Berita Utama

Hubungkan Tanah Papua, Targetkan Indonesia Merdeka Internet 2019

Agenda Pemerintah untuk memastikan pemerataan pembangunan bidang telekomunikasi terwujud bertahap. Melalui penyediaan akses telekomunikasi USO dan internet rakyat, Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun Base Tranceiver Station (BTS) di kawasan terdepan, terluar dan tertinggal (3T) dan akses internet untuk sekolah serta Puskesmas.

Selasa (17/07/2018) kemarin, Menteri Kominfo Rudiantara mengunjungi dua kabupaten terdalam di tengah Papua yaitu Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Membramo Raya untuk melihat secara langsung layanan telekomunikasi USO dan memastikan rencana Palapa Ring Timur berjalan dengan baik.

“Sesuai dengan agenda Pemerintahan Pak Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, Kominfo dan BAKTI menyediakan akses untuk seluruh masyarakat Indonesia. Membangun dengan Indonesia Sentris mulai dari pinggiran agar setara dengan di Jawa, Sumatera dan Kalimantan,” kata Menteri Kominfo Rudiantara dalam Kunjungan Kerja untuk melihat pembangunan Palapa Ring Timur dan BTS 3T di SMKN 1 Mulia Kab. Puncak Jaya, Papua.

Indonesia Sentris menurut Menteri Rudiantara merupakan cara yang dilakukan pemerintah sesuai dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. “Pinggiran bukan terpinggirkan, tapi bagian dari NKRI yang harus dijaga seutuhnya. Puncak Jaya ini tengahan (karena berada di tengah Papua) dan kita selalu bekerja untuk adik-adik kita dan masa depan yang lebih baik,” jelasnya.

Bahkan Menteri Kominfo menargetkan seluruh kabupaten dan kota di Indonesia akan terhubung dengan jaringan backbone internet cepat pada Tahun 2019. “Ini kebijakan keberpihakan pemerintah untuk memastikan seluruh rakyat bisa akses internet cepat,” tandasnya.

Akses telekomunikasi dalam pandangan Menteri Kominfo merupakan hak warga negara Indonesia. “Bulan depan Indonesia sudah merdeka 73 tahun, kita sudah merdeka dari penjajah tapi belum merdeka dari internet,” ungkapnya.

Menghubungkan Tanah Papua dengan Telekomunikasi dan Internet

Tanah Papua, menurut Menteri Kominfo merupakan berkah besar bagi Bangsa Indonesia. “Tanah Papua beri berkah bagi kita, tadi dalam perjalanan ke sini diberitahu Pak Sekda Prov itu di gunung situ emas paling besar. Dulu banyak orang tinggal ambil saja, hanya saja untuk menerimanya saya harus terbang,” tuturnya mengagumi keindahan dan potensi Papua.

Menteri Rudiantara mengakui adanya tantangan dalam membangun infrastruktur di kawasan Papua. “Demikian halnya dalam hal membangun telekomunikasi. Papua tak seperti Jawa yang kondisi geografisnya lebih mudah dibangun,” katanya.

Mengenai pembangunan akses telekomunikasi, Menteri Kominfo mengibaratkan seperti akses perhubungan. “Seperti Puncak Jaya yang semua tak bisa dijangkau dengan jalan darat, harus udara. Di telekomunikasi kalau tidak bisa pakai kabel ya pakai satelit,” jelasnya.

Mengenai kapasitas akses jaringan, Menteri Rudiantara juga mengibaratkan seperti pesawat terbang. “Soal kapasitas ya sama seperti pesawat terbang akan bergantung jenis pesawatnya. Analoginya hampir sama dengan telekomunikasi,” urainya.

Dalam mewujudkan konektivitas sesuai dengan prioritas Pemerintah, Menteri Kominfo menunjukkan tekadnya. “Kami tidak akan menyerah. Semua kabupaten di Papua dan Papua ada 41 kabupaten yang akan dibangun jaringan tulang punggung internet cepat. Ada 31 (daerah kabupaten) yang baru untuk dibangun akses yg baru inernet kecepatan tinggi. Ini kebjikan keberpihakan dari pemerintah yang Indonesia Sentris,” jelasnya.

Secara khusus Menteri Kominfo meminta bantuan Bupati dan seluruh jajarannya untuk memastikan akses internet bisa terwujud. “Kita canangkan pada 2020 mudah-mudahan tidak ada desa yang tidak ada BTS. Pada tahun 2019 di Puncak Jaya desa yang belum dipasang, mudah-mudahan bisa dipasang (internet). Kami mohon bantuan dari Pak Bupati karena masalah di Papua ini soal tanah. Nomor satu soal perizinan, kedua tanah kalau tidak ada tanah pasang antena dimana?,” pintanya.

Mengenai akses internet yang sudah digunakan untuk kebutuhan sekolah, Menteri Kominfo memastikan tahun ini akan ada penambangan titik akses internet. “Sampai akhir tahun ini akan ada penambahan kapasitas. Tadi Bapak Bupati minta ada tambahan dua titik, kami akan kasih empat titik,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda menghargai terobosan baru pemerintah pusat untuk membangun telekomunikasi di kawasan terdepan, terpencil dan tertinggal. “Terobosan baru Pemerintah Jokowi-JK untuk membangun telekomunikasi di daerah 3T sangat dirasakan manfaatnya. Terima kasih atas akses internet rakyat di sekolah, Puskesmas, serta lokasi publik,” katanya.

Bahkan Bupati Juniwonda meminta agar tahun depan seluruh sekolah bisa mendapatkan akses internet untuk kebutuhan ujian nasional dan penerimaan peserta didik baru. “Kami berharap tahun depan seluruh Puncak Jaya dapat akses internet sehingga (bisa) penerapan sistem PPDB, dan dengan adanya akses internet bisa kikis kesenjangan akses di pedesaan,” pintanya.

Merdeka Sinyal

Ketika berkunjung ke Mamberamo Raya, Bupati Dorinus Dasinapa tampak senang karena sudah mendapatkkan akses telekomunikasi USO dan pembangunan Palapa Ring. Menurutnya saat ini Pemerintah Pusat sudah dapat menunjukkan pembangunan berlangsung sampai ke desa dan pelosok. “Konsepnya banyak yang luar biasa. Implementasinya sudah sampai ke daerah. Saya berdoa kepada Tuhan untuk selalu dikasih pertolongan,” katanya.

Menurut Bupati Dasinapa, kabupaten yang dipimpinnya memiliki Sungai Mamberamo Raya. Salah satu sungai terbesar di Papua serta hutan lebat masih perawan dengan potensi wisata dan kayu. “Belum digarap maksimal untuk kebutuhan rakyat. Mohon kiranya sentuhan yang diberikan kepada kami di bidang telekomunikasi telah diikuti bidang lain. Rakyat membutuhkan listrik, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan bahan pokok yang terjadwal bagi masyarakat,” paparnya.

Dalam bidang telekomunikasi yang menjadi sasaran kunjungan Menteri Kominfo, menurut Bupati Mamberamo Raya saat ini sudah dibangun sejumlah BTS oleh BAKTI di 9 titik dan NOC untuk Palapa Ring. “BTS yang dibangun BAKTI Kominfo sudah luar biasa jaringannya, masyarakat berterima kasih. Bisa telepon daerah yang lain,” ungkapnya.

Kemudian Menteri Kominfo segera keluar ke anjungan guest house sambil membawa mikrophone. “Bapak dan Ibu sekalian termasuk anak-anak saya datang ke sini untuk memastikan pembangunan menara telekomunikasi berlangsung baik. Agar kehidupan masyarakat di sini lebih baik,” katanya.

Usai sambutan, seorang warga bertanya kapan lampu nyala lagi di Mamberamo Raya? Kemudian Menteri Rudiantara menjawab bahwa kedatangannya untuk membangun dan memastikan akses sinyal telekomunikasi. “Saya bukan menteri lampu tapi Menteri Sinyal. Saya datang ke sini bawa sinyal lewat BTS itu yang bisa bapak dan ibu gunakan untuk telepon,” katanya.

Kontan Freddy, warga Mamberamo minta tolong agar disampaikan ke Menteri yang urusi lampu agar segera ada listrik lagi. “Tolong sampaikan Pak Menteri, kami butuh listrik. Kalau sinyal kami juga ucapkan terima kasih sudah dibantu,” jelasnya.

