Berita Utama

Gojek Jadi Bagian Stasiun Terpadu, Bersama Pemerintah Wujudkan Transportasi Umum Terintegrasi

Memudahkan masyarakat menggunakan transportasi umum, Gojek, super-app terdepan di Asia Tenggara, mulai hari ini semakin terintegrasi dengan empat stasiun terpadu di DKI Jakarta. Sebagai bagian dari kolaborasi strategis dan jangka panjang bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian BUMN RI dan Kementerian Perhubungan RI, Gojek telah menjadi penghubung awal dan akhir perjalanan (first-mile-last-mile) di transportasi umum.

Bentuk integrasi ini adalah hadirnya layanan GoRide Instan di Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, dan segera menyusul di Stasiun Pasar Senen. Sebelumnya, GoRide Instan juga telah hadir di puluhan stasiun serta pusat-pusat transportasi umum lainnya, tersebar di seluruh Indonesia. Integrasi dengan transportasi umum tersebut dipercaya akan membantu meningkatkan jumlah penumpang transportasi umum. Peluncuran integrasi transportasi terpadu akan dilaksanakan sore ini di kawasan Stasiun Tanah Abang.

Pada layanan GoRide Instan, pelanggan bisa mendapatkan layanan GoRide langsung di saat memesan karena terhubung dengan mitra driver melalui kode khusus. Kehadiran layanan GoRide Instan, terbukti mengurai kemacetan di titik-titik jemput yang ramai di sekitar stasiun.

Kevin Aluwi Co-CEO Gojek Group, menjelaskan bahwa inovasi dan kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan Gojek terhadap upaya Pemerintah dalam menghadirkan layanan transportasi umum yang terintegrasi. Apalagi, berdasarkan data internal, satu dari dua pengguna aplikasi Gojek sudah pernah menggunakan layanan Gojek untuk menjangkau transportasi umum.

“Gojek berkomitmen mendukung upaya Pemerintah  menyediakan fasilitas transportasi terintegrasi yang tetap mengutamakan keamanan. Fitur GoRide Instan merupakan langkah nyata Gojek dalam berkolaborasi secara strategis dan jangka panjang untuk mendukung Program Penataan Kawasan Stasiun dengan menata penumpang dan mitra roda dua pada empat stasiun tersebut. Bahkan, berdasarkan data internal Gojek, GoRide Instan yang beroperasi di banyak pusat transportasi massal mengurangi waktu tunggu pengguna hingga 40% saat memesan layanan Gojek.”

Kevin melanjutkan Gojek juga memperhatikan aspek kesehatan di titik jemput GoRide Instan. Di mana titik tersebut menjadi Titik Pencegahan COVID-19 sebagai salah satu bentuk peningkatan standar keamanan dan kesehatan di layanan transportasi Gojek. Di sini, terdapat pengukuran suhu tubuh bagi pelanggan dan mitra driver; pengelolaan antrian dengan prinsip physical distancing; penyediaan hand sanitizer dan hairnet; serta distribusi masker gratis untuk pengguna yang belum membawanya. Gojek adalah aplikasi on-demand pertama yang memiliki layanan kesehatan ini untuk konsumen.

Mengapresiasi dukungan Gojek dalam menyiapkan layanan transportasi yang aman dan terintegrasi, Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, mengatakan, “Saya mengapresiasi rangkaian inisiatif yang telah Gojek lakukan untuk memfasilitasi masyarakat beradaptasi dengan kebiasaan baru. Hadirnya GoRide Instan di empat Stasiun Terpadu dapat meningkatkan pengalaman bermobilitas dengan nyaman karena dapat mengurangi waktu tunggu masyarakat untuk mendapatkan pengemudi serta mengurai kemacetan yang disebabkan oleh penumpukan kendaraan.”

“Upaya Gojek dalam meningkatkan titik jemput GoRide Instan menjadi Titik Pencegahan COVID-19, serta rangkaian inovasi lainnya di layanan transportasi, memberikan standar tertinggi dalam industri yang menjadi kunci keberhasilan kita melewati masa transisi menuju masyarakat yang sehat, aman, dan produktif,” tambah Syafrin.

