Rab. Nov 20th, 2019

Gulai Pakis Padang, Menu Sarapan Pagi Nan Lezat dan Menyehatkan

Kebanyakan orang lebih memilih sarapan pagi dengan menu makanan yang ringan. Definisi ringan di sini adalah makanan non nasi dengan lauk pauknya. Namun sayangnya tidak semua makanan itu bisa memberikan energi yang cukup untuk memulai aktivitas. Beberapa makanan, sebut saja bubur atau mie memang bisa memberikan efek mengenyangkan saat disantap, namun beberapa saat kemudian kita akan merasa lapar sehingga terkadang kita memilih untuk ngemil untuk mengatasi rasa lapar itu.

Namun berbeda dengan masakan satu ini, Gulai Pakis Padang, walaupun termasuk kategori makanan yang ‘ringan’ yang cocok sebagai menu sarapan pagi, namun efeknya bisa menahan rasa lapar. Apalagi kalau bukan karena kandungan gizi dari bahan-bahan yang digunakan, terutama daun-daunan pakis yang tidak saja kaya dengan kandungan gizi namun juga memberikan efek mengenyangkan.

Pakis merupakan tumbuhan berpembuluh (tracheophyta) yang memperbanyak diri dengan spora. Tumbuhan liar ini hidup di daerah tropik basah yang lembab misalnya di pinggiran sungai. Pakis banyak dikenal di beberapa negara sebagai sayuran, misalnya India, Nepal, hingga di beberapa daerah di Amerika dan Kanada. Di Indonesia sendiri daun pakis muda sudah lama dimanfaatkan sebagai sayuran yang cukup digemari, karena rasa dan teksturnya yang unik dan lezat. Salah satunya adalah masyarakat di Sumatera Barat. Di sana, daun paku diolah menjadi gulai yang lezat. Hidangan ini cukup populer terutama di daerah pesisir barat.

Bentuk tumbuhan pakis bermacam-macam. Ada yang berupa pohon, mengapung di air, rimpang menjalar di tanah, dan lainnya. Ciri khas tumbuhan pakis adalah batangnya yang melengkung di bagian ujung dan daun yang berukuran kecil. Jenis tumbuhan pakis yang banyak dikonsumsi adalah pakis sayur (Diplazium esculentum) yang banyak tumbuh di tepi sungai atau tebing. Begitu juga dengan semanggi (Marsilea crenata), bracken (Pteridium aquilinum), dan ostrich fern (Matteuccia struthiopteris).

Walaupun tidak semua jenis pakis bisa dimakan, namun jenis pakis yang umum di pasaran yang digunakan pada gulai pakis Padang mengandung  zat-zat antioksidan, vitamin, serta senyawa penting lain yaitu omega-3 dan omega-6. Dari publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, per 100 gram daun pakis sayur muda mengandung energi sebanyak 35 kkal, protein 4 gr, lemak 0,3 gr, karbohidrat 6,4 gr, kalsium 42 mg, fosfor, 172 mg, zat besi 1 mg, vitamin A 2881 IU dan vitamin C 30 mg. Tidaklah mengherankan pada gulai pakis Padang setelah diracik dengan berbagai bumbu yang dilengkapi dengan lontong dan menu tambahan seperti telur atau daging bisa memberikan efek yang mengenyangkan.

BACA JUGA  Nongkrong Asyik Dengan Menu Seru di Bar Ngopi

Gulai pakis Padang bisa dikategorikan sebagai masakan tradisional yang eksotis. Betapa tidak, walaupun restoran atau warung makan Padang bisa dijumpai di berbagai tempat, namun kita tidak selalu bisa menemukan gulai pakis tercantum di daftar menunya. Pada Gulai pakis Padang, lembutnya pucuk pakis sayur bersifat mengikat berbagai bumbu-bumbu yang digunakan. Bumbu-bumbu yang digunakan sangat kaya, seperti cabe merah, bawang merah dan putih, kunyit, jahe, serai, lengkuas, asam kandis, daun kemangi dan santan yang membuat gulai pakis ini sangat lezat, terutama kalau disantap saat masih hangat. Paduan daun pakis dengan kuah santan dengan bumbu yang kental merupakan kombinasi yang tepat.

Nah bagi Anda yang tergiur untuk mencoba lezatnya gulai pakis Padang, Anda bisa menemukannya setiap Sabtu dan Minggu pagi di Bintaro 9 Walk. Di salah gerai yang ada disana, ada gerai Bu Ade yang menyajikan gulai pakis Padang. Gerai yang hanya buka dari pukul 07.30 – 11.30 ini selalu dipenuhi pengunjung baik yang ingin menyantap pilihan menunya di tempat atau sekedar dibungkus dibawa pulang. Gulai Pakis Padang merupakan salah satu menu yang paling banyak dicari pengunjung. Dengan tambahan menu, misalnya telur balado, atau rendang, gulai pakisnya terasa sangat gurih karena bumbunya yang ‘berani’. Soal harga juga sangat terjangkau, seporsi gulai pakis lengkap dengan lontong dan telur balado dibandrol Rp. 20 ribu.

 

Tidak hanya menyajikan gulai pakis, gerai Bu Ade juga menyajikan menu-menu Lontong Sayur Medan, Ketupat Sayur Padang, Nasi Uduk Komplit khas Medan, Nasi Kuning Komplit khas Medan, serta berbagai lauk seperti rendang, daging balado, sate kerang, dll.

Bagi Anda yang ingin memesan untuk diantar ke rumah, baik untuk disantap bersama keluarga maupun untuk berbagai acara, Anda bisa menghubungi 0859 4555 2561.

(ES)

 

 

Baca Juga