Ming. Sep 22nd, 2019

Ikuti COSPLAY COMPETITION 6 Desember 2017 di Japanese Café Festival – Kampus UMN, Serpong

Permainan kostum atau Cosplay (コスプレ Kosupure) adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata “costume” (kostum) dan “play” (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Pelaku permainan kostum disebut pemain kostum/cosplayer, Di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai coser, salah satu cosplayer berbakat di Indonesia adalah Yukitora Keiji. Simak penampilannya di video berikut

Di Jepang, peserta permainan kostum bisa dijumpai dalam acara yang diadakan perkumpulan sesama penggemar (dōjin circle), seperti Comic Market, atau menghadiri konser dari grup musik yang bergenre visual kei. Penggemar permainan kostum termasuk pemain kostum maupun bukan pemain kostum sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, yaitu Amerika, RRC, Eropa, Filipina, maupun Indonesia.

Cosplay di Indonesia (Permainan kostum asal Indonesia)

Cosplayer adalah orang yang mengenakan pakaian/kostum/cosplay. Kebanyakan costume yang digunakan dari Jepang. Di Indonesia sangat jarang ditemukan Cosplayer yang mengenakan pakaian dari komik luar Asia, beberapa menggunakan tipe Eropa tetapi dikarenakan diambil dari manga/manwa bukan dari komik luar Asia.

Pembagian Cosplay

Secara umum cosplay dinilai sama. Tetapi tak langsung dalam beberapa event yang terjadi di Indonesia sering dilakukan pembagian/kategori cosplay:

  • Cosplay anime/manga. Cosplay yang berasal dari anime maupun manga. Biasanya manhwa termasuk di dalamnya termasuk comic dari Amerika.
  • Cosplay Game. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter di Game.
  • Cosplay Tokusatsu. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter di film tokusatsu.
  • Cosplay Gothic. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter bernuansa gelap atau Gothic. Biasanya digabung dengan Lolita.
  • Cosplay Original. Cosplay yang benar-benar original tidak ada di anime, tokusatsu dan lainnya. Atau memiliki dasar yang sama seperti tokoh game Kingdom Heart misalnya: Sora (Kingdom Heart) tetapi berbentuk metalic (modern)
  • Harajuku Style. Beberapa cosplayer sering menduga Harajuku style adalah bagian dari cosplay. Beberapa Harajuku style muncul di manga/anime seperti Nana.
  • Cosplay Dongeng. beberapa cosplay yang di angkat dari tokoh heroik maupun dongeng setempat.

Sejarah Cosplay di Indonesia

Pada awalnya cosplay tidak begitu banyak dikenal di Indonesia. Pada awal 2000-an, beberapa event seperti Gelar Jepang UI mengadakan Event Cosplay. Tetapi saat itu belum ada yang berminat, cosplay pertama saat itu hanyalah EO dari acara Gelar Jepang tersebut.

BACA JUGA  Tompi Dan Maliq & D'essentials Tampil Di Konser Gsm Real Live "Sound Of Nation"

Beranjak dari Event Jepang, beberapa pemuda-pemudi (kebanyakan pemudi) di Bandung memperkenalkan gaya Harajuku dan hadirnya cosplayer pertama yang bukan merupakan EO saat itu. Berlanjut hingga sekarang, hampir tiap bulannya selalu ada event cosplay di Jakarta, dan di kota-kota besar di Indonesia.

Beberapa event yang sering hadir adalah:

  • Gelar Jepang. Biasanya ada di Universitas. Umumnya di Universitas Indonesia.
  • Biasanya ada di Universitas.
  • Animonster event. Beberapa event yang disponsori oleh animonster termasuk event cosplay di dalamnya.
  • Extravaganza, Cosplayer berdialog kocak, cosplay kartun Nickelodeon dan anime Jepang dijadikan satu dalam Extravaganza di bagian cerita yang berjudul “Sasuke”, Putri Salju muncul di bagian selanjutnya.
  • Anime Festival Asia Indonesia
  • Ennichisai
  • CLAS:H
  • Jakarta Comic Con
  • ITGCC

Khusus di bulan Desember ini, kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Serpong mengadakan acara J-Cafest yang akan diadakan pada 5 – 7 Desember 2017 di Universitas Multimedia Nusantara, Jl. Scientia Boulevard, Gading Serpong, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Curug Sangereng, Klp. Dua, Tangerang, Banten 15811.

Ada banyak lomba digelar di kampus UMN yang terletak di Gading Serpong. Di antaranya adalah cosplay competition. Di samping itu ada Workshop Digital Comic dan  Japanese Beauty Make up tanggal 4 Desember 2017. Dilanjutkan dengan lomba Karaoke dan upacara minum teh ala Jepang tanggal 5 Desember 2017. Juga ada tradisional drawing & water color. Serta lomba Comic Strip.

Pendaftaran Peserta

Sekedar info, J-Cafest membuka pendaftaran bagi semua workshop dan lomba (kecuali Toys Photography dan Comic Strip) sampai tanggal acara tersebut berlangsung.

Meet and Greet

Ada acara istimewa di event ini yakni meet and greet dengan Franzeska Edelyn. Dia biasanya menjadi seorang costplayer dari salah satu komik Indonesia. Lahir pada tanggal 29 Agustus 1996, Franzeska Edelyn sudah lama bergelut di bidang jejepangan. Entah itu dari MC cosplayer dan lain–lain. Dia sangat berbakat di bidang menyanyi dan suka cover lagu – lagu dan menyanyikan soundtrack dari reoncomics itu sendiri yaitu yang judulnya Terus Berlari dan Sahabat.

Info lebih lanjut:

BACA JUGA  Lexi Teman Setia Bikin Makin Betah Riding

IG: @jcafest_umn
Line: @jkz3436z (use @)
FB: @JCafestUMN

 

(EGS)

 

 

Baca Juga