Lebih lanjut Kevin menjelaskan, “Rangkaian inovasi dan inisiatif yang Gojek hadirkan, termasuk lewat kolaborasi bersama Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, merupakan bagian dari keseluruhan upaya Gojek dalam mendukung masyarakat untuk bisa berkegiatan secara produktif, dengan pola dan aktivitas yang aman sesuai kondisi saat ini. Sebagai moda first-mile-last-mile utama pilihan masyarakat, Gojek juga siap bekerja sama lebih lanjut dan ambil bagian dalam proses revitalisasi 72 stasiun di DKI Jakarta.”

Gojek hadirkan standar keamanan tertinggi pada layanan transportasi

Gojek menerapkan standar layanan tertinggi pada layanan transportasi yang memprioritaskan keamanan, kesehatan, dan kebersihan seluruh pengguna serta mitra saat beraktivitas, tanpa dikenakan biaya tambahan. Sebagai referensi berikut rangkaian inovasi dan inisiatif Gojek:

Mengoperasikan puluhan Titik Pencegahan COVID-19, termasuk di empat Stasiun Terpadu Pemprov DKI Jakarta

BACA JUGA  Grab Bekerja Sama dengan Perusahaan Terkemuka di Indonesia untuk Memperluas Dukungan Kesejahteraan Mitra Pengemudi

Di tempat ini terdapat empat jenis layanan yaitu pengukuran suhu tubuh bagi pelanggan dan mitra driver; pengelolaan antrian dengan prinsip physical distancing; penyediaan  hand sanitizer dan hairnet; dan distribusi masker untuk perjalanan bagi pengguna yang belum membawanya. Selain di empat Stasiun Terpadu, Titik Pencegahan COVID-19  hadir di puluhan lokasi strategis, termasuk simpul transportasi massal seperti stasiun.

Menampilkan status suhu tubuh dan kebersihan kendaraan di aplikasi

Gojek adalah aplikasi on-demand pertama di Indonesia yang menyediakan fitur keamanan ini. Pengguna dapat mengetahui suhu tubuh dan kebersihan kendaraan mitra driver melalui aplikasi saat memesan layanan transportasi GoRide dan GoCar; layanan logistik; dan pesan-antar makanan GoFood.

Mengoperasikan 130 Posko Aman Gojek di 16 kota besar

Pengoperasian 130 ‘Posko Aman Gojek’ di 16 kota besar yang rutin memberikan layanan cek suhu tubuh, disinfeksi kendaraan, dan distribusi paket kesehatan (masker dan hand sanitizer) bagi ratusan ribu mitra driver tiap minggunya. Gojek adalah aplikasi on-demand dengan jumlah posko aman terbanyak di Indonesia.

Menerapkan kewajiban penggunaan Alat Pelindung Diri

Gojek mewajibkan penumpang dan mitra driver menggunakan masker selama perjalanan. Apabila ada salah satu pihak yang tidak menggunakan masker, baik mitra driver dan penumpang berhak membatalkan pemesanan dan membuat laporan di aplikasi.

Menggunakan sekat pelindung

Penggunaan sekat pelindung yang berfungsi meminimalisasi penyebaran virus melalui droplet, telah diimplementasikan secara bertahap kepada belasan ribu armada roda-empat GoCar di 16 kota operasional utama. Fasilitas yang sama tengah diuji coba  pada armada roda-dua GoRide.

(AB)

 

Baca Juga

  • Seminar Psikologi Positif bagi Siswa Sekolah

    Seminar Psikologi Positif bagi Siswa Sekolah

    Pada hari Kamis, 30 Agustus 2019, bertempat di Aula lantai 3 Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) diselenggarakan Seminar “How to Build Positive School Culture: Budaya Sekolah Positif, Anak Senang di Sekolah”. Seminar ini diselenggarakan oleh Asosiasi Psikologi Sekolah (APSI) wilayah Banten bekerja sama dengan Program Studi (Prodi) Psikologi UPJ. Sebagai pembicara adalah Dr. Clara Moningka, S.Psi., […]
  • Mercedes-Benz Memperkenalkan EQ pada Ajang IIMS 2018

    Mercedes-Benz Memperkenalkan EQ pada Ajang IIMS 2018

    Mercedes-Benz akan berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang diselenggarakan mulai tanggal 19 April hingga 29 April 2018. Sebagai merek terdepan di segmen mewah di Indonesia, Mercedes-Benz melihat ajang IIMS 2018 sebagai panggung utama untuk menampilkan barisan kendaraan-kendaraan dari beragam model yang mengedepankan performa, kenyamanan dan keamanan dalam berkendara ciri khas Mercedes-Benz. […]
  • Sukarela Menjalani Rehabilitasi Narkotika (Dalam Rangka Memperingati Hari Narkoba Internasional 26 Juni)

    Sukarela Menjalani Rehabilitasi Narkotika (Dalam Rangka Memperingati Hari Narkoba Internasional 26 Juni)

    Indonesia dinyatakan darurat narkotika pertama kali oleh Presiden Soeharto pada tahun 1971 dan status ini tidak berubah sampai lebih dari 40 tahun kemudian. Bahkan, jumlah pengguna narkotika di Indonesia justru cenderung meningkat setiap tahun. Hasil survei Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (Puslitkes UI) menyatakan bahwa pada awal tahun 2014 terdapat 4.1 juta jiwa pengguna narkotika […]
  • Evaluasi Diri dengan Segenap Hati

    Evaluasi Diri dengan Segenap Hati

    Saat ini kita menjelang akhir tahun 2018. Sudah selayaknya kita melakukan evaluasi diri mengenai apa saja yang telah kita kerjakan di tahun ini dan merencanakan apa yang akan kita capai di tahun mendatang. Memang pada hakekatnya manusia menghubungkan waktu (time) yang telah berlalu dengan pengalaman dan memori tentang pengalaman itu sendiri. Hal ini menciptakan persepsi […]
  • Sambut Tahun Ajaran Baru, Gramedia Hadirkan Promo Diskon Hingga 50%

    Sambut Tahun Ajaran Baru, Gramedia Hadirkan Promo Diskon Hingga 50%

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi memutuskan tahun ajaran baru 2020/2021 pada Juli 2020. Dalam upaya menyambut tahun ajaran baru tersebut, Gramedia menyediakan diskon hingga 50% pada program spesial bertajuk “Back to School 2020”. Program ini menghadirkan berbagai macam produk berkualitas mulai dari buku tulis, tas, kaus kaki, alat tulis, buku-buku pelajaran, produk-produk IT, […]
  • Hitachi Luncurkan Program Kesehatan Terbesar di Indonesia guna Memberi Manfaat bagi Masyarakat Lokal

    Hitachi Luncurkan Program Kesehatan Terbesar di Indonesia guna Memberi Manfaat bagi Masyarakat Lokal

    Sebagai salah satu bentuk komitmen berkelanjutan Hitachi untuk terus berkontribusi bagi masyarakat di mana mereka beroperasi, PT. Hitachi Asia Indonesia, anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Hitachi Asia Ltd., dan enam grup Hitachi1 di Indonesia telah meluncurkan program kesehatan masyarakat terbesar mereka di Indonesia hingga saat ini. Program kesehatan masyarakat ini diluncurkan sebagai bagian dari […]
  • Sajian Spesial AirAsia Sambut Libur Natal dan Tahun Baru

    Sajian Spesial AirAsia Sambut Libur Natal dan Tahun Baru

    AirAsia optimalkan armada dan tambah penerbangan untuk menghadapi puncak musim liburan Natal dan Tahun Baru 2020 yang diperkirakan akan dimulai pada tanggal 15 Desember 2019. Menyambut liburan akhir tahun ini, AirAsia Indonesia mendatangkan 1 pesawat Airbus A320 tambahan lagi pada awal Desember 2019, menjadikan armada yang dioperasikan saat ini berjumlah 28 unit. Pesawat tambahan untuk […]
  • Archery Battle: Wahana Baru yang Menantang di Ancol

    Archery Battle: Wahana Baru yang Menantang di Ancol

    Olahraga memanah saat ini tengah digandrungi masyarakat. Berbagai kalangan dari anak-anak sampai dewasa kini gemar melakukan kegiatan ini. Selain dapat dilakuka di beragam jenis tempat baik outdoor maupun indoor ternyata olahraga ini juga dapat mengasah konsentrasi dan kesabaran. Sejarah panahan sendiri telah dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu yang awalnya digunakan untuk berburu dan kemudian […]
  • Foto : Menu-Menu Baru Cubite Bintaro

    Foto : Menu-Menu Baru Cubite Bintaro

    Kabar gembira bagi Anda penggemar menu-menu Cubite. Kepindahan Cubite ke Bintaro Sektor 1 ternyata menghadirkan menu-menu baru yang tidak kalah dengan menu-menu lamanya yang sudah sangat dikenal. Kali ini Cubite Bintaro akan menghadirkan 4 menu kekinian: Ayam Geprek, Nasi Sate Taichan, Superme Mango dan Superme Durian. Yuk cobain… TagsBintaro Sektor 1Masakan FusionBerita Terkait:Tiga Hidangan Baru dengan […]
  • Semua Bisa Jadi Koki di Rumah Bersama Samsung Microwave

    Semua Bisa Jadi Koki di Rumah Bersama Samsung Microwave

    Perubahan kebiasaan banyak terjadi di tengah masyarakat saat ini. Salah satunya, semakin banyak masyarakat Indonesia bereksperimen dengan masakan, karena mereka memliki waktu lebih untuk memasak selama di rumah. Ketika kenyamanan dan keamanan menjadi prioritas untuk melindungi keluarga tercinta, keinginan untuk mengolah masakan sendiri menjadi lebih besar. Banyak orang memusatkan energi dan kreativitas di dapur, menikmati […]
  • Mengenal Aneka Bumbu Khas Tiongkok

    Mengenal Aneka Bumbu Khas Tiongkok

    Baru-baru ini kita melewati perayaan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh. Sudah barang tentu kita mengenal beberapa kuliner Indonesia yang merupakan pengaruh dari budaya Tiongkok seperti bakso, bebek peking, kwe tiau, cap cay, fu yung hai, bak cang, bak pao, jiaozi (siomay udang/ikan), Citra rasa dan aroma unik nan menggugah dari Chineese Food, tercipta […]
  • Warung Jajan Veteran, Tempat Nongkrong Murmer Yang Tidak Murahan

    Warung Jajan Veteran, Tempat Nongkrong Murmer Yang Tidak Murahan

    Bersosialisasi merupakan bagian keseharian kita sebagai makhluk sosial. Setiap orang membutuhkan waktu untuk bersama rekan mau pun keluarga baik sekedar untuk ngobrol santai sampai dengan membicarakan hal seperti urusan sekolah, pekerjaan atau bisnis. Namun sayangnya, tidak semua tempat pertemuan untuk bersosialisasi (baca : tempat nongkrong) terjangkau bagi kantong kebanyakan orang, khususnya bagi anak muda yang […]
  • Citilink Indonesia Buka Rute Baru ke Bandung dan Lampung Tingkatkan Konektivitas Nusantara

    Citilink Indonesia Buka Rute Baru ke Bandung dan Lampung Tingkatkan Konektivitas Nusantara

    Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia membuka rute baru dari Jakarta (Halim Perdanakusuma) menuju Bandung dan Lampung dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72-600 pada tanggal 2 Maret 2019. “Pembukaan rute ini merupakan bagian dari komitmen Citilink Indonesia untuk terus memperluas jaringan penerbangannya di Indonesia serta khususnya untuk meningkatkan konektivitas antar kota di Sumatera dan Jawa,” […]
  • Menu Asian Style di Restoran Pompom Pizza Graha Raya

    Menu Asian Style di Restoran Pompom Pizza Graha Raya

    Buat Anda yang suka makan nasi, hidangan lunch sebanyak apapun tidak terasa kenyang bila belum makan nasi. Pompom Pizza menyediakan menu Asia untuk mereka yang tidak begitu menyukai pizza. Di antaranya Chicken Katsu (Rp. 21.000), Javaneese/Korean Soup Rp. 17.000/Rp. 23.000, Chicken Ganjong (Rp. 23.000) dan Chicken/Beef Cupbop (Rp 25.000/Rp. 30.000). Budaya K-pop yang merambah ke […]
  • Jangan Kalap di Late Night Sale?

