Berita Utama

Industri Farmasi dan Alat Kesehatan Masuk Program Making Indonesia 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen mengakselerasi penerapan industri 4.0 di sektor manufaktur. Melalui program Making Indonesia 4.0, sektor industri dapat meningkatkan efisensi produksi dan daya saingnya, sehingga mampu berkontribusi lebih besar terhadap roda perekonomian nasional.

“Making Indonesia 4.0 adalah strategi menuju industri 4.0 dengan transformasi digital manufaktur. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan daya saing industri nasional,” jelas Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Sabtu (20/6).

Making Indonesia 4.0 dijadikan sebagai peta jalan untuk mempercepat pembangunan sektor industri yang berdaya saing global. Aspirasinya besarnya, yakni mewujudkan Indonesia berada dalam jajaran 10 negara yang memiliki ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030.

Melalui Making Indonesia 4.0, juga akan meningkatkan ekspor netto sebesar 10% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), peningkatan produktivitas dua kali lipat terhadap biaya, serta pengeluaran untuk riset dan pengembangan sebesar 2% dari PDB.

“Bahkan, implementasi Making Indonesia 4.0 akan membuka peluang lapangan kerja dengan keahlian baru di sektor industri dan jasa pendukung industri, yang didukung dengan momentum bonus demografi,” ujar Menperin.

Saat program ini diterapkan pada 2018, Kemenperin telah menentukan lima sektor prioritas yang didorong untuk menjadi fokus dari pengembangan Making Indonesia 4.0. Kelima sektor tersebut adalah industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian jadi, otomotif, kimia, dan elektronika.

Pemilihan kelima sektor industri itu didasarkan pada berbagai faktor penting. Misalnya, berdasarkan catatan Kemenperin, industri-industri tersebut telah berkontribusi sebesar 70% terhadap PDB nasional. Selain itu, sektor-sektor industri yang ditetapkan menjadi prioritas, juga mewakili 65% ekspor industri serta menyerap sekitar 60% tenaga kerja industri.

Dalam perkembangannya, Kemenperin menambahkan sektor industri alat kesehatan dan industri farmasi. “Masuknya industri alat kesehatan dan farmasi ke dalam prioritas pengembangan Making Indonesia 4.0 merupakan salah satu upaya Kemenperin untuk dapat segera mewujudkan Indonesia yang mandiri di sektor kesehatan,” tambahnya.

Kemandirian Indonesia di sektor industri alat kesehatan dan farmasi merupakan hal yang penting, terlebih dalam kondisi kedaruratan kesehatan seperti saat ini. Sektor industri alat kesehatan dan farmasi masuk dalam kategori high demand di tengah Pandemi Covid-19, di saat sektor lain terdampak berat.

Sehingga, industri alat kesehatan dan farmasi perlu didorong untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri secara mandiri. Kemandirian di sektor industri alat kesehatan dan farmasi diharapkan berkontribusi dalam program pengurangan angka impor impor hingga 35% pada akhir tahun 2022. “Inovasi dan penerapan industri 4.0 di sektor industri alat kesehatan dan farmasi dapat meningkatkan produktivitas,” ujar Agus.

Oleh karena itu, Kemenperin terus berupaya meningkatkan daya saing sektor industri alat kesehatan dan farmasi dengan mendorong transformasi teknologi berbasis digital. Pemanfaatan teknologi digital ini nantinya akan dimulai dari tahapan produksi hingga distribusi kepada konsumen.

Hal tersebut sejalan dengan instruksi Presiden agar segera disusun program digitalisasi nasional. “Program Making Indonesia 4.0 telah mendukung perusahaan industri dalam penyesuaian dengan kondisi saat ini. Di masa pandemi Covid-19, penerapan Industri 4.0 memudahkan industri dalam menjalankan protokol kesehatan. Dengan menjalankan digitalisasi, perusahaan dapat mengatur proses kerja maupun SDM-nya dan tetap produktif,” papar Menperin.

Pada tahun 2019, Kemenperin telah meluncurkan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index atau dikenal dengan INDI 4.0. Melalui INDI 4.0, perusahaan industri melakukan penilaian mandiri untuk mengukur kesiapannya dalam bertransformasi menuju industri 4.0. “Kami akan kembali melakukan assessment INDI 4.0 untuk mengukur kesiapan industri menerapkan industri 4.0 dalam rangka upaya pemulihan industri nasional,” jelas Menperin.

Untuk meningkatkan kesiapan industri, Kemenperin menginisiasi tindak lanjut Indi 4.0, yaitu dengan membangun Ekosistem Indonesia 4.0 atau disebut SINDI 4.0. Ekosistem tersebut merupakan wadah dalam membangun sinergi dan kolaborasi antarpihak untuk mempercepat proses transformasi industri 4.0. Lebih lanjut, SINDI 4.0 memungkinkan terhubungnya supply dan demand antarpihak dan diharapkan meningkatkan jumlah tenaga ahli lokal untuk akselerasi transformasi menuju industri 4.0.

“Kami menyadari pentingnya dukungan berbagai pihak dalam transformasi industri 4.0. Karenanya, terdapat berbagai stakeholders yang terlibat dalam Sindi 4.0, di antaranya akademisi, asosiasi industri, penyedia jasa teknologi, sektor keuangan, pemerintah, dan lembaga non-pemerintah,” ungkap Agus.

(EGA)

 

Baca Juga

  • Memperingati Hari Autis Sedunia (International Autism Day) 2 April

    Memperingati Hari Autis Sedunia (International Autism Day) 2 April

    Tahukah Anda, tanggal 2 April diperingati sebagai Hari Autis Sedunia? Perayaan ini biasanya diwakilkan dengan adanya penggunaan atribut berwarna biru dengan berisikan vendel-vendelyang menyatakan peduli terhadap autis. Tidak hanya itu,di beberapa negara perayaan autis ini melibatkan bangunan besar sebagai landmark perayaan autis ini. contohnya di UEA, beberapa bangunan di Abu Dhabi seperti Emirates Palace, Capital […]
  • Masakan Jepang Tidak Selalu Mahal, di Ichiban Sushi Tempatnya

    Masakan Jepang Tidak Selalu Mahal, di Ichiban Sushi Tempatnya

    Berbicara mengenai kuliner Jepang hampir tidak ada habisnya. Semakin hari menu masakan Jepang semakin digemari masyarakat Indonesia. Salah satu hal yang menyebabkan menu-menu masakan Jepang sangat populer di Indonesia adalah variasinya yang banyak dan rasanya yang bisa diterima lidah orang Indonesia. Kesadaran untuk hidup sehat akhir-akhir ini membuat masakan Jepang semakin populer. Banyak variasi masakan Jepang […]
  • Makna Adanya Gebogan Dalam Tradisi Hindu di Bali

    Makna Adanya Gebogan Dalam Tradisi Hindu di Bali

    Gebongan atau biasa juga disebut dengan Pajegan adalah suatu bentuk persembahan berupa susunan dan rangkaian buah buahan, jajanan dan bunga yang dikreasikan oleh umat Hindu di Bali. Jenis buah dan jajanan biasanya berinovasi mengikuti perkembangan zaman, jadi apa yang kita makan itulah yang kita persembahkan. Simak videonya di Video: https://www.youtube.com/watch?v=bTiPCHpOebY Makna Gebogan / Pajegan Makna […]
  • Baru! Mie Sedaap Goreng Salero Padang Nikmatnya Bikin Pengin Tambuah Ciek!

    Baru! Mie Sedaap Goreng Salero Padang Nikmatnya Bikin Pengin Tambuah Ciek!

    Pernah nggak sih ngalamin galau dalam memilih makanan? Pengin mi instan, tapi pengin nikmat dan kenyangnya nasi padang. Mie Sedaap, mi instan unggulan dari Wings Food kini hadir menjawab keinginan masyarakat Indonesia dengan menghadirkan Mie Sedaap Goreng Salero Padang. Setelah berhasil dengan inovasi mi instan pedas a la Korea, kini Mie Sedaap kembali menyajikan inovasi […]
  • Mie Sedaap Penuhi Keinginan Masyarakat Indonesia dengan Meluncurkan Varian Terbaru Mie Sedaap Goreng Salero Padang

    Mie Sedaap Penuhi Keinginan Masyarakat Indonesia dengan Meluncurkan Varian Terbaru Mie Sedaap Goreng Salero Padang

    Mie Sedaap, mie instan unggulan dari Wings Food kini hadir menjawab keinginan masyarakat Indonesia dengan berinovasi menghadirkan mie instan pedas  bercita rasa khas Padang lewat varian terbaru Mie Sedaap Goreng Salero Padang. Varian terbaru dari Mie Sedaap ini memadukan mie goreng dengan bumbu khas nasi padang yang kaya cita rasa rempah-rempah membuat Mie Sedaap Goreng […]
  • BCA Gandeng Singapore Airlines Luncurkan Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Krisflyer Infinite

    BCA Gandeng Singapore Airlines Luncurkan Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Krisflyer Infinite

    Pesatnya pertumbuhan bidang perjalanan atau travel di Indonesia, didukung dengan perkembangan ekonomi saat ini, turut mendorong PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk hadir menawarkan kemudahan bertransaksi bagi seluruh nasabahnya di penjuru Tanah Air dalam melakukan travelling. Kali ini, BCA menggandeng salah satu maskapai terbaik dunia, Singapore Airlines dalam meluncurkan Kartu Kredit BCA Singapore Airlines […]
  • Stop Bullying Anak

    Stop Bullying Anak

    Kita baru saja merayakan hari anak nasional pada tanggal 23 Juli lalu, namun sayangnya kasus pada anak Indonesia semakin bertambah dari tahun ke tahun. Tidak ada angka statistik resmi untuk kasus bullying pada anak. Yang ada adalah 1000 Kasus Kekerasan pada Anak selama tahun 2016 yang dicatat KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia). Ketua bidang Sosialisasi […]
  • Penawaran Terbaik Piaggio dan Vespa di Bulan Suci Ramadan

    Penawaran Terbaik Piaggio dan Vespa di Bulan Suci Ramadan

    Dalam rangka bulan suci Ramadan, PT Piaggio Indonesia memberikan penawaran terbaik bagi para pelanggan setia produk premium khas Italia dengan program Piaggio Vespa Ramadan Promo 2019. Program ini berlaku selama periode 1 – 30 Mei 2019 untuk setiap pembelian unit Piaggio dan Vespa. Program khusus ini merupakan salah satu upaya dari PT Piaggio Indonesia di […]
  • AHASS, Tawarkan Perawatan Motor Harga Terjangkau

    AHASS, Tawarkan Perawatan Motor Harga Terjangkau

    Paket Istimewa untuk Hondamu (Pak Imun) adalah sebuah layanan service dengan tawaran harga yang menarik. Paket service murah ini berlaku di seluruh jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di seluruh Jakarta dan Tangerang yang berlaku hingga akhir Agustus 2020. Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) […]
  • Trik Meningkatkan Hasil Belajar Sesuai Gaya Belajar

    Trik Meningkatkan Hasil Belajar Sesuai Gaya Belajar

    Cobalah menjawab pertanyaan berikut ini: “Anda akan lebih mudah memahami materi bila guru menggunakan: … “ Demonstrasi, praktek Handouts, buku, bacaan Tanya-jawab, diskusi, pembicara tamu Diagram, chart, grafik Bila Anda memilih (a), Anda dapat dikatakan memiliki gaya belajar Kinestetik, sedangkan jawaban (b) menunjukkan gaya belajar Read/Write, jawaban (c) untuk gaya Aural, dan gaya Visual bila […]
  • Hati-Hati Paedofil Dapat Ada di Sekitar Anda

    Hati-Hati Paedofil Dapat Ada di Sekitar Anda

    Baru-baru ini kita digemparkan oleh berita 41 anak di Tangerang yang melapor ke polisi lantaran menjadi korban kekerasan seksual oleh WS alias Babeh (48). Polisi menduga jumlah korban WS bertambah. Sebab, kejahatan seksual yang dilakukan pelaku berlangsung sejak April 2017. Tersangka berjanji kepada para korbannya, yang semuanya laki-laki berumur 7-15 tahun, memberikan ilmu kebal atau […]
  • Galaxy Land by Eraspace.com Kembali Digelar

    Galaxy Land by Eraspace.com Kembali Digelar

    Berangkat dari kesuksesan event Galaxy Land by eraspace.com pada bulan Mei 2020 lalu, Erajaya Group dengan Samsung Indonesia kembali menggelar event Galaxy Land secara online yang berlangsung dari tanggal 19 Oktober hingga 1 November 2020. Menghadirkan produkproduk Samsung terlengkap dan terkini, baik device dan ekosistem-nya, yang dikemas dalam program promosi serta diskon menarik, event Galaxy […]
  • Samsung Perkenalkan Smartphone Galaxy J6+ dan J4+

    Samsung Perkenalkan Smartphone Galaxy J6+ dan J4+

    Samsung Electronics Indonesia mengumumkan anggota terbaru dari seri Galaxy J, yaitu Samsung Galaxy J6+ dan J4+. Menampilkan desain dan display elegan, kamera yang disempurnakan dan kapabilitas kinerja yang tinggi, kedua produk ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan lebih banyak hal dari smartphone Galaxy J sebelumnya. “Galaxy J6+ dan J4+ merupakan gambaran dari dasar-dasar inovasi Samsung Galaxy, […]
  • Seminar Social Media Influencer Universitas Pembangunan Jaya

