Kesehatan

Gojek dan Halodoc Hadirkan Inovasi Layanan Telemedicine Check Covid-19 Dukung Kementerian Kesehatan RI Perkuat Penangana

Berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, perusahaan teknologi karya anak bangsa Gojek dan Halodoc meluncurkan inovasi layanan telemedicine Check COVID-19 untuk bantu penanganan Virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Layanan konsultasi online (telemedik) tersebut didukung oleh lebih dari 20.000 dokter berlisensi dan berpengalaman di dalam ekosistem Halodoc. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) hari Senin 23 Maret di Jakarta.

Layanan telemedicine Check COVID-19 dari Halodoc tersedia dalam bentuk shuffle card di aplikasi Gojek. Jutaan pengguna aplikasi Gojek bisa memilih shuffle card Check COVID-19 tersebut di tampilan aplikasi Gojek, dan pengguna akan langsung diarahkan ke layanan Check COVID-19 di aplikasi Halodoc.

Pengguna kemudian bisa memanfaatkan Check COVID-19 di aplikasi Halodoc, untuk berkonsultasi mengenai gejala kesehatan yang sedang dialami dan melakukan “self-assessment” atau pemeriksaaan sendiri terkait COVID-19. Apabila ada dugaan menderita COVID-19, dokter dari Halodoc akan berupaya melakukan penanganan dengan meminta pengguna tetap di rumah, menerapkan isolasi di rumah dan obat yang diresepkan akan diantar oleh Gojek ke rumah pengguna.

Ini supaya penyebaran penyakit bisa diminimalisir. Bila membutuhkan penanganan dan tindakan lebih lanjut, akan dirujuk ke rumah sakit rujukan. Mitra dokter Halodoc telah mendapatkan pelatihan dan memiliki pengetahuan yang memadai sesuai anjuran Pemerintah dan WHO mengenai COVID-19, supaya bisa memberikan konsultasi yang tepat.

“Pandemi COVID-19 merupakan kejadian luar biasa yang membutuhkan kolaborasi erat antara pemerintah dan swasta,” kata drg. Oscar Primadi, MPH., Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI. “Kami percaya kolaborasi ini akan memperkuat sistem penanganan COVID-19 yang telah disusun pemerintah secara komprehensif. Solusi telemedicine yang ditawarkan sangat membantu sistem kesehatan Indonesia dalam menyaring pasien dengan risiko COVID-19. Tidak hanya itu, Gojek dan Halodoc memiliki akses untuk menyebarkan informasi dan edukasi pencegahan COVID-19 kepada puluhan juta masyarakat Indonesia, ” tambahnya.

Inovasi telemedicine ini didesain untuk memperkuat upaya Pemerintah menangani pandemi COVID-19. Berdasar data World Health Organization, sekitar 80% pasien COVID-19 di dunia hanya mengalami gejala ringan, dan bisa sembuh dengan perawatan di rumah tanpa perlu dirawat di rumah sakit[1].

Melalui layanan telemedicine Halodoc dan Gojek, pasien bisa tetap di rumah dan mendapatkan obat lewat Halodoc yang diantarkan langsung oleh Gojek. Layanan telemedicine membantu pemerintah untuk fokus dalam menangani pasien COVID-19 yang berada di kategori risiko tinggi atau berada dalam kondisi menengah-parah.

Andre Soelistyo – Co-CEO Gojek Group mengatakan, “Sebagai anak bangsa, kami punya kewajiban membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia mencegah penyebaran COVID-19. Kami sangat mengapresiasi langkah sigap pemerintah terutama Kementerian Kesehatan RI dalam mendorong berbagai inovasi mencegah dan menangani pandemi ini. Untuk itu, kami turut mengerahkan seluruh elemen dari ekosistem kami untuk memperkuat penanganan COVID-19 di Indonesia. Tidak lepas dari ini, tentu para mitra driver dan mitra merchant kami yang membantu masyarakat Indonesia melewati masa sulit ini. Merekalah yang membantu masyarakat untuk mendapatkan barang, makanan dan obat-obatan yang diperlukan. Kami berharap Gojek dapat menjadi tulang punggung Indonesia untuk kita bersama melewati COVID-19.”

Kevin Aluwi – Co-CEO Gojek Group mengatakan, “Kami memiliki komitmen untuk berada di garda terdepan dalam mencegah penyebaran COVID-19 guna memastikan keamanan dan kesehatan masyarakat Indonesia. Melalui kerja sama dengan Halodoc dan Kementerian Kesehatan RI ini, kami tidak hanya menyebarkan berbagai konten edukasi pencegahan COVID-19 tetapi juga membuka akses kepada jutaan masyarakat Indonesia untuk melakukan pemeriksaan awal COVID-19.

Hal ini sejalan dengan gerakan #dirumahaja yang telah Gojek gaungkan guna memutus rantai penularan COVID-19, mengikuti himbauan pemerintah untuk menjaga jarak sosial. Dengan adanya pemeriksaan awal ini, kami percaya kami bisa membantu meringankan beban pelayanan di rumah sakit, mempercepat deteksi COVID-19 dan menghindari orang harus keluar rumah untuk tes sehingga pandemi COVID-19 bisa segera berlalu.”

Jonathan Sudarta, CEO Halodoc mengatakan situasi seperti ini memerlukan terobosan yang dapat memudahkan masyarakat untuk memastikan kesehatannya. “Ketika penyakit ini mulai menyebar sejak awal tahun lalu, Halodoc sebagai platform teknologi kesehatan terdepan, terus mengoptimalkan ekosistem teknologi kami untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat mengantisipasi risiko COVID-19 dari hulu ke hilir. Sistem pemeriksaan awal kami akan membantu menyaring masyarakat dengan risiko COVID-19 rendah, medium hingga tinggi. Kami juga telah menyiagakan lebih banyak dokter sehingga masyarakat bisa berkonsultasi secara gratis saat ini kepada dokter di kategori COVID-19 kapanpun dan dimanapun. Supaya, sistem layanan kesehatan Pemerintah bisa difokuskan kepada penanganan pasien COVID-19.”

BACA JUGA  Inovasi Halodoc untuk Perlambat Penyebaran Covid-19 di Indonesia

Upaya Gojek dan Halodoc tidak berhenti disitu saja. Gojek dan Halodoc juga akan menciptakan produk baru mendesentralisasi pemeriksaan laboratorium yang direkomendasikan oleh pemerintah agar rumah sakit dapat berfokus pada pasien yang membutuhkan perawatan. Guna mendukung inisiatif ini, Gojek akan melakukan penggalangan dana swasta. Lebih jauh lagi, saat ini Halodoc membebasbiayakan layanan konsultasi dokter umum khusus COVID-19 di aplikasinya.

Sebelumnya, Gojek telah mengumumkan tiga fokus utama yang dilakukan perusahaan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dalam kampanye #dirumahaja. Tiga fokus utama tersebut adalah: Pembatasan Jarak Sosial (Social Distancing), mempraktikkan Gaya Hidup Sehat dan menjaga Produktivitas. Bahkan, untuk mendukung mitra driver dalam menjaga produktivitasnya, Gojek menjadi aplikasi on-demand pertama di Indonesia yang meluncurkan skema bantuan pendapatan untuk mitra driver yang positif terkena COVID-19.

Selain itu, Gojek juga akan mempermudah mobilisasi tenaga medis dari dan ke rumah sakit maupun pusat tes kesehatan melalui voucher diskon GoRide dan GoCar. Ini adalah bentuk apresiasi kepada tenaga medis yang bekerja tanpa mengenal lelah membantu masyarakat di tengah COVID-19.

Sementara itu, Halodoc juga terus mengampanyekan pembatasan jarak sosial dan gaya hidup sehat lewat berbagai channel komunikasinya.

Informasi lebih lanjut mengenai upaya pencegahan COVID-19 yang dilakukan masing-masing pihak:

(EGA)

 

Baca Juga

  • Alibaba Luncurkan Program Kemitraan Strategis A100

    Alibaba Luncurkan Program Kemitraan Strategis A100

    Alibaba Group Holding Limited meluncurkan “A100,” sebuah program kerjasama strategis yang menghadirkan solusi lengkap untuk mengakselerasi transformasi digital para pelaku usaha global dan domestik di Tiongkok. A100 diluncurkan pada “Alibaba ONE Business Conference” yang pertama di Hangzhou. Nama “A100” merepresentasikan tujuan Alibaba untuk menghadirkan solusi-solusi digital secara meluas bagi para pelaku usaha. Para perusahaan yang […]
  • Menteri Susi Pudjiastuti Apresiasi Penerbangan Khusus “Kartini Flight” Garuda Indonesia

