Berita Utama

Indosat Ooredoo Hadirkan Solusi Smart City, Hybrid Cloud, dan Big Data

Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) telah membuat Pemerintah Indonesia baik pusat dan daerah melakukan sejumlah pembatasan terhadap kegiatan masyarakat sebagai salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengendalikan jumlah pasien yang harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit, puskesmas, dan sarana kesehatan lainnya, sehingga akan meringankan tugas para tenaga medis sebagai garda terdepan. Selain berfokus untuk mendukung bidang kesehatan, pemerintah juga berupaya untuk menstimulasi kembali perekonomian nasional yang terdampak akibat pandemi virus Corona, karena hampir semua masyarakat Indonesia turut merasakan imbas yang juga memengaruhi pendapatan mereka.

Pada situasi ini, pemerintah perlu menangani isu pada sektor kesehatan dan ekonomi secara seimbang, efektif, serta efisien. Oleh karena itu, sisi teknologi ICT (Information Communication Technology) memainkan peran yang sangat penting. Parameter yang menunjukkan pemerintahan berjalan secara efektif adalah sistem pelaporan dari tingkat pemerintahan paling bawah yaitu kelurahan sampai ke tingkat kota dapat dilakukan dengan cepat dan kolaboratif. Sedangkan salah satu ciri efisiensi dari penggunaan anggaran suatu pemerintah kota ialah dengan menggunakan infrastruktur ICT secara bersama-sama (sharing) antara dinas atau instansi dalam suatu pemerintah kota. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, seluruh pemerintah daerah diimbau untuk melakukan re-focusing anggaran, karena sebagian besar anggaran digunakan untuk penanganan Covid-19.

Untuk menjawab semua kebutuhan tersebut, Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, melalui Indosat Ooredoo Business, menghadirkan solusi Smart CityHybrid Cloud, dan Big Data. Bekerja sama dengan Qlue, solusi Smart City hadir untuk memungkinkan pemerintah kota memantau pergerakan dan aktivitas masyarakat Indonesia terkait dengan protokol kesehatan Covid-19 seperti kewajiban memakai masker, pemeriksaan suhu tubuh, pemantauan kapasitas gedung, dan penggunaan transportasi untuk menghindari terjadinya penularan virus Covid-19. Selain untuk memantau implementasi protokol kesehatan Covid-19, solusi Smart City ini juga dapat digunakan sebagai sarana koordinasi dan kolaborasi antara dinas atau instansi di pemerintah kota.

Selain itu Indosat Ooredoo juga bekerja sama dengan Alibaba dalam mengembangkan solusi Hybrid Cloud untuk berbagai sektor termasuk layanan publik untuk meningkatkan efisiensi operasional. Hybrid Cloud merupakan solusi infrastruktur ICT yang bisa digunakan untuk mencapai suatu efisiensi dalam proses dan pengelolaan data. Sebagai contoh, adanya pemrosesan data secara terpusat pada pemerintah kota yang akan mempermudah dalam melakukan Analisa data (Data Analytic) serta bertujuan untuk mengimplementasikan Artificial Intelligence (AI) yang dibutuhkan saat ini untuk mempercepat pengambilan keputusan. Solusi Hybrid Cloud ini juga dapat diintegrasikan dengan data center yang sudah dimiliki suatu pemerintah kota, sehingga dengan adanya integrasi data maka bisa dilakukan Data Analytic dan AI (Artificial Intelligence) yang akurat.

Lebih dari itu, teknologi Big Data dapat digunakan pemerintah kota dalam pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Penggunaan teknologi ini akan lebih memudahkan proses analisa data seperti arus lalu lintas dan kegiatan ekonomi sebuah kota.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena mengatakan “Indosat Ooredoo terus berusaha untuk saling bahu-membahu bersama dengan masyarakat dan pelaku usaha di Indonesia dalam menghadapi situasi menantang di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Untuk itu kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Qlue dan Alibaba Cloud dalam menghadirkan solusi Smart City dan Hybrid Cloud, karena kami berkomitmen penuh untuk menghadirkan solusi yang tepat sasaran dan mampu memberikan kemudahan serta mendukung keberlangsungan pemerintahan yang sedang mengalami tekanan dalam menyeimbangkan masalah kesehatan dan masalah ekonomi. Kami berharap solusi ini akan membantu pelanggan pemerintahan untuk menjalankan roda pemerintahan dengan lebih efektif dan efisien.”

