Gaya Hidup

Hanya Rp. 5.000 Naik Ok Otrip Selama 3 Jam

Pemerintah Provinsi (Pemorov) DKI Jakarta telah menggelar acara soft launching program one karcis one trip (OK Otrip) pada tanggal 14 Desember lalu. Acara digelar di pendopo Balai Kota DKI Jakarta.

Program ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Selain meluncurkan program ini, dilakukan juga simulasi program Ok Otrip.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansah, mengatakan, setelah diluncurkannya program ini, akan dilakukan uji coba program selama tiga bulan terhitung mulai pertengahan Januari 2018 hingga April 2018.

“Sebelum uji coba dilakukan, kami juga akan melakukan serangkaian agenda. Di antaranya soft launching yang kita lakukan hari ini, lalu 22 Desember uji coba sistem one man one ticket dan pada tanggal 15 Januari 2018 mulai uji coba pengintegrasian empat trayek,” ujar Andri.

Andri menyebut keempat trayek yang akan diintegrasikan dalam uji coba ini di kawasan Jelambar Jakarta Barat, Duren Sawit Jakarta Timur, Warakas Jakarta Utara dan Lebak Bulus Jakarta Selatan.

Selain melakukan peluncuran program, hari ini juga digelar simulasi penerapan program ini. Sebuah bus transjakarta pengumpan (feeder), angkutan kota KWK dan instalasi mesin tap diletakkan di pelataran Pendopo Balai Kota.

Dengan adanya Program Ok Otrip ini memungkinkan warga Jakarta menggunakan berbagai moda transportasi umum dan cukup membayar Rp 5.000.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansah mengatakan, Ok Otrip berlaku untuk angkutan kota yang terintegrasi dengan transjakarta. Pembayarannya menggunakan non-tunai, yakni harus menggunakan kartu OK Otrip.

“Seluruh pembayaran menggunakan sistem non-tunai berupa kartu Ok Otrip yang bisa didapatkan di halte transjakarta dan outlet-outlet yang bekerjasama dengan transjakarta,” kata Andri saat peresmian program Ok Otrip di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Andri mencontohkan, saat perjalanan menggunakan bus pertama, penumpang akan dikenakan tarif Rp 3.500 untuk bus besar dan sedang, Rp 3.000 untuk bus kecil. Untuk perjalanan selanjutnya, penumpang hanya dikenakan sisa dari total tarif Rp 5.000.

“Kalau penumpang menggunakan bus kecil (angkot) sebagai moda transportasi pertama, maka akan dipotong Rp 3.000 sesuai ketentuan tarif bus kecil, untuk perjalanan berikutnya akan dipotong Rp 2.000. Kalau mau lanjut lagi, ya dipotong Rp 0,” kata dia.

Masa berlaku tarif Rp 5.000 ini hanya 3 jam sekali perjalanan, dari waktu tap in pertama hingga tap in terakhir.

Program ini akan diuji coba selama tiga bulan, terhitung mulai 15 Januari 2018, di empat trayek yang terintegrasi dengan bus sedang dan bus transjakarta. Empat trayek itu yakni di Jelambar, Warangkas, Duren Sawit, dan Lebak Bulus.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono menambahkan, transjakarta akan melaksanakan uji coba program One Karcis One Ticket (OK Otrip) selama tiga bulan yang akan diintegrasikan dengan 69 angkutan bus kecil.

 Rute Jakarta Selatan

Warga Bintaro boleh bersyukur karena OK Otrip juga memiliki rute Jakarta Selatan. Dinas Perbuhungan DKI Jakarta telah menyosialisasikan program OK Otrip kepada warga Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2018).

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala Seksi Bidang Angkutan Jalan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan DKI Jakarta Fajar Nugrahaini mengatakan, 16 angkutan umum akan beroperasi selama uji coba tiga bulan ke depan.

Rute keberangkatannya melewati Jalan Lebak Bulus Raya-Jalan Pertanian Raya-Karang Tengah Raya-Karang Tengah 1-Jalan H Ipin-Jalan RS Fatmawati-Jalan Pinang Raya-Jalan Margasatwa.

Sementara rute pulangnya Jalan H Ipin-Jalan Karang Tengah I-Jalan Karang tengah Raya-Jalan Lebak Bulus Raya-Jalan Ciputat Raya-Jalan TB Simatupang-Jalan Jakarta Bogor-Terminal Lebak Bulus.

BACA JUGA  Taktik Meninggalkan Ruang Rapat Lebih Awal

“Titik pemberhentian meliputi halte Jalan Lebak Bulus Raya (depan Institut PTIQ Jakarta), halte Jalan Pertanian Raya (depan Azhari Islamic School), halte Jalan Karang Tengah I (depan Sekolah Purba Andika), halte Jalan H Ipin (depan SMP Darussalam), dan halte Jalan Margasatwa (depan SMP Negeri 85),” kata Fajar dalam keterangan tertulis, Kamis (11/1/2018).

Fajar mengatakan, tarif OK Otrip sekali perjalanan Rp 5.000 dan bisa berganti bus kecil, sedang, dan besar dalam waktu tiga jam. Uji coba OK Otrip ini akan berlangsung selama tiga bulan, mulai 15 Januari-15 April 2018. Tertarik untuk menggunakan OK Otrip?

(BON)

 

Baca Juga

  • McDonald’s Indonesia Hadirkan Keseruan Fifa World Cup 2018

    McDonald’s Indonesia Hadirkan Keseruan Fifa World Cup 2018

    Bagi para pencinta bola, momen Piala Dunia adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu. Karenanya, sebagai restoran resmi 2018 FIFA World Cup Russia, McDonald’s tentu tidak ingin ketinggalan dalam memberikan pengalaman yang seru, penuh kegembiraan dan semangat kepada konsumen yang tengah menikmati Piala Dunia 2018. Untuk memberikan pengalaman berkesan kepada konsumen selama Piala Dunia 2018 berlangsung, McDonald’s […]
  • Permudah Belanja Bulanan, Ini 4 Keuntungan Belanja Online

    Permudah Belanja Bulanan, Ini 4 Keuntungan Belanja Online

    Kewajiban belanja bulanan yang dilakukan setiap akhir atau awal bulan biasanya dapat memakan waktu dan energi yang cukup besar. Dengan peningkatan tren belanja online, kini kita dapat dengan mudah mencari rangkaian produk kebutuhan sehari – hari yang dibutuhkan dalam rumah tangga dan tidak perlu khawatir menghabiskan waktu di jalan atau kesulitan membawa banyak barang. Shopee, […]
  • GM Indonesia Tegaskan Apresiasi bagi Pelanggan Chevrolet Sepanjang Bulan September

    GM Indonesia Tegaskan Apresiasi bagi Pelanggan Chevrolet Sepanjang Bulan September

    Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September, Chevrolet Indonesia menghadirkan layanan khusus kepada pelanggan setianya di seluruh Indonesia dengan memberikan pemeriksaan gratis untuk 20 item di diler resmi Chevrolet. Program ini akan berlangsung sampai dengan 30 September 2018 bagi seluruh tipe dan tahun produksi kendaraan Chevrolet. “Chevrolet Indonesia selalu menempatkan konsumen […]
  • Apakah Kamu Posesif Terhadap Pacar? Bisa Jadi Karena Ini

    Apakah Kamu Posesif Terhadap Pacar? Bisa Jadi Karena Ini

    Apakah kamu termasuk orang yang selalu mengontrol pacar setiap saat? Ataukah kamu penasaran mengapa ada orang yang posesif, namun ada orang lain yang tidak posesif? Ternyata hal ini bisa jadi ada kaitannya dengan bagaimana kelekatan (attachment) kita dengan orang lain, terutama orang tua, di masa kecil. Koq bisa? Berikut penjelasannya. Kelekatan (attachment) adalah perasaan kedekatan […]
  • 5 Tips Memilih Sepatu Bot Yang Terlihat Keren Dan Terasa Nyaman Di Kaki

    5 Tips Memilih Sepatu Bot Yang Terlihat Keren Dan Terasa Nyaman Di Kaki

    Segarkan gaya di 2019 dengan bot, sebuah tipe sepatu yang sangat fleksibel untuk dipadupadankan dengan gaya pakaian apapun, baik casual ataupun formal. Karena bisa dipakai di banyak kesempatan, bot harus nyaman di kaki agar pemakai bisa menggunakannya kemanapun ia pergi. Selain itu, sepatu bot nyaman yang menyangga kaki dengan sempurna juga baik bagi kesehatan kaki. Karena itu, jadikan […]
  • Antrian Panjang Keluar Taman Jajan Bintaro

    Antrian Panjang Keluar Taman Jajan Bintaro

    Taman Jajan Bintaro telah menjadi icon baru kawasan Bintaro. Mulai dari sore menjelang maghrib sampai dengan malam kawasan ini dipenuhi oleh warga Bintaro dan masyarakat yang sekedar ingin mengisi perut sampai dengan nongkrong untuk bersosialisasi. Dinamika Taman Jajan Bintaro ini disebabkan lokasi Taman Jajan yang strategis, sehingga mudah diakses dari mana pun, baik menggunakan kendaraan […]
  • PHX Bintaro, Tempat Nongkrong Baru ala Kontainer Dengan Beragam Pilihan Menu

    PHX Bintaro, Tempat Nongkrong Baru ala Kontainer Dengan Beragam Pilihan Menu

    Kabar gembira bagi warga Bintaro, pilihan tempat makan dan nongkrong semakin beragam. Telah hadir sebuah foodcourt baru di Bintaro Sektor 9 dengan nuansa unik, PHX Bintaro. Betapa tidak, biasanya foodcourt menawarkan arsitektur bangunan standar, dengan satu level area yang diisi dengan berbagai tenant-tenant kuliner. Di PHX Bintaro, suasananya terbilang unik, karena bangunannya tersusun dari kontainer-kontainer. […]
  • Siap Berjuang Raih Podium Tertinggi, Galang Hendra Pratama Raih Top-5 pada Hari Pembuka (FP1-FP2)

    Siap Berjuang Raih Podium Tertinggi, Galang Hendra Pratama Raih Top-5 pada Hari Pembuka (FP1-FP2)

    Seri perdana balap dunia World Supersport 300 berlangsung di Sirkuit Aragon, Spanyol, akhir pekan ini (5-7 April). Tercatat sebanyak 52 starter turut ambil bagian di musim 2019 ini. Salah satu dan satu-satunya starter WorldSSP300 yang berasal dari Indonesia adalah Galang Hendra Pratama. Pembalap asal Yogyakarta berusia 20 tahun ini mengusung tim Semakin Di Depan Biblion […]
  • Mari Mengenal PB Jaya Raya

    Mari Mengenal PB Jaya Raya

    Saat ini PB Jaya Raya menjadi tuan rumah untuk acara Badminton Asian Junior Championship yang berlangsung tgl 22 – 30 Juli 2017.Apakah Anda pecinta olah raga bulu tangkis dan tinggal di daerah Bintaro? Rasanya Anda wajib berkunjung ke PB Jaya Raya, klub bulu tangkis yang dimiliki oleh Ciputra, taipan properti ternama di Indonesia. PB Jaya […]
  • Carsome, Jual Mobil Anti Ribet Gaya Millennial

    Carsome, Jual Mobil Anti Ribet Gaya Millennial

    Ada sejumlah alasan kuat bagi dunia usaha untuk menargetkan millennial. Saat ini jumlah mereka sudah mengalahkan generasi baby boomers, flower generation dan Gen-X. Khususnya untuk pasar otomotif, kini millennial menjadi target pembeli atau bahkan penjual mobil yang paling utama. Sebenarnya ada banyak teori yang menjelaskan wawasan, perspektif dan cara pandang generasi millennial, serta mampu menjelaskan […]
  • Samsung Galaxy M30 Pertama Kali Hadir Eksklusif di LazMall

    Samsung Galaxy M30 Pertama Kali Hadir Eksklusif di LazMall

    Samsung Electronics Indonesia secara resmi meluncurkan salah satu varian dari line-up smartphone Galaxy M Series terbaru yakni Samsung M30 dengan mengusung 3X Max yakni maximal baterai berkapasitas 5.000mAh, maximal kamera yang dilengkapi dengan triple kamera untuk mendukung hasil foto terbaik, serta maximal layar dengan desain Infinity-U untuk pengalaman entertainment yang lebih memuaskan. Galaxy M30 dikemas […]
  • Sejarah Hari Peristiwa Pemberontakan PETA

    Sejarah Hari Peristiwa Pemberontakan PETA

    Hari ini bukan hanya dikenal sebagai hari Valentine. Sejarah Indonesia mencatat tanggal 14 Februari 1945 sebagai hari peringatan peristiwa Pemberontakan Pembela Tanah Air (PETA) di Kota Blitar pada tahun 1945. Peristiwa ini terjadi hanya 6 bulan sebelum Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Gerakan PETA tersebut dipimpin oleh Shodancho Supriyadi  (shodancho adalah sebutan komandan peleton) 14 Februari memiliki arti yang […]
  • Foto : Layanan Spa Berbalut Kemewahan di Martha Tilaar Salon & Spa Bintaro

    Foto : Layanan Spa Berbalut Kemewahan di Martha Tilaar Salon & Spa Bintaro

    Martha Tilaar Group dipelopori oleh DR. (H.C.) Martha Tilaar pada tahun 1970 dengan membuka sebuah salon kecantikan Martha di kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Jalan Kusuma Atmaja No.47 Menteng, Jakarta Pusat. Martha Tilaar Group merupakan sebuah perusahaan kosmetika terkemuka yang memproduksi dan menyediakan produk dan pelayanan kecantikan yang inovatif dan berkualitas tinggi. Dengan produk-produk sub-brand […]
  • Wuling Motor Membawa Konsep “My Wuling My Home” di GIIAS 2017

