Kesehatan

Hari Jantung Sedunia: Lima Kiat Menjaga Kesehatan Jantung

Tanggal 29 September, setiap tahunnya, seluruh dunia memperingati World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. Tahun ini, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan RI memperingati Hari Jantung Sedunia dengan melakukan kampanye dan promosi pentingnya cek kardiovaskular secara berkala untuk kesehatan jantung.

Hingga saat ini, penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke) adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit ini telah memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya. Di Indonesia, penyakit ini masih menjadi penyebab kematian tertinggi sehingga seluruh masyarakat perlu mengambil peran dalam berbagai tindakan pencegahan.

Vice President, Medical Affairs Nutrition Education Herbalife Nutrition, Kent L. Bradley mengatakan selain fakta penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor satu, hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah setengah dari kasus penyakit kardiovaskular terjadi di Asia. Prevalensi penyakit kardiovaskular pada populasi orang dewasa di negara maju terus meningkat seiring bertambah tua populasi masyarakatnya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National University Heart Centre Singapore (NUHCS) dan National Heart Centre Singapore (NHCS) mengungkapkan bahwa orang Asia mengalami penyakit jantung 10 tahun lebih muda dibanding dengan orang di belahan bumi bagian barat.

Pasien penyakit jantung dari Filipina memiliki usia rata-rata termuda yaitu pada usia 54 tahun, dibanding negara Asia lainnya yaitu Indonesia, 56 tahun; Taiwan, 63 tahun; Korea Selatan, 63 tahun; Jepang, 65 tahun dan Hong Kong, 68 tahun. Sebagai pembanding, usia rata-rata pasien Eropa adalah 71 tahun.

Dengan dijadikannya September sebagai bulan peringatan Hari Jantung Sedunia dapat menjadi momentum penting untuk mulai menjaga kesehatan jantung, terutama jika Anda berusia sekitar 40 tahun atau lebih. Berikut adalah lima tips menjaga kesehatan jantung, untuk kehidupan yang lebih sehat sekarang dan di masa depan.

Tip #1: Pahami Risiko Kesehatan Anda

Kunci untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengetahui kondisi kesehatan Anda. Berusahalah mengunjungi dokter Anda untuk pemeriksaan kesehatan secara teratur. Anda harus menjadwalkan pemeriksaan medis lengkap setidaknya setahun sekali, atau rutin ke klinik kesehatan untuk penilaian kesehatan secara cepat dari waktu ke waktu.

Perlu digarisbawahi bahwa tekanan darah tinggi adalah faktor risiko nomor satu untuk penyakit kardiovaskular. Karena itu, sangat penting untuk memeriksa tekanan darah Anda secara teratur. Jika dibiarkan tidak terdiagnosis dan tidak diobati, ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Tip #2: Kurangi Kebiasaan Hidup Tak Sehat

Mengurangi kebiasaan merokok adalah satu-satunya hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melindungi jantung Anda. Merokok dapat merusak lapisan pembuluh arteri Anda, yang menyebabkan penumpukan kandungan lemak (atheroma) dan mempersempit pembuluh darah yang akan dimulai dengan gejala nyeri di dada. Namun tak sedikit yang mengetahui bahwa telah terjadi penyempitan arteri setelah mengalami serangan jantung atau stroke.

Jadikan itu sebagai titik untuk menghentikan kebiasaan itu, dan patuhi itu! Buang tembakau, korek api dan asbak Anda, lalu beri jalan bagi produk pengganti nikotin. Berhenti dari kebiasaan tidak sehat ini akan terbukti lebih bermanfaat bagi tubuh Anda.

Tip #3: Pertahankan Pola Diet Untuk Jantung Sehat

Berdasarkan Filosofi Nutrisi di Herbalife, konsumsi kalori yang ideal harus terdiri dari 40 persen karbohidrat, 30 persen protein dan 30 persen lemak sehat, ditambah dengan 25 gram serat dan hidrasi yang memadai (sekitar delapan gelas air per hari).

