Berita Utama

Grab Luncurkan Layanan GrabExpress Car dan Fitur Grabexpress Nalangin

Grab, online-to-offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, memperkenalkan dua layanan terbaru dari GrabExpress yaitu GrabExpress Car dan fitur GrabExpress Nalangin, untuk mendukung pertumbuhan bisnis wirausahawan mikro di Tanah Air melalui penyediaan layanan pengiriman barang yang semakin mudah, cepat, dan nyaman. Pelanggan dan merchant kini memiliki pilihan baru yang dapat mengakomodir kebutuhan mereka, khususnya untuk jumlah pengantaran yang lebih banyak dan jarak yang lebih jauh. Kehadiran dua inovasi ini melengkapi layanan GrabExpress yang telah melayani kebutuhan harian masyarakat sebagai langkah Grab untuk menjadi everyday superapp dengan layanan kurir instan dengan armada sepeda motor dan mobil.

Berdasarkan riset yang dilakukan Google & Temasek, peluang pertumbuhan bisnis e-commerce Indonesia diperkirakan mencapai 52% dari total peluang e-commerce di seluruh Asia Tenggara dengan pertumbuhan 39% per tahun mencapai US$ 46 miliar pada 2025. Pesatnya pertumbuhan ini berbanding lurus dengan meningkatnya peluang perkembangan layanan pengiriman barang yang aman, nyaman, dan terpercaya. Perkembangan ekonomi digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan bisnis UMKM diperkirakan akan tumbuh dua kali lipat setelah beralih ke platform pemasaran online.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia menyatakan, “Peluncuran fitur dan layanan GrabExpress Car dan fitur GrabExpress Nalangin menggarisbawahi keunggulan teknologi yang dimiliki Grab dan kemampuan Grab dalam menyediakan solusi lokal yang sukses menjawab tantangan yang dihadapi para pengguna di Tanah Air, termasuk kebutuhan wirausahawan mikro di Indonesia yang terus berkembang. Hal ini dimungkinkan berkat dukungan tim lokal yang kuat di Indonesia yang memahami kebiasaan dan preferensi masyarakat. Kehadiran inovasi terbaru kami ini mendukung komitmen berkelanjutan Grab untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sebagai kekuatan Indonesia di masa depan dengan akselerasi pertumbuhan bisnis e-commerce, yang sejalan dengan komitmen kami yang tertuang dalam master plan Grab 4 Indonesia.”

Sebagai langkah awal, layanan GrabExpress Car hadir bagi pelanggan di Jabodetabek yang kini dapat mengirimkan lebih banyak barang dalam kapasitas besar, hingga ke lima destinasi dalam satu kali pemesanan. GrabExpress Car memberikan keuntungan bagi para pengguna untuk kemudahan melakukan pengiriman barang:

· Lebih banyak barang: Layanan ini mampu mengirimkan barang dengan kapasitas besar (hingga 150 kilogram) dalam sekali pemesanan yang didukung dengan armada GrabCar.

· Lebih banyak destinasi dengan fitur multi stop: Pelanggan dapat mengirimkan lebih banyak barang hingga ke 5 destinasi dalam satu kali pemesanan.

· Pengiriman instan: Pengiriman dan penerimaan barang dilakukan pada hari yang sama dengan ketersediaan armada GrabCar yang memadai.

· Jaminan keamanan: Pengiriman barang kini lebih aman dengan adanya asuransi barang, bukti pengiriman, dan fitur pelacakan kiriman.

· Tarif terjangkau: Tarif antar barang hemat, mulai dari Rp16.000 untuk pengantaran di wilayah Jabodetabek, serta potongan harga khusus bagi pengguna GrabExpress baru.

