Sel. Jun 25th, 2019

Gojek Dorong Pendapatan Mitra Merchant dan Driver Selama Masa Harkulnas Go-Food 2019

GO-FOOD, layanan pesan antar makanan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara yang merupakan bagian dari layanan super-app GOJEK, semakin mengukuhkan diri sebagai pemimpin di pasar layanan pesan-antar makanan terdepan yang berfokus pada pertumbuhan bisnis UMKM kuliner. Ini dibuktikan dengan hasil dari rangkaian program HARI KULINER NASIONAL (HARKULNAS) GO-FOOD yang diadakan dari 15 April hingga 5 Mei lalu dimana GO-FOOD mencatat peningkatan positif pada total dan pertumbuhan nilai transaksi pada outlet mitra merchant GO-FOOD, rata-rata transaksi mitra merchant, serta penghasilan mitra driver.

HARKULNAS GO-FOOD merupakan rangkaian program promo yang diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada segitiga ekosistem GO-FOOD yaitu mitra merchant, driver, dan pelanggan yang telah setia bersama GO-FOOD.

Aristo Kristandyo – VP Marketing GO-FOOD mengatakan bahwa “Tahun ini merupakan tahun kedua GO-FOOD melalui platformnya mengajak jutaan masyarakat Indonesia untuk menemukan rekomendasi kuliner ternikmat di seluruh Indonesia lewat rangkaian program HARKULNAS GO-FOOD 2019. Lewat program ini, kami dapat meningkatkan rata-rata transaksi mitra merchant GO-FOOD sebesar 21%, serta penghasilan mitra driver dari pesanan GO-FOOD bertambah sebesar 8,5% dibandingkan periode yang sama di minggu sebelumnya. Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus mendukung dan mensejahterakan mitra UMKM dan mitra driver yang tergabung dalam ekosistem kami.”

Seperti diketahui, GO-FOOD bekerja sama dengan lebih dari 300.000 mitra merchant di Indonesia dimana 96% nya adalah mitra UMKM untuk memberikan pilihan kuliner yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Lewat rangkaian program HARKULNAS GO-FOOD dengan periode yang lebih ekstensif dan cakupan 16 kota yang lebih banyak dari tahun 2018, banyak masyarakat yang dapat merasakan kemudahan dalam berwisata kuliner online yang mana ini juga akan berbanding lurus dengan peningkatan volume transaksi, sehingga skala bisnis usaha UMKM kuliner Indonesia pun ikut terus berkembang.

Tidak hanya berbagai kenaikan lewat layanan GO-FOOD secara online, rangkaian program HARKULNAS GO-FOOD 2019 yang juga dapat dinikmati di lokasi GO-FOOD Festival juga mencatat peningkatan yang sangat signifikan di jaringan pujasera terbesar di Indonesia tersebut. Total pertumbuhan dan nilai transaksi di outlet GO-FOOD Festival meningkat 34% di mana transaksi yang dipesan secara online via GO-FOOD meningkat 123%.

Menutup kemeriahan rangkaian program HARKULNAS GO-FOOD 2019 yang berlangsung dari bulan April hingga Mei lalu, GO-FOOD, layanan pesan antar makanan terbesar di Asia Tenggara, bagian dari ekosistem GOJEK mengumumkan para pemenang emas seberat masing-masing 5 gram kepada pelanggan, mitra driver, dan mitra merchant yang berada dalam ekosistem GO-FOOD.

BACA JUGA  Feby Fahriza dan Ariatne Anne, Pasangan Suami Istri Yang Kompak Membangun Bisnis

Diantara total 72 pemenang emas HARKULNAS GO-FOOD 2019, 6 diantaranya berasal dari mitra merchant dari berbagai kota yaitu Ayam Bakar Kacalada (Bandung), Ayam Geprek Sukoharjo (Surakarta), Keju Kesu (Medan), Sop Ubi Mak Djum (Makassar), Bakmie Hauce (Bali), dan Bogana May – May (Jabodetabek). Para pemenang merchant ini dipilih berdasarkan tingkat pertumbuhan tertinggi dan juga kemampuan mitra merchant untuk penyelesaian order. Salah satu pemenang merchant yaitu Adhitya Wicaksana dari Keju Kesu, Medan mengatakan, “Kami sangat terbantu dengan program-program seperti HARKULNAS GO-FOOD 2019. Selain meningkatkan transaksi di outlet kami, program seperti ini tentunya semakin membuat masyarakat semakin mengenal brand kuliner kami. Selama hampir 1 bulan periode HARKULNAS GO-FOOD 2019 kemarin, outlet kami mengalami kenaikan penjualan drastis hingga dua kali lipat. HARKULNAS GO-FOOD juga berdampak baik pada penjualan Keju Kesu setelah berakhirnya masa promo.”

Salah satu pemenang mitra GO-RIDE pemenang Arie Fernando dari Jabodetabek turut mengatakan “Selain GO-RIDE, GO-FOOD memang merupakan pesanan yang selalu saya lakukan setiap hari. Dengan adanya program HARKULNAS GO-FOOD 2019, pesanan GO-FOOD saya semakin meningkat. Saya sangat berterima kasih kepada GO-FOOD yang mengapresiasi kinerja saya dengan memberi hadiah emas sebesar 5gram ini.” Arie merupakan salah satu dari 6 pemenang emas yang berasal dari mitra driver GO-RIDE yang dipilih berdasarkan tingkat penyelesaian pesanan GO-FOOD serta rating tertinggi selama periode HARKULNAS GO-FOOD 2019. Keenam mitra GO-RIDE ini berasal dari Bandung, Batam, Makassar, Jabodetabek, Solo, dan Surabaya

Selain itu, 55 pemenang dari pelanggan yang dipilih lewat undian bersama Dinas Sosial berasal dari 14 kota yang berbeda yaitu Bali, Bandar Lampung, Bandung, Batam, Jabodetabek, Makassar, Manado, Medan, Padang, Palembang, Semarang, Surabaya, Solo, dan Yogyakarta. Tercatat bahwa Pekanbaru, Bandar Lampung, dan Manado adalah 3 kota dengan transaksi tertinggi selama periode HARKULNAS GO-FOOD 2019.

Lebih dari sekadar penyedia layanan pesan-antar makanan, berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi FEB UI (LD FEB UI) baru-baru ini, GO-FOOD juga memberikan kontribusi yang signifikan pada perekonomian Indonesia, yaitu sebesar Rp 18 triliun.

“Lewat berbagai macam program dan penawaran menarik yang secara rutin kami adakan seperti HARKULNAS GO-FOOD 2019 ini. Kami harap platform yang kami sediakan untuk semua pihak yang tergabung dalam ekosistem kami tidak hanya didukung dan dipermudah, namun juga memberikan dampak sosial dan ekonomi yang positif – sesuai dengan pilar utama kami di GOJEK.” Tutup Aristo.

BACA JUGA  Berniat Membuka Resto? Hubungi Rifani Sebagai Konsultannya

(BON)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan