Kesehatan

Gojek dan Halodoc Hadirkan Inovasi Layanan Telemedicine Check Covid-19 Dukung Kementerian Kesehatan RI Perkuat Penangana

Berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, perusahaan teknologi karya anak bangsa Gojek dan Halodoc meluncurkan inovasi layanan telemedicine Check COVID-19 untuk bantu penanganan Virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Layanan konsultasi online (telemedik) tersebut didukung oleh lebih dari 20.000 dokter berlisensi dan berpengalaman di dalam ekosistem Halodoc. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) hari Senin 23 Maret di Jakarta.

Layanan telemedicine Check COVID-19 dari Halodoc tersedia dalam bentuk shuffle card di aplikasi Gojek. Jutaan pengguna aplikasi Gojek bisa memilih shuffle card Check COVID-19 tersebut di tampilan aplikasi Gojek, dan pengguna akan langsung diarahkan ke layanan Check COVID-19 di aplikasi Halodoc.

Pengguna kemudian bisa memanfaatkan Check COVID-19 di aplikasi Halodoc, untuk berkonsultasi mengenai gejala kesehatan yang sedang dialami dan melakukan “self-assessment” atau pemeriksaaan sendiri terkait COVID-19. Apabila ada dugaan menderita COVID-19, dokter dari Halodoc akan berupaya melakukan penanganan dengan meminta pengguna tetap di rumah, menerapkan isolasi di rumah dan obat yang diresepkan akan diantar oleh Gojek ke rumah pengguna.

Ini supaya penyebaran penyakit bisa diminimalisir. Bila membutuhkan penanganan dan tindakan lebih lanjut, akan dirujuk ke rumah sakit rujukan. Mitra dokter Halodoc telah mendapatkan pelatihan dan memiliki pengetahuan yang memadai sesuai anjuran Pemerintah dan WHO mengenai COVID-19, supaya bisa memberikan konsultasi yang tepat.

“Pandemi COVID-19 merupakan kejadian luar biasa yang membutuhkan kolaborasi erat antara pemerintah dan swasta,” kata drg. Oscar Primadi, MPH., Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI. “Kami percaya kolaborasi ini akan memperkuat sistem penanganan COVID-19 yang telah disusun pemerintah secara komprehensif. Solusi telemedicine yang ditawarkan sangat membantu sistem kesehatan Indonesia dalam menyaring pasien dengan risiko COVID-19. Tidak hanya itu, Gojek dan Halodoc memiliki akses untuk menyebarkan informasi dan edukasi pencegahan COVID-19 kepada puluhan juta masyarakat Indonesia, ” tambahnya.

Inovasi telemedicine ini didesain untuk memperkuat upaya Pemerintah menangani pandemi COVID-19. Berdasar data World Health Organization, sekitar 80% pasien COVID-19 di dunia hanya mengalami gejala ringan, dan bisa sembuh dengan perawatan di rumah tanpa perlu dirawat di rumah sakit[1].

Melalui layanan telemedicine Halodoc dan Gojek, pasien bisa tetap di rumah dan mendapatkan obat lewat Halodoc yang diantarkan langsung oleh Gojek. Layanan telemedicine membantu pemerintah untuk fokus dalam menangani pasien COVID-19 yang berada di kategori risiko tinggi atau berada dalam kondisi menengah-parah.

Andre Soelistyo – Co-CEO Gojek Group mengatakan, “Sebagai anak bangsa, kami punya kewajiban membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia mencegah penyebaran COVID-19. Kami sangat mengapresiasi langkah sigap pemerintah terutama Kementerian Kesehatan RI dalam mendorong berbagai inovasi mencegah dan menangani pandemi ini. Untuk itu, kami turut mengerahkan seluruh elemen dari ekosistem kami untuk memperkuat penanganan COVID-19 di Indonesia. Tidak lepas dari ini, tentu para mitra driver dan mitra merchant kami yang membantu masyarakat Indonesia melewati masa sulit ini. Merekalah yang membantu masyarakat untuk mendapatkan barang, makanan dan obat-obatan yang diperlukan. Kami berharap Gojek dapat menjadi tulang punggung Indonesia untuk kita bersama melewati COVID-19.”