Solusi Smart City memungkinkan pemerintah kota dan perusahaan melakukan penghematan pengeluaran biaya operasional dengan koordinasi dan kolaborasi yang dilakukan secara digital dengan menggunakan apikasi. Sementara Hybrid Cloud dapat menjadi solusi pemerintah kota untuk implementasi pusat data yang terintegrasi pada semua dinas atau instansi terkait infrastuktur IT yang fleksibel, efisien, dan cepat melalui Hybrid Cloud.

Indosat Ooredoo Business Hadirkan Platform “Connex”

BACA JUGA  "The Soaring Beauty of e-Commerce"

Dalam rangka bersiap memasuki adaptasi kebiasaan baru, baik pemerintah maupun seluruh industri harus dapat beradaptasi dengan cepat dan kreatif serta berkolaborasi agar dapat bertahan serta mampu melalui tantangan-tantangan baru ke depan.

Untuk itu Indosat Ooredoo Business menghadirkan sebuah platform bernama “Connex” sebagai ruang untuk saling berbagi pengetahuan serta perkembangan terkini seputar industri dan teknologi. Berangkat dari “Convention” dan “Expert”, harapannya melalui platform “Connex” ini Indosat Ooredoo Business dapat semakin dekat dengan seluruh mitra dan pelanggan serta terlibat secara aktif untuk saling mendukung dan menciptakan inovasi-inovasi baru agar mencapai kemajuan bersama melalui berbagai kegiatan baik offline maupun online, salah satunya yaitu Webinar.

Sebagai inisiasi pertama dari “Connex”, hari ini bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) mengadakan Webinar yang bertemakan “Siap Hadapi Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Smart City Berinfrastruktur Teknologi Cerdas dan Aman” yang menghadirkan Bayu Hanantasena (Chief Business Officer Indosat Ooredoo), Semuel Abrijani Pangerapan (Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo), Hj. Airin Rachmi Diany (Ketua Dewan Pengurus APEKSI), H. Arief Rachadiono Wismansyah (Walikota Tangerang), Rama Raditya (Founder & CEO Qlue), serta M. Ivan Nugroho (Country Lead of Channel Business Development of Alibaba Cloud Indonesia).

“Kami berharap webinar pertama yang diadakan melalui platfrom Connex ini, dapat memberikan wawasan serta informasi baru terkait peran penting teknologi dalam mendukung dan memberikan solusi dalam penanganan krisis Covid-19, serta memperkenalkan solusi Smart City dan Hybrid Cloud yang merupakan hasil kerja sama baik dengan Qlue dan Alibaba,” tutup Bayu.

(AB)

 

Baca Juga

  • Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation Merilis 3 Panduan Baru untuk Rumah Sakit dalam Pandemi Covid-19

    Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation Merilis 3 Panduan Baru untuk Rumah Sakit dalam Pandemi Covid-19

    Di masa pandemi Covid-19 ini, sangat penting bagi para pemangku kepentingan dan tenaga medis yang telah memiliki pengalaman langsung menangani berbagai skenario kasus dan situasi terkait Covid-19 untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka ke tenaga medis dan administrator rumah sakit di seluruh dunia. Melalui platform Global MediXchange for Combating Covid-19 (GMCC), Jack Ma Foundation dan […]
  • PermataBank Ajak Masyarakat Indonesia Belanja Cerdas di Masa Terbatas

