Gaya Hidup

Gojek Luncurkan Inisiatif GoGreener untuk Mudahkan Ekosistemnya Jalani Hidup Ramah Lingkungan

Gojek kembali menjadi pelopor di industri dengan mengumumkan GoGreener, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memudahkan konsumen, mitra merchant, dan mitra driver menjalani gaya hidup ramah lingkungan. Inisiatif GoGreener yang pertama dijalankan oleh layanan GoFood melalui pilihan untuk tidak menyertakan alat makan sekali pakai dalam pemesanan makanan dan menyediakan tas pengantaran yang dirancang khusus untuk mitra driver.

Setelah menjadi yang pertama di industri layanan pesan-antar makanan untuk mendukung upaya pengendalian sampah plastik sekali pakai di Indonesia, GoFood kembali tegaskan komitmennya dengan mengumumkan program yang dirancang lebih berkelanjutan agar seluruh ekosistemnya dapat secara aktif berpartisipasi dalam upaya penyelamatan lingkungan.

Sebagai penyedia layanan pesan-antar makanan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, GoFood turut menyadari pentingnya mendukung bisnis berkelanjutan yang berbasis lingkungan.

Karenanya, GoFood berkolaborasi dengan berbagai pihak yang ditandai dengan rencana penandatanganan kerjasama (Memorandum of Understanding / MoU) antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Gojek yang fokus pada edukasi perilaku bisnis, pelayanan, dan konsumsi yang ramah lingkungan yang tergabung dalam ekosistem GoFood untuk mitra merchant, mitra driver, dan pelanggan setianya.

Dua program GoFood yang mendorong gaya hidup ramah lingkungan adalah sebagai berikut:

  • Fitur pilihan alat makan sekali pakai – Ketika memilih makanan sebelum masuk ke halaman checkout, konsumen harus memilih opsi beli jika memerlukan alat makan sekali pakai. Semakin banyak mitra merchant yang berpartisipasi dalam program ini.
  • Tas pengantaran makanan khusus bagi mitra driver – GoFood menyediakan tas pengantaran untuk mitra driver yang memiliki banyak keistimewaan; a) dirancang khusus dengan kompartemen yang lebih luas dan kualitas tinggi untuk menyimpan dan mengantar makanan, baik panas maupun dingin, b) tahan cipratan air, c) dapat dilipat, sehingga tetap fleksibel bagi mitra driver ketika mengantarkan penumpang.

Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, “Sebagai bagian dari ekosistem Gojek, penting bagi GoFood untuk ikut mendorong terwujudnya ekosistem bisnis yang ramah lingkungan. Kedua program tersebut merupakan proyek awal kami dan telah mendapatkan respon yang sangat positif dari merchant maupun konsumen sejak diperkenalkan bulan Juli lalu.”

Catherine melanjutkan, “Di ekosistem Gojek, kami punya banyak wadah berkelanjutan untuk menjangkau mitra merchant maupun driver, seperti Gojek Wirausaha yang mendukung mitra UMKM kuliner naik kelas dan Bengkel Belajar Mitra (BBM) sebagai wadah pelatihan dan peningkatan kapasitas mitra driver. Kami akan memanfaatkan ruang dan potensi ini dan bekerja sama dengan organisasi lingkungan yaitu Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP), PlastikDetox, dan World Wildlife Fund (WWF)-Indonesia, untuk memberikan edukasi kepada mitra UMKM, mitra driver, dan para konsumen untuk sadar pentingnya mengadopsi gaya hidup dan operasional bisnis yang lebih ramah lingkungan melalui inisiatif yang kami beri nama GoGreener ini.”

Pemerintah melalui KLHK juga tengah gencar mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah plastik yang berasal dari plastik sekali pakai. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan jumlah timbunan sampah secara nasional mencapai 175.000 ton per hari jika menggunakan asumsi sampah yang dihasilkan setiap orang per hari sebesar 0,7 kg dan 15% diantaranya adalah sampah plastik yang berasal dari kemasan makanan dan minuman, kemasan consumer goods, kantong belanja, wadah makanan dan minuman serta pembungkus barang lainnya.

Novrizal Tahar, IPM, Direktur Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang turut hadir dalam konferensi pers di Arborea Cafe, Komplek KLHK Manggala menuturkan, “Gojek merupakan platform teknologi yang telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari masyarakat. Oleh karena itu, melalui kerja sama ini, KLHK dan Gojek berkomitmen terus menghimbau masyarakat untuk mengambil peran aktif dalam menjaga keberlangsungan lingkungan dengan dimulai dari diri sendiri dan dari lingkup gaya hidup sehari-hari, melalui platform Gojek. Pemerintah terus menyempurnakan kebijakan yang berwawasan lingkungan. Masyarakat pun harus ikut bergerak, apalagi saat ini sudah semakin mudah dengan inisiatif sadar lingkungan yang difasilitasi oleh teknologi Gojek, salah satunya lewat GoFood.”

Saat ini, pemerintah juga telah memiliki kebijakan pengelolaan sampah secara nasional dengan target pengurangan sampah 30% dan penanganan sampah 70% terhadap timbulan sampah pada 2025. Pemerintah saat ini dalam proses akselerasi penerapannya guna mencapai target tersebut dengan harapan dapat terpenuhi tujuan-tujuan pembangunan yang berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

Bermitra dengan Organisasi Lingkungan untuk Edukasi Berkelanjutan

Selain KLHK, GoFood juga berkolaborasi dengan sejumlah organisasi lingkungan hidup termasuk GIDKP, PlastikDetox, dan WWF-Indonesia yang memiliki misi sejalan dengan GoFood untuk memfasilitasi keberlangsungan bisnis dan mempermudah masyarakat untuk menjalani gaya hidup ramah lingkungan. Inisiatif ini akan dimulai di 4 wilayah operasional utama Gojek, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar hingga Desember 2019 mendatang.

BACA JUGA  Cara Memelihara Bulu Mata Tambahan

Untuk mewujudkan program ramah lingkungan yang berkelanjutan, GoFood terus berkomitmen untuk memastikan inisiatif ini dapat terus dilaksanakan oleh ekosistemnya dalam praktik di lapangan sehari-hari.

Bersama GIDKP, GoFood akan mengadakan kampanye dan program baik secara online dan offline yang ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang perilaku konsumsi ramah lingkungan. Tiza Mafira, Director GIDKP mengatakan, “Mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengurangi plastik sekali pakai yang berdampak buruk pada lingkungan hidup sejalan dengan komitmen kami. Konsumen berperan penting sebagai penyumbang demand dari industri ini dan mendorong adanya pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. Dengan mengajak masyarakat sebagai pengambil keputusan di lapangan dalam program ini, kami berharap secara otomatis seluruh ekosistem juga dapat tergerak untuk lebih ramah lingkungan.”

Selain itu, GoFood juga akan merangkul mitra merchant untuk memiliki bisnis operasional yang lebih ramah lingkungan. Setelah sukses mengedukasi ratusan merchant di Denpasar awal 2019 lalu, GoFood kembali bermitra dengan PlastikDetox untuk program Gojek Wirausaha yang akan dikhususkan dengan topik bisnis ramah lingkungan.

Marc-Antoine Dunais, Co-Founder & Advisor PlastikDetox mengatakan, “Kini, semakin banyak pelaku bisnis yang menyadari pentingnya operasional bisnis karena permintaan masyarakat, peraturan pemerintah, bahkan kesadaran sendiri. Bersama GoFood, kami akan mengedukasi dari berbagai macam pendekatan yang relevan agar mitra merchant paham bahwa profit dan responsible business dapat berjalan beriringan. Ini merupakan rangkaian edukasi lanjutan yang sebelumnya telah kami jalankan bersama ratusan mitra merchant kuliner di Denpasar, Bali, beberapa waktu lalu.”