Untuk lebih meningkatkan kesehatan jantung Anda, ikuti pola makan buah-buahan segar, sayuran, buah-buahan kering, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian anda. Beberapa pilihan makan yang disarankan adalah, fatty fish (salmon, mackerel, dan tuna), kenari, biji labu, dan kedelai yang penuh dengan asam lemak omega-3, untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Ikan bukan hanya pengganti yang bagus untuk makanan seperti daging sapi, yang tinggi lemak jenuh, omega-3 juga membantu mendukung sistem kardiovaskular yang sehat dengan membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

BACA JUGA  Program Imunisasi Measles - Rubella (MR) Gratis, Membebaskan Anak dari Campak dan Rubella

Tip #4: Latih Jantung Dengan Berolahraga

Manfaat berolahraga dan aktivitas fisik teratur jauh lebih dari sekadar menurunkan berat badan atau mendapat bentuk badan ideal. Selain meningkatkan kesehatan badan secara keseluruhan, olahraga membantu pembuluh darah kita rileks dan melebar, memungkinkan darah mengalir lebih efisien dan menyehatkan jantung. Ini merangsang produksi Nitric Oksida dalam tubuh, yang mengontrol, mengatur, dan melindungi sistem kardiovaskular, memastikan Anda memiliki jantung yang lebih sehat.

Untuk memulai gaya hidup aktif, usahakan setidaknya 30 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang setiap hari. Jika Anda merasa sulit untuk melakukannya, cobalah berjalan kaki singkat sepanjang hari menuju tempat kerja atau pada jam makan siang, atau mungkin memilih parkir sedikit lebih jauh dari kantor.

Tip #5: Turunkan Tingkat Stres

Meskipun tidak ada hubungan langsung yang jelas antara tingkat stres yang tinggi dan penyakit jantung, stres itu sendiri dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan jantung Anda.

Stres dapat menyebabkan Anda memiliki tekanan darah tinggi, menyebabkan Anda makan berlebih, kurang berolahraga, atau merokok lebih dari biasanya. Stres jangka panjang juga dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami peningkatan kadar hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, yang meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Luangkan waktu untuk bersantai dan melakukan kegiatan yang Anda sukai. Orang dengan tingkat stres yang rendah lebih cenderung berolahraga dan makan dengan baik, yang keduanya penting untuk menjaga kesehatan jantung.

“Pada akhirnya, mengadopsi gaya hidup sehat dan aktif bisa sangat membantu dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Jika Anda belum memulai, sekaranglah saatnya untuk memasukkan satu atau lebih tips di atas ke dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga jantung Anda tetap kuat sekarang dan dalam beberapa dekade mendatang,” tutup Kent L. Bradley.

(BON)

 

Baca Juga

  • DBS Tayangkan Sparks Musim Kedua

    DBS Tayangkan Sparks Musim Kedua

    Sejalan dengan komitmennya untuk meningkatkan agenda pembangunan berkelanjutan sebagai fokus dan tujuan bank, Bank DBS menayangkan musim kedua SPARKS, sebuah serial mini yang telah berhasil menyabet penghargaan. Bertemakan “Everyday Heroes for a Better World” (Pahlawan dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Menjadikan Dunia Lebih Baik), yang diilhami oleh kisah nyata, tiga episode pertama musim ini mengisahkan sekelompok […]
  • Ayo Berkebun! (Bagian 1)

    Ayo Berkebun! (Bagian 1)

    Berkebun? Sebagian besar keluarga urban boleh jadi asing dengan berkebun. Maklum, lahan kota yang terbatas, minimnya taman kota, waktu yang serba terbatas, banyaknya “hutan beton” alias gedung pencakar langit membuat kehidupan manusia yang hidup di kota kering dari sejuknya kehijauan kebun. Ada banyak sekali manfaat dari berkebun bagi anak. Melalui berkebun, anak belajar: Melestarikan lingkungan: […]
  • Sambut Era of Live, Pre-Order Samsung Galaxy A70 Dimulai 18 April 2019

