Ming. Des 8th, 2019

Hati-Hati…!!! Modus Baru Penyadapan Nomor Pin ATM

Modus kejahatan berkembang dari waktu ke waktu, para pelaku kriminal berusaha menggunakan berbagai cara untuk melaksanakan aksi jahatnya, bahkan menggunakan teknologi. Salah satu modus yang banyak disasar adalah pada mesin ATM. Modus-modus lama yang sudah biasa digunakan adalah dengan memasang pengganjal yang biasanya berupa kartu seukuran kartu ATM atau tusuk gigi dengan tujuan untuk menghambat masuknya kartu ATM, sehingga si korban mengira kartu ATM-nya tertelan, pada saat si korban kebingungan datanglah seseorang yang berpura-pura akan membantu dengan menyarankan menghubungi call center bank yang bersangkutan. Padahal nomor telepon yang diberikan adalah nomor telepon komplotannya. Dengan dipandu oleh call center palsu, si korban dapat menyebutkan nomor pinnya, yang akan digunakan oleh komplotan tersebut untuk menguras uang yang ada, setelah akhirnya si korban meninggalkan mesin ATM. Modus lain yang tak kalah sering terjadi adalah dengan menghipnotis si korban setelah meninggalkan mesin ATM, dengan berpura-pura mengenal si korban.

Namun ada metode baru yang digunakan oleh pelaku kejahatan, yaitu dengan merekam angka-angka nomor pin yang ditekan dengan menggunakan kamera video kecil pada bagian belakang dari panel keypad mesin ATM. Modus ini menggunakan kamera video kecil yang dipasang pada suatu pelat alumunium yang sepintas memiliki kesamaan bentuk dan warna dengan cover penutup bagian belakang panel keypad.

atm1

Kamera pengintai ini memiliki sebuah lubang yang dibaliknya telah dipasangi kamera video kecil yang menggunakan sumber daya batere di baliknya yang telah dimodifikasi, sehingga hasil video yang terekam tersimpan pada sebuah memory card.

atm2

Sepintas tidak terlihat sesuatu yang mencurigakan jika anda memasuki mesin ATM yang dipasang kamera video pengintai, apalagi jika anda sedang terburu-buru. Namun ada sebuah petunjuk yang bisa kita gunakan untuk memastikan apakah mesin ATM itu sudah dipasangi kamera pengintai atau tidak, yaitu adanya  lubang kecil di situ. Jika anda menemukan hal seperti, lebih baik anda mengurungkan niat untuk menarik uang dari mesin ATM tersebut, cari mesin ATM lain di tempat yang aman, misalnya di kantor bank yang bersangkutan. Bisa juga dengan menanyakan kepada security yang ada di dekat ATM tersebut, walaupun mungkin ini belum tentu merupakan cara yang paling aman.

BACA JUGA  Dorna Tinjau Pembangunan Sirkuit Mandalika di NTB

atm3atm4

Waspadalah, kejahatan bisa terjadi di mana saja, kapan saja dan kepada siapa saja, termasuk anda sendiri. Jangan kita menjadi korban berikutnya.

 

(ES)

 

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan