Berita Utama

GoFood Mempercepat Transformasi Digital UMKM untuk Bangkit dari Pandemi

Solusi bisnis yang komprehensif telah ditawarkan GoFood, layanan pesan-antar makanan terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara, bagi para UMKM untuk bangkit dan menumbuhkan bisnisnya di tengah situasi pandemi. Tidak hanya untuk merchant yang sudah tergabung dalam ekosistem, solusi lengkap GoFood dan Gojek juga mempercepat UMKM lainnya untuk “go-online.”

Terlengkap di industri, solusi ini terdiri dari fitur teknologi yang mendorong peningkatan permintaan konsumen, serta dukungan di luar teknologi yakni pelatihan wirausaha dan jejaring bisnis. Dukungan komprehensif ini dirancang khusus untuk membantu UMKM beradaptasi, mengingat pandemi telah mengalihkan konsumsi kuliner masyarakat dari offline ke online.

Hal ini disampaikan GoFood dalam acara dialog “Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood” yang didukung oleh Menteri Koperasi & UKM RI, Teten Masduki. Dalam acara tersebut, Teten memaparkan bahwa lebih dari 236.980 pelaku UMKM telah melaporkan kepada KemenkopUKM atas usahanya yang terdampak akibat pandemi dan digitalisasi merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini. Oleh karenanya dibutuhkan kolaborasi kuat antara pemerintah dengan platform digital seperti GoFood dan Gojek untuk membangkitkan kembali UMKM sektor makanan dan minuman di Indonesia.

Teten mengatakan, “Pemerintah menyiapkan skema pemulihan ekonomi nasional termasuk didalamnya untuk pelaku UMKM. Tidak hanya itu, SOP Reaktivasi UMKM menuju tatanan normal baru juga mulai disosialisasikan bagi sektor-sektor usaha yang sudah dan akan mulai diaktifkan kembali  seperti sektor transportasi dan kuliner.  Pelaku UMKM pada dua sektor tersebut perlu memiliki strategi adaptasi bisnis seperti menyediakan variasi visualisasi menu makanan dan minuman; menawarkan makanan sehat dan siap saji; menawarkan paket bundling produk; memberi berbagai promo/diskon khusus bagi merchant; serta menghadirkan value proposition yang lebih baik.

Strategi tersebut merupakan implementasi dari inovasi yang perlu terus dilakukan sektor kuliner dengan mengacu pada kebutuhan masyarakat dan perubahan pola konsumsi yang bermigrasi ke platform online. Di masa krisis ini, pemanfaatan data dan informasi terkait UMKM pada platform digital sangat mendukung kami dalam membantu mereka secara akurat dan cepat. Apalagi, saat ini UMKM sudah sangat dimudahkan dengan adanya platform layanan pesan-antar makanan, seperti GoFood.”

Dari sisi penyedia platform online, GoFood memperkuat dukungannya dalam mempercepat transformasi digital UMKM Indonesia dengan menghadirkan fitur dan inisiatif komprehensif yang membantu UMKM bangkit, beradaptasi, dan mengembangkan bisnisnya secara mandiri. Dalam kesempatan yang sama, Teten juga menyampaikan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM terus mengkampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang merupakan wujud nyata dalam mendorong konsumsi produk lokal kepada masyarakat luas. Dengan dukungan berbagai pihak, terutama GoFood yang memiliki jangkauan layanan di seluruh Indonesia, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia diharapkan dapat meningkatkan minat konsumen untuk terus membeli dan mengkonsumsi produk lokal.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group, mengatakan, “Pandemi ini mengajarkan kami banyak hal. Dari awal berdiri, GoFood berkomitmen untuk meningkatkan skala bisnis para pelaku usaha UMKM kuliner – dan kini kami mengambil satu langkah lebih maju dengan menyediakan ekosistem terlengkap yang lebih dari sekadar teknologi. Salah satunya, kami menambahkan keterampilan para pelaku UMKM kuliner lewat platform edukasi dan berjejaring (networking) sehingga mereka memperoleh pengetahuan lebih dalam tentang berbisnis langsung dari sesama pelaku usaha. Kami juga terus menghimpun arus permintaan dengan ekspansi layanan dan kategori makanan yang disesuaikan dengan perilaku baru masyarakat saat ini.”

Solusi bisnis Gojek dan GoFood terlengkap dan lebih dari sekadar teknologi

Solusi komprehensif dari  Gojek dan GoFood mendukung seluruh kebutuhan usaha UMKM kuliner maupun non-kuliner, dari hulu ke hilir, mulai dari otomasi pengelolaan bisnis hingga pengantaran. Berikut rinciannya:

  • Platform digital untuk memudahkan konsumen mencari dan mengakses produk UMKM   (discovery) melalui GoFood dan GoShop.
  • Fasilitas dapur bersama (cloud kitchen) didedikasikan khusus untuk mitra UMKM guna mengurangi biaya sewa dan operasional serta mendukung kebutuhan infrastruktur.
  • Layanan marketplace belanja bahan baku dengan harga terjangkau khusus bagi mitra UMKM melalui GoFresh.
  • Opsi lengkap pembayaran nontunai yang mudah dan dari hulu ke hilir dengan GoPay dan Midtrans Payment Link.
  • Layanan logistik dan pengiriman cepat dengan GoSend Web Portal dan oleh mitra driver Gojek.
  • Manajemen bisnis yang lebih efisien dengan perangkat terintegrasi seperti GoBiz (aplikasi khusus merchant untuk mengelola bisnis secara mandiri), Spots (perangkat multifungsi untuk aplikasi kasir), Selly (solusi keyboard & dashboard pengelola penjualan), dan Moka (aplikasi kasir berbasis teknologi cloud).
  • Pelatihan keterampilan berwirausaha dan networking  melalui wadah Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dan pelatihan berbisnis online Gojek Wirausaha.
BACA JUGA  Mobilkamu Mengadakan Customer Gathering di Surabaya dan Jakarta

Solusi bisnis komprehensif tersebut merupakan kelanjutan dari berbagai upaya GoFood mendukung UMKM sejak awal masa pandemi. Guna memaksimalkan penghasilan UMKM, GoFood menggelar berbagai inisiatif yang meningkatkan permintaan, seperti program “Paket Makan Keluarga” gratis dari 10.000 mitra usaha GoFood untuk 213.000 mitra driver; mengirimkan 176.000 paket makan dari mitra usaha GoFood untuk tenaga kesehatan di 15 rumah sakit rujukan COVID-19; dan program promosi Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) di mana mitra GoFood yang berpartisipasi berhasil mencatat jumlah pesanan dan omzet  lebih tinggi (12%) dibandingkan mitra di luar program.

GoFood juga terus memperketat protokol keamanan dan menerapkan standar kesehatan dan kebersihan makanan sesuai Panduan BPOM, agar mitra UMKM tetap menjadi andalan masyarakat.

Protokol pengantaran tanpa kontak (contactless delivery) dan GoFood Pick up (mengambil pesanan makanan sendiri di outlet kuliner) terus dijalankan guna meminimalisasi kontak langsung.

Peran Penting Masyarakat dalam Mendukung Pertumbuhan UMKM

Peranan masyarakat untuk terus membeli produk kuliner lokal jadi topik penutup dialog hari ini. “Selain dukungan pemerintah dan kesiapan penyedia platform seperti GoFood, kami pun mengajak masyarakat untuk terus mendukung UMKM dengan membeli produk-produk kuliner anak bangsa. Untuk itu, GoFood kembali menghadirkan program Promo PSBB (Promo Sambil Berbuat Baik) di mana pelanggan tidak hanya merasakan pengalaman berkuliner yang lebih menyenangkan, tapi juga membantu UMKM tetap bertahan di tengah pandemi. Melalui program promo ini, kami berharap penghasilan harian mitra UMKM tetap dapat terus meningkat sehingga tetap menggerakkan roda perekonomian selama pandemi,” tutup Catherine.

Pelanggan GoFood dapat menikmati Promo PSBB yang tengah berlangsung sejak tanggal 20 Juni hingga 31 Juli 2020, dengan pilihan diantaranya diskon menu 15-20%; diskon total belanja Rp 25,000 s.d. Rp 50.000; diskon ongkos kirim Rp 5.000.

Dodi Sandra, Pemilik UKM Kuliner Pempek Pistel Kiarin Bandung mengapresiasi dukungan GoFood untuk mendukung keberlangsungan bisnis mitra merchant selama pandemi COVID-19. “Selama masa pandemi, kami sangat terbantu dengan adanya GoFood. Alhamdulillah pesanan juga tetap ada, malah semakin ramai setiap harinya. Kalau dulu lebih banyak yang makan di tempat,  selama PSBB hampir semua pesanan datang dari GoFood. Kami juga terbantu dengan aplikasi/ perangkat khusus mitra merchant karena laporan penghasilan bisa langsung kita akses dengan transparan. Jadi, kita sebagai pedagang bisa fokus untuk jualan makanan yang berkualitas agar pelanggan tetap senang langganan di Pempek Pistel Kiarin.”

(BON)

 

Baca Juga

  • BSD City Menjadi Tuan Rumah Apple Developer Academy dalam Mencetak Talenta Berstandar Global

    BSD City Menjadi Tuan Rumah Apple Developer Academy dalam Mencetak Talenta Berstandar Global

    Sinar Mas Land melalui BSD City memfasilitasi Binus University dan Apple Developer Academy untuk menggelar Apple Graduation dari para peserta didik Apple Developer Academy yang pertama kali di Indonsia. Di tahun pertamanya, Apple Developer Academy meluluskan 200 wisudawan yang telah mengikuti program beasiswa selama sembilan bulan dari Juni 2018 hingga Maret 2019. Melalui program beasiswa […]
  • Karena Sepatumu Berharga : Shoebox, Startup yang Mengangkat Derajat Sepatu

    Karena Sepatumu Berharga : Shoebox, Startup yang Mengangkat Derajat Sepatu

    Sepatu merupakan bagian dari penampilan seseorang yang keberadaannya sering diabaikan. Posisi sepatu yang terletak di bagian bawah tubuh dan diinjak, seringkali membuat sepatu tidak mendapat perhatian. Apalagi dengan fungsinya yang melindungi kaki, sepatu yang seringkali berbenturan dengan berbagai benda akan mudah kotor, kusam atau rusak. Bagi sebagian orang, sepatu yang sudah mulai terlihat tidak menarik […]
  • Didukung Layanan Antar ke Rumah, Vivo Luncurkan Y50

    Didukung Layanan Antar ke Rumah, Vivo Luncurkan Y50

    Sebagai perusahaan teknologi yang berbasis konsumen, vivo terus bergerak memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya pada masa seperti ini. vivo secara resmi menghadirkan seri-Y terbaru, yaitu vivo Y50 yang mengusung memori RAM dan ROM dengan kapasitas besar serta desain Ultra O Screen untuk pengalaman visual terbaik. “Berfokusnya kegiatan kerja, belajar-mengajar ataupun meeting di […]
  • Grab Gandeng Sejasa.com Luncurkan Layanan ‘Clean & Fix’

    Grab Gandeng Sejasa.com Luncurkan Layanan ‘Clean & Fix’

    Di akhir hari yang panjang, kita pulang kerja dan berharap untuk bersantai bersama keluarga di rumah yang sejuk, bersih, dan nyaman. Tetapi bagaimana jika AC panas, mesin cuci rusak dan rumah pun kotor? Soal perawatan rumah, mungkin sulit untuk memesan penyedia jasa layanan yang baik ketika Anda membutuhkannya. Melalui fitur Clean & Fix, pengguna Grab […]
  • Apakah Perlu Baby Spa?

    Apakah Perlu Baby Spa?

    Pergi ke spa adalah salah satu cara untuk memanjakan diri Anda ketika sedang dilanda penat atau jika Anda sekadar ingin menyegarkan tubuh dan pikiran. Ternyata, tak cuma orang dewasa saja yang bisa menikmati perawatan yang memanjakan di spa. Akhir-akhir ini, baby spa atau spa untuk bayi sangatlah marak bermunculan, terutama di kota-kota besar. Para pelopor […]
  • MONSTER 2017 Marvelous Night of Super-Massive Taxer di kampus PKN STAN

    MONSTER 2017 Marvelous Night of Super-Massive Taxer di kampus PKN STAN

    Apakah ada monster di kampus STAN? Bukan monster dalam cerita hantu lho. Monster ini adalah singkatan dari “Marvelous Night of Supermassive Taxer”. Yes, memang acara ini merupakan acara tahunan mahasiswa PKN STAN jurusan Pajak dan Penilai yang dinamai OLYMPUS  (singkatan dari Originally Memorable Experience Upon Last). Tahun ini temanya adalah “Revolution Beyond Limit” yang memiliki […]
  • Trade Expo Indonesia 2019 Digelar, Mendag: Saatnya Tingkatkan Promosi Produk Indonesia ke Pasar Global

    Trade Expo Indonesia 2019 Digelar, Mendag: Saatnya Tingkatkan Promosi Produk Indonesia ke Pasar Global

    Ajang promosi tahunan berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 resmi dibuka Wakil Presiden RI Jusuf Kalla hari ini, Rabu (16/10), di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten. Pada penyelenggaraannya yang ke-34 tahun ini, TEI 2019 mengusung tema “Moving Forward to Serve the World” dan digelar pada 16–20 Oktober 2019. Menteri […]
  • Roambee, Startup Logistik Berbasis IoT Asal Amerika Serikat Peroleh Investasi Seri B1 dari Telkomsel Mitra Inovasi

    Roambee, Startup Logistik Berbasis IoT Asal Amerika Serikat Peroleh Investasi Seri B1 dari Telkomsel Mitra Inovasi

    Unit ventura Telkomsel Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) bersama MDI Ventures mengumumkan pendanaan seri B1 untuk Roambee, startup penyedia layanan di bidang logistik dan pemantauan asset berbasis internet-of-things (IoT). Investasi TMI dan MDI Ventures untuk startup yang berasal dari Amerika Serikat tersebut juga mencerminkan tingginya potensi pasar industri digital Indonesia untuk menarik startup skala global yang […]
  • Ayam Bakar Tanpa Kecap? Ada, di Kedai Dago Gado

    Ayam Bakar Tanpa Kecap? Ada, di Kedai Dago Gado

    Ayam bakar selalu selalu disajikan dengan sambal yang dicampur kecap. Adanya kecap sudah dianggap sebuah keharusan dalam menyantap ayam bakar, karena pedasnya sambal dinetralisir dengan manisnya kecap. Bercampurnya aroma kecap dengan sambal juga diyakini akan semakin menaikkan selera makan. Tapi ada hal yang berbeda dengan ayam bakar di Kedai Dago Gado, kecap sama sekali tidak digunakan […]
  • Geprek Bensu, Ini Aslinya Ayam Geprek Milik Ruben Onsu

    Geprek Bensu, Ini Aslinya Ayam Geprek Milik Ruben Onsu

    Ayam geprek, siapa yang tidak kenal dengan nama menu makanan satu ini? Nama ayam geprek begitu populernya terutama di kalangan anak muda yang menggemari menu kuliner kekinian. Tengok saja, di berbagai tempat kita dengan mudah menemukan gerai kuliner yang menyajikan ayam geprek sebagai menu andalannya atau sekedar menjadi menu sampingan. Ayam geprek adalah ayam goreng […]
  • BX Rink, Arena Ice Skating Kebanggaan Warga Bintaro

    BX Rink, Arena Ice Skating Kebanggaan Warga Bintaro

    Warga Bintaro boleh berbangga, kawasan huniannya memiliki arena ice skating yang merupakan salah satu dari hanya 3 sarana ice skating di Indonesia. Sarana berolah raga ice skating di Indonesia bisa dihitung dengan jari, hanya terdapat di Mall Taman Anggrek di Jakarta Barat dengan Sky Rink-nya, Paris Van Java di Bandung dengan Gardenice Rink-nya dan Bintaro […]
  • Halodoc Gandeng POGI Hadirkan Telekonsultasi Khusus Kandungan

    Halodoc Gandeng POGI Hadirkan Telekonsultasi Khusus Kandungan

    Berkolaborasi dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Halodoc menambahkan kanal layanan konsultasi khusus kehamilan dan kesehatan reproduksi di layanan chat with doctor di platform Halodoc, melalui penandatanganan perjanjian kerja sama yang diresmikan hari ini (7/4) di Sekretariat POGI Jaya, Jakarta. Melalui kolaborasi ini, Halodoc dan POGI berkomitmen untuk melindungi masyarakat, terutama ibu hamil, agar […]
  • Semua Berawal dari Rumah

    Semua Berawal dari Rumah

    Masih segar dalam ingatan kita, film Keluarga Cemara yang tayang beberapa bulan lalu di bioskop. Film yang merupakan adaptasi dari novel dan seri televisi karya Arswendo Atmowiloto di era 90an. Film ini berkisah tentang ketangguhan sebuah keluarga yang belajar saling memahami dan menguatkan satu sama lain ketika menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada. Selain menawarkan pembelajaran bagi […]
  • Estavel Silky Dessert, Kelembutannya dan Rasanya Tak Tertandingi

    Estavel Silky Dessert, Kelembutannya dan Rasanya Tak Tertandingi

    Hidangan penutup (dessert) adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama sebagai penutup atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut. Dessert biasanya mempunyai rasa manis. Fungsi dessert dalam aktivitas menyantap hidangan adalah sebagai hidangan yang menyegarkan setelah menyantap hidangan utama yang terkadang mempunyai aroma yang amis serta menghilangkan rasa yang kurang enak, seperti asam atau pedas. Dessert […]
  • Nikmati Kopi Arabika Enrekang, Surganya Kopi di Bar Ngopi

    Nikmati Kopi Arabika Enrekang, Surganya Kopi di Bar Ngopi

    Di Bar Ngopi yang terletak di Lotte Mall Bintaro Sektor 7 Anda dapat menikmati salah satu kopi terbaik nusantara yakni kopi arabika Enrekang. Kopi yang biasa disebut arabika Kalosi meraih penghargaan “The Best Coffee” dalam kontes dan lelang kopi internasional di Bali, November 2016 silam. Specialty coffee asal Benteng Alla Utara itu dibanderol dengan harga lelang […]
  • All New Nissan Serena dan Nissan Terra Meraih Penghargaan di Otomotif Awards 2020

    All New Nissan Serena dan Nissan Terra Meraih Penghargaan di Otomotif Awards 2020

    Nissan telah memenangkan dua penghargaan di OTOMOTIF Awards 2020, di mana All-New Nissan Serena meraih ‘Best Medium Van’ dan Nissan Terra, menduduki posisi teratas pada ‘Best High SUV Diesel.’ OTOMOTIF Award 2020 merupakan ajang penghargaan tahunan terbesar di Indonesia untuk menghargai brand otomotif terbaik dalam kategori kendaraan roda dua (motor) dan roda empat (mobil) di […]
  • Wakacao, The First Pepper Rice in Indonesia Bakal Buka Cabang Kedua di Bintaro

    Wakacao, The First Pepper Rice in Indonesia Bakal Buka Cabang Kedua di Bintaro

    Ada kabar gembira nih buat para penggemar Wakacao, bulan ini bakal ada cabang Wakacao kedua di Bintaro lho…Di mana tempatnya? Tunggu info selanjutnya di sini ya…. Gerai Wakacao yang sudah ada di Bintaro adalah gerai di Pasar Modern Bintaro. Dibuka sejak bulan Maret 2017. Apa sih menu andalannya? Sesuai dengan taglinenya, Wakacao ini merupakan pepper […]
  • Foto : Aneka Masakan Nusantara di Food Bazaar Unika Atma Jaya, BSD Serpong

    Foto : Aneka Masakan Nusantara di Food Bazaar Unika Atma Jaya, BSD Serpong

    Acara Hospitality Food Market ini dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober dan 1 November 2017 di Kampus III UNIKA Atma Jaya BSD. Menurut Astuti Kusumawicitra Laturiuw, M. Hum, Phd, dosen pengajar Unika Atma Jaya, acara ini diselenggarakan sebagai tugas akhir dari mata kuliah Event Management di Unika Atma Jaya. Softskill yang diharapkan dari para mahasiswa adalah leadership, […]
  • Mau Berlatih Bela Diri? Yuk Bergabung di Moenson Martial Arts Center

    Mau Berlatih Bela Diri? Yuk Bergabung di Moenson Martial Arts Center

    Kehidupan yang semakin sulit dan keras seringkali membuat kita berada dalam kondisi bahaya. Di mana-mana kita berada, selalu ada kemungkinan kita bertemu dengan orang-orang yang berniat jahat maupun orang-orang yang ingin memaksakan kemauannya dengan melakukan kekerasan. Seringkali karena tidak tahu apa yang bisa dilakukan, kita menjadi korban. Sebelum situasi seperti ini terjadi, yuk kita berlatih bela […]
  • Anak Komunitas Honda Peduli Pejuang Terdepan Pembasmi Covid 19

    Anak Komunitas Honda Peduli Pejuang Terdepan Pembasmi Covid 19

    Asosiasi Honda Jakarta terjun langsung donasikan 2.000 masker medis dan 150 baju hazmat untuk ‘pejuang’ kesehatan yang berada digarda terdepan pandemi Covid 19. Bertajuk komunitas Honda Wujudkan Satu Hati Bersama Indonesia Sehat, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) menjadi fasilitator donasi yang diberikan kpada dua rumah sakit yaitu RS […]

Tinggalkan Balasan