, laman transaksi cryptocurrency yang paling populer di Indonesia tercatat sudah memiliki sekitar 800.000 anggota, jumlah ini sudah mendekati jumlah kepemilikan rekening efek yang saat ini sekitar 1,1 juta rekening.

Yang harus dipahami, fluktuasi harga cryptocurrency sangat tinggi. Dalam waktu singkat harga cryptocurrency, seperti bitcoin, dapat naik, tetapi dalam beberapa menit turun lagi. Pada akhir Desember lalu, dalam satu hari harga berbagai jenis cryptocurrency turun drastis hanya dalam hitungan menit.

Apakah cryptocurrency dapat dimasukkan menjadi salah satu alternatif investasi pada tahun ini? Jawabannya sangat beragam, tergantung dari keadaan masing-masing orang. Sebelum membeli cryptocurrency, harus disadari bahwa mata uang digital ini berisiko tinggi, dan tidak memiliki alasan fundamental untuk naik atau turun.

Jika memang siap dengan fluktuasi harga tinggi dan cepat, dan siap kehilangan dana yang ditempatkan pada pasar cryptocurrency, mungkin komoditas ini cocok dimiliki. Jika tidak siap dengan kehilangan uang karena gonjang-ganjing harga, lupakan pasar uang digital ini.

Transaksi cryptocurency ini tidak dijamin siapa pun, termasuk pemerintah. Bahkan Otoritas Jasa Keuangan sedang mencermati transaksi mata uang digital ini. Intinya, jika ada kerugian karena transaksi cryptocurrency, maka ditanggung sendiri oleh mereka yang bertransaksi.

Kelas aset mana yang dipilih, tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Saham tentu cocok untuk digunakan sebagai sarana investasi jangka panjang meski berisiko tinggi. Sementara obligasi cocok untuk investasi jangka menengah hingga panjang dengan risiko lebih rendah dari saham.

Produk-produk reksa dana dapat pula dimanfaatkan seturut aset dasarnya. Reksa dana saham untuk investasi jangka panjang, reksa dana campuran untuk menengah panjang, reksa dana obligasi untuk menengah panjang, dan reksa dana pasar uang untuk jangka waktu pendek di bawah satu tahun.

Selamat berinvestasi.

Penulis: ANASTASIA JOICE TAURIS SANTI
Dikutip dari Kompas, 6 Januari 2018

 

Tags

 

Baca Juga

  • Apa Gaya Membeli Anda?

    Apa Gaya Membeli Anda?

    Manakah perilaku berikut yang lebih menggambarkan gaya membeli Anda sehari-hari? Membeli produk yang mahal karena percaya harga mahal pasti dengan berkualitas tinggi, atau membeli produk yang baru saja dirilis agar selalu up-to-date, ataukah membeli suatu produk yang diskonnyapaling besar? Tulisan ini akan membahas macam-macam gaya yang biasanya dipakai masyarakat ketika membeli produk. Baca Juga: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190806150521-33-90190/diskon-74-indonesia-great-sale-digelar-14-agustus-2019 […]
  • Cegah Penyebaran Covid-19, Kemendag Tunda Trade Expo Indonesia (TEI) ke-35 Tahun 2020

    Cegah Penyebaran Covid-19, Kemendag Tunda Trade Expo Indonesia (TEI) ke-35 Tahun 2020

    Kementerian Perdagangan menunda pelaksanaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-35 Tahun 2020. Hal itu berkenaan dengan perubahan status COVID-19 menjadi pandemi global berdasarkan pengumuman resmi dari World Health Organization (WHO). “Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menjalankan kebijakan demi menghambat menyebarnya pandemi COVID-19, Kemendag memandang perlu menunda pelaksanaan TEI ke-35 tahun 2020,” ujar Menteri Perdagangan […]
  • DFSK Banjir SPK dan Penghargaan di Telkomsel IIMS 2019

    DFSK Banjir SPK dan Penghargaan di Telkomsel IIMS 2019

    Telkomsel Indonesia International Motor Show (TIIMS) 2019 telah berlangsung dengan lancar dan sukses sejak 25 April – 5 Mei 2019. DFSK yang menjadi salah satu peserta pameran juga mengakui bahwa pameran ini memberikan banyak keuntungan, dan menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan teknologi terbaru yang ditawarkan kepada masyarakat Indonesia. Selama 11 hari pameran, DFSK sukses […]
  • Soto Betawi Mpok Nur, Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan

    Soto Betawi Mpok Nur, Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan

    Apakah Anda penggemar berat sobet alias soto betawi? Silahkan mampir ke Bintaro Entertainment Center. Ada aneka makanan betawi seperti soto betawi, gado-gado, ketoprak, tauge goreng, tahu telor, laksa betawi, lontong sayur, nasi uduk ayam goreng, serta aneka sop/soto yakni sop iga betawi, soto ayam+nasi, soto mie jakarta Ada pula masakan serba tek-tek. Apakah itu? Mie […]
  • Kurangi Berbelanja Secara Impulsif

