Berita Utama

GoFood Mempercepat Transformasi Digital UMKM untuk Bangkit dari Pandemi

Solusi bisnis yang komprehensif telah ditawarkan GoFood, layanan pesan-antar makanan terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara, bagi para UMKM untuk bangkit dan menumbuhkan bisnisnya di tengah situasi pandemi. Tidak hanya untuk merchant yang sudah tergabung dalam ekosistem, solusi lengkap GoFood dan Gojek juga mempercepat UMKM lainnya untuk “go-online.”

Terlengkap di industri, solusi ini terdiri dari fitur teknologi yang mendorong peningkatan permintaan konsumen, serta dukungan di luar teknologi yakni pelatihan wirausaha dan jejaring bisnis. Dukungan komprehensif ini dirancang khusus untuk membantu UMKM beradaptasi, mengingat pandemi telah mengalihkan konsumsi kuliner masyarakat dari offline ke online.

Hal ini disampaikan GoFood dalam acara dialog “Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood” yang didukung oleh Menteri Koperasi & UKM RI, Teten Masduki. Dalam acara tersebut, Teten memaparkan bahwa lebih dari 236.980 pelaku UMKM telah melaporkan kepada KemenkopUKM atas usahanya yang terdampak akibat pandemi dan digitalisasi merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini. Oleh karenanya dibutuhkan kolaborasi kuat antara pemerintah dengan platform digital seperti GoFood dan Gojek untuk membangkitkan kembali UMKM sektor makanan dan minuman di Indonesia.

Teten mengatakan, “Pemerintah menyiapkan skema pemulihan ekonomi nasional termasuk didalamnya untuk pelaku UMKM. Tidak hanya itu, SOP Reaktivasi UMKM menuju tatanan normal baru juga mulai disosialisasikan bagi sektor-sektor usaha yang sudah dan akan mulai diaktifkan kembali  seperti sektor transportasi dan kuliner.  Pelaku UMKM pada dua sektor tersebut perlu memiliki strategi adaptasi bisnis seperti menyediakan variasi visualisasi menu makanan dan minuman; menawarkan makanan sehat dan siap saji; menawarkan paket bundling produk; memberi berbagai promo/diskon khusus bagi merchant; serta menghadirkan value proposition yang lebih baik.

Strategi tersebut merupakan implementasi dari inovasi yang perlu terus dilakukan sektor kuliner dengan mengacu pada kebutuhan masyarakat dan perubahan pola konsumsi yang bermigrasi ke platform online. Di masa krisis ini, pemanfaatan data dan informasi terkait UMKM pada platform digital sangat mendukung kami dalam membantu mereka secara akurat dan cepat. Apalagi, saat ini UMKM sudah sangat dimudahkan dengan adanya platform layanan pesan-antar makanan, seperti GoFood.”

Dari sisi penyedia platform online, GoFood memperkuat dukungannya dalam mempercepat transformasi digital UMKM Indonesia dengan menghadirkan fitur dan inisiatif komprehensif yang membantu UMKM bangkit, beradaptasi, dan mengembangkan bisnisnya secara mandiri. Dalam kesempatan yang sama, Teten juga menyampaikan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM terus mengkampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang merupakan wujud nyata dalam mendorong konsumsi produk lokal kepada masyarakat luas. Dengan dukungan berbagai pihak, terutama GoFood yang memiliki jangkauan layanan di seluruh Indonesia, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia diharapkan dapat meningkatkan minat konsumen untuk terus membeli dan mengkonsumsi produk lokal.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group, mengatakan, “Pandemi ini mengajarkan kami banyak hal. Dari awal berdiri, GoFood berkomitmen untuk meningkatkan skala bisnis para pelaku usaha UMKM kuliner – dan kini kami mengambil satu langkah lebih maju dengan menyediakan ekosistem terlengkap yang lebih dari sekadar teknologi. Salah satunya, kami menambahkan keterampilan para pelaku UMKM kuliner lewat platform edukasi dan berjejaring (networking) sehingga mereka memperoleh pengetahuan lebih dalam tentang berbisnis langsung dari sesama pelaku usaha. Kami juga terus menghimpun arus permintaan dengan ekspansi layanan dan kategori makanan yang disesuaikan dengan perilaku baru masyarakat saat ini.”

Solusi bisnis Gojek dan GoFood terlengkap dan lebih dari sekadar teknologi

Solusi komprehensif dari  Gojek dan GoFood mendukung seluruh kebutuhan usaha UMKM kuliner maupun non-kuliner, dari hulu ke hilir, mulai dari otomasi pengelolaan bisnis hingga pengantaran. Berikut rinciannya:

  • Platform digital untuk memudahkan konsumen mencari dan mengakses produk UMKM   (discovery) melalui GoFood dan GoShop.
  • Fasilitas dapur bersama (cloud kitchen) didedikasikan khusus untuk mitra UMKM guna mengurangi biaya sewa dan operasional serta mendukung kebutuhan infrastruktur.
  • Layanan marketplace belanja bahan baku dengan harga terjangkau khusus bagi mitra UMKM melalui GoFresh.
  • Opsi lengkap pembayaran nontunai yang mudah dan dari hulu ke hilir dengan GoPay dan Midtrans Payment Link.
  • Layanan logistik dan pengiriman cepat dengan GoSend Web Portal dan oleh mitra driver Gojek.
  • Manajemen bisnis yang lebih efisien dengan perangkat terintegrasi seperti GoBiz (aplikasi khusus merchant untuk mengelola bisnis secara mandiri), Spots (perangkat multifungsi untuk aplikasi kasir), Selly (solusi keyboard & dashboard pengelola penjualan), dan Moka (aplikasi kasir berbasis teknologi cloud).
  • Pelatihan keterampilan berwirausaha dan networking  melalui wadah Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dan pelatihan berbisnis online Gojek Wirausaha.
BACA JUGA  TelkomGroup Kembali Gelar Turnamen Bridge Telkom Indonesia Open 2019

Solusi bisnis komprehensif tersebut merupakan kelanjutan dari berbagai upaya GoFood mendukung UMKM sejak awal masa pandemi. Guna memaksimalkan penghasilan UMKM, GoFood menggelar berbagai inisiatif yang meningkatkan permintaan, seperti program “Paket Makan Keluarga” gratis dari 10.000 mitra usaha GoFood untuk 213.000 mitra driver; mengirimkan 176.000 paket makan dari mitra usaha GoFood untuk tenaga kesehatan di 15 rumah sakit rujukan COVID-19; dan program promosi Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) di mana mitra GoFood yang berpartisipasi berhasil mencatat jumlah pesanan dan omzet  lebih tinggi (12%) dibandingkan mitra di luar program.

GoFood juga terus memperketat protokol keamanan dan menerapkan standar kesehatan dan kebersihan makanan sesuai Panduan BPOM, agar mitra UMKM tetap menjadi andalan masyarakat.

Protokol pengantaran tanpa kontak (contactless delivery) dan GoFood Pick up (mengambil pesanan makanan sendiri di outlet kuliner) terus dijalankan guna meminimalisasi kontak langsung.

Peran Penting Masyarakat dalam Mendukung Pertumbuhan UMKM

Peranan masyarakat untuk terus membeli produk kuliner lokal jadi topik penutup dialog hari ini. “Selain dukungan pemerintah dan kesiapan penyedia platform seperti GoFood, kami pun mengajak masyarakat untuk terus mendukung UMKM dengan membeli produk-produk kuliner anak bangsa. Untuk itu, GoFood kembali menghadirkan program Promo PSBB (Promo Sambil Berbuat Baik) di mana pelanggan tidak hanya merasakan pengalaman berkuliner yang lebih menyenangkan, tapi juga membantu UMKM tetap bertahan di tengah pandemi. Melalui program promo ini, kami berharap penghasilan harian mitra UMKM tetap dapat terus meningkat sehingga tetap menggerakkan roda perekonomian selama pandemi,” tutup Catherine.

Pelanggan GoFood dapat menikmati Promo PSBB yang tengah berlangsung sejak tanggal 20 Juni hingga 31 Juli 2020, dengan pilihan diantaranya diskon menu 15-20%; diskon total belanja Rp 25,000 s.d. Rp 50.000; diskon ongkos kirim Rp 5.000.

Dodi Sandra, Pemilik UKM Kuliner Pempek Pistel Kiarin Bandung mengapresiasi dukungan GoFood untuk mendukung keberlangsungan bisnis mitra merchant selama pandemi COVID-19. “Selama masa pandemi, kami sangat terbantu dengan adanya GoFood. Alhamdulillah pesanan juga tetap ada, malah semakin ramai setiap harinya. Kalau dulu lebih banyak yang makan di tempat,  selama PSBB hampir semua pesanan datang dari GoFood. Kami juga terbantu dengan aplikasi/ perangkat khusus mitra merchant karena laporan penghasilan bisa langsung kita akses dengan transparan. Jadi, kita sebagai pedagang bisa fokus untuk jualan makanan yang berkualitas agar pelanggan tetap senang langganan di Pempek Pistel Kiarin.”

(BON)

 

Baca Juga

  • Orang Baik Minum Kopi Terbaik di Upnormal Coffee Roasters

    Orang Baik Minum Kopi Terbaik di Upnormal Coffee Roasters

    Ngopi sambil nongkrong sudah menjadi gaya hidup. Popularitas kopi membuat sejumlah pemilik kafe kopi membuka peluang kerja sama dengan pihak lain. Bahasa bisnisnya, waralaba atau kemitraan. Deputy Director of Corporate Communication PT Citarasa Prima Indonesia Berjaya, Sarita Sutedja, menceritakan, pada 2017, pihaknya meluncurkan gerai Upnormal Coffee Roasters (selanjutnya disingkat Upnormal). PT Citarasa Prima Indonesia Berjaya […]
  • Membangun Karakter Anak Menggunakan Sketsa

    Membangun Karakter Anak Menggunakan Sketsa

    Persaingan kehidupan yang keras pada saat ini mengharuskan setiap orang berusaha untuk menjadi yang terbaik. Untuk menjadi yang terbaik, orang harus memiliki keunggulan dibandingkan orang lain, sayangnya hal ini mendorong orang untuk berlomba-lomba menggunakan segala cara untuk menjadi nomor 1, bahkan termasuk hal-hal yang merugikan orang lain atau melanggar aturan dan etika. Sayangnya hal ini […]
  • Smartfren Berkolaborasi dengan Redmi 8A Pro Luncurkan Paket Bundling

    Smartfren Berkolaborasi dengan Redmi 8A Pro Luncurkan Paket Bundling

    Smartfren berkolaborasi dengan Xiaomi menawarkan paket bundling untuk smartphone Redmi 8A Pro. Setiap pembelian Redmi 8A Pro, akan mendapatkan kuota sebesar 41 GB per bulan dan akses premium VIU selama 90 hari. “Kerja sama dengan Xiaomi ini diharapkan dapat memberikan lebih banyak pilihan lagi, bagi pelanggan yang menginginkan smartphone yang didukung kuota internet besar dengan […]
  • Pepes Ikan Duri Lunak “Ibu Eka”, Makan Pepes Ikan Tanpa Repot

    Pepes Ikan Duri Lunak “Ibu Eka”, Makan Pepes Ikan Tanpa Repot

    Pepes ikan saat ini telah menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Pepes yang awalnya merupakan kuliner tradisional khas Sunda semakin banyak digemari karena rasanya yang khas, sangat nikmat dijadikan teman makan nasi yang hangat. Selain pepes ikan, masih banyak olahan pepes dengan menggunakan bahan lainnya seperti ayam, tahu, jamur. Namun pepes ikan tetap menjadi […]
  • Menghadapi Covid-19, Giant Harga Teman Memberikan Angin Segar lewat Bahan Pokok Lebih Murah Setiap Hari

    Menghadapi Covid-19, Giant Harga Teman Memberikan Angin Segar lewat Bahan Pokok Lebih Murah Setiap Hari

    Giant kembali hadir dengan program HARGA TEMAN untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan tersedianya produk-produk kebutuhan bahan pokok dengan harga yang lebih murah dengan kualitas terbaik. Pada periode ini, HARGA TEMAN yang menjadi salah satu program favorit pelanggan Giant menghadirkan “Sembako Murah Setiap Hari” melalui paket sembako yang dibandrol dengan harga menarik yang sulit untuk […]
  • Glorious Innovation Jadi Tema DFSK di GIIAS 2019

    Glorious Innovation Jadi Tema DFSK di GIIAS 2019

    DFSK mengumumkan ikut serta selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan membawa sejumlah keseruan yang tidak akan terlupakan kepada seluruh pengunjung. Merek otomotif ternama asal China ini menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi konsumen, kegiatan yang seru di booth, sampai dengan hiburan musik dari panggung di booth […]
  • Master Crab, Restoran Bintaro yang Menyajikan Hidangan Kepiting Jumbo Lezat

    Master Crab, Restoran Bintaro yang Menyajikan Hidangan Kepiting Jumbo Lezat

    INFOBINTARO (IB) – Repot tapi nikmat, kira-kira begitulah yang dapat disimpulkan dari pengalaman makan kepiting yang masih utuh. Untuk bisa merasakan kenikmatan dagingnya yang gurih manis, kita harus bersabar mengulik daging kepiting di balik cangkangnya yang keras dan terkadang berduri. Meski merepotkanpengalaman makan kepiting di salah satu restoran Bintaro ini dijamin tidak akan membuat kapok […]
  • Habis Terjual Dalam Waktu 1 Menit, Infinix Hot6 Pro Akan Mengadakan Flash Sale Kedua

    Habis Terjual Dalam Waktu 1 Menit, Infinix Hot6 Pro Akan Mengadakan Flash Sale Kedua

    Pada penjualan Flash Sale perdananya Jumat lalu pukul 9 pagi melalui Lazada Indonesia, Infinix HOT6 Pro yang dirancang untuk para pecinta fotografi ini tercatat habis terjual sebanyak 4000 unit di Official Store dalam waktu satu menit saja. Pencapaian yang membanggakan ini membuktikan bahwa Infinix masih menjadi salah satu pemain utama smartphone di Indonesia. “Kami yakin […]
  • Gandeng Garuda Indonesia, Passpod Berikan Diskon 20 Persen bagi Penumpang Rute Australia dan Eropa

    Gandeng Garuda Indonesia, Passpod Berikan Diskon 20 Persen bagi Penumpang Rute Australia dan Eropa

    Perusahaan penyedia jasa rental modem portable berteknologi 4G Passpod mengumumkan peresmian kerjasama dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Kerjasama ini ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi para wisatawan asal Indonesia yang ingin bepergian ke luar negeri namun tidak ingin dibebani biaya roaming yang tinggi. Kerjasama yang bersifat cross-selling ini dilaksanakan selama periode tiga bulan antara Passpod dan […]
  • Vivo V9 Cool Blue Limited Edition: Harga Sama, Tampilan Lebih Gaya

    Vivo V9 Cool Blue Limited Edition: Harga Sama, Tampilan Lebih Gaya

    Vivo V9 kini telah dikonfirmasi hadir dalam 3 pilihan warna: Black, Gold, dan warna terbaru, Cool Blue, yang akan dirilis dalam jumlah terbatas pada penghujung April ini. Merilis warna spesial untuk berbagai V-Series setiap tahunnya, V9 Cool Blue Limited Edition hadir dengan berbagai fitur ungggulan pada kamera, sistem operasi, layar, serta desain fashionable yang memesona […]
  • Secangkir Kopi Bagi Tanah Air dari Baracik Coffee

    Secangkir Kopi Bagi Tanah Air dari Baracik Coffee

    Indonesia memiliki ragam kekayaan kopi yang sangat kaya. Berbagai jenis kopi baik dari jenis Robusta dan Arabika bisa ditemukan di sebagian daerah di Indonesia dengan berbagai variannya. Namun di masa lalu kopi-kopi hasil pertanian dari petani-petani kita terpinggirkan, kalah pamor dengan berbagai kopi impor. Minum kopi dianggap sebagai kebiasaan kaum marjinal. Tidak heran kehidupan petani-petani […]
  • Buktikan, Restoran di Bintaro Ini Menyajikan Steak Berkualitas

    Buktikan, Restoran di Bintaro Ini Menyajikan Steak Berkualitas

    Ketika sedang bosan dengan hidangan menu makanan yang kurang variatif cobalah untuk mengunjungi salah satu restoran di Bintaro yang menyajikan menu steak dengan berbagai rasa dan juga ukuran. Adalah “Steak 21” tempat dimana para penikmat steak dapat terpuaskan hasratnya. Steak Impor maupun Lokal Disajikan di Restoran di Bintaro Steak 21 yang menawarkan beberapa menu layaknya […]
  • Tips Memilih Tempat Penitipan Anak yang Tepat

    Tips Memilih Tempat Penitipan Anak yang Tepat

    Dewasa ini, semakin meningkatnya jumlah orangtua yang keduanya bekerja membuat pengasuhan anak sehari-hari menjadi persoalan baru. Apalagi jika anak masih berusia dini dan mereka tinggal jauh dari rumah kakek-neneknya. Masalah baru yang dihadapi pasangan suami-istri adalah siapakah yang menjaga anak mereka? Pasalnya, kini mencari tenaga asisten rumah tangga ataupun pengasuh yang baik bukan perkara mudah. […]
  • UMN Cetak SDM Unggul dan Siap Bersaing di Era Industri 4.0

