Kesehatan

Hari Jantung Sedunia: Lima Kiat Menjaga Kesehatan Jantung

Tanggal 29 September, setiap tahunnya, seluruh dunia memperingati World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. Tahun ini, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan RI memperingati Hari Jantung Sedunia dengan melakukan kampanye dan promosi pentingnya cek kardiovaskular secara berkala untuk kesehatan jantung.

Hingga saat ini, penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke) adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit ini telah memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya. Di Indonesia, penyakit ini masih menjadi penyebab kematian tertinggi sehingga seluruh masyarakat perlu mengambil peran dalam berbagai tindakan pencegahan.

Vice President, Medical Affairs Nutrition Education Herbalife Nutrition, Kent L. Bradley mengatakan selain fakta penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor satu, hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah setengah dari kasus penyakit kardiovaskular terjadi di Asia. Prevalensi penyakit kardiovaskular pada populasi orang dewasa di negara maju terus meningkat seiring bertambah tua populasi masyarakatnya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National University Heart Centre Singapore (NUHCS) dan National Heart Centre Singapore (NHCS) mengungkapkan bahwa orang Asia mengalami penyakit jantung 10 tahun lebih muda dibanding dengan orang di belahan bumi bagian barat.

Pasien penyakit jantung dari Filipina memiliki usia rata-rata termuda yaitu pada usia 54 tahun, dibanding negara Asia lainnya yaitu Indonesia, 56 tahun; Taiwan, 63 tahun; Korea Selatan, 63 tahun; Jepang, 65 tahun dan Hong Kong, 68 tahun. Sebagai pembanding, usia rata-rata pasien Eropa adalah 71 tahun.

Dengan dijadikannya September sebagai bulan peringatan Hari Jantung Sedunia dapat menjadi momentum penting untuk mulai menjaga kesehatan jantung, terutama jika Anda berusia sekitar 40 tahun atau lebih. Berikut adalah lima tips menjaga kesehatan jantung, untuk kehidupan yang lebih sehat sekarang dan di masa depan.

Tip #1: Pahami Risiko Kesehatan Anda

Kunci untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengetahui kondisi kesehatan Anda. Berusahalah mengunjungi dokter Anda untuk pemeriksaan kesehatan secara teratur. Anda harus menjadwalkan pemeriksaan medis lengkap setidaknya setahun sekali, atau rutin ke klinik kesehatan untuk penilaian kesehatan secara cepat dari waktu ke waktu.

Perlu digarisbawahi bahwa tekanan darah tinggi adalah faktor risiko nomor satu untuk penyakit kardiovaskular. Karena itu, sangat penting untuk memeriksa tekanan darah Anda secara teratur. Jika dibiarkan tidak terdiagnosis dan tidak diobati, ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Tip #2: Kurangi Kebiasaan Hidup Tak Sehat

Mengurangi kebiasaan merokok adalah satu-satunya hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melindungi jantung Anda. Merokok dapat merusak lapisan pembuluh arteri Anda, yang menyebabkan penumpukan kandungan lemak (atheroma) dan mempersempit pembuluh darah yang akan dimulai dengan gejala nyeri di dada. Namun tak sedikit yang mengetahui bahwa telah terjadi penyempitan arteri setelah mengalami serangan jantung atau stroke.

Jadikan itu sebagai titik untuk menghentikan kebiasaan itu, dan patuhi itu! Buang tembakau, korek api dan asbak Anda, lalu beri jalan bagi produk pengganti nikotin. Berhenti dari kebiasaan tidak sehat ini akan terbukti lebih bermanfaat bagi tubuh Anda.

Tip #3: Pertahankan Pola Diet Untuk Jantung Sehat

Berdasarkan Filosofi Nutrisi di Herbalife, konsumsi kalori yang ideal harus terdiri dari 40 persen karbohidrat, 30 persen protein dan 30 persen lemak sehat, ditambah dengan 25 gram serat dan hidrasi yang memadai (sekitar delapan gelas air per hari).

