Sel. Jun 25th, 2019

Gurihnya Nasi Bakar dan Tutug Oncom Teh Henny Memang Tidak Ada Lawan

Berawal dari mengisi waktu di sela-sela kesibukannya sebagai ibu rumah tangga, siapa yang menyangka Henny Rosalinda yang akrab dipanggil Teh Henny akhirnya menekuni bisnis kuliner Nasi Bakar dan Tutug Oncom yang cukup prospektif dan memiliki banyak penggemar.

nasi_bakar_teh_henny_info_bintaro_2Teh Henny yang berbincang-bincang dengan Info Bintaro di sela-sela Bazaar UKM yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Tangerang Selatan dalam rangka memperingati hari jadi koperasi ke-69 tanggal 13-16 Oktober 2016 menjelaskan, sebelumnya ia tidak berpikir untuk mengembangkan usaha kuliner. Sebelumnya Teh Henny hanya biasa memasak makanan untuk keluarganya. Namun aktivitasnya dalam pengajian ibu-ibu di lingkungannya di BSD City akhirnya mendorongnya untuk membawa nasi bakar buatannya untuk disantap sehabis pengajian. Di luar dugaannya, sambutan yang diterimanya cukup positif. Ibu-ibu pengajian mengatakan nasi bakarnya enak dan itu membuat Teh Henny makin semangat, setiap ada pengajian ia selalu membawa nasi bakar, hingga akhirnya timbullah ide bisnis untuk membuat nasi bakar dan menjualnya. Dipilihlah nama “Nasi Bakar Teh Henny”

Pada awalnya ia cuma mengemas nasi bakarnya dalam kemasan plastik sederhana, hingga akhirnya ia bertemu dengan Komunitas Juragan Kuliner (baca juga: Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan) yang menyarankannya untuk membuat kemasan yang lebih menarik. Setelah ia mengganti kemasannya menjadi lebih menarik, penjualan nasi bakarnya semakin meningkat sehingga Teh Henny semakin yakin untuk menekuni bisnis kuliner ini.

Untuk membuat pilihan yang bervariasi bagi pelanggan-pelanggannya, Teh Henny membuat 6 varian pilihan nasi bakarnya yaitu Ayam Suir Jamur, Teri Oncom, Ikan Tongkol, Teri Medan Jambal, Tuna Jagung & Ikan Cakalang Asap.

Bahan-bahan yang digunakan untuk nasi bakarnya merupakan bahan-bahan pilihan, semisal beras yang digunakan, Teh Henny hanya menggunakan beras khusus yang butirannya panjang dan tidak gampang patah saat dimasak. Dalam memasak nasinya Teh Henny tidak mau menyerahkan kepada orang lain untuk memasaknya karena ia sendiri yang mengetahui takaran air yang pas untuk membuat nasi bakarnya sehingga tidak terlalu lembek atau keras. Bahan-bahan seperti ikan maupun daging ayam pun hanya ia beli dari langganannya di Pasar Modern BTC. Sementara emping dan ikan asin ia beli dari langganannya di Serang.

BACA JUGA  Lezatnya Ayam Bakar Taliwang Dokey Sunrise, Graha Raya

nasi_bakar_teh_henny_info_bintaro

Setelah penggemar nasi bakarnya makin bertambah, Teh Henny pun mulai berpikir untuk membuat produk lain selain nasi bakar. Teh Henny yang berasal dari Bogor melihat suaminya yang seorang dokter ahli bedah ini sangat menyukai oncom, sehingga ia berpikir mengapa tidak membuat saja tutug oncom yang merupakan masakan Sunda yang populer di Bandung dan Jawa Barat. Ia pun tahu, tidak mudah untuk mendapatkan tutug oncom di Jakarta dan sekitarnya. Kalaupun ada, biasanya tutug oncom itu hanya bisa ditemukan di restoran-restoran tertentu yang eksklusif. Di beberapa lokasi non restoran yang ia tahu menjual tutug oncom ia rasakan rasanya kurang pas karena rasa oncomnya tidak begitu terasa.

Berbekal coba-coba akhirnya Teh Henny menemukan resep yang pas untuk tutug oncomnya. Seperti nasi bakar, Teh Henny menjadikan cara mengolah nasinya yang menjadi kunci kekuatan tutug oncomnya, disamping berani menggunakan bumbu. Rasa tutug oncomnya sangat gurih dengan rasa dan aroma oncom dan kencurnya begitu terasa. Untuk Tutug Oncom, ia membuat 2 varian menunya yaitu ayam goreng dan ikan asin.

nasi_bakar_teh_henny_info_bintaro_1

Sepanjang perbincangan Info Bintaro dengan Teh Henny, tidak henti-hentinya pengunjung bazaar yang mampir ke stand-nya. Info Bintaro pun melihat seorang pembeli tutug oncomnya mengatakan langsung kepada Teh Henny kalau tutug oncomnya rasanya lebih enak daripada yang biasa ia beli, sebuah testimoni yang tidak perlu diragukan lagi.

Yang menarik dari Nasi Bakar dan Tutug Oncom Teh Henny, pilihan menu dan sayurannya bisa diorder berbeda dari yang standar, namun tentu saja ada penyesuaian harga untuk itu. Tidak heran karena berbagai kelebihan yang ditawarkannya, pelanggan-pelanggannya terus bertambah. Ia kerap mendapatkan pesanan dari berbagai perusahaan di Jakarta Selatan maupun untuk pengajian maupun piknik.

Teh Henny menjelaskan, untuk pemesanan dalam jumlah yang banyak, minimum ordernya adalah 15 box dan waktu pemesanannya minimal H-1 dari acaranya.

Untuk pemesanan dapat menghubungi:

Nasi Bakar & Tutug Oncom Teh Henny
Les Belles Maisons Blok J No. 11
Jl. Raya Serpong, Pondok Jagung
Tangerang Selatan 15326
Telp. : 0819 0641 6175, WA : 0812 1942 564
Email : henny.rosalinda03@gmail.com

Nasi Bakar & Tutug Oncom Teh Henny adalah anggota dari Komunitas Juragan Kuliner (JK). Baca juga Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan)

BACA JUGA  Masakan Makassar di Bintaro: Dapoer Mamakoe

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan