Gaya Hidup

Hanya Rp. 5.000 Naik Ok Otrip Selama 3 Jam

Pemerintah Provinsi (Pemorov) DKI Jakarta telah menggelar acara soft launching program one karcis one trip (OK Otrip) pada tanggal 14 Desember lalu. Acara digelar di pendopo Balai Kota DKI Jakarta.

Program ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Selain meluncurkan program ini, dilakukan juga simulasi program Ok Otrip.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansah, mengatakan, setelah diluncurkannya program ini, akan dilakukan uji coba program selama tiga bulan terhitung mulai pertengahan Januari 2018 hingga April 2018.

“Sebelum uji coba dilakukan, kami juga akan melakukan serangkaian agenda. Di antaranya soft launching yang kita lakukan hari ini, lalu 22 Desember uji coba sistem one man one ticket dan pada tanggal 15 Januari 2018 mulai uji coba pengintegrasian empat trayek,” ujar Andri.

Andri menyebut keempat trayek yang akan diintegrasikan dalam uji coba ini di kawasan Jelambar Jakarta Barat, Duren Sawit Jakarta Timur, Warakas Jakarta Utara dan Lebak Bulus Jakarta Selatan.

Selain melakukan peluncuran program, hari ini juga digelar simulasi penerapan program ini. Sebuah bus transjakarta pengumpan (feeder), angkutan kota KWK dan instalasi mesin tap diletakkan di pelataran Pendopo Balai Kota.

Dengan adanya Program Ok Otrip ini memungkinkan warga Jakarta menggunakan berbagai moda transportasi umum dan cukup membayar Rp 5.000.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansah mengatakan, Ok Otrip berlaku untuk angkutan kota yang terintegrasi dengan transjakarta. Pembayarannya menggunakan non-tunai, yakni harus menggunakan kartu OK Otrip.

“Seluruh pembayaran menggunakan sistem non-tunai berupa kartu Ok Otrip yang bisa didapatkan di halte transjakarta dan outlet-outlet yang bekerjasama dengan transjakarta,” kata Andri saat peresmian program Ok Otrip di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Andri mencontohkan, saat perjalanan menggunakan bus pertama, penumpang akan dikenakan tarif Rp 3.500 untuk bus besar dan sedang, Rp 3.000 untuk bus kecil. Untuk perjalanan selanjutnya, penumpang hanya dikenakan sisa dari total tarif Rp 5.000.

“Kalau penumpang menggunakan bus kecil (angkot) sebagai moda transportasi pertama, maka akan dipotong Rp 3.000 sesuai ketentuan tarif bus kecil, untuk perjalanan berikutnya akan dipotong Rp 2.000. Kalau mau lanjut lagi, ya dipotong Rp 0,” kata dia.

Masa berlaku tarif Rp 5.000 ini hanya 3 jam sekali perjalanan, dari waktu tap in pertama hingga tap in terakhir.

Program ini akan diuji coba selama tiga bulan, terhitung mulai 15 Januari 2018, di empat trayek yang terintegrasi dengan bus sedang dan bus transjakarta. Empat trayek itu yakni di Jelambar, Warangkas, Duren Sawit, dan Lebak Bulus.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono menambahkan, transjakarta akan melaksanakan uji coba program One Karcis One Ticket (OK Otrip) selama tiga bulan yang akan diintegrasikan dengan 69 angkutan bus kecil.

 Rute Jakarta Selatan

Warga Bintaro boleh bersyukur karena OK Otrip juga memiliki rute Jakarta Selatan. Dinas Perbuhungan DKI Jakarta telah menyosialisasikan program OK Otrip kepada warga Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2018).

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala Seksi Bidang Angkutan Jalan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan DKI Jakarta Fajar Nugrahaini mengatakan, 16 angkutan umum akan beroperasi selama uji coba tiga bulan ke depan.

Rute keberangkatannya melewati Jalan Lebak Bulus Raya-Jalan Pertanian Raya-Karang Tengah Raya-Karang Tengah 1-Jalan H Ipin-Jalan RS Fatmawati-Jalan Pinang Raya-Jalan Margasatwa.

Sementara rute pulangnya Jalan H Ipin-Jalan Karang Tengah I-Jalan Karang tengah Raya-Jalan Lebak Bulus Raya-Jalan Ciputat Raya-Jalan TB Simatupang-Jalan Jakarta Bogor-Terminal Lebak Bulus.

“Titik pemberhentian meliputi halte Jalan Lebak Bulus Raya (depan Institut PTIQ Jakarta), halte Jalan Pertanian Raya (depan Azhari Islamic School), halte Jalan Karang Tengah I (depan Sekolah Purba Andika), halte Jalan H Ipin (depan SMP Darussalam), dan halte Jalan Margasatwa (depan SMP Negeri 85),” kata Fajar dalam keterangan tertulis, Kamis (11/1/2018).

Fajar mengatakan, tarif OK Otrip sekali perjalanan Rp 5.000 dan bisa berganti bus kecil, sedang, dan besar dalam waktu tiga jam. Uji coba OK Otrip ini akan berlangsung selama tiga bulan, mulai 15 Januari-15 April 2018. Tertarik untuk menggunakan OK Otrip?

(BON)

Tags

 

Baca Juga

  • Warung Sop Ayam Pak No Solo, Pengobat Rindu Masakan Masa Kecil

    Warung Sop Ayam Pak No Solo, Pengobat Rindu Masakan Masa Kecil

    Siapa yang tidak tahu dengan sop ayam? Sop ayam adalah masakan asli Indonesia yang sudah akrab di lidah kita sehari-hari semenjak kita kecil. Kuliner dengan kuah yang hangat dan gurih ini sangat enak apabila dimakan pada saat musim penghujan datang sehingga mampu menghangatkan badan. Bahkan pada saat sakit, sop ayam adalah menu yang paling sering disajikan. […]
  • Mari Mengenal Penyakit Demensia

    Mari Mengenal Penyakit Demensia

    Hampir setiap minggu ada berita orang lanjut usia yang  hilang. Sanak saudaranya memposting berita kehilangan kerabatnya di sosmed. Di antara orang lanjut usia yang hilang tersebut menderita  demensia. Apa ciri-cirinya? Dia lupa nama dirinya. Lupa alamat tempat tinggalnya sehingga orang yang menemukan bingung mau mengantarkannya ke mana. Demensia bukanlah sebuah penyakit namun merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh penyakit atau […]
  • Comb Over Barber Shop, Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

    Comb Over Barber Shop, Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

    Dengan tagline Come Over, We Will Serve You Well, semenjak awal berdirinya Comb Over Barbershop sudah mencanangkan komitmennya untuk meletakkan kepuasan pelanggan sebagai tujuan bisnisnya. Hal ini patut diacungi jempol karena kepuasan pelanggan akan menjadi promosi tersendiri bagi suatu bisnis di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Dalam prakteknya, Comb Over Barbershop menata segala sesuatunya sehingga […]
  • Dukung Upaya Pemerintah Dalam Penyediaan Tes Laboratorium Untuk Covid-19, Prodia Lakukan Pemeriksaan PCR

    Dukung Upaya Pemerintah Dalam Penyediaan Tes Laboratorium Untuk Covid-19, Prodia Lakukan Pemeriksaan PCR

    Memenuhi kebutuhan tes laboratorium COVID-19 yang semakin meningkat, dan setelah melakukan persiapan dan perijinan, PT Prodia Widyahusada Tbk (Kode saham: PRDA) siap menyediakan pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA dengan metode real-time RT-PCR (PCR COVID-19) yang mendeteksi 3 (tiga) target gen sekaligus yaitu Gen E, N, dan RdRP sesuai dengan protokol yang ditetapkan World Health Organization (WHO). Pemeriksaan […]
  • Cara Membuat Rendang Hidangan Khas Lebaran

    Cara Membuat Rendang Hidangan Khas Lebaran

    Tahun 2016 situs berita CNN mengumumkan rendang khas Indonesia sebagai makanan nomor satu terenak di dunia. Pada tahun 2017 CNN kembali merilis daftar 50 makanan terenak sedunia lewat 35.000 voting di media sosial Facebook.  Hasilnya, rendang khas Sumatera Barat kembali menduduki peringkat pertama. ” Rendang is the best,” tulis seorang voter, Kamal F Chaniago. Voter […]
  • Tiadakan Selebrasi di Ramadan Ekstra, Tokopedia Fokus Beri Solusi Tangani Pandemi

    Tiadakan Selebrasi di Ramadan Ekstra, Tokopedia Fokus Beri Solusi Tangani Pandemi

    Sejak 2018, Ramadan Ekstra telah menjadi tradisi belanja terbesar dari Tokopedia, namun di tengah pandemi COVID-19, Tokopedia mengambil langkah tegas dan mengumumkan penyesuaian kampanye Ramadan Ekstra tahun ini. William Tanuwijaya, CEO dan Founder Tokopedia, mengatakan, “Walau telah melalui persiapan berbulan-bulan, kami memutuskan selebrasi tidak akan menjadi fokus di Ramadan tahun ini. Tokopedia akan fokus membantu […]
  • Mendukung Lampung Fair 2019, Lion Air Menghadirkan Berbagai Pilihan Layanan Penerbangan ke Bumi Ruwa Jurai

    Mendukung Lampung Fair 2019, Lion Air Menghadirkan Berbagai Pilihan Layanan Penerbangan ke Bumi Ruwa Jurai

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW) dan Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group berpartisipasi dalam perhelatan Lampung Fair 2019 yang mengusung tema “Kilau Lampung Semarak Sumatera”, penekanan pada ekpose potensi lokal yang ada di Lampung. Program promosi daerah berbasis kearifan lokal dipusatkan pada 19 April – 03 […]
  • Artmediasia Creative Design, Menciptakan Keindahan Bagi Ruangan Anda Melalui Poster Artistik

    Artmediasia Creative Design, Menciptakan Keindahan Bagi Ruangan Anda Melalui Poster Artistik

    Keindahan sebuah ruangan tidak melulu bersumber dari penggunaan material dan furniture di dalamnya. Anda bisa menciptakan nuansa mewah bagi sebuah ruangan hanya dengan penambahan aksesoris-aksesoris seperti hiasan dinding yang harganya tidak mahal. Hiasan dinding berupa poster seringkali menarik perhatian orang. Tengok saja seperti di cafe-cafe atau kantor, kita seringkali menemukan poster-poster bergambar atau bertuliskan kata-kata […]
  • Untung Rugi Jika Pasangan Bekerja di Satu Kantor

    Untung Rugi Jika Pasangan Bekerja di Satu Kantor

    Sudah hal lumrah ketika pasangan bekerja di satu kantor yang sama. Namun, tantangan buat mereka cukup besar baik di tempat kerja dan juga di rumah. Mungkin ada yang justru bertemu di tempat kerja dan menikah. Namun, menjaga profesionalitas dan hal-hal yang bersifat pribadi kerap jadi persoalan karena terlibat perasaan. Berikut adalah keuntungan bila suami istri […]
  • Tingkatkan Produktivitas, IKM Rasakan Manfaat Program Restrukturisasi Mesin

    Tingkatkan Produktivitas, IKM Rasakan Manfaat Program Restrukturisasi Mesin

    Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong pemulihan sektor industri di dalam negeri yang terdampak pandemi Covid-19, termasuk pelaku industri kecil menengah (IKM). Salah satu langkah strategis yang sedang dijalankan, yakni menggelar program restrukturisasi mesin dan peralatan untuk penumbuhan dan pengembangan IKM. “Bagi sektor IKM yang terimbas Covid-19, kami melakukan program pengembangan wirausaha IKM terutama untuk pekerja […]
  • Tips Memilih Taman Bermain Anak

    Tips Memilih Taman Bermain Anak

    Berapa usia putra putri Anda? Bila sudah memasuki usia sekolah, Anda pasti mulai sibuk mencari informasi sekolah terbaik bagi sang buah hati. Mari simak tips cara memilih taman bermain anak dari Ayahbunda.com. Mulai pilih-pilih Taman Bermain yang oke untuk si Batita? Jangan sembarangan memilih Taman Bermain lho. Pilih yang benar-benar sesuai dengan minat dan berkualitas […]
  • Ayam Geprek Keprabon Express Bintaro, Rice Bowl Crispy Harga Terjangkau Bagi Anda yang Terburu-Buru

    Ayam Geprek Keprabon Express Bintaro, Rice Bowl Crispy Harga Terjangkau Bagi Anda yang Terburu-Buru

    Belakangan ini rice bowl sedang naik daun.  Hal ini tidak terlepas dari gaya hidup masyarakat yang semakin mobile yang menuntut berbagai hal dikerjakan dalam waktu yangbersamaan. Keterbatasan waktu membuat setiap orang berusaha mengefisienkan waktunya, termasuk dalam urusan perut. Konsep rice bowl yang dibawa dari pola hidup masyarakat Tiongkok lambat laun diadopsi oleh masyarakat di berbagai […]
  • PermataBank Mencetak 45 Tim Digitalpreneur Masa Depan dalam PermataYouthPreneur 2020

    PermataBank Mencetak 45 Tim Digitalpreneur Masa Depan dalam PermataYouthPreneur 2020

    Setelah menyelenggarakan serangkaian program pelatihan digitalpreneur sejak April 2020, PermataBank melalui PermataHatiCSR hari Jumat, 26 Juni 2020 lalu meluluskan 45 tim pelajar SMA/K dan setara yang terpilih dalam PermataYouthPreneur (PYP) 2020. Dalam acara ini, 10 tim terbaik mempresentasikan secara virtual versi beta dari produk financial technology (fintech) yang mereka kembangkan dihadapan para juri dan disaksikan […]
  • Youtuber Arif Muhammad Naik Kereta 125 Saat Beraktifitas DiRumahAja, Kok Bisa

    Youtuber Arif Muhammad Naik Kereta 125 Saat Beraktifitas DiRumahAja, Kok Bisa

    Di tengah kondisi pandemi  COVID-19, tetap di rumah aja merupakan langkah baik yang dapat dilakukan masyarakat Indonesia untuk memutus rantai penyebarannya. Mendukung hal itu, Yamaha bersama dengan youtuber Arif Muhammad akan coba naik kereta 125 selama beraktifitas #dirumahaja. Naik kereta 125 selama #dirumahaja hanya bisa kalian saksikan dalam Digital festival Yamaha pada akhir pekan ini […]
  • Sedang Mencari Vendor Barang-Barang Promosi Custom yang Bisa Melayani Pesanan dalam Jumlah Banyak? Di Zonacus Tempatnya

    Sedang Mencari Vendor Barang-Barang Promosi Custom yang Bisa Melayani Pesanan dalam Jumlah Banyak? Di Zonacus Tempatnya

    Buat Anda yang sedang mencari vendor untuk membuat barang-barang promosi, bisa mempertimbangkan usaha yang satu ini. Zonacus adalah salah satu jasa yang melayani pembuatan pembuatan barang-barang custom seperti helm, jaket, jas hujan, bantal, sarung tangan, tas motor, dll. Awalnya Zonacus hanya fokus pada pembuatan helm custom/promosi, namun dengan banyaknya permintaan helm,  jaket, jas hujan, bantal […]
  • Beda Fast Food dan Junk Food

    Beda Fast Food dan Junk Food

    Saat akhir pekan seperti hari ini kita sering mengajak keluarga untuk jalan-jalan ke mal dan makan fast food yang sedang ngetrend. Nah, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara fast food dan junk food. Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Profesor Ali Khomsan, menjelaskan perbedaan dari dua kelompok makanan ini. Fast food, […]
  • Perluas Jaringan Kantor, Cashlez Aktif Realisasi Strategi Akuisisi dan Pelayanan

    Perluas Jaringan Kantor, Cashlez Aktif Realisasi Strategi Akuisisi dan Pelayanan

    Perusahaan Payment Gateway Indonesia, Cashlez, semakin memperkuat keberadaannya di kancah solusi pembayaran. Tepat pada tanggal 16 Juni 2019, Cashlez meresmikan jaringan kantor baru di kawasan Puri Mutiara, Sunter Agung, Jakarta Utara yang dilakukan secara simbolis oleh Chief Executive Officer (CEO) Cashlez – Teddy Tee bersama dengan Chief Revenue Officer (CRO) Cashlez – Tan Leny Yonathan […]
  • Vivo V11 Pro Meluncur 12 September 2018

    Vivo V11 Pro Meluncur 12 September 2018

    Melalui media sosial resminya di Instagram dan Facebook, vivo mengumumkan 12 September 2018 sebagai tanggal resmi peluncuran seri penerus V9 ini di Indonesia. Selain menetapkan tanggal peluncuran, vivo juga memperkenalkan dua pilihan warna bagi Vivo V11 Pro di Indonesia, yaitu Nebula Purple dan Starry Black. Keterangan mengenai tanggal peluncuran V11 Pro semakin ditegaskan oleh General […]
  • Kurangi Kemacetan dan Banjir Tangsel, Tiga Pekerjaan Konstruksi Tol Pondok Aren – Serpong Dimulai

    Kurangi Kemacetan dan Banjir Tangsel, Tiga Pekerjaan Konstruksi Tol Pondok Aren – Serpong Dimulai

    Tangerang Selatan merupakan salah satu kota satelit Jakarta. Sebagaimana kawasan perkotaan lain, kemacetan dan banjir menjadi salah satu masalah serius yang dihadapi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Bintaro Serpong Damai memulai tiga pekerjaan konstruksi di Tol Pondok Aren – Serpong. Tiga pekerjaan […]
  • P&G dan Weconnect International Luncurkan Anjani Sebagai Dukungan bagi Para Wanita Pelaku Wirausaha di Indonesia

    P&G dan Weconnect International Luncurkan Anjani Sebagai Dukungan bagi Para Wanita Pelaku Wirausaha di Indonesia

    Procter & Gamble (P&G) bekerjasama dengan WEConnect International, memperkenalkan program peningkatan kemampuan wanita dalam berwirausaha melalui rangkaian kegiatan komprehensif yang disebut Gerakan Maju Wanita Indonesia (ANJANI), atau yang secara global dikenal sebagai Women Entrepreneurs Development Program (WEDP). Selama empat hari, kegiatan yang diadakan di kantor pusat P&G Indonesia ini diperuntukkan bagi 20 wanita Indonesia pelaku […]