Gita Prihanto, Head of 2 Wheels Transport & Logistics Grab Indonesia mengungkapkan, “Lebih dari itu, Grab juga meningkatkan kenyamanan pengguna (user experience) melalui alur pemesanan GrabExpress yang telah diperbarui dengan tampilan lebih mudah dan sederhana. Daftar kontak telepon yang tersimpan pada ponsel cerdas (smartphone) kini juga terintegrasi langsung dengan aplikasi Grab, sehingga memudahkan pengguna dalam memilih dan mengisi rincian kontak penerima barang saat melakukan pemesanan layanan. Berdasarkan Brand Health Tracking kami di Oktober 2018, 47% pelanggan kami memilih GrabExpress karena armada kami dapat mengantarkan barang dalam waktu yang cepat, dan 36% memilih karena aplikasi kami mudah digunakan. Kami berharap dengan fitur dan layanan baru ini, kami dapat mendukung kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. ”

Grab juga memperkenalkan layanan GrabExpress Nalangin, sebuah layanan Cash on Delivery (COD) dengan armada sepeda motor, yang memungkinkan pengguna – dalam hal ini wirausahawan mikro di wilayah Jakarta – untuk mengirimkan produknya ke pembeli dengan biaya pembelian produk yang ditanggung terlebih dahulu oleh mitra pengemudi. Pengguna dapat mengakses layanan GrabExpress Nalangin secara mudah melalui beberapa tahapan berikut:

· Pengguna memesan layanan GrabExpress (Nalangin) dalam satu sentuhan yang berada pada tab “Delivery” atau “Pengantaran” di aplikasi Grab.

· Mitra pengemudi menuju lokasi pengambilan produk dan membayarkan biaya pembelian produk terlebih dahulu ke pengguna dengan maksimal nominal sebesar Rp200.000.

· Mitra pengemudi mengirimkan produk ke lokasi pengiriman dengan maksimum radius 30km di wilayah Jakarta.

· Pembeli menerima produk dan membayarkan biaya pembelian produk & biaya pengiriman secara tunai kepada mitra pengemudi.

Dalam tahap uji coba, layanan GrabExpress Nalangin akan tersedia secara eksklusif bagi merchant yang melakukan pengiriman secara aktif dalam 3 bulan terakhir.

Fitur dan layanan baru ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi wirausahawan di Indonesia untuk dapat meningkatkan layanan mereka. Melody Prima Ananda Divia, salah satu public figure yang juga menekuni usaha dibidang mode & kecantikan menjelaskan, “Kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting dalam industri e-Commerce. Pelanggan saya selalu berharap mendapatkan layanan yang cepat, terpercaya dan aman. Fitur multi-destinasi akan membantu tim saya mengirim barang dengan lebih mudah saat mengelola puluhan pesanan dalam sehari. Layanan GrabExpress Nalangin akan menambah kepercayaan pelanggan yang lebih nyaman dengan pembayaran Cash on Delivery (COD). Saya juga merasa aman dengan adanya bukti pengiriman barang serta jaminan asuransi untuk tiap pengiriman.”

Peluncuran layanan dan fitur terbaru dari GrabExpress tersebut merupakan bukti pemahaman Grab akan kebutuhan pengiriman barang di kota besar. “Dengan kehadiran layanan baru serta pengembangan fitur GrabExpress, kami berharap Grab dapat menjadi aplikasi terintegrasi yang semakin relevan dengan kebutuhan harian masyarakat Indonesia, sehingga mewujudkan visi kami sebagai everyday superapp pertama di Asia Tenggara.” tutup Ridzki.

(BON)

Tags

 

Baca Juga

  • Unilever Indonesia dan Palang Merah Indonesia Distribusikan Lebih dari Satu Juta Produk untuk Masyarakat

    Unilever Indonesia dan Palang Merah Indonesia Distribusikan Lebih dari Satu Juta Produk untuk Masyarakat

    Bertepatan dengan Hari Palang Merah Sedunia, PT Unilever Indonesia, Tbk. bersama Palang Merah Indonesia (PMI) melaporkan program kolaborasi dalam upaya membantu Indonesia mengatasi pandemi COVID19. Sebanyak 1.300.000 (satu juta tigaratus ribu) buah produk Unilever seperti Lifebuoy, Wipol, SariWangi dan Buavita senilai total Rp7,2 Miliar disalurkan melalui PMI kepada 249.952 Kepala Keluarga (KK) di 3 provinsi […]
  • Mobilkamu Mengadakan Showroom Event Secara Serempak di 4 Kota

    Mobilkamu Mengadakan Showroom Event Secara Serempak di 4 Kota

    Mobilkamu kembali membuat kegiatan yang dapat dihadiri masyarakat dari banyak kota dengan mengadakan offline event bertema Mobilkamu Showroom Event. Dimana pada event ini, pengunjung dapat langsung melakukan konsultasi harga dan pembelian mobil All Brand dengan Sales Executive Mobilkamu sambil melihat display dan melakukan test drive kepada unit yang telah disediakan pada Mobilkamu Showroom Event. Mobilkamu […]
  • 50 IKM Latihan Pemasaran Digital Melalui “E-Smart IKM”

    50 IKM Latihan Pemasaran Digital Melalui “E-Smart IKM”

    Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (DItjen IKM) Kementerian Perindustrian melakukan pelatihan kepada 50 Industri Kecil dan Menengah (IKM) makanan dan minuman di Kota Tangerang Banten terkait pemasaran secara digital melalui E-Smart IKM. Direktur IKM Pangan, Bahan dari Kayu dan Furnitur Kementerian Perindustrian yakni Sudarto di Tangerang Kamis mengatakan, ditengah trend ekonomi digital yang berkembang […]
  • Lion Air dan Batik Air Sediakan Pilihan Kemudahan Perjalanan ke Jogja melalui Bandar Udara Internasional Yogyakarta

    Lion Air dan Batik Air Sediakan Pilihan Kemudahan Perjalanan ke Jogja melalui Bandar Udara Internasional Yogyakarta

    Batik Air (kode penerbangan ID) dan Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terkini dalam rangka menawarkan pilihan kemudahan perjalanan udara dari dan ke Jogja serta wilayah sekitar, dapat ditempuh melalui Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA). Lion Air dan Batik Air beroperasi secara keseluruhan di gerbang udara Yogyakarta tersebut […]
  • Be Adaptive, Jadi Semangat Wahana Artha Group Rayakan HUT ke 48

    Be Adaptive, Jadi Semangat Wahana Artha Group Rayakan HUT ke 48

    Dengan kesederhanaan dan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan ketat, Wahana Artha Group (WAG) rayakan hari jadi ke 48 secara virtual online di gedung Wahana Artha, Jakarta, Kamis (6/8), dengan semangat Be Adaptive. Perayaan hari jadi Wahana Artha Group ke 48 ini menjadi perayaan yang tetap spesial di tengah keprihatinan pandemi Covid 19. Hanya dihadiri oleh […]
  • Telkomsel Gelar Pengalaman Teknologi 5G Pertama di Indonesia melalui ‘Telkomsel 5G Experience Center’

    Telkomsel Gelar Pengalaman Teknologi 5G Pertama di Indonesia melalui ‘Telkomsel 5G Experience Center’

    Setelah menjadi yang pertama menghadirkan teknologi 3G dan 4G bagi negeri tercinta, Telkomsel kini menjadi yang pertama kali menghadirkan pengalaman 5G di Indonesia. Sebagai “Official Mobile Partner’ Asian Games 2018, Telkomsel memberikan pengalaman eksklusif teknologi 5G kepada Indonesia melalui momentum Asian Games 2018 dengan menghadirkan ‘Telkomsel 5G Experience Center’. Melalui teknologi 5G, Telkomsel bertujuan untuk […]
  • Jejak Digital Asuransi Astra Dianugerahi Indonesia Digital Innovation Award 2017

    Jejak Digital Asuransi Astra Dianugerahi Indonesia Digital Innovation Award 2017

    Asuransi Astra kembali meraih penghargaan Indonesia Digital Innovation secara berturut-turut di tahun ketiga penyelenggaraannya. Kali ini Asuransi Astra dianugerahi sebagai Innovative Company in Digital Services and Healthy Lifestyle kategori asuransi umum. Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Lusi Liesdiani, SVP Digital Channel Asuransi Astra, pada Jumat, 25 Mei 2018 di Jakarta. Sejak 2015, Asuransi Astra […]
  • Genjot Daya Saing Industri Nasional, RI Percepat Bangun Infrastruktur Digital

