Kesehatan

Gojek dan Halodoc Hadirkan Inovasi Layanan Telemedicine Check Covid-19 Dukung Kementerian Kesehatan RI Perkuat Penangana

Berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, perusahaan teknologi karya anak bangsa Gojek dan Halodoc meluncurkan inovasi layanan telemedicine Check COVID-19 untuk bantu penanganan Virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Layanan konsultasi online (telemedik) tersebut didukung oleh lebih dari 20.000 dokter berlisensi dan berpengalaman di dalam ekosistem Halodoc. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) hari Senin 23 Maret di Jakarta.

Layanan telemedicine Check COVID-19 dari Halodoc tersedia dalam bentuk shuffle card di aplikasi Gojek. Jutaan pengguna aplikasi Gojek bisa memilih shuffle card Check COVID-19 tersebut di tampilan aplikasi Gojek, dan pengguna akan langsung diarahkan ke layanan Check COVID-19 di aplikasi Halodoc.

Pengguna kemudian bisa memanfaatkan Check COVID-19 di aplikasi Halodoc, untuk berkonsultasi mengenai gejala kesehatan yang sedang dialami dan melakukan “self-assessment” atau pemeriksaaan sendiri terkait COVID-19. Apabila ada dugaan menderita COVID-19, dokter dari Halodoc akan berupaya melakukan penanganan dengan meminta pengguna tetap di rumah, menerapkan isolasi di rumah dan obat yang diresepkan akan diantar oleh Gojek ke rumah pengguna.

Ini supaya penyebaran penyakit bisa diminimalisir. Bila membutuhkan penanganan dan tindakan lebih lanjut, akan dirujuk ke rumah sakit rujukan. Mitra dokter Halodoc telah mendapatkan pelatihan dan memiliki pengetahuan yang memadai sesuai anjuran Pemerintah dan WHO mengenai COVID-19, supaya bisa memberikan konsultasi yang tepat.

“Pandemi COVID-19 merupakan kejadian luar biasa yang membutuhkan kolaborasi erat antara pemerintah dan swasta,” kata drg. Oscar Primadi, MPH., Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI. “Kami percaya kolaborasi ini akan memperkuat sistem penanganan COVID-19 yang telah disusun pemerintah secara komprehensif. Solusi telemedicine yang ditawarkan sangat membantu sistem kesehatan Indonesia dalam menyaring pasien dengan risiko COVID-19. Tidak hanya itu, Gojek dan Halodoc memiliki akses untuk menyebarkan informasi dan edukasi pencegahan COVID-19 kepada puluhan juta masyarakat Indonesia, ” tambahnya.

Inovasi telemedicine ini didesain untuk memperkuat upaya Pemerintah menangani pandemi COVID-19. Berdasar data World Health Organization, sekitar 80% pasien COVID-19 di dunia hanya mengalami gejala ringan, dan bisa sembuh dengan perawatan di rumah tanpa perlu dirawat di rumah sakit[1].

Melalui layanan telemedicine Halodoc dan Gojek, pasien bisa tetap di rumah dan mendapatkan obat lewat Halodoc yang diantarkan langsung oleh Gojek. Layanan telemedicine membantu pemerintah untuk fokus dalam menangani pasien COVID-19 yang berada di kategori risiko tinggi atau berada dalam kondisi menengah-parah.

Andre Soelistyo – Co-CEO Gojek Group mengatakan, “Sebagai anak bangsa, kami punya kewajiban membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia mencegah penyebaran COVID-19. Kami sangat mengapresiasi langkah sigap pemerintah terutama Kementerian Kesehatan RI dalam mendorong berbagai inovasi mencegah dan menangani pandemi ini. Untuk itu, kami turut mengerahkan seluruh elemen dari ekosistem kami untuk memperkuat penanganan COVID-19 di Indonesia. Tidak lepas dari ini, tentu para mitra driver dan mitra merchant kami yang membantu masyarakat Indonesia melewati masa sulit ini. Merekalah yang membantu masyarakat untuk mendapatkan barang, makanan dan obat-obatan yang diperlukan. Kami berharap Gojek dapat menjadi tulang punggung Indonesia untuk kita bersama melewati COVID-19.”

Kevin Aluwi – Co-CEO Gojek Group mengatakan, “Kami memiliki komitmen untuk berada di garda terdepan dalam mencegah penyebaran COVID-19 guna memastikan keamanan dan kesehatan masyarakat Indonesia. Melalui kerja sama dengan Halodoc dan Kementerian Kesehatan RI ini, kami tidak hanya menyebarkan berbagai konten edukasi pencegahan COVID-19 tetapi juga membuka akses kepada jutaan masyarakat Indonesia untuk melakukan pemeriksaan awal COVID-19.

Hal ini sejalan dengan gerakan #dirumahaja yang telah Gojek gaungkan guna memutus rantai penularan COVID-19, mengikuti himbauan pemerintah untuk menjaga jarak sosial. Dengan adanya pemeriksaan awal ini, kami percaya kami bisa membantu meringankan beban pelayanan di rumah sakit, mempercepat deteksi COVID-19 dan menghindari orang harus keluar rumah untuk tes sehingga pandemi COVID-19 bisa segera berlalu.”

Jonathan Sudarta, CEO Halodoc mengatakan situasi seperti ini memerlukan terobosan yang dapat memudahkan masyarakat untuk memastikan kesehatannya. “Ketika penyakit ini mulai menyebar sejak awal tahun lalu, Halodoc sebagai platform teknologi kesehatan terdepan, terus mengoptimalkan ekosistem teknologi kami untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat mengantisipasi risiko COVID-19 dari hulu ke hilir. Sistem pemeriksaan awal kami akan membantu menyaring masyarakat dengan risiko COVID-19 rendah, medium hingga tinggi. Kami juga telah menyiagakan lebih banyak dokter sehingga masyarakat bisa berkonsultasi secara gratis saat ini kepada dokter di kategori COVID-19 kapanpun dan dimanapun. Supaya, sistem layanan kesehatan Pemerintah bisa difokuskan kepada penanganan pasien COVID-19.”

Upaya Gojek dan Halodoc tidak berhenti disitu saja. Gojek dan Halodoc juga akan menciptakan produk baru mendesentralisasi pemeriksaan laboratorium yang direkomendasikan oleh pemerintah agar rumah sakit dapat berfokus pada pasien yang membutuhkan perawatan. Guna mendukung inisiatif ini, Gojek akan melakukan penggalangan dana swasta. Lebih jauh lagi, saat ini Halodoc membebasbiayakan layanan konsultasi dokter umum khusus COVID-19 di aplikasinya.

Sebelumnya, Gojek telah mengumumkan tiga fokus utama yang dilakukan perusahaan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dalam kampanye #dirumahaja. Tiga fokus utama tersebut adalah: Pembatasan Jarak Sosial (Social Distancing), mempraktikkan Gaya Hidup Sehat dan menjaga Produktivitas. Bahkan, untuk mendukung mitra driver dalam menjaga produktivitasnya, Gojek menjadi aplikasi on-demand pertama di Indonesia yang meluncurkan skema bantuan pendapatan untuk mitra driver yang positif terkena COVID-19.

Selain itu, Gojek juga akan mempermudah mobilisasi tenaga medis dari dan ke rumah sakit maupun pusat tes kesehatan melalui voucher diskon GoRide dan GoCar. Ini adalah bentuk apresiasi kepada tenaga medis yang bekerja tanpa mengenal lelah membantu masyarakat di tengah COVID-19.

Sementara itu, Halodoc juga terus mengampanyekan pembatasan jarak sosial dan gaya hidup sehat lewat berbagai channel komunikasinya.

Informasi lebih lanjut mengenai upaya pencegahan COVID-19 yang dilakukan masing-masing pihak:

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Manfaat Rempah Sebagai Obat Batuk

    Manfaat Rempah Sebagai Obat Batuk

    Pergantian musim memicu batuk dan pilek. Selain obat dokter, obat rumahan yang​​ sejak dulu dipercaya sebagai pereda batuk bisa Anda coba. Mudah dan murah! ​​Banyak rempah segar yang bisa diracik menjadi minuman untuk meredakan batuk, mengeluarkan dahak hingga menambah daya tahan tubuh. Beberapa rempah dan bahan ini bisa Anda pakai sebagai obat batuk alami.​ ​1. […]
  • Pakai TIKI, Dapatkan Promo Lima Kilo Bayar Satu Kilo Seluruh Jabodetabek

    Pakai TIKI, Dapatkan Promo Lima Kilo Bayar Satu Kilo Seluruh Jabodetabek

    PT. Citra Van Titipan Kilat (“TIKI”), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, mengumumkan promo ECO LIBAS (Lima Kilo Bayar Satu Kilo) untuk pengiriman menggunakan produk Economy dengan rute tujuan dari dan ke seluruh wilayah Jabodetabek. Setiap pengiriman barang dengan berat minimal 1 Kg dan maksimal 5 Kg pertama, pelanggan berhak mendapatkan harga flat sebesar Rp […]
  • Mini-Projector LED Portabel Bebas Kabel BenQ Hadirkan Hiburan yang Menunjang Gaya Hidup Masa Kini

    Mini-Projector LED Portabel Bebas Kabel BenQ Hadirkan Hiburan yang Menunjang Gaya Hidup Masa Kini

    BenQ, merek proyektor DLP No. 1 di dunia, hari ini memperkenalkan GVI yang merupakan Mini-Projector LED Portabel, sebuah cara baru bagi para trendsetter gaya hidup digital untuk menikmati hiburan pada layar besar tanpa berurusan dengan kabel atau ukuran proyektor yang besar. Bentuk proyektor yang kompak dan ringan serta dioperasikan dengan menggunakan baterai dapat memutar film, […]
  • Smart TV dengan Harga Terjangkau untuk Semua yang Bisa Bikin Mood Kembali Happy di Tengah Suasana Pandemi

    Smart TV dengan Harga Terjangkau untuk Semua yang Bisa Bikin Mood Kembali Happy di Tengah Suasana Pandemi

    Mulai senin tanggal 14 september 2020, pemprov DKI Jakarta kembali menerapkan PSBB kembali sebagai langkah rem darurat terkait penanggulangan pademi virus corona (Covid-19). Hal ini terkait jumlah kasus positif Covid-19 di beberapa hari terakhir mencatat rekor penambahan tertinggi. Bahkan Jakarta kembali menjadi provinsi yang memiliki jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 terbanyak dengan 48.393 dengan 1.317 […]
  • Telkomsel Dukung Penerapan Teknologi Open RAN di Tanah Air dengan Menumbuhkan Komunitas dan Ekosistem Pengembang Lokal

    Telkomsel Dukung Penerapan Teknologi Open RAN di Tanah Air dengan Menumbuhkan Komunitas dan Ekosistem Pengembang Lokal

    Memperkuat komitmen sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel konsisten mendorong tumbuhnya berbagai alternatif solusi teknologi terbaru dalam upaya menghadirkan kualitas dan kapasitas layanan broadband yang prima, terluas, dan merata hingga pelosok negeri. Salah satu alternatif teknologi yang akan segera diiuji dan diimplementasikan adalah Open RAN (Radio Access Network). Teknologi Open RAN merupakan teknologi […]
  • Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan

    Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan

    Kale merupakan sayur super yang kaya akan manfaat kesehatan, tidak kalah dari bayam atau brokoli. Kale (Brassica oleracea acephala) memiliki beberapa variasi jenis, ada yang berwarna hijau atau ungu kebiruan. Berbeda dari brokoli dan keluarga kubis lainnya, daun kale tidak membentuk kepala. Kale (boerenkool) mulai dikenal oleh banyak orang. Anda dapat menemukan sayuran ini di […]
  • Citibank N.A., Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 3 Triliun di Tahun 2019

    Citibank N.A., Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 3 Triliun di Tahun 2019

    Citibank N.A., Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp 3 triliun di tahun 2019, termasuk peningkatan pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional bersih. Pendapatan bunga bersih tumbuh 5% dari tahun lalu menjadi Rp 4,4 Triliun karena peningkatan rata-rata kredit dan bank secara aktif telah meningkatkan rasio dana murah. Peningkatan pendapatan operasional bersih terutama berasal dari pendapatan […]
  • Hari Gizi Nasional Indonesia 25 Januari 2018