Kevin Aluwi – Co-CEO Gojek Group mengatakan, “Kami memiliki komitmen untuk berada di garda terdepan dalam mencegah penyebaran COVID-19 guna memastikan keamanan dan kesehatan masyarakat Indonesia. Melalui kerja sama dengan Halodoc dan Kementerian Kesehatan RI ini, kami tidak hanya menyebarkan berbagai konten edukasi pencegahan COVID-19 tetapi juga membuka akses kepada jutaan masyarakat Indonesia untuk melakukan pemeriksaan awal COVID-19.

Hal ini sejalan dengan gerakan #dirumahaja yang telah Gojek gaungkan guna memutus rantai penularan COVID-19, mengikuti himbauan pemerintah untuk menjaga jarak sosial. Dengan adanya pemeriksaan awal ini, kami percaya kami bisa membantu meringankan beban pelayanan di rumah sakit, mempercepat deteksi COVID-19 dan menghindari orang harus keluar rumah untuk tes sehingga pandemi COVID-19 bisa segera berlalu.”

Jonathan Sudarta, CEO Halodoc mengatakan situasi seperti ini memerlukan terobosan yang dapat memudahkan masyarakat untuk memastikan kesehatannya. “Ketika penyakit ini mulai menyebar sejak awal tahun lalu, Halodoc sebagai platform teknologi kesehatan terdepan, terus mengoptimalkan ekosistem teknologi kami untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat mengantisipasi risiko COVID-19 dari hulu ke hilir. Sistem pemeriksaan awal kami akan membantu menyaring masyarakat dengan risiko COVID-19 rendah, medium hingga tinggi. Kami juga telah menyiagakan lebih banyak dokter sehingga masyarakat bisa berkonsultasi secara gratis saat ini kepada dokter di kategori COVID-19 kapanpun dan dimanapun. Supaya, sistem layanan kesehatan Pemerintah bisa difokuskan kepada penanganan pasien COVID-19.”

BACA JUGA  Manfaatkan Aplikasi Pulse, Prudential Indonesia dan Halodoc Sediakan 50.000 Rapid Test Covid-19 Tanpa Biaya

Upaya Gojek dan Halodoc tidak berhenti disitu saja. Gojek dan Halodoc juga akan menciptakan produk baru mendesentralisasi pemeriksaan laboratorium yang direkomendasikan oleh pemerintah agar rumah sakit dapat berfokus pada pasien yang membutuhkan perawatan. Guna mendukung inisiatif ini, Gojek akan melakukan penggalangan dana swasta. Lebih jauh lagi, saat ini Halodoc membebasbiayakan layanan konsultasi dokter umum khusus COVID-19 di aplikasinya.

Sebelumnya, Gojek telah mengumumkan tiga fokus utama yang dilakukan perusahaan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dalam kampanye #dirumahaja. Tiga fokus utama tersebut adalah: Pembatasan Jarak Sosial (Social Distancing), mempraktikkan Gaya Hidup Sehat dan menjaga Produktivitas. Bahkan, untuk mendukung mitra driver dalam menjaga produktivitasnya, Gojek menjadi aplikasi on-demand pertama di Indonesia yang meluncurkan skema bantuan pendapatan untuk mitra driver yang positif terkena COVID-19.

Selain itu, Gojek juga akan mempermudah mobilisasi tenaga medis dari dan ke rumah sakit maupun pusat tes kesehatan melalui voucher diskon GoRide dan GoCar. Ini adalah bentuk apresiasi kepada tenaga medis yang bekerja tanpa mengenal lelah membantu masyarakat di tengah COVID-19.

Sementara itu, Halodoc juga terus mengampanyekan pembatasan jarak sosial dan gaya hidup sehat lewat berbagai channel komunikasinya.

Informasi lebih lanjut mengenai upaya pencegahan COVID-19 yang dilakukan masing-masing pihak:

(EGA)

 

Baca Juga

  • Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi, Industrinya Berkontribusi bagi Ekonomi

    Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi, Industrinya Berkontribusi bagi Ekonomi

    Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa susu kental manis (SKM) merupakan produk yang aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat karena sudah sesuai standar dan mendapatkan izin edar. Produk SKM masih diperlukan sebagai tambahan atau pelengkap untuk berbagai sajian kuliner, seperti pada kopi, teh tarik, atau martabak manis. Direktur Jenderal Industri Agro, Panggah Susanto menjelaskan, SKM merupakan salah satu […]
  • Watashi Bento, Bento Frozen Praktis Siap Digoreng dan Dinikmati Kapan pun

    Watashi Bento, Bento Frozen Praktis Siap Digoreng dan Dinikmati Kapan pun

    Bentō adalah istilah dari bahasa Jepang yang memiliki pengertian yang sama dengan bekal makanan/nasi kotak di Indonesia, yang berisi nasi, lauk seperti sosis/telur gulung, daging dan juga sayur sayuran. Biasanya isi bento disusun dan ditata sangat menarik sehingga mengundang selera makan semua orang. Sejarah bento berawal pada akhir kekuasaan dinasti Kamakura pada abad 14, Namun istilah bento […]
  • Kemitraan Strategis HOOQ & IM3 Ooredoo Berikan Penawaran Istimewa untuk Pecinta Film di Indonesia

    Kemitraan Strategis HOOQ & IM3 Ooredoo Berikan Penawaran Istimewa untuk Pecinta Film di Indonesia

    HOOQ, layanan video-on-demand pertama dan terbesar di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kemitraan strategis dengan Indosat Ooredoo, melalui IM3 Ooredoo. Penyedia layanan streaming video dan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia ini bekerjasama memberikan penawaran istimewa untuk para pelanggannya, guna menyajikan berbagai konten film dan serial berkualitas dari Indonesia, Asia, dan juga Hollywood. Para penikmat film […]
  • Bantu Atasi Persoalan Sampah, Aplikasi Scavenger Indonesia Diluncurkan

    Bantu Atasi Persoalan Sampah, Aplikasi Scavenger Indonesia Diluncurkan

    Masih rendahnya kesadaran masyarakat melakukan daur ulang sampah menjadi salah satu alasan aplikasi Scavenger Indonesia diluncurkan. Didirikan oleh Fio Wibawa, proyek ini diusung The Better Green People (TBGP) Foundation, sebuah organisasi nirlaba. Fio mengungkapkan, kehadiran aplikasi Scavenger Indonesia diharapkan bisa menjadi solusi untuk memudahkan persoalan daur ulang di kawasan pemukiman, dengan menyediakan sistem layanan daur […]
  • Satu Dekade Perjalanan Inovasi, Samsung Terus Menetapkan Tren Teknologi Smartphone Teranyar

    Satu Dekade Perjalanan Inovasi, Samsung Terus Menetapkan Tren Teknologi Smartphone Teranyar

    Pembaharuan teknologi pada pasar smartphone terus melaju menawarkan kenyamanan dan memudahkan hidup yang penuh tantangan. Sejak awal perjalanan, Samsung telah menjadikan inovasi sebagai DNA dalam menghadirkan pembaharuan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Semangat inovasi ini pula lah yang membuat Samsung Electronics Indonesia menghadirkan inovasi terdepan yang ditawarkan ke pasar premium terlebih dahulu. Terobosan teknologi yang […]
  • Kata Milenial Tentang All New NMAX 155 Connected/ABS di Java Jazz 2020

    Kata Milenial Tentang All New NMAX 155 Connected/ABS di Java Jazz 2020

    Sejak dirilis akhir tahun 2019, All New NMAX 155 Connected/ABS menuai rasa ingin tahu dari beragam kalangan. Hal ini semakin terbukti karena pada hari pertama Java Jazz 2020, booth Yamaha sudah ramai akan pengunjung yang tertarik untuk melihat kecanggihan All New NMAX 155 Connected/ABS dengan mencoba aplikasi Y-connect (Yamaha Motorcycle Connect). “Yamaha motor menghadirkan uji […]
  • Kuliner Enak di Bintaro yang Mengedepankan Finger Snack

    Kuliner Enak di Bintaro yang Mengedepankan Finger Snack

    INFOBINTARO (IB) – Finger snack atau finger food sudah menjadi tren di masyarakat saat ini. Mulai dari acara formal hingga acara santai bersama keluarga seringkali ditemani makanan jenis ini untuk meramaikan suasana, didampingi oleh makanan berat atau berbagai jenis minuman segar seperti salah satu kuliner enak di Bintaro yang mengedepankan sajian finger snack dibawah ini. […]
  • Erajaya dan Samsung Serahkan Mobil kepada Pemenang Program Samsung Karnaval

    Erajaya dan Samsung Serahkan Mobil kepada Pemenang Program Samsung Karnaval

    PT Nusa Abadi Sukses Artha (NASA), anak usaha PT Erajaya Swasembada, Tbk (Erajaya Group) dan Samsung Electronic Indonesia (SEIN) secara resmi telah menyerahkan Grand Prize Samsung Karnaval 2019 berupa 1 unit mobil Mitsubitshi Xpander kepada Nailah Nurjihan Ulfah sebagai pemenang. Penyerahan hadiah dilakukan oleh perwakilan dari Erafone dan Samsung secara langsung di depan Erafone Megastore […]
  • Wisuda Unik Bertema Rote di Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

    Wisuda Unik Bertema Rote di Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

    Merupakan tradisi serta ciri khas bagi UMN untuk mengangkat tema kedaerahan dalam kegiatan wisudanya. Wisuda XII kali ini bertemakan adat dari daerah Rote, Nusa Tenggara Timur. Tata panggung dan seluruh dekorasi area kegiatan turut dibuat dalam nuansa daerah Rote. Tak hanya itu, UMN juga turut menampilkan tarian-tarian daerah serta lagu-lagu daerah NTT untuk menyemarakkan nuansa […]
  • Parkir Nusa Jaya 39, Solusi Masalah Parkir Sepeda Motor Pengguna Kereta di Stasiun Pondok Ranji

    Parkir Nusa Jaya 39, Solusi Masalah Parkir Sepeda Motor Pengguna Kereta di Stasiun Pondok Ranji

    Upaya pemerintah untuk menyediakan sarana transportasi umum yang aman, nyaman dan murah bagi masyarakat dengan meningkatkan sarana transportasi publik seperti kereta perlu diacungi jempol. Jika kita naik kereta commuter line di berbagai wilayah satelit Jakarta, kita akan melihat perbaikan yang sangat signifikan terhadap sarana transportasi masal ini. Frekuensi kedatanagn kereta commuter line yang semakin tinggi […]
  • Foto : Cooking Class Membuat Sushi Bersama Master Sushi Chef Armiyanto Setiyaki

    Foto : Cooking Class Membuat Sushi Bersama Master Sushi Chef Armiyanto Setiyaki

    Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Sepintas dari penampilannya, sushi terlihat sederhana, namun tidak sembarang orang bisa membuat sushi secara baik. Untuk membagikan pengalamannya, Master sushi Chef Armiyanto Setiyaki yang akrab dipanggil Chef Setiyaki, pemilik dari Resto Oshi Sushi […]
  • Traveloka Hadirkan Fitur Paylater Sebagai Alternatif Pembayaran Fleksibel yang Membantu Pengguna Mewujudkan Rencana Perjalanan

    Traveloka Hadirkan Fitur Paylater Sebagai Alternatif Pembayaran Fleksibel yang Membantu Pengguna Mewujudkan Rencana Perjalanan

    Traveloka, perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle booking terdepan untuk destinasi lokal dan internasional, secara resmi mengumumkan peluncuran layanan terbarunya, PayLater, sebuah fitur pembayaran yang didukung oleh PT Pasar Dana Pinjaman (Danamas) sebagai salah satu pemegang lisensi peer-to-peer lending yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan PayLater, pengguna dapat melakukan perjalanan […]
  • Serunya Kompetisi PES Game dari Komunitas PESXWE.com di Electronic City Alam Sutera

    Serunya Kompetisi PES Game dari Komunitas PESXWE.com di Electronic City Alam Sutera

    Demam soccer game yang berbasis playstation sedang meningkat beberapa waktu belakangan ini. Hal ini didorong intensnya pertandingan sepak bola berbagai kompetisi di Eropa yang kerap ditayangkan beberapa stasiun TV. Untuk menampung animo dari membernya dan juga penggemar PES Game, Komunitas PESXWE.com, sebuah komunitas penggemar game PES menggelar kompetisi PES game di Electronic City Alam Sutera […]
  • Maxstream dan Astro Hadirkan Konten Orisinal “Nawangsih”, Serial Drama Horror Garapan Melly Goeslow

    Maxstream dan Astro Hadirkan Konten Orisinal “Nawangsih”, Serial Drama Horror Garapan Melly Goeslow