    Kurangi Berbelanja Secara Impulsif

    Saat ini berbelanja bukan hanya kegiatan untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga untuk melepaskan kepenatan dan stres. Berbagai macam barang yang ditawarkan dengan berbagai potongan harga membuat individu tergiur untuk berbelanja. Tren belanja saat ini juga berubah. Bila pada awalnya kita cenderung berbelanja di toko fisik, namun sejalan dengan perkembangan teknologi berbelanja bisa dilakukan secara online.Berdasarkan […]
  • Event Prasetiya Mulya: PESTA RAKYAT 2019

    Event Prasetiya Mulya: PESTA RAKYAT 2019

    Pesta Rakyat 2019 merupakan bagian dari Social Week, event tahunan dari Universitas Prasetiya Mulya yang bertujuan meningkatkan kepedulian sesama, memberikan edukasi, sertahiburan. Event ini telah digelar sejak tahun 2015. Kali ini mengusung tema “Melangkah Bersama dalam Satu Harmoni”. Terdiri dari serangkaian acara, mulai dari Donor Darah, Seminar, dan Workshop UMKM yang bertemakan “KREATIF” yaitu Karya […]
  • #kitacintasatwa, Taman Safari Indonesia Ajak Masyarakat Bantu Satwa

    #kitacintasatwa, Taman Safari Indonesia Ajak Masyarakat Bantu Satwa

    Dengan adanya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah, maka seluruh unit TSI Group (Taman Safari Bogor, Taman Safari Prigen, Bali Safari, dan Batang Dolphins Center) pun ditutup sementara sejak 23 Maret 2020 lalu hingga nanti waktu yang ditentukan kemudian.  Keputusan penutupan ini diambil, karena TSI Group ingin mengambil peran dalam memutus mata […]
  • Sejak Kapan Burger Itu Ada?

    Sejak Kapan Burger Itu Ada?

    Hamburger (atau seringkali disebut dengan burger) adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan di tengahnya diisi dengan patty (isi hamburger) yang biasanya diambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. Sebagai sausnya, burger diberi berbagai jenis saus seperti mayones, saus tomat dan sambal serta mustard. Beberapa varian burger […]
  • Penjualan Lock & Lock Dalam Satu Hari di Shopee Super Brand Day Mencatatkan Rekor Penjualan Online Tertingginya Sepanjang Sejarah

    Penjualan Lock & Lock Dalam Satu Hari di Shopee Super Brand Day Mencatatkan Rekor Penjualan Online Tertingginya Sepanjang Sejarah

    Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, kembali meraih kesuksesannya setelah menggelar Super Brand Day untuk ketiga kalinya. Kali ini, Shopee bekerjasama dengan LOCK&LOCK Indonesia sebagai perusahaan inovatif dalam memproduksi perlengkapan rumah tangga dan peralatan dapur. Promo Super Brand Day yang telah berlangsung dari 26 Juli hingga puncaknya pada 31 Juli 2018 ini […]
  • Citilink Indonesia Resmi Luncurkan Layanan “Dining Experiences”

    Citilink Indonesia Resmi Luncurkan Layanan “Dining Experiences”

    Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia secara resmi meluncurkan layanan “Dining Experiences”, yaitu layanan khusus dimana penumpang dapat memilih dan mengkreasikan set hidangan favorit yang akan dinikmati di atas ketinggian 35.000 kaki. Direktur Niaga Citilink Indonesia Benny Rustanto mengatakan bahwa “Dining Experiences” merupakan salah satu bentuk komitmen Citilink Indonesia untuk terus melakukan pengembangan layanannya demi […]
  • Berbagai Pilihan Menu Nasi Bali di Ayam Sere Pasar Modern Bintaro

    Berbagai Pilihan Menu Nasi Bali di Ayam Sere Pasar Modern Bintaro

    Anda pasti sudah sering mendengar nama kuliner Nasi Kucing. Ya, Nasi Kucing merupakan kuliner asal Jogja yang identik dengan porsinya yang sedikit. Karena porsinya yang sedikit, terkadang orang mengatakan sebagai nasi dengan porsi kucing. Kalau di Jogja ada Nasi Kucing, lain lagi dengan di Solo, ada juga kuliner khas Solo yang porsinya juga sedikit yaitu Nasi […]
  • Seminar Anak Tentang Gadget Policy

    Seminar Anak Tentang Gadget Policy

    Parenting is doing what’s best not what’s easy. Pernah mendengar kisah orang tua yang memberi gadget kepada anaknya supaya anaknya anteng alias diam tidak mengganggu orang tuanya? Ini salah besar. Sebagai orang tua, kita harus bijak memberikan gadget kepada putra/putri kita. Mari simak tips menarik tentang gadget policy yang dibahas di event garASIKiTaKidsFair2017 yang berlangsung di […]
  • Steak Kotak Kingdom, Snack Inovatif yang Melanglang Buana ke Mancanegara

    Steak Kotak Kingdom, Snack Inovatif yang Melanglang Buana ke Mancanegara

    Pepatah mengatakan ada hikmah di balik setiap kegagalan, hal itu dibuktikan oleh Andy Setyawan, seorang dosen mata kuliah New Product Development dan Creative Marketing di Sekolah Bisnis Umar Usman, Pejaten. Berniat membangun usaha kuliner yang menawarkan menu steak, usaha ini harus berganti haluan. Andy yang saat itu membuka gerai steak di Pamulang dan Ciputat bersama mahasiswanya […]
  • Nissan dan Datsun Iringi Peresmian Tol Trans Jawa