Di ranah edukasi mitra driver, GoFood juga menggandeng WWF-Indonesia untuk mengedukasi pentingnya pelayanan ramah lingkungan, salah satunya dengan penggunaan tas pengantaran agar tidak perlu menggunakan kantong plastik sekali pakai.

Imam Musthofa, Direktur Kelautan & Perikanan WWF-Indonesia mengatakan, “Memanfaatkan berbagai layanan dan berinteraksi dengan mitra driver Gojek, saat ini sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, mitra driver menjadi salah satu bagian dari ekosistem Gojek yang paling berpengaruh untuk menjaga tingkat kepuasan dan kesetiaan pelanggan. Mitra driver merupakan garda depan yang turut menterjemahkan nilai dan menyukseskan misi perusahaan, salah satunya yang kita usung bersama yaitu inisiatif GoGreener. Karenanya, WWF-Indonesia menjadi mitra kerja Gojek untuk memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas kepada mitra driver Gojek agar dapat memberikan pelayanan yang baik dan ramah lingkungan. Kami yakin dengan pelayanan seperti ini, Gojek tidak hanya memperoleh impresi positif dan loyalitas namun juga dapat mempengaruhi perubahan perilaku dari pelanggan jasa layanan Gojek, seperti terbiasa tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai dan perilaku hidup yang lebih ramah lingkungan.”

“Untuk bisa menciptakan upaya yang berkelanjutan, kami membutuhkan komitmen bersama dari seluruh pihak di ekosistem kami, seperti konsumen, merchant, dan mitra driver. Dengan semangat karya anak bangsa yang terus mencari solusi dan percaya bahwa #PastiAdaJalan untuk beralih ke gaya hidup ramah lingkungan, Gojek membuka diri terhadap kolaborasi dengan pemerintah dan organisasi yang mempunyai misi yang sama untuk memperluas jangkauan program pada layanan lainnya dari Gojek,” tutup Catherine.

(BON)

 

Baca Juga

  • Mengajarkan Tata Cara Makan Secara Formal, Unika Atma Jaya Serpong Menggelar Table Manner

    Mengajarkan Tata Cara Makan Secara Formal, Unika Atma Jaya Serpong Menggelar Table Manner

    Dalam berbagai acara-acara resmi, jamuan makan merupakan salah satu bagian yang sangat penting dan tidak terlepas dari keseluruhan acara. Seringkali pada jamuan-jamuan resmi seperti ini berbagai pembicaraan penting terjadi. Namun tidak semua orang memiliki keterampilan dalam tata cara ‘bersantap’ resmi yang berlaku internasional. Ketidaktahuan dalam tata cara bersantap formal ini akan menjadi masalah besar jika […]
  • Gojek Dorong Pendapatan Mitra Merchant dan Driver Selama Masa Harkulnas Go-Food 2019

    Gojek Dorong Pendapatan Mitra Merchant dan Driver Selama Masa Harkulnas Go-Food 2019

    GO-FOOD, layanan pesan antar makanan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara yang merupakan bagian dari layanan super-app GOJEK, semakin mengukuhkan diri sebagai pemimpin di pasar layanan pesan-antar makanan terdepan yang berfokus pada pertumbuhan bisnis UMKM kuliner. Ini dibuktikan dengan hasil dari rangkaian program HARI KULINER NASIONAL (HARKULNAS) GO-FOOD yang diadakan dari 15 April hingga 5 […]
  • Foto : Relawan Pajak, Membantu Masyarakat Membantu Negara : Pojok Pajak PKN STAN

    Foto : Relawan Pajak, Membantu Masyarakat Membantu Negara : Pojok Pajak PKN STAN

    Pada Senin, 26 Maret 2018 dilakukan launching Pojok Pajak di kampus PKN -STAN, Bintaro. Launching dan peresmian acara ini dilakukan oleh Direktur PKN-STAN, Rachmadi Murwanto dan Kepala KPP Pratama Pondok Aren, Sunarko. Kegiatan yang berlangsung di Kampus PKN STAN, Jurangmangu, Tangerang Selatan ini diinisiasi oleh Relawan Pajak. Relawan Pajak merupakan kelompok mahasiswa dari tax center […]
  • Garuda Indonesia Pastikan Tetap Layani Penerbangan dari dan Menuju Australia & Belanda

    Garuda Indonesia Pastikan Tetap Layani Penerbangan dari dan Menuju Australia & Belanda

    Maskapai nasional Garuda Indonesia memastikan bahwa layanan penerbangan dari dan menuju Australia & Belanda akan tetap beroperasi menyusul restriksi pergerakan warga negara asing ke sejumlah negara terkait dengan pandemi Covid-19. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, “Keberlanjutan pengoperasian layanan penerbangan dari dan menuju Australia & Belanda tersebut merupakan bentuk dukungan Garuda Indonesia untuk memfasilitasi […]
  • Memahami Survey Menjelang Pilpres

    Memahami Survey Menjelang Pilpres

    Menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) pada hari Rabu, 17 April 2019, berita-berita di media massa makin marak, salah satunya mengenai hasil survei. Misalnya saja ringkasan hasil survei beberapa lembaga survei di Indonesia (Elektabilitas Jokowi vs Prabowo, 2019) yang dipaparkan baru-baru ini. Mungkin saja bagi pendukung pasangan capres-cawapres yang dimenangkan dalam survei-survei ini akan […]
  • Stok Aman, Masyarakat Dapat Menjalankan Mudik Lebaran 1439 Hijriah dengan Aman dan Nyaman

    Stok Aman, Masyarakat Dapat Menjalankan Mudik Lebaran 1439 Hijriah dengan Aman dan Nyaman

    Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus memantau dan memastikan ketersediaan energi seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG bagi masyarakat dan pemudik selama Ramadan dan Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018. Menteri BUMN, Rini M. Soemarno mengungkapkan, berbagai upaya dilakukan pemerintah terutama mendorong peran Pertamina dalam menjaga ketersediaan dan kelancaran distribusi ke […]
  • Sold Out dalam Sembilan Hari, Klaster Fleekhauz di BSD City Laku 455 Unit

    Sold Out dalam Sembilan Hari, Klaster Fleekhauz di BSD City Laku 455 Unit

    Di tengah kondisi pasar properti yang kurang kondusif, justru produk properti milik Sinar Mas Land laku keras dibeli masyarakat. Tingginya minat akan hunian berkualitas dengan harga terjangkau, akses dan fasilitas yang baik mendorong Sinar Mas Land untuk menawarkan klaster terbarunya bernama Fleekhauz R dengan total unit lebih dari 160 unit rumah. Berlokasi di Kawasan premium […]
  • Intel Luncurkan Rangkaian Prosesor Pertama dari Seri Intel Core Generasi ke-10

    Intel Luncurkan Rangkaian Prosesor Pertama dari Seri Intel Core Generasi ke-10

    Pada Jumat, 2 Agustus 2019, Intel secara resmi meluncurkan 11 prosesor dari seri Intel® Core™ Generasi ke-10 yang terbaru dan paling terintegrasi, yang didesain untuk perangkat 2-in-1 dan laptop. Jajaran prosesor ini menghadirkan kecerdasan buatan (AI) berperforma tinggi pada PC, berikut dengan fitur grafis baru Intel® Iris® Plus untuk mendukung hiburan yang menakjubkan, serta memampukan […]
  • Menyongsong Era Digital, Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) Siap Digelar

    Menyongsong Era Digital, Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) Siap Digelar