    Menteri Susi Pudjiastuti Apresiasi Penerbangan Khusus “Kartini Flight” Garuda Indonesia

    Maskapai nasional Garuda Indonesia mengadakan penerbangan khusus “Kartini Flight” sebagai upaya memeriahkan semangat Hari Kartini dengan melibatkan awak kabin, petugas darat dan pilot yang semuanya merupakan perempuan hebat yang dimiliki Garuda Indonesia Group. Keistimewaan lainnya dari penerbangan khusus Kartini Flight ini adalah ikut sertanya Menteri Kelautan & Perikanan RI, Susi Pudjiastuti dan rombongan pada rute […]
  • Tingkat Stres Masyarakat Indonesia Cenderung lebih Rendah Secara Global

    Tingkat Stres Masyarakat Indonesia Cenderung lebih Rendah Secara Global

    Berdasarkan hasil Survei Skor Kesejahteraan Cigna 360° yang dilakukan oleh Cigna, perusahaan penyedia solusi keuangan yang bergerak di bidang asuransi kesehatan, tingkat stres masyarakat Indonesia berada pada level terendah secara global. Selain itu, masyarakat Indonesia merasa mereka siap secara finansial untuk masa depan, menaruh kepercayaan tinggi terhadap pendapat keluarga mengenai perencanaan keuangan, dan lebih memilih […]
  • Perayaan Ulang Tahun Lazada ke-7 Suguhkan Live Streaming & Konser dari Popstar Inggris Dua Lipa dan Artis Top Asia Tenggara

    Perayaan Ulang Tahun Lazada ke-7 Suguhkan Live Streaming & Konser dari Popstar Inggris Dua Lipa dan Artis Top Asia Tenggara

    Pemimpin e-Commerce Asia Tenggara, Lazada, hari ini mengumumkan konser musik perdana bertabur bintang “Super Party” yang akan disiarkan secara livestreaming di aplikasi Lazada secara bersamaan di enam negara, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-7. Bintang utama konser ini akan dimeriahkan oleh popstar Inggris, pemenang Grammy dan Brit Awards, Dua Lipa, yang populer dengan beberapa […]
  • Lomba Merangkak Bayi – Kalcare

    Lomba Merangkak Bayi – Kalcare

    Kesehatan bayi dapat terindikasi dari kelincahannya beraktivitas. Walaupun bayi belum banyak mampu melakukan aktivitas, namun pada umumnya bayi selalu ingin bergerak, termasuk merangkak. Merangkak adalah salah satu proses pembelajaran bagi bayi untuk berjalan. Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesehatan bayi, Kalcare, sebuah portal klinik di bawah naungan Kalbe Farma kembali mengadakan Lomba Merangkak Bayi. Lomba […]
  • CIAYO Comics Hadirkan Kompetisi Komik Terbesar di Indonesia, Menarik Hingga 600 Komikus Lokal

    CIAYO Comics Hadirkan Kompetisi Komik Terbesar di Indonesia, Menarik Hingga 600 Komikus Lokal

    CIAYO Comics Challenge, kompetisi komik terbesar CIAYO Comics menutup pendaftaran pada tanggal 8 November 2018. Submisi komik telah dibuka tanggal 8 April 2018 dan telah resmi ditutup pada 8 November 2018. CIAYO Comics Challenge Vol. 3 berhasil mengumpulkan pendaftaran komik lokal sebanyak 600 judul komik dalam kurun waktu 8 bulan. CIAYO Comics Challenge telah diselenggarakan […]
  • Rumah Main Cikal Menjadi Rumah Kedua Bagi Para Muridnya

    Rumah Main Cikal Menjadi Rumah Kedua Bagi Para Muridnya

    Sabtu, 22 September lalu diadakan kegiatan Open House di mana para calon orang tua dapat berkunjung ke Rumah Main Cikal Bintaro dan bercakap-cakap dengan volunteer parent yakni orang tua dari para murid yang telah bersekolah di sana. Para calon orang tua murid dapat langsung melihat fasilitas yang ada di Rumah Main Cikal Bintaro yang berlokasi di […]
  • Nikmatnya Perjalanan Stasiun Jurangmangu – Tanah Abang Dengan Commuter Line