    Seminar Social Media Influencer Universitas Pembangunan Jaya

    Perkembangan social media yang begitu pesat belakangan ini membutuhkan kematangan dalam menyikapinya. Social media bisa digunakan untuk berbagai hal, dari sekedar menunjukkan eksistensi diri, promosi sampai dengan menyebar kebencian. Untuk itu pengguna social media perlu memahami cara menggunakan social media secara tepat, sehingga social media dapat mendatangkan manfaat minimal bagi diri sendiri. Hal ini mengemuka […]
  • Kesetaraan Gender Dorong Produktivitas dan Pertumbuhan Bisnis

    Kesetaraan Gender Dorong Produktivitas dan Pertumbuhan Bisnis

    Para pemimpin perusahaan meyakini bahwa keseteraan gender di lingkungan kerja dapat mendorong peningkatan produktivitas dan pertumbuhan bisnis secara signifikan. Kesadaran itu dinilai makin lama makin meluas meski masih terdapat sejumlah tantangan seperti budaya yang telah mendarah daging. Hal itu menjadi benang merah dalam “CEO Talks Harapan Pelaku Bisnis Indonesia Menuju Kesetaraan” yang digelar oleh Indonesia […]
  • Huawei Ajak Berbagi Kasih Sayang dengan February in Harmony

    Huawei Ajak Berbagi Kasih Sayang dengan February in Harmony

    Bulan Februari identik dengan bulan kasih sayang. Apakah Anda sedang mencari hadiah untuk orang terdekat yang lebih spesial dari biasanya? Huawei hadir dengan “February in Harmony” yang memberikan beragam penawaran bagi Anda yang ingin memberikan kado spesial di bulan Februari ini. “Ada berbagai cara kita mengungkapkan kasih sayang pada orang-orang terdekat. Memahami hal tersebut, Huawei […]
  • Keunggulan Screen Touch ID pada Vivo V11 Pro

    Keunggulan Screen Touch ID pada Vivo V11 Pro

    Vivo V11 Pro telah diluncurkan dengan mengusung berbagai fitur unggulan, salah satunya sensor pemindai sidik jari di dalam layar atau Screen Touch ID. Fitur ini tentu saja menjadi sesuatu yang menjadi daya tarik Vivo V11 Pro, karena menajdi smartphone pertama di Indonesia, serta V-Series global yang mengusung fitur yang telah diantisipasi sebagai fitur smartphone masa […]
  • BincangShopee Berikan Tips Traveling dengan Harga Miring

    BincangShopee Berikan Tips Traveling dengan Harga Miring

    Berlibur merupakan kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk menghilangkan penat dan mengisi kembali energi setelah menghadapi aktivitas sehari-hari. Tidak hanya destinasi luar negeri, destinasi lokal juga sangat menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman ataupun untuk bepergian sendiri. Keindahan alam, wisata serta ragam budaya yang ditawarkan oleh setiap daerah di Indonesia sudah menjadi daya tarik bagi […]
  • Cegah Penyebaran Virus Corona Baru, Klikdokter Luncurkan Fitur Periksa Risiko Covid-19 Gratis

    Cegah Penyebaran Virus Corona Baru, Klikdokter Luncurkan Fitur Periksa Risiko Covid-19 Gratis

    PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usahanya KlikDokter, telah ditunjuk pemerintah melalui Kementerian Kesehatan untuk  membantu mengedukasi masyarakat tentang informasi yang benar terkait COVID-19, salah satunya melalui layanan digital fitur pemeriksaan risiko COVID-19 secara gratis.  Layanan digital fitur pemeriksaan risiko COVID-19 ini diluncurkan terkait dengan pandemi global COVID-19. Saat ini terjadi peningkatan jumlah kasus […]
  • Bantu Pekerja Informal Terdampak Covid-19, OVO, Tokopedia, Grab Kembali Luncurkan Patungan untuk Berbagi THR

    Bantu Pekerja Informal Terdampak Covid-19, OVO, Tokopedia, Grab Kembali Luncurkan Patungan untuk Berbagi THR

    Ekosistem digital terbesar di Indonesia, Tokopedia, OVO, dan Grab, menghadirkan kembali kampanye ‘Patungan Untuk Berbagi THR’, untuk memperkuat program jaring pengaman sosial pemerintah, dengan menggalang bantuan sembako bagi pekerja informal yang terdampak pandemi COVID-19. Ramadan menjadi momen yang tepat untuk membangun kolaborasi, solidaritas dan semangat berbagi sebagai sesama masyarakat Indonesia melalui program ini. Pengguna Tokopedia, […]

Tinggalkan Balasan