Berita Utama

GoFood Mempercepat Transformasi Digital UMKM untuk Bangkit dari Pandemi

Solusi bisnis yang komprehensif telah ditawarkan GoFood, layanan pesan-antar makanan terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara, bagi para UMKM untuk bangkit dan menumbuhkan bisnisnya di tengah situasi pandemi. Tidak hanya untuk merchant yang sudah tergabung dalam ekosistem, solusi lengkap GoFood dan Gojek juga mempercepat UMKM lainnya untuk “go-online.”

Terlengkap di industri, solusi ini terdiri dari fitur teknologi yang mendorong peningkatan permintaan konsumen, serta dukungan di luar teknologi yakni pelatihan wirausaha dan jejaring bisnis. Dukungan komprehensif ini dirancang khusus untuk membantu UMKM beradaptasi, mengingat pandemi telah mengalihkan konsumsi kuliner masyarakat dari offline ke online.

Hal ini disampaikan GoFood dalam acara dialog “Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood” yang didukung oleh Menteri Koperasi & UKM RI, Teten Masduki. Dalam acara tersebut, Teten memaparkan bahwa lebih dari 236.980 pelaku UMKM telah melaporkan kepada KemenkopUKM atas usahanya yang terdampak akibat pandemi dan digitalisasi merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini. Oleh karenanya dibutuhkan kolaborasi kuat antara pemerintah dengan platform digital seperti GoFood dan Gojek untuk membangkitkan kembali UMKM sektor makanan dan minuman di Indonesia.

Teten mengatakan, “Pemerintah menyiapkan skema pemulihan ekonomi nasional termasuk didalamnya untuk pelaku UMKM. Tidak hanya itu, SOP Reaktivasi UMKM menuju tatanan normal baru juga mulai disosialisasikan bagi sektor-sektor usaha yang sudah dan akan mulai diaktifkan kembali  seperti sektor transportasi dan kuliner.  Pelaku UMKM pada dua sektor tersebut perlu memiliki strategi adaptasi bisnis seperti menyediakan variasi visualisasi menu makanan dan minuman; menawarkan makanan sehat dan siap saji; menawarkan paket bundling produk; memberi berbagai promo/diskon khusus bagi merchant; serta menghadirkan value proposition yang lebih baik.

Strategi tersebut merupakan implementasi dari inovasi yang perlu terus dilakukan sektor kuliner dengan mengacu pada kebutuhan masyarakat dan perubahan pola konsumsi yang bermigrasi ke platform online. Di masa krisis ini, pemanfaatan data dan informasi terkait UMKM pada platform digital sangat mendukung kami dalam membantu mereka secara akurat dan cepat. Apalagi, saat ini UMKM sudah sangat dimudahkan dengan adanya platform layanan pesan-antar makanan, seperti GoFood.”

Dari sisi penyedia platform online, GoFood memperkuat dukungannya dalam mempercepat transformasi digital UMKM Indonesia dengan menghadirkan fitur dan inisiatif komprehensif yang membantu UMKM bangkit, beradaptasi, dan mengembangkan bisnisnya secara mandiri. Dalam kesempatan yang sama, Teten juga menyampaikan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM terus mengkampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang merupakan wujud nyata dalam mendorong konsumsi produk lokal kepada masyarakat luas. Dengan dukungan berbagai pihak, terutama GoFood yang memiliki jangkauan layanan di seluruh Indonesia, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia diharapkan dapat meningkatkan minat konsumen untuk terus membeli dan mengkonsumsi produk lokal.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group, mengatakan, “Pandemi ini mengajarkan kami banyak hal. Dari awal berdiri, GoFood berkomitmen untuk meningkatkan skala bisnis para pelaku usaha UMKM kuliner – dan kini kami mengambil satu langkah lebih maju dengan menyediakan ekosistem terlengkap yang lebih dari sekadar teknologi. Salah satunya, kami menambahkan keterampilan para pelaku UMKM kuliner lewat platform edukasi dan berjejaring (networking) sehingga mereka memperoleh pengetahuan lebih dalam tentang berbisnis langsung dari sesama pelaku usaha. Kami juga terus menghimpun arus permintaan dengan ekspansi layanan dan kategori makanan yang disesuaikan dengan perilaku baru masyarakat saat ini.”