    Genjot Daya Saing Industri Nasional, RI Percepat Bangun Infrastruktur Digital

    Indonesia akan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur digital dalam rangka mendukung penerapan revolusi industri generasi keempat sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0. Langkah ini perlu kolaborasi antara pemerintah dan swasta guna merealisasikannya, terutama mengenai investasi dan teknologi yang akan dikembangkan. “Bagi industri yang paling penting itu infrastruktur, termasuk infrastruktur digital, karena untuk memacu daya saing agar […]
  • Tips Memilih Bulu Mata Palsu Sesuai Bentuk Mata

    Tips Memilih Bulu Mata Palsu Sesuai Bentuk Mata

    Fungsi bulu mata palsu pada dasarnya adalah membuat kesan mata tampak lebih besar dan terbuka. Selain itu bulu mata yang lentik membuat mata terlihat lebih dramatis dan cantik. Maka tidak heran banyak pengguna makeup yang terus menggunakan bulu mata palsu demi menunjang penampilan. Namun tidak sedikit orang yang salah memilih bulu mata palsu yang kurang […]
  • Keamanan dan Kenyamanan Berbelanja untuk Lansia di Hero Supermarket dan Giant Saat Wabah Covid-19

    Keamanan dan Kenyamanan Berbelanja untuk Lansia di Hero Supermarket dan Giant Saat Wabah Covid-19

    PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) melalui unit bisnisnya Hero Supermaket dan Giant menginisasi jam berbelanja khusus bagi orang lanjut usia (lansia) dalam menghadapi wabah COVID-19 di tiap hari Selasa dan Kamis dengan membuka satu jam lebih awal dari waktu normal. Tidak itu saja, Hero Supermarket dan Giant juga memastikan adanya penanganan cepat pada proses […]
  • J&T Express Gelar Talkshow Edukasi Penjual Online dengan Tema Strategi Meningkatkan Bisnis Online

    J&T Express Gelar Talkshow Edukasi Penjual Online dengan Tema Strategi Meningkatkan Bisnis Online

    J&T Express selaku perusahaan jasa pengiriman ekspres di Indonesia kembali menggelar talkshow edukasi bertajuk Express Your Online Business untuk kedua kalinya dengan tema Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online. Talkshow kedua yang diadakan di Hotel Menara Peninsula – Slipi Jakarta Barat ini ditargetkan untuk para penjual online untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha online mereka agar […]
  • Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Indosat Ooredoo Manfaatkan Live Chat dengan Artificial Intelligent untuk Mudahkan Layan

    Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Indosat Ooredoo Manfaatkan Live Chat dengan Artificial Intelligent untuk Mudahkan Layan

    Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional dan sejalan dengan strategi LEAD, Indosat Ooredoo sebagai operator telekomunikasi terdepan di Indonesia selalu berusaha untuk memberikan kepuasan dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Indosat Ooredoo terus memanfaatkan tren teknologi terbaru untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menyediakan chat-bot INDIRA (Indosat Digital Representative Assistant), asisten digital yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). INDIRA […]
  • Xiaomi Luncurkan Generasi Penerus Smartphone Android One Mi A2 & Mi A2 Lite

    Xiaomi Luncurkan Generasi Penerus Smartphone Android One Mi A2 & Mi A2 Lite

    Pemimpin teknologi global Xiaomi memperluas daftar Perangkat Android One nya dengan memperkenalkan Mi A2 dan Mi A2 Lite, yang memiliki fitur kemampuan fotografi yang mumpuni dan sejumlah peningkatan signifikan dari generasi sebelumnya. Dimulai dari harga 179 Euro di Spanyol, kehadiran dua perangkat ini semakin memperkokoh komitmen Xiaomi dalam menawarkan produk-produk yang menakjubkan dengan harga sebenarnya […]
  • Mencari Peralatan Sulap atau Belajar Sulap atau Butuh Atraksi Sulap? Benny Magic Tempatnya

    Mencari Peralatan Sulap atau Belajar Sulap atau Butuh Atraksi Sulap? Benny Magic Tempatnya

    Atraksi sulap selalu mengundang perhatian. Ada keseruan tersendiri campur penasaran melihat atraksi-atraksi yang seolah mustahil dilakukan. Namun, tahukah Anda bahwa setiap orang bisa bermain sulap? Ya, sulap ternyata bisa dipelajari dan tidak memakan waktu yang terlalu lama untuk mempelajarinya. Penasaran? Yuk kita simak ulasan mengenai Benny Magic berikut ini. Benny Magic merupakan usaha sulap yang […]
  • AirAsia Indonesia Angkut Kargo ke Hong Kong

