Gaya Hidup

Ingin Berolah Raga Sambil Main Game? Yuk Ikutan Danz Base

Siang itu di sebuah mall di Jakarta terlihat seorang gadis tengah bersiap di depan sebuah mesin yang terdiri dari layar TV besar yang menampilkan beberapa karakter yang sedang bersiap melakukan dance di atas sebuah panggung serta beberapa speaker. Sejenak sang gadis berkonsentrasi memandang layar TV, sambil mengatur posisi. Sesekali ia mengayunkan kedua tangannya pada beberapa sensor yang terpasang di atas TV untuk mengukur sensitivitas sensor-sensor yang ada. Setelah dirasakan siap, ia berjalan ke depan TV dan menekan sebuah tombol. Sesaat kemudian alunan musik yang berdentam terdengar dan si gadis mulai bergoyang mengikuti gerakan karakter pada TV.

Situasi ini adalah gambaran dari sebuah game yang sedang populer saat ini di kalangan anak muda: Danz Base. Danz Base adalah games bergenre musik yang memberikan nuansa berbeda dalam permainannya dibandingkan dengan games-games musik lainnya. Dikembangkan oleh International Games System Co., Ltd. (IGS). Pertama kali muncul pada GTI Asia China Expo 2013 lalu dirilis secara resmi pada tanggal 12 Desember 2013 di Tiongkok lalu berkembang di negara-negara Asia Tenggara.

Agak berbeda dengan gameplay lainnya, inti dari Danz Base adalah menirukan koreografi karakter yang ada dilayar dengan tepat secara bersamaan, bisa bermain sendirian ataupun berdua. Simple kan? Kita juga punya ID dan karakter sendiri, menaikan level karakter kita, mendandani karakter dengan kostum, dan main dengan player-player di kota bahkan negara lain lho ! Karena Danz Base ada sistem Live Battle yang memungkinkan kita untuk bertanding dengan pemain lain. Dengan 91 lagu (dan terus diupdate tiap bulannya) dan 5 hidden songs, akan membuat permainanmu makin menyenangkan.

Mesin Danz Base dilengkapi sensor gerakan yang akan mendeteksi gerakan pemainnya dan mengecek kesesuaiannya dengan koreografi dance yang ada pada layar. Dengan layar 55 inch high definition LCD screen, interactive light dan double sound effect semakin menambah Danz Base semakin seru untuk dimainkan.

Sambil mengikuti koreografi karakter pada layar, sesekali pemain memukul titik-titik tertentu pada lantai dengan kaki (dinamakan dengan Notes) atau melakukan gerakan tertentu pada waktu tertentu. Gerakan lain termasuk menempatkan tangan atau kaki di bagian tubuh, berputar, pinggul bergerak, dan bertepuk tangan. Istilah-istilah yang digunakan untuk gerakan tersebut misalnya : Spot (pindahkan tangan atau kaki ke Notes sebelum gerakan penuh), Hold (pindahkan tangan atau kaki ke Notes sebelum bergerak penuh dan tahan sampai Notes penuh), Clap (pindahkan kedua tangan ke Notes dan bertepuk tangan), Swing (pindahkan pinggul mengikuti arah gerakan) dan sebagainya. Mesin ini pun memiliki tingkat kesulitan dari Easy, Normal, Hard, hingga Master.

Danz Base juga menyediakan berbagai jenis lagu diantaranya jazz, hiphop, pop, k-pop, J-pop dan masih banyak lagi pilihan lagu lainnya dengan 4 tingkat level kesulitan yaitu Easy, Normal, Hard dan Master.

Mesin Danz Base pertama kali masuk ke Indonesia tahun 2014 dan kini bisa ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan atau di arena bermain seperti di Timezone, Game Fantasia, Game Corner, Fun World dan sebagainya dengan harga sewa dari Rp. 3500 hingga Rp. 8000 untuk 3 stages.

Ingin memiliki mesin Danz Base sendiri dan memainkannya di rumah? Bagi kamu yang kepingin punya mesin Danz Base dan bisa puas bermain di rumah, kamu bisa membeli di toko online seperti Alibaba.com. Ya memang, sesuai asalnya permainan ini, sejauh ini Tiongkok lah yang dikenal sebagai negara pembuat mesin Danz Base ini. Lalu berapa harga mesin Danz Base ini? Dikutip dari situs Alibaba.com (https://indonesian.alibaba.com/g/arcade-danz-base-dancing-game-machine.html), harga mesin Danz Base ini bervariasi dari mulai dua ribuan dollar sampai dengan belasan ribu dollar tergantung fitur-fitur yang ditawarkan. Namun, mengingat ukurannya yang besar, kamu juga harus memperhitungkan biaya-biaya lain seperti pengiriman, pajak, dll yang harus ditambahkan saat kita membeli mesin Danz Base ini.

Bagi kamu yang ingin bergabung dengan sesama penggemar Danz Base ada wadah komunitas untuk para pecinta game Danz Base. Dari wadah tersebut sering diadakan lomba Danz Base antar daerah untuk memperebutkan juara nasional yang nantinya akan mewakili Indonesia di kejuaraan Danz Base tingkat ASEAN.

Sebagai informasi bagi kamu, tahun ini akan diadakan babak final Kompetisi Danz Base Asia Cup 2018 di Jakarta bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2018. Peserta dari Indonesia akan mengikuti babak Preliminary pada tanggal 1 April – 30 Juni 2018 dan babak Qualifying tanggal 1 Juli – 12 Agustus 2018. Pemenang pada babak Qualifying akan mewakili Indonesia berlaga melawan wakil negara-negara Asia lainnya pada babak final.

Danz Baser asal Indonesia ternyata juga memiliki kemampuan yang mumpuni lho, terbukti saat berlangsungnya ajang  Danz Base Asia Cup 2015 yang berlangsung pada 30 Agustus 2015 di Guangzhou, Tiongkok, wakil Indonesia, Try Utomo Payung (Tito) berhasil meraih posisi pertama dengan menyisihkan wakil-wakil dari Tiongkok, Taiwan, Thailand, Malaysia, dll.

Bagi kamu yang baru mengenal Danz Base dan kepingin coba uji kemampuanmu, kamu bisa ikutan kompetisi Danzbase Newbie Competition, yang akan berlangsung pada hari Minggu, 25 Maret 2018, pukul 13.00 di Swipe Area Aeon Fantasy, Grand Galaxy Park, Bekasi. Untuk informasi lebih lanjut, klik saja https://www.facebook.com/events/567939783576268/. Sedang kalau kamu ingin dapat update berbagai hal seputar Danz Base, kamu bisa gabung di grup Facebook Danz Base Indonesia (https://www.facebook.com/danzbaseindonesia/).

Let’s dance…Danz Baser…

(BON)

 

Tags

 

Baca Juga

  • Waspadai Modus Kejahatan Jalanan Terhadap Pengendara Mobil Berikut Ini

    Waspadai Modus Kejahatan Jalanan Terhadap Pengendara Mobil Berikut Ini

    Kejahatan dapat terjadi di mana saja dan kepada siapa saja. Begitu pun untuk wilyah Bintaro dan sekitarnya yang dikenal sebagai wilayah yang cukup aman. Terima kasih kepada Polres Tangsel, yang dengan kehadirannya di wilayah Bintaro Jaya sekali pun bersifat sementara, ternayata menimbulkan ketenangan kepada masyarakat. Namun masalah keamanan bukan hanya berada di tangan aparat kepolisian. […]
  • Inovasi Halodoc untuk Perlambat Penyebaran Covid-19 di Indonesia

    Inovasi Halodoc untuk Perlambat Penyebaran Covid-19 di Indonesia

    Platform layanan kesehatan andalan masyarakat, Halodoc mengukuhkan kembali komitmennya dalam menekan laju penyebaran COVID-19. Sejak ramai diperbincangkan di tingkat global, Halodoc menjalankan protokol resmi untuk meningkatkan kesiapan masyarakat dalam mengantisipasi risiko COVID-19 dengan mengajak masyarakat untuk berkonsultasi kesehatan jarak jauh dan memfasilitasi kebutuhan obat-obatan serta alat pendukung kesehatan lainnya. Upaya ini juga sejalan dengan gerakan […]
  • Dies Natalis ke-5 dan Wisuda Sarjana ke-2 Universitas Pembangunan Jaya

    Dies Natalis ke-5 dan Wisuda Sarjana ke-2 Universitas Pembangunan Jaya

    Pada hari Sabtu, 3 September 2016, pukul 09.00-12.00, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) mengadakan Dies Natalis ke-5 dan Wisuda Sarjana ke-2. Acara tersebut diadakan di Aula Kampus Universitas Pembangunan Jaya, Sawah Baru, Tangerang Selatan dengan dihadiri sekitar 400 undangan. Sidang Terbuka Senat Universitas Pembangunan Jaya yang diperluas turut dihadiri oleh Dr. (HC) Ir. Ciputra selaku Ketua Pembina […]
  • Samsung Sediakan Bus Layanan Selama Asian Games

    Samsung Sediakan Bus Layanan Selama Asian Games

    Samsung sebagai official sponsor Asian Games 2018 menyediakan bus layanan (sevice bus) yang dapat dipergunakan bagi atlet maupun pengunjung bertempat di Gelora Bung Karno Jakarta selama kegiatan berlangsung. “Tidak hanya layanan bus di GBK Jakarta juga layanan pintar di booth Samsung GBK Jakarta dan Jakabaring Palembang, baik pengunjung maupun atlet, agar mendapatkan layanan yang prima […]
  • Berbagi Kebaikan #Dirumahaja Ala Generasi 125

    Berbagi Kebaikan #Dirumahaja Ala Generasi 125

    Optimis, kreatif, dan pantang menyerah dalam kondisi apapun merupakan semangat dari generasi 125. Dengan semangat #generasi125, Yamaha bersama youtuber Hobby Makan asal Kalimantan akan mengajak kalian untuk tetap berbagi kebaikan meskipun #dirumahaja. Namun bagaimana cara berbagi kebaikan ala generasi 125 dari rumah aja? Jawabannya ada dalam Digital festival Yamaha pada akhir pekan ini hari Sabtu, […]
  • Tugu Insurance Siaga 24 Jam Hadapi Musibah Banjir melalui Trex

    Tugu Insurance Siaga 24 Jam Hadapi Musibah Banjir melalui Trex

    Tingkat curah hujan yang sangat tinggi beberapa hari terakhir cukup mengkhawatirkan masyarakat terutama karena genangan atau banjir yang diakibatkannya. Khususnya bagi pemilik kendaraan bermotor baik yang sedang dalam perjalan maupun dalam kondisi kendaraan terparkir di garasi akan menghadapi masalah ketika kendaraan terendam air. Mesin terendam air, masukan air ke dalam kabin sehingga mengakibatkan kerusakan pada […]
  • Grab Hadirkan Hospital Cash Cover, Produk Asuransi Proteksi Pertama dari Grab untuk Pengguna Indonesia

    Grab Hadirkan Hospital Cash Cover, Produk Asuransi Proteksi Pertama dari Grab untuk Pengguna Indonesia

    Grab Financial Group (GFG), platform fintech terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan peluncuran Hospital Cash Cover (Proteksi Rawat Inap), produk proteksi rawat inap pertama untuk para pengguna, yang bekerja sama dengan PT Asuransi Simas Jiwa di Indonesia. Asuransi Hospital Cash Cover ini sekarang telah tersedia dan dapat diakses melalui aplikasi Grab sebagai solusi yang […]
  • Bintaro Dog Lovers, Wadah Pecinta Anjing di Bintaro dan Sekitarnya

    Bintaro Dog Lovers, Wadah Pecinta Anjing di Bintaro dan Sekitarnya

    Anjing adalah binatang peliharaan yang dikenal setia. Tingkah polah anjing yang lucu menyebabkan anjing merupakan binatang peliharaan favorit. Hasil survey kepemilikan hewan peliharaan di Amerika Serikat pada tahun 2007-2008 menunjukkan popularitas anjing sebagai hewan peliharaan sebesar 38,7% yang tertinggi dibanding semua jenis hewan peliharaan. Pada waktu belakangan ini, tren untuk memelihara anjing semakin meningkat di […]
  • Gepuk Si Nyonyah, Gepuk Lezat Harga Bersahabat

    Gepuk Si Nyonyah, Gepuk Lezat Harga Bersahabat

    Gepuk alias empal merupakan masakan khas asal Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi, Daging sapi dipotong segi empat tipis yang diiris searah dengan serat daging, kemudian direbus dengan kuah bumbu sampai empuk (diungkep), kemudian di pukul-pukul hingga agak empuk baru digoreng dengan sedikit minyak hingga berwarna kecokelatan. Rasanya agak manis. Cara penyajiannya dengan nasi putih […]
  • Pilkada Serentak Di Banten Akan Dipantau Sejumlah Negara

    Pilkada Serentak Di Banten Akan Dipantau Sejumlah Negara

    Sudah ada sekitar 12 negara yang menyatakan kesiapannya akan mengirimkan delegasinya untuk memantau proses Pilkada serentak di sejumlah daerah Banten pada 27 Juni mendatang. Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi di Serang, Sabtu mengatakan, Pilkada serentak di Banten akan menjadi salah satu objek pemantauan lembaga Internasional. Seperti Tahun 2015 lalu, pilkada serentak di Banten juga […]
  • Penjelasan Lion Air Group Mengenai Penetapan Harga Jual Tiket Pesawat Udara pada Penerbangan Penumpang Berjadwal Domestik

    Penjelasan Lion Air Group Mengenai Penetapan Harga Jual Tiket Pesawat Udara pada Penerbangan Penumpang Berjadwal Domestik

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan keterangan mengenai penetapan tarif atau harga jual tiket pesawat udara penumpang berjadwal kelas ekonomi pada layanan angkutan udara niaga dalam negeri (domestik). Lion Air Group tetap menjual harga tiket pesawat udara masih dan sesuai dengan […]
  • Huawei P30 Pro Hadirkan Warna Baru dan Case Glamor Swarovski

    Huawei P30 Pro Hadirkan Warna Baru dan Case Glamor Swarovski

    Warna Mystic Blue resmi menjadi anggota baru dari keluarga Huawei P30 Pro di Indonesia. Sebelumnya, hanya ada dua pilihan warna P30 Pro yang dijual di Indonesia, yakni Breathing Crystal, dan Aurora. Pada ajang IFA 2019, di Berlin, Jerman bulan kemarin, Huawei memperkenalkan dua varian baru P30 Pro, yaitu Misty Lavender dan Mystic Blue. Untuk market […]
  • Mastercard Berinovasi Bersama 10 Fintech Baru untuk Membentuk Ulang Masa Depan Perdagangan dengan Transaksi Ultrasonik

    Mastercard Berinovasi Bersama 10 Fintech Baru untuk Membentuk Ulang Masa Depan Perdagangan dengan Transaksi Ultrasonik

    Mastercard menyambut 10 fintech dari seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam program keterlibatan startup peraih penghargaan, Start Path, untuk mengukur masa depan perdagangan. Mulai dari menjembatani kesenjangan digital untuk miliaran pengguna seluler berikutnya hingga memenuhi kebutuhan orang atau organisasi yang tidak memiliki akses yang memadai ke layanan dan produk keuangan, Mastercard membantu fintech mempercepat cara mereka […]
  • Sinar Mas Land Bersama dengan MASKEEI Selenggarakan Diskusi di Bidang Efisiensi Energi

    Sinar Mas Land Bersama dengan MASKEEI Selenggarakan Diskusi di Bidang Efisiensi Energi