    Sambut Era of Live, Pre-Order Samsung Galaxy A70 Dimulai 18 April 2019

    Samsung Electronics telah secara resmi memperkenalkan Samsung Galaxy A70, smartphone terbaru di jajaran Galaxy A yang populer. Diciptakan untuk generasi Live yang ingin menangkap, terhubung dan berbagi berbagai momen kehidupan secara live, Galaxy A70 bisa didapatkan konsumen Indonesia melalui sistem pre-order di tanggal 18-24 April. Dengan inovasi terbaru dan peningkatan pada fitur – fitur utamanya, […]
  • Iflix dan Screenplay Films Akan Merevolusi Dunia Hiburan di Indonesia dengan Deretan Konten Baru untuk 2019

    Iflix dan Screenplay Films Akan Merevolusi Dunia Hiburan di Indonesia dengan Deretan Konten Baru untuk 2019

    iflix, layanan hiburan terkemuka di Asia Tenggara, berkolaborasi dengan Screenplay Films, studio film utama di Indonesia, hari ini mengumumkan deretan konten premium yang menarik untuk 2019, menawarkan pengguna di Indonesia katalog konten lokal terbesar untuk ditonton melalui streaming maupun diunduh, secara gratis. Ini adalah langkah terbaru iflix dalam menghadirkan lebih banyak film yang tayang langsung […]
  • Tips Sukses Jadi Penyiar Radio ala Gofar Hilman

    Tips Sukses Jadi Penyiar Radio ala Gofar Hilman

    Untuk generasi 80-an bila ditanya tentang penyiar radio favorit? Jawabannya barangkali Indy Barends, penyiar radio HardRock FM Jakarta. Namun bagi generasi now, penyiar radio favorit, salah satunya adalah Gofar Hilman. Lihat gaya doi siaran di Hard Rock FM di video berikut. Dalam seminar radio yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Komunikasi UPJ (Universitas Pembangunan Jaya) Gofar Hilman […]
  • Maknyusnya Iga Bakar dan Asam Asam Iga di de Ribs

    Maknyusnya Iga Bakar dan Asam Asam Iga di de Ribs

    Kuliner iga mudah kita temui di mana-mana, namun menemukan masakan iga yang maknyus tidak mudah ditemukan, hal ini dikarenakan cara mengolahnya akan menentukan kelezatannya. Bicara mengenai kuliner iga yang sedap, tidak lengkap rasanya jika Anda belum mencoba menu-menu masakan dari de Ribs. de Ribs yang memiliki gerai di Taman Jajan Bintaro di lokasi yang tidak […]
  • Tingkatkan Layanan, Garuda Indonesia Luncurkan Fitur Layanan Virtual Reality (VR) Experience

    Tingkatkan Layanan, Garuda Indonesia Luncurkan Fitur Layanan Virtual Reality (VR) Experience

    Maskapai nasional Garuda Indonesia mengumumkan inovasi terbaru dalam peningkatkan layanan Inflight Entertainment (IFE) melalui fitur In-flight Virtual Reality (VR) Experience pertama di Asia Pasifik yang dihadirkan sebagai pilihan fasilitas hiburan di pesawat untuk penumpang kelas bisnis. Fasilitas VR Experience tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutan atas komitmen maskapai dalam menghadirkan inovasi layanan bertajuk “The New […]
  • Apakah Anda Sedang Mencari Pekerjaan? Yuk Menjadi Marketing Properti

    Apakah Anda Sedang Mencari Pekerjaan? Yuk Menjadi Marketing Properti

    Apakah Anda tertarik untuk menjadi Marketing properti? Yang menarik dengan menjadi marketing propreti, Anda tidak pelu harus punya modal yang besar untuk mulai menjadi marketing properti. Hanya dengan keinginan yang kuat, mau bekerja keras, dan pantang menyerah. Ini sudah menjadi modal yang kuat. Apabila Anda tekun dan telah menjadi orang yang ahli dalam memasarkan properti, […]
  • Cari Buku-Buku Murah dan Berkualitas? Yuk Datang ke Bazar Buku Terbesar di Asia Ini

    Cari Buku-Buku Murah dan Berkualitas? Yuk Datang ke Bazar Buku Terbesar di Asia Ini

    Liburan sekolah sudah dekat, kini saatnya anda mulai memikirkan alternatif pengisi waktu liburan anak-anak anda. Mengapa tidak mencari buku-buku pengisi waktu liburan mereka sehingga mereka bisa membaca buku-buku berkualitas saat liburan mereka. Atau, mungkin anda sendiri membutuhkan buku-buku untuk menunjang pekerjaan anda. Jika anda sudah berencana untuk mencari buku-buku menarik yang mungkin anda butuhkan, anda […]
  • Danone SN Indonesia Dukung IPB University Berdayakan Masyarakat dan Mahasiswa Terdampak Pandemi

    Danone SN Indonesia Dukung IPB University Berdayakan Masyarakat dan Mahasiswa Terdampak Pandemi

    Diberlakukannya protokol kesehatan seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah daerah merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Penerapan aturan ini di lingkungan kampus, termasuk Kampus IPB, memberikan dampak pada berkurangnya aktivitas perekonomian masyarakat di sekitar kampus. Kondisi tersebut mendorong Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melaksanakan salah satu program […]
  • Peresmian Skaci Bintaro

    Peresmian Skaci Bintaro

    Pada hari Sabtu, 31 Oktober 2015, bertempat di Ruko Kebayoran Arcade, Blok C1-07, Bintaro Sektor 7, berlangsung acara peresmian SKACI Bintaro. SKACI merupakan singkatan dari Sekolah Komputer Aku Cinta Inovasi adalah kursus komputer (IT) khusus untuk anak-anak. SKACI menawarkan pembelajaran kursus komputer pembuatan Animasi, game dan aplikasi lainnya untuk anak-anak. Materi yang diajarkan berupa Animasi […]
  • Bila Hobi Dapat Membuat Persaudaraan : Corolla E80 Community Jakarta

    Bila Hobi Dapat Membuat Persaudaraan : Corolla E80 Community Jakarta

    Kesamaan minat seringkali dapat membuat orang-orang yang tadinya tidak saling mengenal menjadi bersahabat, bahkan sudah seperti saudara. Hal inilah yang terjadi pada para anggota Corolla E80 Community Jakarta, sebuah komunitas penggemar mobil Toyota Corolla E80 lawas. Toyota Corolla E80 merupakan model mobil sedan besutan Toyota yang diproduksi dari rentang waktu 1983 – 1987. Merupakan generasi […]
  • Foto : Aneka Menu Unggulan di Culture Kitchen Bintaro Yang Sayang Dilewatkan

    Foto : Aneka Menu Unggulan di Culture Kitchen Bintaro Yang Sayang Dilewatkan

    Bosan makan yang itu-itu saja. Yuk ke Culture Kitchen, sebuah foodcourt yang ada di Bintaro Sektor 9. Di sini Anda bisa menemukan berbagai menu yang ‘berbeda’. Dari nama-namanya mungkin tidak ada yang berbeda dari menu-menu sejenis di tempat lain. Namun soal rasa, bisa dikasih acungan 2 jempol. Kali ini Info Bintaro berkesempatan mencoba beberapa menu […]
  • Waspadai Resiko-Resiko Obesitas dan Cara Pencegahannya

    Waspadai Resiko-Resiko Obesitas dan Cara Pencegahannya

    Dalam kehidupan sehari-hari sering kita melihat seorang kakek atau nenek yang memanjakan sang cucu. Semua yang diminta sang cucu dikabulkan termasuk membeli makanan apa saja yang diinginkan. Nantinya sang anak dapat menderita sesak nafas, tidak bisa beraktivitas seperti anak normal lainnya karena ia menderita obesitas atau kegemukan. Anak yang gemuk memiliki andil orang tua di […]
  • Telkomsel Bebaskan Kuota Data untuk Pelanggan Mengakses Situs Resmi Informasi Covid-19 Pemerintah RI dan Pemprov DKI Jakarta

    Telkomsel Bebaskan Kuota Data untuk Pelanggan Mengakses Situs Resmi Informasi Covid-19 Pemerintah RI dan Pemprov DKI Jakarta

    Sejak masyarakat secara serempak mulai melakukan himbauan dari Pemerintah RI untuk beraktivitas seperti belajar, bekerja dan beribadah di rumah dalam rangka mengupayakan pencegahan perluasan virus COVID-19, hingga kini Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi berbasis layanan data mencapai sekitar 13%. Peningkatan tersebut didorong oleh meningkatnya aktivitas pemanfaatan akses internet oleh pelanggan dalam penggunaan aplikasi layanan e-learning […]
  • Melestarikan Permainan Gasing di Era Milenial, Komunitas Gasing Indonesia

    Melestarikan Permainan Gasing di Era Milenial, Komunitas Gasing Indonesia

    Masih ingat dengan permainan gasing? Permainan dengan melilitkan benang atau tali pada benda bulat bernama gasing dan melemparkan ke lantai atau landasan licin sambil menarik benang/tali sehingga gasing pun berputar. Ada keasyikan tersendiri bagi anak-anak saat menyaksikan gasing yang berputar dalam waktu yang cukup lama. Bagi Anda yang lahir pada sebelum 1990-an mungkin Anda masih […]
  • Daya Tampung Jalur Zonasi Jenjang SMP 90 Persen

    Daya Tampung Jalur Zonasi Jenjang SMP 90 Persen

    Daya tampung peserta didik baru untuk jalur zonasi yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang Banten mencapai 90 persen. Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman di Tangerang mengatakan, jumlah peserta didik untuk rombongan belajar jenjang SMP yaitu 36 peserta didik. Khusus untuk jenjang SMP, dijelaskannya, daya tampung calon yang dapat diterima melalui Jalur […]
  • Chevrolet Sapa Pelanggan dengan Jajaran Kendaraan Terbaru

    Chevrolet Sapa Pelanggan dengan Jajaran Kendaraan Terbaru

    Dalam menutup Bulan Pelanggan di akhir September, Chevrolet Indonesia mengajak para pecinta Chevrolet untuk merasakan langsung pengalaman berkendara produk-produk terbaru Chevrolet melalui program Mall-to-Mall Exhibition, yang mulai diadakan hari ini, 25-30 September 2018 di Mall Ciputra Cibubur, Jakarta Timur. Para pengunjung mall untuk dapat merasakan langsung pengalaman berkendara produk-produk terbaru Chevrolet, seperti premium seven-seater SUV […]
  • Nissan Perkenalkan Grand Livina Special Version

    Nissan Perkenalkan Grand Livina Special Version

    Menyasar kaum urban yang menginginkan kendaraan yang trendi, pada Sabtu, 10 Maret 2018 Nissan meluncurkan Grand Livina Special Version pada acara LivinAlife di Serpong, Tangerang. “Sejak dulu, Grand Livina dikenal oleh keluarga Indonesia sebagai MPV senyaman sedan, kabin yang luas dan tenang, serta atmosfer interior yang premium,” ungkap Eiichi Koito, President Director PT. Nissan Motor […]
  • Citibank N.A., Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 3 Triliun di Tahun 2019

    Citibank N.A., Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 3 Triliun di Tahun 2019

    Citibank N.A., Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp 3 triliun di tahun 2019, termasuk peningkatan pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional bersih. Pendapatan bunga bersih tumbuh 5% dari tahun lalu menjadi Rp 4,4 Triliun karena peningkatan rata-rata kredit dan bank secara aktif telah meningkatkan rasio dana murah. Peningkatan pendapatan operasional bersih terutama berasal dari pendapatan […]

Tinggalkan Balasan