    Wuling Motor Membawa Konsep “My Wuling My Home” di GIIAS 2017

    Wuling Motor (Wuling) berpartisipasi dalam GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dari 10 – 20 Agustus 2017 di Indonesia Convention Center (ICE) – BSD City, Tangerang. Booth Wuling berlokasi di 6A, Hall 6 dengan luas 942 m2. Untuk GIIAS tahun ini, selain membawa konsep booth ‘My Wuling My Home’, Wuling membawa MPV pertamanya, seri […]
  • Investasi 2018 : Menguji Kepercayaan Pada Bitcoin

    Investasi 2018 : Menguji Kepercayaan Pada Bitcoin

    Sepanjang 2017, nilai bitcoin meroket dari sekitar 900 dollar AS pada awal tahun hingga menembus 19.000 dollar AS pada Desember. Roller coaster nilai uang virtual ini berputar kencang. Dalam satu bulan terakhir, nilai bitcoin sempat terpangkas separuh, anjlok hingga mendekati 9.000 dollar AS. Menurut data Coinbase, Jumat (26/1), nilai bitcoin bergerak naik-turun pada kisaran 10.432 dollar AS […]
  • PTPN dan FHCI Gelar Webinar Dihadiri 1.000 Penggiat SDM BUMN dan Swasta

    PTPN dan FHCI Gelar Webinar Dihadiri 1.000 Penggiat SDM BUMN dan Swasta

    Holding Perkebunan Nusantara (PTPN) yang diwakili Direktur SDM Holding PTPN Wing Antariksa dan LPP Agro Nusantara yang dipimpin oleh Triaji Prio Pratomo pada tanggal 22 Juni 2020 menggelar acara mega-webinar yang diikuti oleh 1000 peserta mulai dari Direktur SDM BUMN dan swasta, serta penggiat SDM lainnya dengan tema Building Agility For The Next Generation Organizations […]
  • Oma Opa Tetap Butuh Bersosialisasi

    Oma Opa Tetap Butuh Bersosialisasi

    Pernah lihat oma dan opa di atas panggung menari dan menyanyi? Ini hanya bisa disaksikan di acara Festival Senior Living yang diadakan di Bintaro Entertainment Center (BEC) yang terletak di Bintaro Sektor 7 pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017. Ada yang menari poco-poco, ada pula yang di belakang panggung asyik menari cha-cha. Di belakang panggung […]
  • Lengkapi Kebutuhan Traveling Para Pelanggan, Traveloka Hadirkan Layanan Kuliner Melalui Kuliner Traveloka

    Lengkapi Kebutuhan Traveling Para Pelanggan, Traveloka Hadirkan Layanan Kuliner Melalui Kuliner Traveloka

    Traveloka, perusahaan internet penyedia jasa travel booking terdepan untuk destinasi lokal dan internasional, secara resmi mengumumkan peluncuran layanan kuliner yang dapat diakses secara langsung melalui Traveloka App bernama Kuliner Traveloka. Melayani para pelanggan setia sejak 2012, Traveloka telah menghadirkan berbagai kebutuhan traveling yang terintegrasi dalam satu aplikasi, mulai dari tiket pesawat, akomodasi, tiket kereta, hingga […]
  • Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat Berbadan Lebar untuk Penerbangan Musim Haji 1440H/2019M

    Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat Berbadan Lebar untuk Penerbangan Musim Haji 1440H/2019M

    Maskapai nasional Garuda Indonesia menyiapkan 14 pesawat berbadan lebar (wide body) untuk pelaksanaan operasional haji tahun 2019 (1440 H), menyusul telah ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama (PKS) bersama kementerian Agama RI mengenai pengadaan transportasi udara penyelenggaraan haji tahun ini oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara dan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI Prof H. […]
  • Mampir ke Lapo Batak di dekat Stasiun Pondok Ranji

    Mampir ke Lapo Batak di dekat Stasiun Pondok Ranji

    Cari makanan khas batak? Welcome to Lapo Baruara Trijaya! Lapo ini menambah deretan rumah makan khas Batak di Bintaro. Dibuka sejak tanggal 19 Juni 2019, beroperasi dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam setiap hari. Lapo Baruara Trijaya dimiliki oleh Andy Porman Tambunan, ahli capital market yang penulis buku “Menilai Harga Wajar Saham” yang […]