    Nikmatnya Perjalanan Stasiun Jurangmangu – Tanah Abang Dengan Commuter Line

    Perbaikan transportasi publik seperti commuter line menjadi fokus pemerintah. Info Bintaro mencoba melakukan perjalanan dari Stasiun Jurangmangu menuju Stasiun Tanah Abang dengan menggunakan commuter line. Berikut pengalamannya.   (ES) Berita Terkait:Konsisten Dukung Industri Clothing Brand Lokal, Telkomsel Kembali Hadirkan Kickfest di Kota BandungKopilio Pilihan Tepat Untuk #NgopiDiStasiunFoto : Tanah Tingal, Destinasi Wisata Keluarga di Tangerang […]
  • Groundbreaking Apartemen Swarnabumi Bintaro

    Groundbreaking Apartemen Swarnabumi Bintaro

    PT. Kopel Lahan Andalan (Kopelland), sebuah perusahaan pengembang properti yang sahamnya dimiliki oleh Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia (Kopelindo) & PT Advantic Business, melakukan groundbreaking pembangunan Apartemen Swarnabumi Bintaro yang menandai dimulainya proses pembangunan apartemen ini. Acara yang berlangsung pada hari Minggu, 21 Mei 2017 di lokasi proyek Apartemen Swarnabumi, Jombang Ciputat dihadiri seluruh karyawan PT. Kopel […]
  • Jogging Sambil Cuci Mata di Taman Menteng Bintaro

    Jogging Sambil Cuci Mata di Taman Menteng Bintaro

    INFOBINTARO (IB) – Jangan salah, Taman Menteng Bintaro tidak terletak di kawasan Menteng, lho! Taman Menteng Bintaro ini terletak di Bintaro Sektor 7 Tangerang Selatan. Taman ini cocok banget buat nongkrong ataupun olahraga di kala pagi maupun sore hari. Tidak hanya menawarkan udara bersih dan kesan teduh karena banyaknya pepohonan dan hamparan rumput di setiap […]
  • Foto : Serunya Pertandingan Liverpool vs MU di PHX Bintaro

    Foto : Serunya Pertandingan Liverpool vs MU di PHX Bintaro

    PHX Bintaro, sebuah foodcourt di Bintaro Sektor 9, menggelar acara Nonton Bareng (Nobar) bagi pengunjungnya pada Sabtu, 14 Oktober 2017. Nobar ini menampilkan pertandingan yang sudah ditunggu-tunggu para penggemar sepak bola yaitu antara Liverpool melawan MU. Suasana malam Minggu pun menjadi hangat dengan teriakan para pengunjung yang menonton pertandingan ini sambil menikmati berbagai pilihan menu […]
  • Sambut Pesta Demokrasi Indonesia, Google News Initiative dan News Lab Perkuat Kerja Sama dengan Media

    Sambut Pesta Demokrasi Indonesia, Google News Initiative dan News Lab Perkuat Kerja Sama dengan Media

    Dalam waktu 12 bulan ke depan, tiga negara demokrasi terbesar di dunia akan melakukan pesta demokrasi bagi rakyatnya; Pemilu Nasional dan Negara bagian di India, Pilkada di Indonesia, dan Pemilu Sela di Amerika Serikat. Google News Initiative dan News Lab bekerja sama dengan para jurnalis untuk melawan penyebaran misinformasi untuk mendukung para pemilih dalam menunaikan […]
  • Mau Makan Seafood? Jangan Dulu ke Tempat Lain Sebelum ke Loobie Lobster

    Mau Makan Seafood? Jangan Dulu ke Tempat Lain Sebelum ke Loobie Lobster

    Menu seafood banyak disukai orang. Selain memiliki berbagai kandungan gizi yang tinggi, seafood juga sangat nikmat dan memiliki variasi yang beragam. Berbicara mengenai seafood, di wilayah Bintaro cukup banyak gerai kuliner yang menyajikan berbagai menu seafood salah satunya adalah Loobie Lobster. Bagi Anda penggemar seafood, jangan dulu buru-buru pergi ke tempat lain sebelum ke gerai […]
  • Tempat Nongkrong di Bintaro – Burger N’ Grill Ubah Konsep

    Tempat Nongkrong di Bintaro – Burger N’ Grill Ubah Konsep

    INFOBINTARO (IB) – Saat ini, tempat jajanan kuliner yang ramai bisa berfungsi ganda sebagai tempat nongkrong. Salah satu contohnya adalah Bintaro Peoples Market (BPM) yang kini jadi tempat nongkrong di Bintaro yang banyak dikunjungi untuk kongkow-kongkow bersama teman ataupun keluarga. Tempat Nongkrong di Bintaro dengan Inovasi Baru Tempat nongkrong identik dengan banyaknya pengunjung berkumpul menghabiskan […]
  • Siap-siap! Huawei P40 Akan Merevolusi Fotografi Seluler

    Siap-siap! Huawei P40 Akan Merevolusi Fotografi Seluler

    Tahun 2020 membawa gelombang baru kemajuan teknologi yang sebelumnya hanya bisa diimpikan orang. Produsen ponsel Cina telah mengubah industri smartphone dan memecahkan ekspektasi pengguna tentang apa yang dapat dicapai melalui perangkat mereka. Salah satunya adalah dengan kamera smartphone sekarang yang sangat berkualitas sehingga bisa dibilang dapat bersaing dengan kamera DSLR. Salah satu produsen ponsel Cina […]
  • Tora Gani, Mengkreasikan Menu Jepang Bercitarasa Indonesia

    Tora Gani, Mengkreasikan Menu Jepang Bercitarasa Indonesia

    Bagi masyarakat Indonesia, kuliner Jepang dikenal sebagai kuliner yang sehat dan rasa yang netral. Namun, kuliner Jepang banyak menggunakan bahan-bahan makanan dari laut (seafood) yang sering dimakan dengan kondisi mentah atau setengah matang, membuat sebagian orang Indonesia yang telah terbiasa dengan kuliner-kuliner yang memiliki rasa yang tajam dengan bumbu-bumbu yang ‘berani’ dan diolah dengan proses […]
  • Resolusi 2018: Menjadi Kurus Dengan Cara Disuntik?

    Resolusi 2018: Menjadi Kurus Dengan Cara Disuntik?

    Bulan Januari hampir berakhir, bagaimana resolusi Anda di tahun ini? Apakah salah satu resolusi Anda adalah menjadi kurus? Banyak orang yang mencari jalan pintas untuk menjadi kurus. Tidak perlu diet apalagi olahraga. Yang diminati adalah tetap kurus walaupun makan banyak (baca: enak). Akhir-akhir ini populer cara kurus dengan metode suntik. Amankah? Simak tips dari Mulus, […]
  • Mengangkat Kopi Asli Indonesia, Makna Filosofis di Dalam Secangkir Kopi Tiwus

    Mengangkat Kopi Asli Indonesia, Makna Filosofis di Dalam Secangkir Kopi Tiwus

    Anda pernah menonton film Filosofi Kopi yang diperankan oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto? Film yang diangkat dari sebuah buku berisi kumpulan cerpen karya Dewi Lestari yang berjudul Filosofi Kopi—Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade ini sangat hits pada tahun 2015-2016 yang lalu. Dengan alur cerita yang sederhana namun memiliki makna yang dalam, film ini memiliki pesan moral […]
  • Oshi Sushi Indonesia, Resto Jepang Premium Hadir di Bintaro

    Oshi Sushi Indonesia, Resto Jepang Premium Hadir di Bintaro

    Bagi warga Bintaro yang suka masakan Jepang, tentu tidak asing dengan restoran Jepang premiun yang ada di Jakarta. Kini Anda tidak perlu pergi ke Pondok Indah atau wilayah lain karena telah hadir di PHX Bintaro yang ada di Sektor 9, sebuah resto yang menyajikan menu-menu Jepang premium : Oshi Sushi Indonesia. Resto ini dimiliki oleh […]
  • Kepingin Ayam Goreng Murah dan Enak? Di Ayam Goreng Karawaci Graha Raya Tempatnya

    Kepingin Ayam Goreng Murah dan Enak? Di Ayam Goreng Karawaci Graha Raya Tempatnya

    Jagonya Ayam. Tagline ini sudah sering kita dengar, yang dipopulerkan sebuah brand jaringan resto internasional yang menjadikan ayam goreng sebagai menu andalannya. Namun ternyata Indonesia pun punya jaringan resto yang menjadikan ayam goreng sebagai menu andalannya. Walau pun tidak sebesar jaringan resto internasional itu, namun menu-menu ayam gorengnya enak-enak dan yang tidak kalah penting, harganya […]
Ega

Tinggalkan Balasan