    Jangan Kalap di Late Night Sale?

    Menjelang akhir tahun seperti ini banyak mal yang akan menggelar midnight atau late night sale. Nah, gimana caranya agar tidak kalap belanja? Riset Sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai program diskon yang ingin dikunjungi. Dengan melakukan riset ini Anda bisa tahu produk apa saja yang diberikan potongan harga, dan berapa kisaran harga yang […]
  • Peresmian Tax Center di Universitas Pembangunan Jaya

    Peresmian Tax Center di Universitas Pembangunan Jaya

    Mendukung kewajiban tertib pajak, Prodi Akuntansi bekerjasama dengan Kanwil DJP Banten meresmikan Tax Center yang berada di Universitas Pembangunan Jaya pada Rabu, (15/3). Tax Center di UPJ diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa Akuntansi UPJ untuk mengaplikasikan ilmu yang selama ini dipelajari secara langsung. Tax Center di UPJ juga menjadikan keluarga UPJ sebagai wajib pajak […]
  • Training Kepemimpinan Bagi Rektor dan Dekan PTS Indonesia Melalui Pendanaan Jerman

    Training Kepemimpinan Bagi Rektor dan Dekan PTS Indonesia Melalui Pendanaan Jerman

    Tiga gabungan PTS yaitu Universitas Surabaya (UBAYA, Surabaya), Universitas Ma Chung (UMC, Malang) dan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ, Bintaro-Tangsel) memenangkan proposal internasional dan menerima hibah penyelenggaraan National Multiplication Training (NMT) dari DAAD dan German Rectors’ Conference (HRK) Jerman. Pendanaan hibah diperoleh dari the Federal Ministry for Economic Cooperation and Development (BMZ) Jerman.  Hanya 10 proposal dari […]
  • Sinar Mas Land Menandatangani MoU dengan PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) Membangun Rusunami Sederhana di BSD

    Sinar Mas Land Menandatangani MoU dengan PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) Membangun Rusunami Sederhana di BSD

    Sinar Mas Land melalui PT. Bumi Serpong Damai, Tbk pada hari ini menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE), salah satu perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia, untuk membangun proyek Rusunami sederhana di BSD City. Pembangunan proyek tersebut, menjadi dukungan nyata kedua perusahaan terhadap program pemerintah Sejuta Rumah, yaitu memenuhi […]
  • BSD City Menjadi Tuan Rumah Apple Developer Academy dalam Mencetak Talenta Berstandar Global

    BSD City Menjadi Tuan Rumah Apple Developer Academy dalam Mencetak Talenta Berstandar Global

    Sinar Mas Land melalui BSD City memfasilitasi Binus University dan Apple Developer Academy untuk menggelar Apple Graduation dari para peserta didik Apple Developer Academy yang pertama kali di Indonsia. Di tahun pertamanya, Apple Developer Academy meluluskan 200 wisudawan yang telah mengikuti program beasiswa selama sembilan bulan dari Juni 2018 hingga Maret 2019. Melalui program beasiswa […]
  • I’m Fiogi – Catering & Wedding Package

    I’m Fiogi – Catering & Wedding Package

    Kebanyakan wedding organizer berangkat dari bisnis katering. Ada suatu hubungan antara katering dengan wedding organizer, karena salah satu kunci keberhasilan dari sebuah pesta pernikahan adalah hidangan yang memadai dan dapat memuaskan para undangan. Katering yang sudah biasa menangani berbagai pesanan hidangan dalam jumlah banyak diyakini dapat menangani juga hidangan pada suatu pesta pernikahan. Salah satu wedding organizer […]

Tinggalkan Balasan