    Sejalan dengan perkembangan di digital ekonomi yang sudah masuk ke semua industri, maka kegiatan pengadaan barang & jasa di Indonesia juga sudah bergerak memasuki e-marketplace (digital-procurement). Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) adalah pameran & konferensi dunia pengadaan barang dan jasa, yang akan berlangsung pada tanggal 6-8 November 2019 di Jakarta Convention Center […]
  • Bubur Ayam C7 Khas Cirebon, Sarapan Murah dan Enak di Bintaro

    Bubur Ayam C7 Khas Cirebon, Sarapan Murah dan Enak di Bintaro

    Pagi hari adalah waktu yang sibuk bagi hampir semua orang. Bagi yang berprofesi sebagai karyawan atau pebisnis, saat pagi hari harus bersiap-siap berangkat menuju tempat bekerja. Bagi anak sekolah, pagi hari merupakan persiapan berangkat ke sekolah yang tentunya tidak hanya menyebabkan kesibukan bagi si anak sendiri. Karena kesibukan berpacu dengan waktu terkadang sarapan pagi pun […]
  • Vivo V9 True Red, Seri Terbaru V9 dengan Warna Energetik

    Vivo V9 True Red, Seri Terbaru V9 dengan Warna Energetik

    Masih konsisten dengan pilihan warna modis, vivo siap meluncurkan seri terbaru V9 dengan pilihan warna merah bertajuk “vivo V9 True Red”. Menjadi seri warna terbaru vivo V9 di Indonesia, V9 True Red akan langsung diperkenalkan vivo kepada konsumen via gerai resmi dan jaringan vivo store per Sabtu (5/5) besok, disusul e-commerce mitra vivo pada pekan […]
  • Grab dan Kementerian Pariwisata Genjot Pariwisata Lokal dengan Moda Transportasi Ikonik

    Grab dan Kementerian Pariwisata Genjot Pariwisata Lokal dengan Moda Transportasi Ikonik

    Grab, everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, bersama Kementerian Pariwisata meluncurkan terobosan moda transportasi lokal ikonik di Indonesia. Saat ini moda transportasi lokal ikonik ini sudah tersedia di tiga kota, yaitu GrabBajay di Jakarta, GrabBetor di Medan, dan GrabBentor di Gorontalo. Terobosan ini merupakan bagian dari kerja sama berkelanjutan antara Grab dan Kementerian Pariwisata […]
  • Ingin Membeli Kaca Mobil? Columbia Motor Spesialisnya, Profesional dan Terpercaya

    Ingin Membeli Kaca Mobil? Columbia Motor Spesialisnya, Profesional dan Terpercaya

    Kaca mobil Anda retak atau pecah? Anda yang pernah mengalami situasi seperti ini tentunya tahu betapa repotnya melakukan penggantian kaca mobil. Yang umum dilakukan adalah menghubungi dealer mobil terdekat. Sayangnya, situasi yang sering terjadi dealer tidak memiliki stok kaca dan Anda harus menunggu sampai kaca tersedia stoknya. Pada beberapa situasi, dealer tidak bisa memberikan informasi […]
  • Lion Air Group Mengembangkan Minat Kreatif Kalangan Milenial melalui Program Snap! Sharing and Expressing

    Lion Air Group Mengembangkan Minat Kreatif Kalangan Milenial melalui Program Snap! Sharing and Expressing

    Lion Air Group senantiasa menjalankan program yang mengutamakan berbagi informasi mengenai perkembangan bisnis dan karier profesional di era kekinian dengan menghadirkan SNAP! Sharing and Expressing sejak pertengahan tahun ini. Konsep acara dilaksanakan dan berkolaborasi bersama kalangan akademisi atau perguruan tinggi. Lion Air Group telah melaksanakan SNAP! Sharing and Expressing Hi Millennials, CEO Goes to Campus […]
  • SMK Bina Informatika Bintaro, Membangun Kompetensi Siswa Menghadapi Persaingan Global

    SMK Bina Informatika Bintaro, Membangun Kompetensi Siswa Menghadapi Persaingan Global