    PermataBank Ajak Masyarakat Indonesia Belanja Cerdas di Masa Terbatas

    PermataBank mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap produktif dan cerdas di tengah masa krisis, termasuk untuk keperluan belanja online. Selaras dengan riset dari Analytics Data Advertising (ADA) Indonesia bahwa semenjak adanya pandemi COVID-19, penggunaan aplikasi belanja online (e-commerce) meningkat hingga 300 persen. PermataBank melalui salah satu produknya, PermataME, ingin memfasilitasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, khususnya selama […]
  • Allianz Indonesia Sediakan Layanan Penjaminan Langsung untuk Pasien COB BPJS Kesehatan

    Allianz Indonesia Sediakan Layanan Penjaminan Langsung untuk Pasien COB BPJS Kesehatan

    PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) melalui unit bisnis Allianz Health & Corporate Solutions (AHCS) yang tergabung dalam Forum Asuransi Kesehatan Indonesia (FORMAKSI), hari ini menandatangani Kesepakatan Addendum Kerjasama Layanan Cashless atas pasien Coordination of Benefit (CoB) BPJS Kesehatan dengan Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia atau RS Premier Group (RS Premier Bintaro dan […]
  • Tips Menggunakan Elpiji Yang Aman

    Tips Menggunakan Elpiji Yang Aman

    Penggunaan gas elpiji sudah sangat umum di rumah tangga sebagai sumber energi untuk memasak. Namun kita sering mendengar berita terjadinya peristiwa meledaknya tabung elpiji yang bahkan menimbulkan korban jiwa. Terjadinya peristiwa-peristiwa ini sebagian besar disebabkan oleh ketelodoran yang bisa dihindarkan, asalkan kita menerapkan pengontrolan pada setiap aspek yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Berikut adalah beberapa tips […]
  • Ayah, Bunda, Ajari Aku Bermasyarakat Ya!!

    Ayah, Bunda, Ajari Aku Bermasyarakat Ya!!

    “Ayah, aku pinjem handphone ya. Aku mau main game” “Bunda, di mall ini ada wifi gak?” “Dek, ini tab nya daripada bosen kamu main ini aja” “Lo main clash royale juga kan? udah level berapa? Tanding ya kita? “IG lo apa sih? Lo add gue ntar gue follow ya Kalimat dalam percakapan-percakapan di atas sudah […]
  • Yuk Ikutan Sinar Mas Land Writting & Photo, Video Contest 2016

    Yuk Ikutan Sinar Mas Land Writting & Photo, Video Contest 2016

    Untuk mendorong tumbuhnya bakat-bakat terbaik dalam menulis, fotografi dan video, Sinar Mas Land sebagai sebuah grup perusahaan properti terkemuka di Indonesia mengadakan kompetisi penulisan artikel, foto dan video yang bertajuk Sinar Mas Land Writting & Photo, Video Contest 2016. “Built to Inspire and innovate for Better Future”. Ajang kompetisi bergengsi yang berlangsung untuk kelima kalinya […]
  • Alasan Kenapa Dual Pop-Up Selfie Camera Vivo V17 Pro Patut Kamu Coba

    Alasan Kenapa Dual Pop-Up Selfie Camera Vivo V17 Pro Patut Kamu Coba

    Maraknya tren swafoto di masyarakat mendorong vivo untuk terus melakukan inovasi pada kamera depan (selfie camera). Mengusung beragam fitur inovatif yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen muda yang aktif, vivo melalui seri flagship terbarunya V17 Pro menjadi pionir dalam menghadirkan inovasi Dual Pop-Up Selfie Camera pertama di dunia. Dual Pop-Up Selfie Camera pada vivo V17 […]
  • GIIAS 2018 Resmi Dibuka

    GIIAS 2018 Resmi Dibuka

    Gelaran world class auto show series, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada Kamis, 2 Agustus 2018 secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang. Presiden didampingi oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto. Sebagai satu-satunya pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Gabungan […]
  • EF Mobile, Program Kelas Bahasa Inggris Gratis untuk Anak