Merdeka Internet

Target untuk merdeka internet sudah mulai dengan membangun akses telekomunikasi. Di kawasan perbatasan BAKTI melalui Program BAKTI Sinyal menyedaikan perangkat BTS dengan panel surya agar memudahkan komunikasi antarwarga.

“Sementara dalam penyediaan internet, melalui Program BAKTI Aksi atau Akses Internet kami menyediakan dukungan internet untuk kebutuhan pendidikan, kesehatan dan layanan publik,” jelas Dirut BAKTI Anang Latif yang ikut dalam Kunjungan Kerja Menteri Kominfo di Puncak Jaya dan Mamberamo Raya.

Menurut Direktur Anang Latif, sesuai dengan target Menteri Kominfo, penyediaan akses internet cepat juga dilakukan melalui Palapa Ring dan High Throughput Satelite. “Melalui BAKTI Paring (Palapa Ring) dan BAKTI Satria (Satelit Republik Indonesia) dibangun jaringan tulang punggung internet kecepatan tinggi,” tambahnya.

Ketersediaan internet cepat menurut Menteri Rudiantara diperuntukan generasi masa depan Indonesia. “Saya selalu membuat tahun 2030 sebagai acuan untuk menunjukkan bahwa saat itu Indonesia mengalami bonus demografi dan anak-anak yang ada di depan kita ini mengalami masa produktif,” tuturnya.

Oleh karena itu, perlu disiapkan akses internet agar mereka bisa menjadi lebih maju dan lebih baik. “Fokus pemerintah menyiapkan sumberdaya manusia, diprediksikan ekonomi Indonesia nanti akan meningkat menjadi dua setengah kali dari Indonesia sekarang. Oleh karena itu seluruh program untuk meningkatkan akses telekomunikasi dan merdeka internet tidak boleh berhenti,” tegasnya.

Bahkan Menteri Kominfo menegaskan jika Palapa Ring Timur akan membutuhkan waktu lebih lama maka Kementerian Kominfo melakukan terobosan untuk percepatan.

“Kalau Palapa Ring membutuhkan waktu lebih lama maka Tahun 2022 kita akan sediakan satelit. Jika perlu sebelum satelit ada kami akan cari cara agar bisa sewa untuk memastikan akses internet cepat bisa digunakan masyarakat,” tuturnya.

Menteri Rudiantara mengingatkan agar jajaran pemerintah daerah membantu untuk memastikan agar akses internet dapat digunakan dengan baik. “Kecepatannya 10 Mbps, di Puncak Jaya ada 32 sekolah dasar, 7 SMP dan 2 SMA dan 2 SMK. Pak Bupati dan para guru nanti tolong jaga anak-anak untuk pastikan adik-adik belajarnya menggunakan internet. Tolong jaga anak-anak kalau buka ponsel baru nantinya agar tidak lari kemana-mana. Tolong diajari bagaimana menggunakan media sosial dan internet dengan baik,” ungkapnya.

Dalam kunjungan kerja itu, Menteri Rudiantara didampingi oleh Direktur Utama BAKTI Anang Latif, Sekdaprov Papua Titus Emanuel Adopehan Hery Dosinaen, Kepala Dinas Kominfo Papua Kansiana Salle, Kepala Balmon Jayapura Titus Tangke serta CEO Inforte Solusi Infotek Peter Djatmiko dan GM Infokom Tri Bimo.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Mau Bisnis Sushi? Ikuti Sushi Class for Entrepreneur Bersama Master Chef Setiyaki

    Mau Bisnis Sushi? Ikuti Sushi Class for Entrepreneur Bersama Master Chef Setiyaki

    Dengan semakin meningkatnya kepopuleran sushi, membuat banyak orang yang ingin belajar membuat sendiri hidangan khas Jepang, ini baik untuk dinikmati sendiri bersama keluarga di rumah maupun membuka usaha sushi. Untuk bisa membuat sushi, Anda bisa menambah wawasan dengan belajar cara membuat sushi di tempat kursus. Tidak heran, tempat kursus membuat sushi banyak bertebaran di mana-mana. […]
  • Kiat Bugar Saat Traveling di Bulan Puasa

