Grand Launching Student Company Roxio SMK Bina Informatika

SMK Bina Informatika sebuah sekolah menengah vokasi di bidang teknologi infomasi mengadakan grand launching Student Company Roxio pada Sabtu, 22 April 2017 di ruang pertemuan SMK Bina Informatika, Jl. Cendrawasih Raya No. 9A, Sawah Baru, Bintaro.

Student company merupakan program simulasi bisnis untuk mengajarkan siswa untuk membentuk perusahaan yang menjalankan sebuah bisnis. Dengan mencoba membuat sebuah perusahaan, siswa akan belajar bagaimana menentukan bisnis yang akan dijalankan, membentuk struktur organisasi dan menjalankan bisnisnya. Roxio adalah nama perusahaan yang dipilih oleh para siswa sendiri. Program student company ini merupakan program tahun ketiga yang diadakan setiap tahun. Adapun program student company ini merupakan kerjasama dari SMK Bina Informatika dengan sebuah lembaga nirlaba, Prestasi Junior Indonesia.

Acara dimulai tepat pukul 13.00, diawali oleh sambutan-sambutan dari pihak SMK Bina Informatika, Prestasi Junior Indonesia serta perwakilan Permata Bank. Permata Bank melalui program CSR-nya menjadikan pendidikan sebagai salah satu fokusnya untuk memberdayakan para siswa dari berbagai sekolah di Indonesia melalui program-program semacam ini.

Kepala Sekolah SMK Bina Nusantara, Drs. Suherman AG, MM, menyampaikan harapannya kepada para anak didiknya untuk menggunakan kesempatan ini sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka.

Perwakilan dari Prestasi Junior Indonesia, Robert,  menyampaikan harapannya agar para siswa SMK Bina Informatika bisa mewujudkan rencana mereka untuk meluncurkan aplikasi berbasis Android yang diberi nama Nusantara Culture. Misi dari para siswa melalui Student Company Roxio adalah merencanakan, membangun dan memasarkan aplikasi Nusantara Culture sebagaimana layaknya sebuah perusahaan. Lebih jauh Robert menjelaskan, program student company ini akan dikompetisikan dengan student company dari berbagai sekolah di Indonesia. Proses seleksi dilakukan dengan mengundang sekolah-sekolah yang terpilih untuk mempresentasikan di depan dewan juri. Nantinya pemenang tingkat Indonesia akan mewakili Indonesia berlaga di tingkat internasional.

Setelah masing-masing. siswa yang duduk sebagai ‘manajemen’ Roxio mempresentasikan program kerjanya, acara pun berlanjut dengan sesi tanya jawab. Dari sesi ini para siswa memperoleh berbagai masukan berharga untuk meningkatkan program kerjanya maupun aplikasi Nusantara Culture. Acara pun diakhiri dengan pengguntingan pita secara bersama-sama sebagai tanda diresmikannya Student Company Roxio. Pengguntingan pita dilakukan oleh perwakilan Roxio, Kepala Sekolah SMK Bina Informatika, perwakilan Prestasi Junior Indonesia serta perwakilan Permata Bank.

 

(ES)

Leave a Comment