Untuk lebih meningkatkan kesehatan jantung Anda, ikuti pola makan buah-buahan segar, sayuran, buah-buahan kering, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian anda. Beberapa pilihan makan yang disarankan adalah, fatty fish (salmon, mackerel, dan tuna), kenari, biji labu, dan kedelai yang penuh dengan asam lemak omega-3, untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Ikan bukan hanya pengganti yang bagus untuk makanan seperti daging sapi, yang tinggi lemak jenuh, omega-3 juga membantu mendukung sistem kardiovaskular yang sehat dengan membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Tip #4: Latih Jantung Dengan Berolahraga

Manfaat berolahraga dan aktivitas fisik teratur jauh lebih dari sekadar menurunkan berat badan atau mendapat bentuk badan ideal. Selain meningkatkan kesehatan badan secara keseluruhan, olahraga membantu pembuluh darah kita rileks dan melebar, memungkinkan darah mengalir lebih efisien dan menyehatkan jantung. Ini merangsang produksi Nitric Oksida dalam tubuh, yang mengontrol, mengatur, dan melindungi sistem kardiovaskular, memastikan Anda memiliki jantung yang lebih sehat.

Untuk memulai gaya hidup aktif, usahakan setidaknya 30 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang setiap hari. Jika Anda merasa sulit untuk melakukannya, cobalah berjalan kaki singkat sepanjang hari menuju tempat kerja atau pada jam makan siang, atau mungkin memilih parkir sedikit lebih jauh dari kantor.

Tip #5: Turunkan Tingkat Stres

Meskipun tidak ada hubungan langsung yang jelas antara tingkat stres yang tinggi dan penyakit jantung, stres itu sendiri dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan jantung Anda.

Stres dapat menyebabkan Anda memiliki tekanan darah tinggi, menyebabkan Anda makan berlebih, kurang berolahraga, atau merokok lebih dari biasanya. Stres jangka panjang juga dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami peningkatan kadar hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, yang meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Luangkan waktu untuk bersantai dan melakukan kegiatan yang Anda sukai. Orang dengan tingkat stres yang rendah lebih cenderung berolahraga dan makan dengan baik, yang keduanya penting untuk menjaga kesehatan jantung.

“Pada akhirnya, mengadopsi gaya hidup sehat dan aktif bisa sangat membantu dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Jika Anda belum memulai, sekaranglah saatnya untuk memasukkan satu atau lebih tips di atas ke dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga jantung Anda tetap kuat sekarang dan dalam beberapa dekade mendatang,” tutup Kent L. Bradley.

(BON)

Tags

 

Baca Juga

  • Dukung Upaya Pemerintah Dalam Penyediaan Tes Laboratorium Untuk Covid-19, Prodia Lakukan Pemeriksaan PCR

    Dukung Upaya Pemerintah Dalam Penyediaan Tes Laboratorium Untuk Covid-19, Prodia Lakukan Pemeriksaan PCR

    Memenuhi kebutuhan tes laboratorium COVID-19 yang semakin meningkat, dan setelah melakukan persiapan dan perijinan, PT Prodia Widyahusada Tbk (Kode saham: PRDA) siap menyediakan pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA dengan metode real-time RT-PCR (PCR COVID-19) yang mendeteksi 3 (tiga) target gen sekaligus yaitu Gen E, N, dan RdRP sesuai dengan protokol yang ditetapkan World Health Organization (WHO). Pemeriksaan […]
  • Alibaba Luncurkan Paviliun Indonesia di Tmall Global

    Alibaba Luncurkan Paviliun Indonesia di Tmall Global

    Alibaba Group Holding Limited meluncurkan Paviliun Indonesia di platform Tmall Global. Hal ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman ratusan juta konsumen Tiongkok tentang produk-produk terbaik Indonesia menjelang 11.11 Global Shopping Festival, pesta belanja satu hari terbesar di dunia yang digelar tiap tanggal 11 November. Momentum untuk memperkenalkan merek-merek Indonesia ini merupakan salah satu hasil […]
  • Eksplorasi Desain Unik dan Stylish pada Diamond-Shaped Camera Vivo S1 Pro

    Eksplorasi Desain Unik dan Stylish pada Diamond-Shaped Camera Vivo S1 Pro

    vivo S1 Pro sebagai varian terbaru S-Series dari vivo, hadir dengan membawa desain kamera belakang yang unik berbentuk Diamond. Desain yang inovatif ini merupakan sebuah terobosan dari vivo memberikan tampilan sesuai dengan karakteristik vivo S1 Pro yaitu generasi muda yang selalu tampil dinamis, stylish dan update dengan tren terkini. “vivo selalu menghadirkan inovasi di setiap […]
  • Perjalanan 120 Tahun Mercedes dari Brand Mobil Premium Menjadi Holistic Luxury Brand

    Perjalanan 120 Tahun Mercedes dari Brand Mobil Premium Menjadi Holistic Luxury Brand

    Pada bulan April 1900, Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) dan pengusaha Emil Jellinek membangun fondasi untuk salah satu brand premium paling bernilai di dunia. Emil Jellinek, seorang penggemar mobil yang tinggal di Nice, adalah diler kendaraan Daimler terbesar pada saat itu dan telah mendaftarkan mobil-mobil tersebut untuk ajang balap. Sejak saat itu, semua kendaraan DMG diberi nama sama […]
  • Kemeriahan Berbagai Lomba dan Festival Amayzing Ramadhan di Bintaro Entertainment Center

    Kemeriahan Berbagai Lomba dan Festival Amayzing Ramadhan di Bintaro Entertainment Center

    Ramadhan sebentar lagi datang. Untuk menyambut bulan suci ini yang akan jatuh pada akhir Mei ini, Bintaro Entertainment Center mengadakan berbagai lomba, festival dan bazaar yang dikemas dalam satu rangkaian acara Amayzing Ramadhan. Amayzing Ramadhan terdiri dari Singing Contest, yang berlangsung pada Sabtu, 20 Mei 2017, Family Cooking Competition pada Minggu, 21 Mei 2017, Festival […]
  • Smesco Gandeng Blibli Gulirkan Program Kakak Asuh UMKM

    Smesco Gandeng Blibli Gulirkan Program Kakak Asuh UMKM

    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan bahwa perluasan pasar produk UMKM dan pelatihan peningkatan kapasitas SDM UMKM sebaiknya bekerja sama dengan platform digital. “Langkah ini merupakan bagian dari percepatan program digitalisasi UMKM,” tandas Teten, pada acara peluncuran program kerja sama Smesco Indonesia dengan Blibli.com bertajuk Kakak Asuh UMKM (KAU) secara daring, di Jakarta, Senin […]
  • Industri Otomotif Korsel Siap Berproduksi di Indonesia

    Industri Otomotif Korsel Siap Berproduksi di Indonesia

    Produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor Company (HMC) akan segera merealisasikan investasinya di Indonesia. Rencananya ini ditegaskan pada pertemuan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dengan Executive Vice President HMC Park Hong Jae di Seoul, Selasa (25/6/2019). “Mereka akan mulai produksi pada tahun 2021, dengan kapasitas 70.000 hingga 250.000 unit per tahun,” kata Menperin sesuai keterangannya […]
  • Makin Hoki di Tahun Tikus dengan Peluang Usaha dan Promo Imlek 2020 Jakmall.com

    Makin Hoki di Tahun Tikus dengan Peluang Usaha dan Promo Imlek 2020 Jakmall.com

    Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan. Momen ini menjadi ajang berbagai e-commerce maupun marketplace memberikan penawaran menarik dan menguntungkan bagi pelanggan. Imlek adalah perayaan Tahun Baru China yang disambut meriah setiap tahunnya. Dalam perhitungan China, tahun 2020 ini sama dengan tahun baru 2571 Kongzili yang disebut sebagai tahun tikus […]
  • Goethe-institut Indonesien Melanjutkan Kembali Kursus lewat Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Koronavirus

    Goethe-institut Indonesien Melanjutkan Kembali Kursus lewat Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Koronavirus

    Goethe-Institut Indonesien melanjutkan kembali kursus bahasa Jerman secara jarak jauh mulai Senin, 23 Maret hingga 13 April 2020 atau sampai pemberitahuan lebih lanjut. Kelas-kelas diadakan dalam format pengajaran dan pembelajaran digital, sehingga peserta kursus dapat belajar dari rumah demi menjaga jarak interaksi fisik dan tetap aman di tengah wabah koronavirus Sebelumnya, Goethe-Institut Indonesien mengumumkan penutupan […]
  • Tips Menghilangkan Skin Tag

    Tips Menghilangkan Skin Tag

    Memiliki kulit yang sempurna adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi semua wanita tapi terkadang hal itu bisa terhambat karena beberapa penyakit kulit. Salah satunya adalah skin tag atau daging tumbuh berukuran sekecil jerawat atau menyerupai tahi lalat namun berwarna kulit. Skin Tag adalah daging tumbuh bertangkai yang biasanya menggantung dari kulit. Skin tag ini tidak […]
  • Kominfo Dorong UMKM Jualan Online Mumpung Ramadan

    Kominfo Dorong UMKM Jualan Online Mumpung Ramadan

    Kementerian Kominfo, bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop) akan meluncurkan program bernama Ramadhan Express: Ayo UMKM Jualan Online. Program ini bertujuan menggerakkan pedagang mikro dan kecil yang belum bisa mendapat akses ke pasar online. Dipilihnya Ramadan sebagai waktu peluncuran program ini dikarenakan puncak konsumsi dan transaksi tertinggi dalam satu tahun […]
  • Harbolnasnya Bukakalap Persembahkan Kalap 12.12 dengan Diskon Total 50Miliar dan Ruko Serta Kos-kosan Cuma Rp 12 Ribu

    Harbolnasnya Bukakalap Persembahkan Kalap 12.12 dengan Diskon Total 50Miliar dan Ruko Serta Kos-kosan Cuma Rp 12 Ribu

    Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback […]
  • Rumah.com Luncurkan Program Rumah.com Dealjuara

    Rumah.com Luncurkan Program Rumah.com Dealjuara

    Rumah.com sebagai pemimpin pasar properti online di Indonesia selalu mengambil peran aktif untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mencari dan memiliki rumah idaman mereka, salah satunya dengan meluncurkan program Rumah.com DealJuara. Program yang berlangsung dari tanggal 23 Juli 2018 sampai dengan 30 September 2018 ini, menawarkan banyak keuntungan untuk para pencari rumah dari lebih 15 proyek […]
  • AirAsia Hadirkan Layanan Drive-Thru Rapid Test bagi Pelanggan yang Berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta

    AirAsia Hadirkan Layanan Drive-Thru Rapid Test bagi Pelanggan yang Berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta

    Mulai tanggal 25 Juli 2020, AirAsia menghadirkan kemudahan layanan Rapid Test bagi pelanggan yang akan melakukan perjalanan melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta. Pelanggan AirAsia dapat menikmati layanan Rapid Test dengan penawaran khusus seharga Rp 95.500 dengan mengunjungi langsung lokasi Rapid Test Drive-Thru yang berada di Soewarna Business Park (dekat SPBU Shell), kawasan Bandara Internasional Soekarno […]
  • Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Jajaran Direksi Asuransi Astra Turun Langsung Berikan Layanan

    Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Jajaran Direksi Asuransi Astra Turun Langsung Berikan Layanan

    Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2018 sekaligus merayakan ulang tahunnya yang ke-62, secara bersamaan, seluruh direksi Asuransi Astra turun langsung untuk menyapa dan melayani pelanggan. Tak hanya di Jakarta, kegiatan yang ini ditujukan sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap para pelanggan yang telah setia menggunakan produk dan layanan Asuransi Astra ini juga dilakukan oleh Branch […]
  • Ramadhan Hijrah Festival 24-26 Mei 2019, Tiket Bisa Dibeli di KiosTix

    Ramadhan Hijrah Festival 24-26 Mei 2019, Tiket Bisa Dibeli di KiosTix

    Seiring dengan semakin berkembangnya fenomena hijrah dan meningkatnya jumlah komunitas Muslim di Indonesia, meningkat pula kebutuhan akan wadah berkumpulnya umat dan komunitas Muslim. Hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut, serta ingin mengulang sukses Hijrah Festival pertama 2018 lalu, kini kembali digelar Ramadhan Hijrah Festival 2019. Festival ini akan berlangsung selama tiga hari, Jumat-Minggu/24-26 Mei 2019, dengan […]
  • Talaga Sampireun Bintaro, Tempat Makan Nuansa Daerah

    Talaga Sampireun Bintaro, Tempat Makan Nuansa Daerah

    INFOBINTARO (IB) – Apa yang kamu rindukan dari nuansa desa? Pasti makanan dan suasananya. Banyak yang bilang makan sambil menikmati keindahan hamparan sawah hijau atau danau yang menyejukkan adalah nikmat dunia yang tidak tergantikan. Nah, sekarang kamu tidak perlu jauh-jauh lagi untuk makan enak sambil menikmati suasana pedesaan yang asri dan tenang karena Restoran Talaga […]
  • Ayam Geprek Keprabon Express Bintaro, Rice Bowl Crispy Harga Terjangkau Bagi Anda yang Terburu-Buru

    Ayam Geprek Keprabon Express Bintaro, Rice Bowl Crispy Harga Terjangkau Bagi Anda yang Terburu-Buru

    Belakangan ini rice bowl sedang naik daun.  Hal ini tidak terlepas dari gaya hidup masyarakat yang semakin mobile yang menuntut berbagai hal dikerjakan dalam waktu yangbersamaan. Keterbatasan waktu membuat setiap orang berusaha mengefisienkan waktunya, termasuk dalam urusan perut. Konsep rice bowl yang dibawa dari pola hidup masyarakat Tiongkok lambat laun diadopsi oleh masyarakat di berbagai […]
  • Iptek : Dua Kali Blue Moon di Tahun 2018

    Iptek : Dua Kali Blue Moon di Tahun 2018

    Apakah Anda pernah dengar pepatah dalam bahasa Inggris,” Once in a blue moon” Artinya itu kesempatan yang sangat jarang terjadi. Fenomena inilah yang coba kita bahas di artikel ini. Blue moon (fenomena bulan biru) akan kita bisa saksikan dari bumi. Tahun ini, pada tahun 2018, kita memiliki dua bulan (Januari dan Maret) yang menyimpan Blue […]
  • Komunitas Pelapak Bukalapak Gotong Royong Saling Bantu Siapkan Pesanan Jutaan Pengguna Bukalapak

    Komunitas Pelapak Bukalapak Gotong Royong Saling Bantu Siapkan Pesanan Jutaan Pengguna Bukalapak

    Bukalapak sebagai perusahaan teknologi yang bergerak pada bidang usaha e-commerce, selalu berupaya untuk berperan dalam membangun perekonomian UKM di Indonesia. Di bulan Ramadan ini, jutaan pelapak Bukalapak menerima jutaan pesanan dari para pengguna Bukalapak dalam rangka memenuhi kebutuhan di bulan Ramadan. Berbagai produk yang paling banyak diminati selama bulan Ramadan ini adalah handphone, elektronik, hobi, […]

Tinggalkan Balasan