    Dalam era globalisasi, salah satu kunci untuk memenangkan persaingan adalah penguasaan teknologi. Ambil contoh Tiongkok, negara yang beberapa puluh tahun lalu dianggap miskin dan terbelakang, hanya dalam beberapa belas tahun bisa menjelma menjadi negara industri yang diperhitungkan berbagai negara maju di dunia. Kunci keberhasilan Tiongkok terletak pada penguasaan teknologi. Segala elemen di Tiongkok, mulai dari pemerintah, […]
  • Yuk Ikutan KALCare Baby’s Day Out! #2

    Yuk Ikutan KALCare Baby’s Day Out! #2

    Setelah sukses di event pertama, KALCare kembali mengadakan event seru untuk Ayah, Bunda dan Si Kecil, yaitu Baby’s Day Out! #2 di dua outlet KALCare Bintaro dan Puri Indah. Di Bintaro, acara ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Februari 2017. Sedangkan di Puri Indah, akan diadakan di KALCare Puri, Lippo Mall Puri pada hari […]
  • Foto : Transmart Graha Raya, Destinasi Baru Liburan Keluarga

    Foto : Transmart Graha Raya, Destinasi Baru Liburan Keluarga

    Daerah Bintaro kini semakin lengkap dengan kehadiran Transmart yang menjadi destinasi belanja pilihan keluarga modern. Anda bisa berbelanja, bersantap, bermain sekaligus menonton dalam satu kawasan. Juga konsep Transpark yakni menikmati theme park seperti di Trans Studio Bandung. Transmart Graha Bintaro diresmikan oleh Bapak Christian Charitat selaku COO PT Trans Retail Indonesia dan Kepala Dinas Tangerang Selatan pada hari Jumat, 22 Desember […]
  • Foto : Rona-Rona Kebahagiaan Pada Dies Natalis ke-6 dan Wisuda Sarjana ke-3 Universitas Pembangunan Jaya

    Foto : Rona-Rona Kebahagiaan Pada Dies Natalis ke-6 dan Wisuda Sarjana ke-3 Universitas Pembangunan Jaya

    Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) mengadakan acara Dies Natalis ke-6 dan Wisuda Sarjana ke-3, pada Sabtu, 26 Agustus 2017 yang berlangsung dari pukul 08.00-12.00. Bertempat di Aula Universitas Pembangunan Jaya, dihadiri sekitar 300 undangan. Acara wisuda kali ini mengambil tema Manusia Jaya, Tumbuh, Berkarya dan Bermakna. Turut hadir dalam acara ini Bapak Dr. (HC) Ir. Ciputra […]
  • JEC Perkenalkan Teknologi Semi-Robotic Surgery & Ophthalmic Trauma Service

    JEC Perkenalkan Teknologi Semi-Robotic Surgery & Ophthalmic Trauma Service

    JEC, Rumah Sakit spesialis mata dengan standar layanan internasional, kembali menggelar ajang tahunan berkelas internasional JECIM (JEC International Meeting) ke-4 dan World Congress of Ophthalmic of Anesthesia ke-5, mengambil tema besar ‘Vision Of Perfection.’ Gelaran yang menjadi bagian dari perayaan hari jadi JEC ke-36 ini menghadirkan narasumber dari berbagai negara dan peserta yang terdiri dari […]
  • Ciptakan ‘Quick Glam Look’ dengan Maybelline Total Temptation Range di Bincang Shopee

    Ciptakan ‘Quick Glam Look’ dengan Maybelline Total Temptation Range di Bincang Shopee

    Tren kecantikan setiap tahunnya selalu menampilkan look yang unik dan beragam. Dalam menyambut Shopee 11.11 Beauty Day pada 1November mendatang, BincangShopee bersama Maybelline New York mengadakan talkshow dan beauty workshop bersama Harumi PS (Beauty Expert), Ryan Ogilvy (Official Make-up Artis Maybelline New York), and Janine Intansari (Maybelline IT Girl). “Kategori kecantikan adalah salah satu kategori […]

Tinggalkan Balasan