    Nissan dan Datsun Iringi Peresmian Tol Trans Jawa

    Nissan Terra dan Datsun CROSS ikut serta pada peresmian tol Trans Jawa yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Desember lalu. Selain dua model itu, Nissan Navara dan New Datsun GO menjadi kendaraan pertama yang menempuh jarak 300 kilometer dengan rute Surabaya menuju jembatan Kalikuto, Jawa Tengah. Rombongan Nissan Indonesia turut serta bersama […]
  • Vivo Y17 Sudah Resmi Dijual di Indonesia

    Vivo Y17 Sudah Resmi Dijual di Indonesia

    Vivo Indonesia secara resmi memasarkan Y-Series terbaru, vivo Y17, dengan harga Rp 2.999.000 di Indonesia. Penjualan perdana/Super Selling Day untuk vivo Y17 pun telah dibuka per 28 April di vivo store dan mitra retail vivo yang tersebar di berbagai daerah seluruh Indonesia, serta vivo official online store eksklusif di Akulaku. Hadir dengan fitur unggulan AI Triple Camera di kamera belakang […]
  • Perkenalkan Octo Clicks, CIMB Niaga Sempurnakan Pengalaman Digital Internet Banking

    Perkenalkan Octo Clicks, CIMB Niaga Sempurnakan Pengalaman Digital Internet Banking

    Melanjutkan inovasi digital banking OCTO Mobile yang diluncurkan pada Mei 2020 lalu, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengembangkan kemampuan digitalnya dengan menyempurnakan internet banking “CIMB Clicks” menjadi “OCTO Clicks”. Terobosan baru ini dilakukan untuk memberikan pengalaman perbankan digital yang semakin mudah dan lengkap kepada nasabah, terutama pada kondisi saat ini yang menjadikan […]
  • Mercedes-Benz Rayakan 50 Tahun Produksi dan Perakitan Mobil Penumpang di Pabrik Wanaherang

    Mercedes-Benz Rayakan 50 Tahun Produksi dan Perakitan Mobil Penumpang di Pabrik Wanaherang

    Tahun 2020 menandai tonggak sejarah perayaan kehadiran 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia beserta produksi rakitan lokal kendaraan-kendaraannya. Dalam merayakan momen spesial ini, PT Mercedes-Benz Indonesia merayakan tahun keemasan ini bersama dengan seluruh karyawan Mercedes-Benz di daerah pabrik Wanaherang sebagai bagian penting dari perjalanan Mercedes-Benz di Indonesia. Perwakilan manajemen dari PT Mercedes-Benz Indonesia beserta karyawan yang […]
  • PT Piaggio Indonesia Memperkenalkan Sport Naked Bike Terbaru dari Aprilia Shiver

    PT Piaggio Indonesia Memperkenalkan Sport Naked Bike Terbaru dari Aprilia Shiver

    PT Piaggio Indonesia memperkenalkan Aprilia Shiver 900, evolusi terbaru di segmen sport naked bike. Perpaduan teknologi dan daya tahan superior, membuat Aprilia Shiver 900 menghadirkan tenaga dan torsi yang lebih tinggi. Struktur chassis juga menjadi elemen penting yang menjadikan performa motor ini lebih bertenaga. Kepuasan penuh dalam mengendarai Aprilia Shiver 900 terjaga dengan ekstra fitur […]
  • Sambut Babak 16 Besar Piala Dunia, Traveloka Meriahkan Nonton Bareng Piala Dunia melalui Program Layar Bola

    Sambut Babak 16 Besar Piala Dunia, Traveloka Meriahkan Nonton Bareng Piala Dunia melalui Program Layar Bola

    Traveloka sebagai Sponsor Media dan Penyiaran FMA untuk Piala Dunia 2018 di Indonesia eksklusif dalam kategori perjalanan, akomodasi dan tempat wisata, hari ini mengadakan acara nonton Piala Dunia 2018 di Layar Bola Traveloka yang diadakan di Sari Pacific Hotel Jakarta, sebagai salah satu mitra hotel resmi penyelenggara Layar Bola Traveloka. Program Layar Bola Traveloka merupakan […]
  • Makan, Bersantai dan Bikin Acara Sambil Menikmati Suasana Alam di Warung Taman Fabs

    Makan, Bersantai dan Bikin Acara Sambil Menikmati Suasana Alam di Warung Taman Fabs

    Bagi Anda yang sehari-hari disibukkan dengan berbagai aktivitas, saat weekend merupakan waktu untuk bersantai bersama keluarga. Setelah berbagai pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran, bersantai bersama keluarga sambil melihat si kecil bermain-main dengan gembira adalah sebuah keasyikan tersendiri. Jika Anda ingin semua itu bisa dilakukan pada suasana yang tenang, pilihan ke mall tentunya bukan pilihan […]