    Kiat Bugar Saat Traveling di Bulan Puasa

    Bulan Ramadan telah tiba. Bagi umat Muslim, menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Menahan rasa haus dan lapar mungkin terasa berat di tengah aktivitas padat, salah satunya saat traveling. Otomatis, kamu membutuhkan tubuh yang bugar selama traveling di bulan puasa. Selain mengonsumsi makanan bergizi, simak tips dari PEGI […]
  • Pengoperasian Kembali Penerbangan Berjadwal AirAsia Indonesia

    Pengoperasian Kembali Penerbangan Berjadwal AirAsia Indonesia

    Sehubungan dengan alasan operasional dan perkembangan pembatasan perjalanan, AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) akan menyesuaikan rencana pengoperasian kembali penerbangan berjadwal, yang kini akan dimulai secara bertahap pada rute tertentu mulai tanggal 19 Juni 2020. AirAsia Indonesia akan terus memantau perkembangan situasi dan akan melakukan langkah antisipasi yang diperlukan untuk memulai kembali layanan penerbangan berjadwalnya. AirAsia […]
  • Menu Makanan Barat dan Indonesia Berpadu di Tempat Ini : Fushion Steak & Padi Menguning

    Menu Makanan Barat dan Indonesia Berpadu di Tempat Ini : Fushion Steak & Padi Menguning

    Biasanya suatu resto cuma menyajikan satu jenis menu yang menjadi spesialisasinya, misalnya masakan Indonesia, Masakan Sunda, Masakan Jepang, Masakan Barat, dll. Sehingga saat Anda bersama keluarga atau rekan bisnis ingin bersantai menikmati makanan di suatu resto, sudah harus menentukan pilihan makanan yang akan dinikmati nanti di resto karena itu berkaitan dengan pilihan resto yang akan dituju. […]
  • Hemat Waktu Memasak dengan Frozenfood dari Menggoreng.ID

    Hemat Waktu Memasak dengan Frozenfood dari Menggoreng.ID

    Foto: Chicken Popcorn (Dokumentasi Menggoreng.ID) Di saat new normal seperti sekarang kita sudah kembali sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Sebagian sudah kembali bekerja di kantor. Dengan perhatian kepada kesehatan makanan, kita lebih sreg bila membawa makanan sendiri dari rumah. Persiapan memasak membutuhkan waktu yang lama. Tidak heran bila saat ini frozenfood menjadi tren makanan yang hits […]
  • Tak Hanya Siapkan Beragam Diskon Besar, Mapemall.com Siapkan Buy 1 Get 2 untuk Harbolnas

    Tak Hanya Siapkan Beragam Diskon Besar, Mapemall.com Siapkan Buy 1 Get 2 untuk Harbolnas

    Tahun kedua partisipasinya dalam memeriahkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada tanggal 12 hingga 14 Desember 2019 mendatang, mapemall.com sebagai situs online pertama yang menyediakan produk-produk authentic dari brand-brand ternama untuk inspirasi fashion dan lifestyle meluncurkan kampanye terbarunya yaitu 12.12 YESS “Your Exclusive Shopping Spree”. Singkatan YESS sendiri memiliki arti bahwa semua promosi menarik yang […]
  • Antara Karir dan Rumah Tangga, Mana yang Harus Dipilih?

    Antara Karir dan Rumah Tangga, Mana yang Harus Dipilih?

    Pertanyaan ini sering muncul dalam benak kelompok perempuan urban milenial, baik pada perempuan yang sudah menikah, baru menikah, atau akan memutuskan menikah. Tidak jarang mereka dipusingkan karena merasa ‘terbebani’ untuk memilih antara berkarir dan menapaki jenjang karir yang lebih tinggi, atau harus berkutat dengan urusan rumah tangga. Banyak yang akhirnya memutuskan untuk mencoba menyeimbangkan keduanya, […]
  • Telkomsel Serahkan Lebih dari 700 Ekor Hewan Kurban

    Telkomsel Serahkan Lebih dari 700 Ekor Hewan Kurban

    Pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1439 Hijriyah Tahun 2018, Telkomsel memberikan bantuan hewan kurban sejumlah 740 ekor, yang terdiri dari 118 ekor sapi dan 622 ekor kambing. Hewan kurban tersebut akan disampaikan kepada lebih dari 42.000 penerima manfaat di ratusan titik di berbagai wilayah Indonesia. Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan, “Telkomsel menyerahkan […]
  • Bersama Membangun Edukasi Negeri: Transformasi Digital Lintas Generasi

    Bersama Membangun Edukasi Negeri: Transformasi Digital Lintas Generasi

    Pada Kamis, 20 September 2018, Microsoft Indonesia mengadakan seminar transformasi digital untuk dunia pendidikan di Indonesia, bertajuk ‘Bersama Membangun Edukasi Negeri’ yang diikuti oleh 300 Guru dan Pengajar dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas di Provinsi Jawa Barat. Seminar ini bertujuan untuk menyosialisasikan perkembangan transformasi digital, kisah guru inspiratif, dan pakar […]
  • Imoo Berikan Asuransi Covid-19 kepada Penggunanya

    Imoo Berikan Asuransi Covid-19 kepada Penggunanya

    Penyebaran virus corona di Indonesia telah berlangsung selama enam bulan dengan jumlah kasus positif yang terus bertambah hingga saat ini. Setiap orang menghadapi berbagai risiko dalam menjalankan rutinitas kehidupannya sehari-hari.  Pandemi ini memberi banyak dampak ke berbagai sektor. Salah satu cara memitigasi risiko penyakit adalah melakukan proteksi diri lewat produk asuransi. imoo Indonesia menghadirkan gerakan […]
  • KiosTix Sukses Kelola Tiket Konser Japanese Breakfast

    KiosTix Sukses Kelola Tiket Konser Japanese Breakfast

    Konser musik indie Japanese Breakfast di Rossi Musik, Jalan RS Fatmawati, Cilandak Kota, Jakarta Selatan, pada Rabu, 15 Mei 2019 tadi malam berlangsung sukses dan meriah. Lebih 500 penonton anak-anak muda milenial penuh menyesaki lantai konser musik di Lantai 4, Gedung Rossi Musik. Mereka akrab dan antusias menyanyikan lirik-lirik dari lagu-lagu album Japanese Breakfast yang […]
  • JEC-Orbita Makassar Hadir Menjadi Sentra Kesehatan Mata Terdepan di Wilayah Indonesia Bagian Timur

    JEC-Orbita Makassar Hadir Menjadi Sentra Kesehatan Mata Terdepan di Wilayah Indonesia Bagian Timur

    Eye care leader di Indonesia, JEC Eye Hospitals & Clinics, mengumumkan kolaborasi terbarunya menghadirkan Klinik Utama Mata JEC-Orbita @ Makassar, yang menjadi sentra kesehatan mata terbesar di Sulawesi Selatan, dan hub strategis untuk kawasan Indonesia bagian timur. Sebelumnya dikenal sebagai Klinik Mata Orbita, JEC-Orbita @ Makassar menyediakan layanan komprehensif berstandar internasional serta didukung dokter ahli […]
  • OPPO Reno4 Pro Menghadirkan Teknologi Inovatif untuk Melengkapi Gaya Hidup Milenial

    OPPO Reno4 Pro Menghadirkan Teknologi Inovatif untuk Melengkapi Gaya Hidup Milenial

    OPPO Indonesia meluncurkan OPPO Reno4 Pro yang dikembangkan dengan desain premium dan dilengkapi teknologi canggih untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para trendsetter milenial. Keunggulan OPPO Reno4 Pro akan diperkenalkan dalam peluncuran digital OPPO Reno4 Pro Fest dengan menghadirkan bintang internasional Lewis Capaldi dan Niki Zefanya, serta didukung oleh Tara Basro, Arifin Putra dan  Rio Dewanto. […]
  • Kuliner Bintaro : Home Sushi Yang Enak Banget!

    Kuliner Bintaro : Home Sushi Yang Enak Banget!

    INFOBINTARO – Kuliner Bintaro yang satu ini adalah salah satu kuliner favorit dari IB. Karena apa? Karena ketika kami sedang sangat ingin menikmati sushi yang segar dan lezat, Home Sushi siap mengantar sampai ke rumah, memang sesuai dengan namanya yakni hidangan sushi untuk warga rumahan. Home Sushi Bisa Jadi Kuliner Bintaro Pilihan Ketika Lapar Melanda. […]
  • Segera Hadir, Kawasan Baru Dufan Ancol dengan 9 Wahana Baru

    Segera Hadir, Kawasan Baru Dufan Ancol dengan 9 Wahana Baru

    Dunia Fantasi (Dufan) sebuah kawasan bertema di Ancol Taman Impian dan sebagai top of mind destinasi wisata Jakarta serta Indonesia segera menghadirkan pengalaman baru dan seru. Dengan mengusung The Innovator, di tahun 2019 ini Dufan menghadirkan sesuatu yang berbeda yaitu sebuah kawasan baru dengan tema Dunia Kartun dengan luas 3 Ha. Kawasan ini di desain […]
  • Menguasai Musik Klasik Adalah Jalan Masuk Untuk Menguasai Jenis Musik Lainnya – Talkshow Bersama Ananda Sukarlan

    Menguasai Musik Klasik Adalah Jalan Masuk Untuk Menguasai Jenis Musik Lainnya – Talkshow Bersama Ananda Sukarlan

    Pada Talkshow bersama Ananda Sukarlan yang diadakan oleh Petrof Piano House Bintaro, Sabtu, 12 November 2016  di Kidscenter Bintaro (baca juga: Manfaat Musik Klasik Bagi Anak-Anak : Talkshow, Seminar & Master Class Bersama Ananda Sukarlan), salah satu pertanyaan yang mengemuka dari pengunjung adalah apakah dengan mempelajari musik klasik akan membuat anak sulit untuk menguasai jenis […]
  • Mie Sedaap Penuhi Keinginan Masyarakat Indonesia dengan Meluncurkan Varian Terbaru Mie Sedaap Goreng Salero Padang

    Mie Sedaap Penuhi Keinginan Masyarakat Indonesia dengan Meluncurkan Varian Terbaru Mie Sedaap Goreng Salero Padang

    Mie Sedaap, mie instan unggulan dari Wings Food kini hadir menjawab keinginan masyarakat Indonesia dengan berinovasi menghadirkan mie instan pedas  bercita rasa khas Padang lewat varian terbaru Mie Sedaap Goreng Salero Padang. Varian terbaru dari Mie Sedaap ini memadukan mie goreng dengan bumbu khas nasi padang yang kaya cita rasa rempah-rempah membuat Mie Sedaap Goreng […]
  • PermataBank dan Astra Life Ajak Proteksi Diri dan Tetap #DirumahAja dengan E-Bancassurance

    PermataBank dan Astra Life Ajak Proteksi Diri dan Tetap #DirumahAja dengan E-Bancassurance

    Wabah virus COVID-19 (Corona) yang melanda dunia sejak awal tahun 2020 merupakan sebuah musibah global yang mempengaruhi mobilitas penduduk dunia. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia, di Indonesia sendiri sudah lebih dari 2.400 kasus virus Corona yang terkonfirmasi sampai awal April ini. Penerapan kebijakan physical distancing sampai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) […]
  • Remaja dan Body Image

    Remaja dan Body Image

    Ketika seseorang memasuki periode remaja, yaitu antara 11-20 tahun, maka terhitung sejak pubertas ia mulai menjalani transisi menuju kedewasaan dan menjalani tugas perkembangan mencari identitas, menjalin hubungan sosial dan memperoleh kemandirian. Proses membangun citra tubuh (body image) termasuk di dalam tugas tersebut. Hal ini karena pada tingkatan usia remaja, mereka masih memiliki pandangan yang sangat […]
  • Kopi Kenangan Memberi Jaminan Kesehatan Hadapi Covid-19

    Kopi Kenangan Memberi Jaminan Kesehatan Hadapi Covid-19

    Di tengan wabah COVID-19, peritel minuman grab-and-go Kopi Kenangan yang tengah berkembang pesat saat ini, menerapkan langkah-langkah dan upaya dalam memastikan kebersihan, sekaligus memberikan rasa tenang dan aman bagi para karyawan, mitra pesan antar dan pelanggan. Chief Operating Officer dan Co-Founder Kopi Kenangan James Prananto mengatakan, “Sejak awal berdirinya Kopi Kenangan tiga tahun lalu, core […]