Rab. Des 11th, 2019

Inilah Kota Penyelenggara Festival Pesona Lokal 2019

Setelah sukses digelar pada tahun 2018 lalu, Adira Finance salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia kembali menggelar Festival Pesona Lokal. Festival Pesona Lokal 2019 merupakan program CSR Adira Finance yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan stasiun televisi nasional RCTI.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah. Dengan mengangkat tema ”Rasakan Sensasi Pesona Lokal”, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HUT Adira Finance ke-29 ini akan digelar di 7 kota yaitu Medan, Bali, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta, mulai dari bulan Agustus hingga November 2019.

“Kami ingin mengajak seluruh masyarakat dan ekosistem Adira Finance yang terdiri dari konsumen, mitra bisnis, dan karyawan Adira Finance untuk berpartisipasi mendukung serta mempromosikan kearifan lokal. Melalui kegiatan Festival Pesona Lokal, diharapkan dapat membantu meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang memberikan dampak positif pada perekonomian daerah tersebut,” ujar Hafid Hadeli selaku Direktur Utama Adira Finance.

Festival Pesona Lokal sejalan dengan corporate branding Adira Finance untuk Indonesia, dimana Adira Finance memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa Indonesia melalui salah satu pilar CSR yaitu Sahabat Lokal yang berfokus pada pariwisata, budaya, edukasi, dan UMKM. Sesuai dengan tema Festival Pesona Lokal tahun ini, Adira Finance ingin seluruh masyarakat maupun peserta kegiatan ini, dapat merasakan sensasi kekayaan budaya hingga kuliner khas dari suatu daerah.

Berbagai kegiatan mulai dari perlombaan hingga hiburan menarik akan disajikan di Festival Pesona Lokal 2019. Selain Parade Karnaval Budaya, pada tahun ini Adira Finance akan mengadakan Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Melukis Kain Motif Khas Lokal Kontemporer, Kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, dan permainan lokal serta bazaar aneka produk lokal. Tidak ketinggalan, kegiatan ini juga akan dimeriahkan oleh sederet artis ibu kota dan juga artis lokal.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Adira Finance akan menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat di kota Magelang, Pontianak, Denpasar, dan Bogor berkolaborasi dengan Yayasan Danamon Peduli, pemerintah daerah setempat, dan berbagai komunitas seni budaya dan UMKM.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun citra positif pasar rakyat sebagai ruang publik yang kreatif, edukatif, dan berbudaya, sekaligus mengedukasi serta mendorong keterlibatan berbagai pihak agar menjadi bagian dari upaya pengembangan pasar rakyat di Indonesia.

Sebagai highlight kegiatan Festival Pesona Lokal, Adira Finance bersama Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) akan mempersembahkan penghargaan khusus Kota Paling Mempesona kepada Pemerintah Daerah yang berhasil menampilkan pesona kebudayaan dan keunikan daerah lokal masing – masing secara kompak dan serasi melibatkan partisipasi dari warga kota di kegiatan tersebut.

BACA JUGA  25 % Anak Muda Makassar, Gunakan Gojek Smart Fest untuk Pengembangan Kompetensi Diri

Selain itu juga akan diberikan penghargaan Pesona Pasar Rakyat untuk pasar yang mengikuti kegiatan Festival Pasar Rakyat. Kedua penghargaan ini akan diserahkan pada acara Adikreasi pada tanggal 17 November 2019, dan akan ditayangkan secara live di stasiun TV RCTI.

Bagi masyarakat umum, khususnya generasi muda yang memiliki hobi menciptakan dan berbagai konten menarik, Adira Finance juga menggelar ajang tahunan Kompetisi Video dan Foto Sahabat Lokal untuk yang ketiga kalinya.

Dengan mengangkat tema “Sensasi Lokal Kotaku”, Adira Finance mengajak para peserta untuk mengunggah hasil karya foto di platform Instagram atau video di platform Youtube yang menceritakan tentang potensi lokal suatu destinasi atau daerah di Indonesia termasuk keindahan alam, tempat wisata menarik, kuliner, tradisi lokal, kultur budaya, tempat hang out yang sedang populer, serta kerajinan dan oleh-oleh. Informasi selengkapnya tentang kompetisi dan pendaftaran dapat mengunjungi www.adira.co.id/sahabatlokal.

Adira Finance mendapatkan banyak dukungan dan bantuan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta dalam penyelenggaraan Festival Pesona Lokal. Salah satunya yang menjadi sponsor utama yaitu Adira Insurance, dimana Adira Insurance sebagai perusahaan asuransi umum yang memiliki produk asuransi perjalanan terbesar di Indonesia memiliki tujuan untuk melindungi masyarakat akan risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan. Sejalan dengan tujuan kegiatan CSR Festival Pesona Lokal,

Adira Insurance juga mendorong penerapan program keselamatan jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk mendukung aksesibilitas kawasan daerah wisata yang aman dan selamat, melalui program Indonesia Road Safety Award (IRSA).

“Melalui produk Travellin, menjadi komitmen Adira Insurance untuk turut berperan aktif mendukung pariwisata Indonesia. Tidak hanya memberikan perlindungan, namun juga dapat memberikan berbagai kemudahan selama melakukan perjalanan. Sehingga traveller tetap merasa tenang dan aman selama melakukan perjalanan. Tidak hanya itu, Adira Insurance secara sustainable mendorong Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia untuk menyediakan akses kawasan daerah wisata yang aman dan selamat,” ujar Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance.

Kegiatan Festival Pesona Lokal 2019 mendapat dukungan penuh dari MUFG Bank, Ltd. Sederet perusahaan lainnya yang turut mendukung yaitu PT Visonet Internasional (OVO), PT Pitoe Sarana Informatika, PT Astra Honda Motor, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Asuransi Sinar Mas, PT Isuzu Astra Motor Indonesia, PT Asuransi Raksa Pratikara, PT. Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia).

BACA JUGA  Tingkat Stres Masyarakat Indonesia Cenderung lebih Rendah Secara Global

“Kami berharap dengan adanya berbagai kegiatan ini dapat membuat ekosistem Adira Finance dan masyarakat Indonesia untuk semakin mencintai budaya dan kearifan lokal daerahnya serta berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya,” tutup Hafid Hadeli.

(BON)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.