    Aplikasi video streaming Telkomsel, MAXstream melalui MAXstream Original kembali menghadirkan konten orisinal dalam upaya meningkatkan pengalaman penggunanya dalam menikmati berbagai konten video. Kali ini MAXstream berkolaborasi bersama Astro memproduksi serial drama horror berjudul “Nawangsih”. Episode 1 dan 2 akan bisa dinikmati mulai tanggal 16 Januari 2019 dan 8 episode berikutnya akan dirilis setiap hari Kamis […]
  • BSDE Capai 75% dari Target Marketing Sales 2018

    BSDE Capai 75% dari Target Marketing Sales 2018

    Pengembang properti terkemuka di Indonesia, PT Bumi Serpong Damai Tbk. (kode saham: BSDE) membukukan marketing salessebesar Rp 5,4 triliun atau 75% dari target tahun ini senilai Rp 7,2 triliun. Pencapaian ini meningkat 12% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 4,8 triliun. “Kenaikan marketing sales ini didukung oleh keberhasilan penjualan dari sejumlah produk baru, baik […]
  • Samsung Perkenalkan Smartphone Galaxy J6+ dan J4+

    Samsung Perkenalkan Smartphone Galaxy J6+ dan J4+

    Samsung Electronics Indonesia mengumumkan anggota terbaru dari seri Galaxy J, yaitu Samsung Galaxy J6+ dan J4+. Menampilkan desain dan display elegan, kamera yang disempurnakan dan kapabilitas kinerja yang tinggi, kedua produk ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan lebih banyak hal dari smartphone Galaxy J sebelumnya. “Galaxy J6+ dan J4+ merupakan gambaran dari dasar-dasar inovasi Samsung Galaxy, […]
  • Pengiriman Barang Berat/Ringan ke Jawa/Madura Harga Hemat Dengan MUS Express

    Pengiriman Barang Berat/Ringan ke Jawa/Madura Harga Hemat Dengan MUS Express

    Dalam suatu usaha yang bersifat memasarkan produk, pengiriman barang adalah hal yang sangat penting. Mengirim barang dari satu tempat ke tempat tujuan tertentu adalah bagian dari jalannya sebuah bisnis. Namun, tidak semua barang bisa dikirim oleh pelaku bisnis itu sendiri. Disinilah peranan dari perusahaan jasa pengiriman yang profesional. Barang yang ingin dikirimkan akan sampai di […]
  • Grab Mudahkan Mudik Lebaran Masyarakat Indonesia dengan Aplikasi Ayo Mudik dan Fitur ‘Multi-City’ bagi Mitra Pengemudi GrabCar

    Grab Mudahkan Mudik Lebaran Masyarakat Indonesia dengan Aplikasi Ayo Mudik dan Fitur ‘Multi-City’ bagi Mitra Pengemudi GrabCar

    Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Grab, platform penyedia layanan transportasi on-demand dan pembayaran mobile terdepan di Asia Tenggara, meluncurkan aplikasi Ayo Mudik bagi masyarakat Indonesia yang hendak bepergian ke kampung halamannya selama periode mudik lebaran tahun ini. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kudo, sebuah perusahaan rintisan berbasis teknologi yang merupakan bagian […]
  • Jual Alkes Berkualitas Rendah dan Harganya Mahal,Kemendag Tutup Ratusan Akun Pedagang Daring

    Jual Alkes Berkualitas Rendah dan Harganya Mahal,Kemendag Tutup Ratusan Akun Pedagang Daring

    Selain membahas realokasi dan refokusing anggaran dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, perlawanan terhadap COVID-19 juga dilakukan Kementerian Perdagangan melalui pengawasan perdagangan daring. “Masih ada pedagang yang nekat menjual alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer berkualitas rendah di tengah kondisi sulit pandemi COVID-19,” tegas Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan, […]
  • Khasiat Ceker Ayam Bagi Tubuh Kita

    Khasiat Ceker Ayam Bagi Tubuh Kita

    Makanan dari ceker ayam, mungkin akan membuat Anda merasa jijik. Ceker ayam sesuai seperti namanya adalah bagian kaki ayam. Bila kita melihat bentuknya maka itu akan menggambarkan lingkungan ayam yang kotor dan mungkin bagian ayam tersebut banyak mengandung kuman atau bakteri. Tapi di beberapa daerah di Indonesia, ceker ayam banyak dibuat menjadi berbagai macam sajian […]

Tinggalkan Balasan