Solusi bisnis Gojek dan GoFood terlengkap dan lebih dari sekadar teknologi

Solusi komprehensif dari  Gojek dan GoFood mendukung seluruh kebutuhan usaha UMKM kuliner maupun non-kuliner, dari hulu ke hilir, mulai dari otomasi pengelolaan bisnis hingga pengantaran. Berikut rinciannya:

  • Platform digital untuk memudahkan konsumen mencari dan mengakses produk UMKM   (discovery) melalui GoFood dan GoShop.
  • Fasilitas dapur bersama (cloud kitchen) didedikasikan khusus untuk mitra UMKM guna mengurangi biaya sewa dan operasional serta mendukung kebutuhan infrastruktur.
  • Layanan marketplace belanja bahan baku dengan harga terjangkau khusus bagi mitra UMKM melalui GoFresh.
  • Opsi lengkap pembayaran nontunai yang mudah dan dari hulu ke hilir dengan GoPay dan Midtrans Payment Link.
  • Layanan logistik dan pengiriman cepat dengan GoSend Web Portal dan oleh mitra driver Gojek.
  • Manajemen bisnis yang lebih efisien dengan perangkat terintegrasi seperti GoBiz (aplikasi khusus merchant untuk mengelola bisnis secara mandiri), Spots (perangkat multifungsi untuk aplikasi kasir), Selly (solusi keyboard & dashboard pengelola penjualan), dan Moka (aplikasi kasir berbasis teknologi cloud).
  • Pelatihan keterampilan berwirausaha dan networking  melalui wadah Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dan pelatihan berbisnis online Gojek Wirausaha.

Solusi bisnis komprehensif tersebut merupakan kelanjutan dari berbagai upaya GoFood mendukung UMKM sejak awal masa pandemi. Guna memaksimalkan penghasilan UMKM, GoFood menggelar berbagai inisiatif yang meningkatkan permintaan, seperti program “Paket Makan Keluarga” gratis dari 10.000 mitra usaha GoFood untuk 213.000 mitra driver; mengirimkan 176.000 paket makan dari mitra usaha GoFood untuk tenaga kesehatan di 15 rumah sakit rujukan COVID-19; dan program promosi Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) di mana mitra GoFood yang berpartisipasi berhasil mencatat jumlah pesanan dan omzet  lebih tinggi (12%) dibandingkan mitra di luar program.

GoFood juga terus memperketat protokol keamanan dan menerapkan standar kesehatan dan kebersihan makanan sesuai Panduan BPOM, agar mitra UMKM tetap menjadi andalan masyarakat.

Protokol pengantaran tanpa kontak (contactless delivery) dan GoFood Pick up (mengambil pesanan makanan sendiri di outlet kuliner) terus dijalankan guna meminimalisasi kontak langsung.

Peran Penting Masyarakat dalam Mendukung Pertumbuhan UMKM

Peranan masyarakat untuk terus membeli produk kuliner lokal jadi topik penutup dialog hari ini. “Selain dukungan pemerintah dan kesiapan penyedia platform seperti GoFood, kami pun mengajak masyarakat untuk terus mendukung UMKM dengan membeli produk-produk kuliner anak bangsa. Untuk itu, GoFood kembali menghadirkan program Promo PSBB (Promo Sambil Berbuat Baik) di mana pelanggan tidak hanya merasakan pengalaman berkuliner yang lebih menyenangkan, tapi juga membantu UMKM tetap bertahan di tengah pandemi. Melalui program promo ini, kami berharap penghasilan harian mitra UMKM tetap dapat terus meningkat sehingga tetap menggerakkan roda perekonomian selama pandemi,” tutup Catherine.

Pelanggan GoFood dapat menikmati Promo PSBB yang tengah berlangsung sejak tanggal 20 Juni hingga 31 Juli 2020, dengan pilihan diantaranya diskon menu 15-20%; diskon total belanja Rp 25,000 s.d. Rp 50.000; diskon ongkos kirim Rp 5.000.

Dodi Sandra, Pemilik UKM Kuliner Pempek Pistel Kiarin Bandung mengapresiasi dukungan GoFood untuk mendukung keberlangsungan bisnis mitra merchant selama pandemi COVID-19. “Selama masa pandemi, kami sangat terbantu dengan adanya GoFood. Alhamdulillah pesanan juga tetap ada, malah semakin ramai setiap harinya. Kalau dulu lebih banyak yang makan di tempat,  selama PSBB hampir semua pesanan datang dari GoFood. Kami juga terbantu dengan aplikasi/ perangkat khusus mitra merchant karena laporan penghasilan bisa langsung kita akses dengan transparan. Jadi, kita sebagai pedagang bisa fokus untuk jualan makanan yang berkualitas agar pelanggan tetap senang langganan di Pempek Pistel Kiarin.”

(BON)

 

Baca Juga

  • Ini Daftar Mal di Jakarta Yang Akan Buka Pada Awal Juni 2020

    Ini Daftar Mal di Jakarta Yang Akan Buka Pada Awal Juni 2020

    Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyatakan setidaknya ada 60 mal yang siap membuka operasional pada 5 Juni 2020. Kemudian, ada beberapa mal lagi yang akan buka pada 8 Juni 2020, seperti Grand Indonesia, Teras Benhil, Summarecon Mal Kelapa Gading, dan Sunter Mall. Ketua APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan Rencana pembukaan operasional itu berdasarkan Keputusan […]
  • Bazaar Amal Ramadhan Puri Bintaro

    Bazaar Amal Ramadhan Puri Bintaro

    Pada hari Minggu, 14 Mei 2017 di pinggir danau Puri Bintaro, Sektor 9, diadakan bazaar amal dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1438 H. Menurut Ibu Gamawati, Ketua RW 09 Puri Bintaro, bazaar ini diadakan oleh RW yang didukung oleh para RT di bawahnya. Bazaar ini secara rutin diselenggarakan setiap tahun. Khusus kali ini panitia berasal […]
  • Hanya di Mas Teng, Cuma Rp. 8 Rb Sudah Makan Kenyang dan Enak

    Hanya di Mas Teng, Cuma Rp. 8 Rb Sudah Makan Kenyang dan Enak

    Saat dompet sudah menipis sementara gaji belum masuk, perut tidak mau berkompromi, mau tidak mau harus dilakukan penghematan. Bagi karyawan yang berkantor di kawasan Bintaro, Anda tidak perlu kuatir, ada alternatif bagi Anda untuk berhemat tapi tetap tidak mengorbankan kenikmatan makan siang Anda. Cukup dengan Rp. 8.000 Anda sudah bisa makan siang dengan enak di […]
  • OVO, Grab, dan Tokopedia Berkolaborasi Hadirkan Gelaran Promo 11.11 Sebagai Apresiasi bagi Pengguna

    OVO, Grab, dan Tokopedia Berkolaborasi Hadirkan Gelaran Promo 11.11 Sebagai Apresiasi bagi Pengguna

    Dalam rangka memperkuat ekosistem digital terdepan di Indonesia dan demi memfasilitasi kebutuhan setiap pengguna dalam melakukan transaksi, OVO, platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terdepan di Indonesia, bersama Grab dan Tokopedia terus berinovasi dalam memberikan penawaran terbaik kepada para penggunanya dengan menghadirkan program OVO BOOM (Belanja OVO Mania) 11.11 yang berlangsung mulai dari tanggal 9-11 […]
  • L’oréal Professionnel Luncurkan Koleksi Tren Warna Rambut “Parisian Cool Balayage” di Jakarta Fashion Week 2019

    L’oréal Professionnel Luncurkan Koleksi Tren Warna Rambut “Parisian Cool Balayage” di Jakarta Fashion Week 2019

    L’Oréal Professionnel meluncurkan tren warna dan tatanan rambut terkini: Parisian Cool Balayage – dengan dominasi warna rambut bernuansa dingin pada panggung Jakarta Fashion Week 2019 sekaligus untuk ketujuh kalinya memberikan dukungan sebagai Official Backstage Partner di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 yang berlangsung pada 20-26 Oktober 2018. “Jakarta Fashion Week selalu menjadi ajang yang paling […]
  • PHX Bintaro, Tempat Nongkrong Baru ala Kontainer Dengan Beragam Pilihan Menu

    PHX Bintaro, Tempat Nongkrong Baru ala Kontainer Dengan Beragam Pilihan Menu

    Kabar gembira bagi warga Bintaro, pilihan tempat makan dan nongkrong semakin beragam. Telah hadir sebuah foodcourt baru di Bintaro Sektor 9 dengan nuansa unik, PHX Bintaro. Betapa tidak, biasanya foodcourt menawarkan arsitektur bangunan standar, dengan satu level area yang diisi dengan berbagai tenant-tenant kuliner. Di PHX Bintaro, suasananya terbilang unik, karena bangunannya tersusun dari kontainer-kontainer. […]
  • Kompetisi Tari Arsawati: “Ragam Sanur Budaya Indonesia.” yang Digelar di Universitas Multimedia Nusantara

    Kompetisi Tari Arsawati: “Ragam Sanur Budaya Indonesia.” yang Digelar di Universitas Multimedia Nusantara

    Tari Saman adalah tarian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo […]
  • Mendorong Berkembangnya Koperasi di Tangerang Selatan

    Mendorong Berkembangnya Koperasi di Tangerang Selatan

    Sebagai stakeholder yang berperan besar mendorong perkembangan koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional, pemerintah memiliki fungsi terbesar sebagai inisiator, fasilitator sekaligus regulator bagi terciptanya iklim yang kondusif bagi  masyarakat untuk berpartisipasi pada badan usaha yang berbasis kerakyatan ini. Untuk itu, Pemkot Tangsel terus mendorong berdirinya berbagai koperasi di wilayah Tangserang Selatan melalui berbagai upaya. Untuk […]
  • Menikmati Fotografi Malam dengan Fitur Super Night Mode di Vivo V19

    Menikmati Fotografi Malam dengan Fitur Super Night Mode di Vivo V19

    Sesuai dengan tagline “Perfect Night, Perfect You”, vivo V19 hadir dengan memperkenalkan salah satu fitur keunggulannya yakni Super Night Mode. Teknologi yang tersemat di kamera 32MP Super Night Selfie dan kamera belakang 48MP AI Quad Camera ini mampu menghasilkan foto yang jernih dan tajam, meskipun saat berada di kondisi minim cahaya atau malam hari. Didukung […]
  • Makin Hoki di Tahun Tikus dengan Peluang Usaha dan Promo Imlek 2020 Jakmall.com

    Makin Hoki di Tahun Tikus dengan Peluang Usaha dan Promo Imlek 2020 Jakmall.com

    Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan. Momen ini menjadi ajang berbagai e-commerce maupun marketplace memberikan penawaran menarik dan menguntungkan bagi pelanggan. Imlek adalah perayaan Tahun Baru China yang disambut meriah setiap tahunnya. Dalam perhitungan China, tahun 2020 ini sama dengan tahun baru 2571 Kongzili yang disebut sebagai tahun tikus […]
  • Huawei Ajak Berbagi Kasih Sayang dengan February in Harmony

    Huawei Ajak Berbagi Kasih Sayang dengan February in Harmony

    Bulan Februari identik dengan bulan kasih sayang. Apakah Anda sedang mencari hadiah untuk orang terdekat yang lebih spesial dari biasanya? Huawei hadir dengan “February in Harmony” yang memberikan beragam penawaran bagi Anda yang ingin memberikan kado spesial di bulan Februari ini. “Ada berbagai cara kita mengungkapkan kasih sayang pada orang-orang terdekat. Memahami hal tersebut, Huawei […]
  • Industri Otomotif Korsel Siap Berproduksi di Indonesia

    Industri Otomotif Korsel Siap Berproduksi di Indonesia

    Produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor Company (HMC) akan segera merealisasikan investasinya di Indonesia. Rencananya ini ditegaskan pada pertemuan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dengan Executive Vice President HMC Park Hong Jae di Seoul, Selasa (25/6/2019). “Mereka akan mulai produksi pada tahun 2021, dengan kapasitas 70.000 hingga 250.000 unit per tahun,” kata Menperin sesuai keterangannya […]
  • Gojek Gandeng JumpaPay Luncurkan Inovasi Layanan GoService

    Gojek Gandeng JumpaPay Luncurkan Inovasi Layanan GoService

    Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, bekerja sama dengan JumpaPay, pada hari ini meluncurkan layanan GoService untuk memudahkan pelanggan dalam membayar kewajiban pajak dan mengurus administrasi surat-surat kendaraan bermotor. Kerja sama Gojek dan JumpaPay ini merupakan bentuk kolaborasi dalam menghadirkan layanan dengan konsep bisnis Third Party Platform. Pada konsep bisnis Third Party Platform, platform-platform […]
  • Kembali Tawarkan Savings Bond Ritel SBR006, Investree Hadirkan Promo Cash Back Hingga Rp 30 Juta

    Kembali Tawarkan Savings Bond Ritel SBR006, Investree Hadirkan Promo Cash Back Hingga Rp 30 Juta

    Untuk keempat kalinya, Investree (PT Investree Radhika Jaya), sebuah fintech-marketplace lending platform kembali menjadi salah satu Mitra Distribusi (Midis) Penjualan Savings Bond Ritel SBR006 untuk seri Savings Bond Ritel dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI),  sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan dengan masa penawaran 1-16 April 2019. Kolaborasi ini bertujuan untuk […]
  • Cooking Mania Maxim, Lomba Masak 18 Menit di Giant Bintaro

    Cooking Mania Maxim, Lomba Masak 18 Menit di Giant Bintaro

    Untuk memperkenalkan produk terbarunya Maxim Quattro Speed Cooker, Maxim, produsen peralatan masak terkemuka yang memegang hak paten untuk pelapis Teflon mengadakan lomba masak yang berlangsung di Giant Bintaro, Minggu, 13 November 2016. Berbeda dengan panci presto (pressure cooker) pada umumnya yang terbatas untuk presto, Maxim Quattro Speed Cooker merupakan panci presto multi fungsi yang dapat digunakan untuk […]
  • Taman Jajan Bintaro, Tempat Nongkrong Baru di Bintaro

    Taman Jajan Bintaro, Tempat Nongkrong Baru di Bintaro

    Popularitas Bintaro sebagai salah satu pusat kuliner menjadi makin lengkap dengan hadirnya pusat kuliner baru yang dinamakan Taman Jajan Bintaro. Bintaro sebagai perumahan kaum urban yang berciri masyarakatnya memiliki aktivitas yang sibuk dari pagi hingga malam hari, sehingga kebutuhan untuk hadirnya tempat nongkrong yang nyaman dimana pengunjung dapat mengerjakan berbagai aktivitasnya, dari bersosialisasi, mengadakan pertemuan […]
  • Foto : Resto Sari Rendang, Resto Masakan Padang yang Homy

    Foto : Resto Sari Rendang, Resto Masakan Padang yang Homy

    Resto yang dimiliki oleh pasangan suami istri Bapak Frans Darmadi dan Ibu Ivonne ini terletak di Jl Pondok Betung Raya 134, di depan Kodam Arhanud Bintaro. Buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam Sari Rendang mulai beroperasi pada bulan Ramadhan kemarin dan diresmikan pada tanggal 16 Juni 2019. Di tempat ini […]
  • Tips liburan: Cara Memilih Biro Perjalanan (Travel Agent)

    Tips liburan: Cara Memilih Biro Perjalanan (Travel Agent)

    Untuk dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata dengan mudah tanpa harus repot-repot memikirkan transportasi ataupun segala keperluan yang harus dimiliki saat berwisata, jasa biro perjalanan tertentu sangat membantu Anda dalam melakukan perjalanan wisata. Biro perjalanan wisata yang akan mengatur perjalanan, transportasi, makanan serta hal-hal yang diperlukan dalam perjalanan Anda. Tetapi, sekarang banyak biro perjalanan yang kurang […]
  • Ramadhan Hijrah Festival 24-26 Mei 2019, Tiket Bisa Dibeli di KiosTix

    Ramadhan Hijrah Festival 24-26 Mei 2019, Tiket Bisa Dibeli di KiosTix

    Seiring dengan semakin berkembangnya fenomena hijrah dan meningkatnya jumlah komunitas Muslim di Indonesia, meningkat pula kebutuhan akan wadah berkumpulnya umat dan komunitas Muslim. Hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut, serta ingin mengulang sukses Hijrah Festival pertama 2018 lalu, kini kembali digelar Ramadhan Hijrah Festival 2019. Festival ini akan berlangsung selama tiga hari, Jumat-Minggu/24-26 Mei 2019, dengan […]
  • Perkenalkan Octo Clicks, CIMB Niaga Sempurnakan Pengalaman Digital Internet Banking

    Perkenalkan Octo Clicks, CIMB Niaga Sempurnakan Pengalaman Digital Internet Banking

    Melanjutkan inovasi digital banking OCTO Mobile yang diluncurkan pada Mei 2020 lalu, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengembangkan kemampuan digitalnya dengan menyempurnakan internet banking “CIMB Clicks” menjadi “OCTO Clicks”. Terobosan baru ini dilakukan untuk memberikan pengalaman perbankan digital yang semakin mudah dan lengkap kepada nasabah, terutama pada kondisi saat ini yang menjadikan […]

Tinggalkan Balasan