HelloMotion High School: Sekolah Menengah Atas Abad 21 Dengan Pengayaan Design Thinking dan Kreativitas

Setelah sukses mendirikan HelloMotion Academy sejak tahun 2004 yang memiliki visi “Merealisasikan imajinasi setiap individu menjadi kenyataan”, Wahyu Aditya yang juga dikenal sebagai penulis, illustrator, digital artist dan pendiri HelloFest, pada tahun ajaran baru 2017 ini mendirikan HelloMotion High School (SMA HelloMotion), sekolah menengah atas yang menggunakan kurikulum Diknas Plus lewat kombinasi empat materi belajar dengan konsep edukasi “design thinking”.

Penjelasan Hellomotion High School oleh Wahyu Aditya pada Media Gathering, Kampus Hellomotion, Jl. Cenderawasih, Sawah Lama, Tangerang Selatan, 12 Juni 2017

​Kombinasi empat materi belajar tersebut meliputi Visual Design, Academic Subject, Budi Pekerti dan 21st Century Skills. Design Thinking adalah suatu metoda berpikir yang mengadopsi cara seorang designer memikirkan dan mengerjakan proses kreatifnya dalam mendesain sesuatu. HelloMotion High School berusaha menjadi miniatur kecil kehidupan kreatif yang di dalamnya kolaborasi, design thinking, hingga customer orientation menjadi hal yang wajib dipelajari.

Menurut Wahyu Aditya, SMA ini dibangun untuk mengumpulkan anak – anak muda yang sudah tahu minatnya sejak dini dalam beraktivitas membuat karya visual, selain itu juga menjadikannya cakap dalam berkomunikasi visual dengan membiasakan diri berpikir kreatif dan complex problem solver sebagai kebutuhan karier abad 21. Dengan dibuatnya sekolah sebagai miniatur dunia kreatif, anak – anak makin semangat untuk belajar, kira – kira guru bisa berkata seperti ini “Anak – anak, setelah kita belajar ekonomi, kita lanjutkan dengan membuat projek animasi tentang infografis mata uang dunia”.

Sementara, Mika, salah satu siswa yang sudah mendaftar di HelloMotion High School menyatakan bahwa sekolah ini memiliki konsep yang menarik bagi masa depannya. Hal itulah yang membuat dia mantap untuk melanjutkan sekolah di HelloMotion High School.

HelloMotion High School hadir untuk menciptakan kembali sekolah yang tidak hanya mengedepankan aspek akademik semata, melainkan membekali siswanya bagaimana belajar dengan konsep design thinking, siswa dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan sekitar mereka dengan akal, jiwa dan rasa (pendekatan estetika). Karena sejatinya manusia bukanlah robot pintar tak berjiwa dan tidak memiliki rasa. Melalui sentuhan rasa maka hasil yang diperoleh dapat bukan saja lebih bersifat humanis, melainkan juga kreatif.

Visi HelloMotion High School adalah menjadi sekolah yang unggul dalam bidang akademis dan kreatifitas dengan menggunakan pendekatan “design thinking” dalam upaya mewujudkan manusia yang cerdas, kreatif, berkarakter, dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai agama dan budaya bangsa Indonesia.

Kampus Hellomotion High School, Jl. Cenderawasih, Sawah Lama, Tangerang Selatan

​Misi HelloMotion High School adalah untuk menyelenggarakan pendidikan berbasis kreatif dan design thinking, dalam rangka membentuk peserta didik yang peduli terhadap permasalahan lingkungan serta mampu menyelesaikan permasalahan tersebut melalui ide kreatif yang dikembangkannya, melahirkan peserta didik yang berkarakter dan budi pekerti luhur, mencintai ilmu, kreatif, percaya diri, komunikatif dan peduli lingkungan, serta menyiapkan peserta didik yang siap dan mampu merespon kebutuhan akan professional dengan keahlian-keahlian yang dibutuhkan untuk menyongsong abad 21.
Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi:

Ditta Sekar Campaka
Telp/WA : 0813 1801 2358
Email : highschool@hellomotion.ac

 

(ES)

Leave a Comment