    AirAsia Indonesia Angkut Kargo ke Hong Kong

    Sejalan dengan pengalihan sementara fokus bisnis perusahaan selama masa pandemi COVID-19, AirAsia Indonesia pada tanggal 2 Mei 2020 melaksanakan penerbangan sewa kargo (cargo charter flight) dari Surabaya menuju Hong Kong. Penerbangan berangkat dari Bandara Internasional Juanda pada pukul 06.00 pagi dan tiba di Hong Kong International Airport pada pukul 11.30 waktu setempat menggunakan pesawat Airbus […]
  • Kemenperin Manfaatkan Anggaran Dekonsentrasi untuk IKM Terimbas Covid-19

    Kemenperin Manfaatkan Anggaran Dekonsentrasi untuk IKM Terimbas Covid-19

    Kementerian Perindustrian memberikan perhatian serius terhadap industri kecil menengah (IKM) yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satu fokusnya adalah membangkitkan kembali gairah pelaku IKM agar tetap berpoduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor sehingga dapat berperan lagi memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. “Berbagai langkah strategis telah disiapkan agar sektor IKM di dalam negeri bisa […]
  • Penerbangan Khusus #Giacoustic Garuda Indonesia Bersama Yovie Widianto & Kahitna Rute Jakarta – Kulon Progo Fully Booked

    Penerbangan Khusus #Giacoustic Garuda Indonesia Bersama Yovie Widianto & Kahitna Rute Jakarta – Kulon Progo Fully Booked

    Maskapai nasional Garuda Indonesia pada Jumat, 4 Oktober kembali mempersembahkan penerbangan khusus #GIAcoustic, yang merupakan pagelaran live music acoustic yang dihadirkan pada ketinggian 35 ribu kaki di pesawat. Adapun penerbangan #GIAcoustic untuk ketiga kalinya tersebut menghadirkan musisi Yovie Widianto dan personil Kahitna pada penerbangan khusus GA 2020 rute Jakarta – Kulon Progo yang akan tampil […]
  • Beneran Tambah Seru! Pop Mie Hadir Pake Nasi Jawab Wish List Masyarakat Indonesia

    Beneran Tambah Seru! Pop Mie Hadir Pake Nasi Jawab Wish List Masyarakat Indonesia

    Untuk pertama kalinya di Indonesia, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Indofood CBP) menghadirkan inovasi terkini yang menjawab keinginan konsumen dalam memberikan perpaduan menarik antara mi dengan nasi pada lini brand mi instan cup asli Indonesia, melalui Pop Mie PaNas ‘Pake Nasi’. Produk Pop Mie PaNas dihadirkan untuk memperkaya pengalaman yang lebih seru, unik serta […]
  • Perkuat Aspirasi Octo Mobile Sebagai Super App, CIMB Niaga Tambahkan Fitur Travel Concierge

    Perkuat Aspirasi Octo Mobile Sebagai Super App, CIMB Niaga Tambahkan Fitur Travel Concierge

    Kemudahan melakukan berbagai aktivitas dalam satu aplikasi menjadi nilai tambah yang terus dikembangkan oleh perbankan melalui aplikasi digital banking. Salah satu bank yang aktif menghadirkan beragam kemudahan bagi pengguna aplikasi digital banking yaitu PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga). Terbaru, bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia ini meluncurkan fitur Travel Concierge pada aplikasi […]
  • Ternyata Buat Bento Itu Mudah Lho

    Ternyata Buat Bento Itu Mudah Lho

    Ibu-ibu sering pusing menyiapkan bekal sekolah bagi putra putrinya. Yang mau gampang, tinggal kasih uang jajan saja ke anaknya. Namun bagaimana orang tua bisa menjamin bahwa jajanan yang dibeli sang anak sehat dan bebas dari bahan-bahan berbahaya? Bento bisa jadi salah satu solusi membuat bekal sekolah yang mudah bagi Anda. Pada hari Minggu, 15 Oktober […]