    Hari Gizi Nasional Indonesia 25 Januari 2018

    Masih lekat di ingatan kita bencana kesehatan di Asmat yakni sebanyak 24 anak di Asmat meninggal akibat campak dan gizi buruk dalam empat bulan terakhir. Jumlah korban bisa bertambah karena Pemerintah Kabupaten Asmat masih melakukan pendataan. Rasanya sangat kontras dengan Hari Gizi Nasional di Indonesia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 Januari. Sebenarnya pentingnya gizi […]
  • Daftar Hari Libur 2020 Sesuai SKB

    Daftar Hari Libur 2020 Sesuai SKB

    Pemerintah merevisi ketentuan mengenai cuti bersama dan hari libur pada tahun 2020. Revisi itu menambah jumlah hari libur pada tahun 2020 dari 20 hari menjadi 24 hari. Aturan libur nasional dan cuti bersama 2020 telah tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dengan […]
  • Honda Mempersiapkan Diri untuk Tampil di F1 Grand Prix Austria 2020

    Honda Mempersiapkan Diri untuk Tampil di F1 Grand Prix Austria 2020

    Ajang balap Formula One (F1) Grand Prix Austria musim 2020 akan dimulai pada akhir pekan ini, 5 Juli 2020 bertempat di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Honda Racing F1 yang diwakili oleh tim Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri akan mengikuti balapan perdana di musim 2020 ini meski masih dalam masa pandemi […]
  • Waspadai Jika Buah Hati Mengalami Tanda-Tanda Kesulitan Bicara Ini

    Waspadai Jika Buah Hati Mengalami Tanda-Tanda Kesulitan Bicara Ini

    Apakah anak Anda mengalami kondisi-kondisi berikut ini pada usia pertumbuhannya? Jika tidak, Anda harus mewaspadainya karena hal ini bisa menjadi tanda suatu perkembangan yang tidak wajar dalam kemampuan bicaranya. Pada umur satu bulan, apakah bayi Anda memberikan reaksi terhadap bunyi lonceng? Sedangkan di bulan kedua, apakah mulai bersuara? Selanjutnya di umur 3 bulan, apakah sudah mampu […]
  • Raih Kepercayaan Bank, Smart Finance Dapatkan Fasilitas Kredit Dari Bank Mitra Niaga

    Raih Kepercayaan Bank, Smart Finance Dapatkan Fasilitas Kredit Dari Bank Mitra Niaga

    Smart Finance dan Bank Mitra Niaga telah melakukan penandatanganan kerja sama mengenai perjanjian kredit pada Senin, 14 Januari 2019 bertempat di Wisma Slipi 77 Jakarta Barat . Adapun fasilitas kredit yang diberikan Bank Mitra Niaga kepada Smart Finance sebesar Rp 10 miliar. Penyaluran kredit senilai Rp 10 miliar tersebut diberikan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan […]
  • Lebaran, Kualitas Udara Ibukota Semakin Membaik

    Lebaran, Kualitas Udara Ibukota Semakin Membaik

    Libur Idul Fitri membuat kualitas udara Jakarta semakin membaik. Jika sebelumnya kualitas udara Ibukota telah menunjukan tren membaik selama penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB), selama libur Hari Raya data menunjukan kualitas udara semakin baik lagi. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andono Warih memaparkan, saat hari H Idul Fitri 2020 (24/5), konsentrasi PM2,5 di semua lokasi […]
  • Diskon 30% Semua Buku, Gramedia Meriahkan Akhir Tahun dengan Promo 12.12 Bumbastis

    Diskon 30% Semua Buku, Gramedia Meriahkan Akhir Tahun dengan Promo 12.12 Bumbastis

    Dalam rangka memeriahkan akhir tahun 2020, Gramedia, perusahaan retail dan distributor buku terbesar di Indonesia menggelar promo 12.12 BUMBASTIS (Buku Murah, Barang Fantastis) dengan diskon 30% untuk semua buku selama 24 jam nonstop khusus pada 12 Desember 2020. Rangkaian promo ini berlangsung selama empat hari berturut-turut yang dimulai pada Jumat, 11 Desember hingga Senin, 14 […]
  • Arti Studio Photo, Studio Photo Dengan Layanan Prima dan Harga Terjangkau, Membuat Foto-Foto Anda Lebih Berarti

    Arti Studio Photo, Studio Photo Dengan Layanan Prima dan Harga Terjangkau, Membuat Foto-Foto Anda Lebih Berarti

    Pada saat ini kegiatan foto memfoto sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Dengan kemajuan teknologi kapan pun kita akan mengambil foto tidak menjadi masalah. Handphone dengan fitur kamera canggih maupun kamera digital bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang tidak mahal. Namun tentu saja, dengan kemudahan ini tidak lantas membuat segala hal […]
  • AirAsia Adakan Kulineran Santan Bersama Rumah Belajar Saab Shares

    AirAsia Adakan Kulineran Santan Bersama Rumah Belajar Saab Shares

    Sebagai rangkaian dari perayaan kesuksesan mengangkut 600 juta penumpang, AirAsia mengadakan acara Kulineran Santan bersama pemenang dari kompetisi 600M Stories di Indonesia, yaitu Saab Shares yang merupakan yayasan sosial yang didirikan pada tahun 2014 oleh kakak-beradik Sabrina Bensawan dan Elena Bensawan dan berfokus pada bidang pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan wanita yang tersebar di 6 provinsi […]
  • “Semerbak Nusantara”, Prestasi Membanggakan SMA Plus Pembangunan Jaya

    “Semerbak Nusantara”, Prestasi Membanggakan SMA Plus Pembangunan Jaya

    Pada bulan Agustus lalu, para siswa SMA Plus Pembangunan Jaya mengikuti Indonesia Student Company Competition yang diselenggarakan di Lotte Shopping Avenue pada tanggal 26 Agustus 2017 dengan produk andalannya berupa pewangi mobil herbal yang dinamai “Semerbak Nusantara”.  Tim SMA Plus Pembangunan Jaya yang disebut sebagai Entrepezo Nature Indonesia  berhasil menjadi juara 1 sekaligus mendapatkan golden ticket […]
  • Stop Faster. Drive Safer Goodyear Indonesia Luncurkan Assurance Triplemax 2

    Stop Faster. Drive Safer Goodyear Indonesia Luncurkan Assurance Triplemax 2

    Goodyear Indonesia mengumumkan peluncuran ban teranyar Assurance TripleMax 2 untuk segmen mobil berukuran sedang (mid-passenger car) di Indonesia. Assurance TripleMax generasi pertama diperkenalkan pada tahun 2014 untuk pertama kalinya dan telah mendapatkan kepercayaan dari para produsen mobil besar dunia dan konsumennya. Assurance TripleMax seri kedua yang didesain khusus untuk meningkatkan keselamatan dan ketahanan ban, memasuki […]
  • Tips Liburan: Memilih Barang Bawaan & Packing

    Tips Liburan: Memilih Barang Bawaan & Packing

    Banyak sekali wisatawan yang kaget ketika menyadari betapa banyak barang yang harus dibawa. Memang diperlukan pengalaman untuk menjadi efisien dalam menentukan barang apa saja yang dibawa dan seni mengepak barang ke dalam tas. Untuk Anda yang berlibur dengan menggunakan kendaraan umum, hal ini akan menjadi penting karena barang bawaan bisa mengganggu perjalanan liburan Anda. Berikut […]
  • Taman Kota 1 BSD City, Secuil Keindahan di Tengah Padatnya Kota

    Taman Kota 1 BSD City, Secuil Keindahan di Tengah Padatnya Kota

    Sebuah papan informasi berbentuk bulat yang berada di sela-sela pohon di Taman Kota 1 BSD City sangat menarik perhatian. Papan itu menginformasikan kepada setiap pengunjung mengenai manfaat hutan kota sebagai pabrik oksigen, serapan air dan habitat hewan. Mungkin kita sudah mengetahui tentang hal ini melalui tulisan-tulisan di surat kabar, majalah, internet atau televisi. Namun kalau kita […]

Tinggalkan Balasan