Ingin Berolah Raga Sambil Main Game? Yuk Ikutan Danz Base

Siang itu di sebuah mall di Jakarta terlihat seorang gadis tengah bersiap di depan sebuah mesin yang terdiri dari layar TV besar yang menampilkan beberapa karakter yang sedang bersiap melakukan dance di atas sebuah panggung serta beberapa speaker. Sejenak sang gadis berkonsentrasi memandang layar TV, sambil mengatur posisi. Sesekali ia mengayunkan kedua tangannya pada beberapa sensor yang terpasang di atas TV untuk mengukur sensitivitas sensor-sensor yang ada. Setelah dirasakan siap, ia berjalan ke depan TV dan menekan sebuah tombol. Sesaat kemudian alunan musik yang berdentam terdengar dan si gadis mulai bergoyang mengikuti gerakan karakter pada TV.

Situasi ini adalah gambaran dari sebuah game yang sedang populer saat ini di kalangan anak muda: Danz Base. Danz Base adalah games bergenre musik yang memberikan nuansa berbeda dalam permainannya dibandingkan dengan games-games musik lainnya. Dikembangkan oleh International Games System Co., Ltd. (IGS). Pertama kali muncul pada GTI Asia China Expo 2013 lalu dirilis secara resmi pada tanggal 12 Desember 2013 di Tiongkok lalu berkembang di negara-negara Asia Tenggara.

Agak berbeda dengan gameplay lainnya, inti dari Danz Base adalah menirukan koreografi karakter yang ada dilayar dengan tepat secara bersamaan, bisa bermain sendirian ataupun berdua. Simple kan? Kita juga punya ID dan karakter sendiri, menaikan level karakter kita, mendandani karakter dengan kostum, dan main dengan player-player di kota bahkan negara lain lho ! Karena Danz Base ada sistem Live Battle yang memungkinkan kita untuk bertanding dengan pemain lain. Dengan 91 lagu (dan terus diupdate tiap bulannya) dan 5 hidden songs, akan membuat permainanmu makin menyenangkan.

Mesin Danz Base dilengkapi sensor gerakan yang akan mendeteksi gerakan pemainnya dan mengecek kesesuaiannya dengan koreografi dance yang ada pada layar. Dengan layar 55 inch high definition LCD screen, interactive light dan double sound effect semakin menambah Danz Base semakin seru untuk dimainkan.

Sambil mengikuti koreografi karakter pada layar, sesekali pemain memukul titik-titik tertentu pada lantai dengan kaki (dinamakan dengan Notes) atau melakukan gerakan tertentu pada waktu tertentu. Gerakan lain termasuk menempatkan tangan atau kaki di bagian tubuh, berputar, pinggul bergerak, dan bertepuk tangan. Istilah-istilah yang digunakan untuk gerakan tersebut misalnya : Spot (pindahkan tangan atau kaki ke Notes sebelum gerakan penuh), Hold (pindahkan tangan atau kaki ke Notes sebelum bergerak penuh dan tahan sampai Notes penuh), Clap (pindahkan kedua tangan ke Notes dan bertepuk tangan), Swing (pindahkan pinggul mengikuti arah gerakan) dan sebagainya. Mesin ini pun memiliki tingkat kesulitan dari Easy, Normal, Hard, hingga Master.

Danz Base juga menyediakan berbagai jenis lagu diantaranya jazz, hiphop, pop, k-pop, J-pop dan masih banyak lagi pilihan lagu lainnya dengan 4 tingkat level kesulitan yaitu Easy, Normal, Hard dan Master.

Mesin Danz Base pertama kali masuk ke Indonesia tahun 2014 dan kini bisa ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan atau di arena bermain seperti di Timezone, Game Fantasia, Game Corner, Fun World dan sebagainya dengan harga sewa dari Rp. 3500 hingga Rp. 8000 untuk 3 stages.

Ingin memiliki mesin Danz Base sendiri dan memainkannya di rumah? Bagi kamu yang kepingin punya mesin Danz Base dan bisa puas bermain di rumah, kamu bisa membeli di toko online seperti Alibaba.com. Ya memang, sesuai asalnya permainan ini, sejauh ini Tiongkok lah yang dikenal sebagai negara pembuat mesin Danz Base ini. Lalu berapa harga mesin Danz Base ini? Dikutip dari situs Alibaba.com (https://indonesian.alibaba.com/g/arcade-danz-base-dancing-game-machine.html), harga mesin Danz Base ini bervariasi dari mulai dua ribuan dollar sampai dengan belasan ribu dollar tergantung fitur-fitur yang ditawarkan. Namun, mengingat ukurannya yang besar, kamu juga harus memperhitungkan biaya-biaya lain seperti pengiriman, pajak, dll yang harus ditambahkan saat kita membeli mesin Danz Base ini.

Bagi kamu yang ingin bergabung dengan sesama penggemar Danz Base ada wadah komunitas untuk para pecinta game Danz Base. Dari wadah tersebut sering diadakan lomba Danz Base antar daerah untuk memperebutkan juara nasional yang nantinya akan mewakili Indonesia di kejuaraan Danz Base tingkat ASEAN.

Sebagai informasi bagi kamu, tahun ini akan diadakan babak final Kompetisi Danz Base Asia Cup 2018 di Jakarta bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2018. Peserta dari Indonesia akan mengikuti babak Preliminary pada tanggal 1 April – 30 Juni 2018 dan babak Qualifying tanggal 1 Juli – 12 Agustus 2018. Pemenang pada babak Qualifying akan mewakili Indonesia berlaga melawan wakil negara-negara Asia lainnya pada babak final.

Danz Baser asal Indonesia ternyata juga memiliki kemampuan yang mumpuni lho, terbukti saat berlangsungnya ajang  Danz Base Asia Cup 2015 yang berlangsung pada 30 Agustus 2015 di Guangzhou, Tiongkok, wakil Indonesia, Try Utomo Payung (Tito) berhasil meraih posisi pertama dengan menyisihkan wakil-wakil dari Tiongkok, Taiwan, Thailand, Malaysia, dll.

Bagi kamu yang baru mengenal Danz Base dan kepingin coba uji kemampuanmu, kamu bisa ikutan kompetisi Danzbase Newbie Competition, yang akan berlangsung pada hari Minggu, 25 Maret 2018, pukul 13.00 di Swipe Area Aeon Fantasy, Grand Galaxy Park, Bekasi. Untuk informasi lebih lanjut, klik saja https://www.facebook.com/events/567939783576268/. Sedang kalau kamu ingin dapat update berbagai hal seputar Danz Base, kamu bisa gabung di grup Facebook Danz Base Indonesia (https://www.facebook.com/danzbaseindonesia/).

Let’s dance…Danz Baser…

(BON)