    EF Mobile, Program Kelas Bahasa Inggris Gratis untuk Anak

    EF English First bersama PT Blue Bird Tbk dengan resmi meluncurkan program EF Mobile melalui Jumpa Pers bertajuk, “EF Mobile dan Pentingnya Proses Belajar yang Menyenangkan dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak”, bertempat di SOS Children’s Villages Jakarta. EF Mobile adalah program berupa kelas bahasa Inggris gratis yang bertujuan untuk mempromosikan pengalaman belajar yang berbeda […]
  • Adira Insurance Jalin Kerjasama dengan Fintech Company Modal Rakyat Indonesia

    Adira Insurance Jalin Kerjasama dengan Fintech Company Modal Rakyat Indonesia

    Saat ini, bersamaan dengan masuknya pandemi COVID-19 yang menimbulkan ketidakpastian ekonomi dan terhentinya beberapa kegiatan ekonomi, membuat kebutuhan masyarakat terhadap perlindungan finansial terus meningkat. Hal ini menjadi tantangan besar bagi industri keuangan untuk terus memberikan kemudahan layanan bagi para Pelanggan. Guna menjawab perubahan perilaku konsumen yang menginginkan kemudahan dalam membeli produk-produk keuangan, PT. Asuransi Adira […]
  • Memudahkan Biaya Kuliah, Pintek Teken MoU Bersama Universitas Bina Sarana Informatika

    Memudahkan Biaya Kuliah, Pintek Teken MoU Bersama Universitas Bina Sarana Informatika

    Pintek, perusahaan financial technology untuk pendidikan, resmi melakukan kerja sama dengan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dengan tujuan untuk memberikan akses pendanaan biaya kuliah para mahasiswa dalam memasuki tahun ajaran 2020/2021. Pada kerja sama ini, PIntek mendukung UBSI untuk mencetak generasi muda yang kompeten dengan memberikan kemudahan pembayaran agar kualitas pendidikan tetap terdepan meskipun dalam […]
  • Telunjuk.com Dorong UMKM Melek Data untuk Beradaptasi dengan Transformasi Digital melalui Inisiatif Compas.co.id

    Telunjuk.com Dorong UMKM Melek Data untuk Beradaptasi dengan Transformasi Digital melalui Inisiatif Compas.co.id

    Tidak dipungkiri lagi bahwa UMKM Indonesia menjadi salah satu penopang ekonomi nasional. Di Indonesia sendiri, terdapat 64,2 juta unit UMKM yang tercatat oleh Badan Pusat Statistik dimana 13% dari keseluruhannya telah go digital.  Hal ini menunjukkan bahwa potensi pasar UMKM digital terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang. Sayangnya, banyak pelaku UMKM belum […]
  • KiosTix Berbagi Pengalaman Cara Sukses Menjadi Entrepreneur Digital

    KiosTix Berbagi Pengalaman Cara Sukses Menjadi Entrepreneur Digital

    Industri kreatif dan hiburan -seperti konser musik, event olahraga, pertunjukan seni, aplikasi dan game developer, film, festival seni, MICE (meeting, incentive, conference, exhibition), dan pariwisata- diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan pesat saat ini dan di masa-masa mendatang. Pertumbuhan pesat itu terutama ditopang oleh perkembangan teknologi digital dan internet yang kini telah menjadi kebutuhan utama setiap […]
  • Menikmati Soto Kudus di Warung Soto Kudus Kauman, Gratis bagi Wanita Hamil Selamanya

    Menikmati Soto Kudus di Warung Soto Kudus Kauman, Gratis bagi Wanita Hamil Selamanya

    Bila Anda lewat di Jalan Tegal Rotan, Anda akan melewati deretan warung-warung di sisi jalan. Salah satu di antaranya adalah Soto Kudus Kauman. Walaupun namanya Soto Kudus Kauman, tidak hanya tersedia soto kudus. Anda dapat menikmati Pecel Lele, Pecel Ayam, Bebek Sambal Ijo, dan Sop Iga. Soto Kudus merupakan kuliner khas kota Kudus Jawa Tengah. […]
  • Pengiriman Barang Berat/Ringan ke Jawa/Madura Harga Hemat Dengan MUS Express