    Pendekatan ramah lingkungan terlihat di salah satu proyek Sinar Mas Land yang ada di gedung BSD GOP 9, meliputi pendekatan “passive effort” untuk mengurangi beban panas dengan orientasi bangunan, facade skin yang melindungi kaca sekaligus elemen dekoratif, bangunan single corridor dengan wilayah pusat yang memiliki full cross ventilation, juga dilengkapi sensor cahaya untuk mengurangi beban […]
  • Kesehatan Jantung, Kematian Mendadak, Olahraga dan Tidur

    Kesehatan Jantung, Kematian Mendadak, Olahraga dan Tidur

    Kita sering kali mendengar kematian mendadak setelah berolah raga. Baik itu sepak bola, bersepeda atau lainnya. Dari gejala-gejala yang digambarkan, dikesankan bahwa serangan jantunglah penyebabnya. Seketika kesehatan jantung menjadi perhatian banyak orang. Dalam tulisan ini saya ingin mengulas bagaimana hubungan antara tidur yang sehat, olah raga dan kesehatan jantung. Cukup Tidur Semua orang tahu, bagaimana […]
  • Hemat Waktu Memasak dengan Frozenfood dari Menggoreng.ID

    Hemat Waktu Memasak dengan Frozenfood dari Menggoreng.ID

    Foto: Chicken Popcorn (Dokumentasi Menggoreng.ID) Di saat new normal seperti sekarang kita sudah kembali sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Sebagian sudah kembali bekerja di kantor. Dengan perhatian kepada kesehatan makanan, kita lebih sreg bila membawa makanan sendiri dari rumah. Persiapan memasak membutuhkan waktu yang lama. Tidak heran bila saat ini frozenfood menjadi tren makanan yang hits […]
  • RPX PAS Kemudahan Pengiriman Dalam Genggaman

    RPX PAS Kemudahan Pengiriman Dalam Genggaman

    Kehidupan manusia berubah semakin dinamis seiring dengan perkembangan teknologi. Hal tersebut secara tidak langsung mengubah pola manusia beraktivitas yang pada akhirnya memberikan dampak pada industri. Salah satu industri yang tak luput dari dampak perkembangan ini adalah industri logistik. Teknologi dalam bisnis memiliki keterkaitan dengan efisiensi serta efektivitas terutama bagi industri logistik yang mengutamakan kemudahan dan […]
  • Lebih 3000 Peserta Meramaikan Gramedia Writters and Readers Forum 2018

    Lebih 3000 Peserta Meramaikan Gramedia Writters and Readers Forum 2018

    Literasi menjadi salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI, Bada Ekonomi Kreatif dan Komite Buku Nasional, Gramedia mengadakan Gramedia Writters and Readers Forum (GWRF) 2018. Acara ini merupakan ajang temu, diskusi dan sharing antarapenulis dan pembaca. GWRF digelar pada Sabtu dan Minggu, 7 & 8 April 2018 di Gedung Perpustakaan […]
  • Satu Nusa Kaya Rasa: Berbagai Variasi Cemilan Favorit di 5 Kota Besar di Indonesia melalui GrabFood #Palugada

    Satu Nusa Kaya Rasa: Berbagai Variasi Cemilan Favorit di 5 Kota Besar di Indonesia melalui GrabFood #Palugada

    Riset menunjukan bahwa masyarakat Indonesia adalah salah satu masyarakat yang paling gemar ngemil. Dalam laporan yang dilansir oleh Mondelez Internasional pada tahun 2017 dengan judul Snacking Habit Report: Indonesia, dikatakan bahwa satu dari tiga orang Indonesia mengkonsumsi camilan lebih dari tiga kali sehari. Mulai dari bubble tea, martabak hingga kopi susu, ngemil tentunya adalah salah […]
  • Aneka Sambal dan Lalap di Rasana Sunda

    Aneka Sambal dan Lalap di Rasana Sunda

    Apa yang paling dikangeni orang Indonesia pada saat travelling ke luar negeri? Sambal dan nasi tentunya. Bagi mayoritas orang Indonesia, makan tidak sedap tanpa ditemani sambal. Bahkan ada yang bawa botol sambal ketika bepergian ke luar negeri. Kali ini kita akan membahas aneka sambal yang ada di Rasana Sunda, resto khas makanan sunda yang terletak […]