    UMN Cetak SDM Unggul dan Siap Bersaing di Era Industri 4.0

    Menyongsong era industri 4.0, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) telah menerapkan metode pembelajaran kolaboratif, e-learning, kurikulum terkini, fasilitas perkuliahan sesuai standar industri, kerjasama dengan industri, tenaga pengajar praktisi, kegiatan akademik dan non-akademik. Hal ini diterapkan oleh UMN untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan siap bersaing. Rektor Universitas Multimedia Nusantara Ninok Leksono menyampaikan bahwa […]
  • Kementan Gandeng Blibli Kerjasama dengan Kostraling Memasarkan Beras Secara Efisien

    Kementan Gandeng Blibli Kerjasama dengan Kostraling Memasarkan Beras Secara Efisien

    Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng Blibli sebagai salah satu perusahaan e-commerce guna semakin memudahkan penyediaan dan distribusi bahan pangan ke masyarakat terutama di masa wabah COVID-19. Dengan memiliki Program Komando Strategi Penggilingan (Kostraling), Kementan secara resmi melakukan penandatangan nota kesepahaman atau MoU dengan Blibli di Kantor Pusat Kementan hari ini. Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung oleh […]
  • Feby Fahriza dan Ariatne Anne, Pasangan Suami Istri Yang Kompak Membangun Bisnis

    Feby Fahriza dan Ariatne Anne, Pasangan Suami Istri Yang Kompak Membangun Bisnis

    Tidak pernah terbayangkan oleh pasangan Feby Fahriza dan Ariatne Anne suatu saat akan bersama-sama membangun bisnis dari nol. Betapa tidak, keduanya berangkat dari profesi karyawan dari perusahaan-perusahaan yang nomor 1 di bidangnya yaitu otomotif dan perbankan. Feby bekerja di salah satu anak perusahaan Astra Group, sedangkan Ari bekerja di Bank Mandiri. Berangkat dari keinginan untuk mandiri […]
  • Pasar Otomotif Mulai Positif, Penjualan Honda Meningkat 93% Dibanding Bulan Sebelumnya

    Pasar Otomotif Mulai Positif, Penjualan Honda Meningkat 93% Dibanding Bulan Sebelumnya

    Pasar otomotif di Indonesia mulai menunjukkan trend yang positif untuk pertama kalinya dalam 3 bulan terakhir.  Sepanjang bulan Juni 2020, Honda mencatat penjualan sebanyak 2.488 unit di Indonesia, meningkat 93% dibandingkan penjualan pada bulan Mei. Kontribusi terbesar penjualan di bulan Juni berasal dari Honda Brio sebanyak 1.314 unit, yang sekaligus memberikan kontribusi hingga 52% dari […]
  • Sejarah Pasukan Kostrad

    Sejarah Pasukan Kostrad

    Komando Strategis Angkatan Darat atau biasa disingkat Kostrad adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Kostrad memiliki jumlah pasukan yang dirahasiakan dan selalu siap untuk beroperasi atas perintah Panglima TNI kapan saja. Saat ini Kostrad terdiri dari dua Divisi: Divisi Infanteri 1/Kostrad berada di Cilodong, Depok Divisi Infanteri 2/Kostrad […]
  • Berbagai Alternatif Lokasi Kegiatan Outbond di Tangerang Selatan

    Berbagai Alternatif Lokasi Kegiatan Outbond di Tangerang Selatan

    Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental, serta langsung merasakan sukses dan gagal dalam pelaksanaan tugas. Outbound juga bermanfaat sebagai sarana yang dapat meningkatkan kebersamaan dan kekompakan team (team building). Selain mengembangkan kemampuan apresiasi atau […]
  • Menginap dengan Pemandangan Terbaik di Dubai

    Menginap dengan Pemandangan Terbaik di Dubai

    Sektor perhotelan Dubai yang beragam dan dinamis diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan selama beberapa tahun mendatang. Dubai menyediakan kamar hotel terbaik yang ditargetkan akan terisi hingga 35,5 juta per tahun pada 2019, mewakili Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan (CAGR) sebesar 10,2% selama 24 bulan ke depan. Menurut studi komprehensif mengenai pasar yang dilakukan […]

Tinggalkan Balasan