    Pengiriman Barang Berat/Ringan ke Jawa/Madura Harga Hemat Dengan MUS Express

    Dalam suatu usaha yang bersifat memasarkan produk, pengiriman barang adalah hal yang sangat penting. Mengirim barang dari satu tempat ke tempat tujuan tertentu adalah bagian dari jalannya sebuah bisnis. Namun, tidak semua barang bisa dikirim oleh pelaku bisnis itu sendiri. Disinilah peranan dari perusahaan jasa pengiriman yang profesional. Barang yang ingin dikirimkan akan sampai di […]
  • Millennials Manfaatkan Kekuatan Media Sosial untuk Mengubah Persepsi

    Millennials Manfaatkan Kekuatan Media Sosial untuk Mengubah Persepsi

    Pada Sabtu 24 Agustus yang lalu, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) mengadakan acara Wisuda Sarjana ke-5 dan Dies Natalis ke-8 yang berlangsung pada pukul 08.00-12.00 di Theater Global Jaya School, Bintaro Jaya. Acara wisuda yang mengambil tema Bakti Bagi Negeri ini dihadiri sekitar 150 wisudawan/wisudawati beserta 400 orang undangan. Dalam acara ini, turut hadir Aakar Abyasa […]
  • 5 Kategori Belanja Terpopuler Di Asia Tenggara Dalam 6 Bulan Pertama Di Tahun 2018

    5 Kategori Belanja Terpopuler Di Asia Tenggara Dalam 6 Bulan Pertama Di Tahun 2018

    Priceza Indonesia, sebagai salah satu pelopor mesin pencari belanja (shopping search engine) dan platform pembanding harga di Indonesia, mengungkapkan fakta menarik tentang 5 kategori belanja terpopuler di 6 negara Asia Tenggara selama 6 bulan pertama di tahun 2018. Pergeseran menuju belanja online (daring) telah menyapu Asia Tenggara dalam beberapa tahun belakangan. Menurut Bloomberg, belanja via […]
  • Aneka Pasta dan Nasi Bumbu Indonesia di Pastabi

    Aneka Pasta dan Nasi Bumbu Indonesia di Pastabi

    Masakan Italia di Indonesia cukup populer. Hal ini terlihat dari menjamurnya berbagai restoran maupun gerai kuliner yang menyajikan menu-menu pasta di daftar menunya. Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, olive oil, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan […]
  • Shopee Bekerjasama dengan L’oréal Meluncurkan Super Brand Day Keempatnya di Asia Tenggara dan Taiwan

    Shopee Bekerjasama dengan L’oréal Meluncurkan Super Brand Day Keempatnya di Asia Tenggara dan Taiwan

    Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, kembali berkolaborasi dengan perusahaan kecantikan nomor 1 di dunia yaitu L’Oréal untuk meluncurkan Super Brand Day keempatnya secara regional. Pada bulan lalu, L’Oréal bermitra dengan Shopee untuk menjalankan Super Brand Day di Thailand, Taiwan, dan Vietnam dan telah mencapai kesuksesan besar. Melalui 4 brand ternamanya, antara […]
  • Gojek & Halodoc Dukung Kebijakan Isolasi Mandiri BNPB, Perlambat Penyebaran Virus Korona (Covid-19)

    Gojek & Halodoc Dukung Kebijakan Isolasi Mandiri BNPB, Perlambat Penyebaran Virus Korona (Covid-19)

    Gojek dan Halodoc – kedua startup anak bangsa yang punya komitmen berada di garda terdepan meminimalisir penyebaran virus korona (COVID-19), kini, berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Kolaborasi tersebut berupa dukungan kebijakan isolasi mandiri guna menekan penyebaran COVID-19 melalui kampanye #dirumahsaja dan pelayanan telemedicine. Supaya sistem kesehatan Indonesia bisa berfokus pada pasien yang punya gejala […]

Tinggalkan Balasan