Gaya Hidup

GO-FOOD Mudahkan Pelanggan dan Merchant Kurangi Sampah Plastik

GO-FOOD kini telah berkembang menjadi layanan pesan-antar makanan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dengan menggandeng hampir 400.000 merchant di seluruh wilayah operasionalnya. Dengan jaringan yang semakin luas, GO-FOOD berkomitmen untuk terus memperluas dampak sosial salah satunya dengan mendukung upaya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. GO-FOOD mendorong inisiatif yang secara aktif dapat dilakukan oleh seluruh ekosistemnya secara berkelanjutan.

Menurut data yang dikumpulkan dari berbagai sumber, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyampaikan jumlah timbunan sampah secara nasional sebesar 175.000 ton per hari jika menggunakan asumsi sampah yang dihasilkan setiap orang per hari sebesar 0,7 kg.

Dari sampah tersebut, 15% diantaranya berasal dari plastik sekali pakai yang berasal dari kemasan makanan dan minuman, kemasan consumer goods, kantong belanja, serta pembungkus barang lainnya. Sehingga, penting bagi masyarakat untuk bisa mengendalikan penggunaan plastik yang berlebihan.

Chief Food Officer GOJEK Group, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, “Bagi kami, menjadi pelopor aplikasi layanan pesan-antar makanan dengan pengguna dan merchant terbanyak, serta kontribusi ekonomi tertinggi harus diiringi dengan nilai-nilai lebih lainnya, salah satunya adalah terus berupaya mendorong terwujudnya dampak-dampak sosial dan lingkungan. Kami berkomitmen untuk membuat teknologi yang memudahkan hidup konsumen dan merchant kami, termasuk dalam penerapan gaya hidup mereka yang ramah lingkungan. Sebagai bagian dari ekosistem GOJEK, GO-FOOD selalu berupaya memastikan terwujudnya dampak positif kepada tiap pihak yang berada dalam ekosistem kami, yaitu mitra merchant, mitra driver, dan pelanggan setia GO-FOOD. Melalui inovasi terbaru GO-FOOD, kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama turut menyelamatkan lingkungan karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama.”

Dua inisiatif utama yang dilakukan GO-FOOD meliputi:

Pilihan Untuk Tidak Memesan Alat Makan Sekali Pakai di Dalam Aplikasi

Kini, dengan memanfaatkan teknologi di platform GO-FOOD, pelanggan bisa memilih alat makan secara opsional di daftar pilihan menu dengan biaya tambahan mulai dari Rp 1.000. Ini merupakan cara GO-FOOD mengajak masyarakat sebagai pelanggan setia GO-FOOD dan mitra merchant untuk mulai sadar lingkungan dari hal kecil yang dekat dengan perilaku konsumsi sehari-hari.

Untuk mengetahui mitra merchant yang bergabung dalam program ini, pelanggan dapat melihat daftarnya di halaman aplikasi GO-FOOD. Saat ini, sudah ada lebih dari 750 outlet yang bergabung dalam inisiatif ini di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Bali.

Delivery Bag Untuk Pengemudi GOJEK

Dari sisi driver, GO-FOOD juga akan menyediakan tas pengantaran makanan khusus yang desainnya lebih disempurnakan dari tas yang kami berikan ke driver sejak tahun lalu. Tas pengantaran makanan terbaru ini didesain dengan pengaturan kompartemen lebih baik agar bisa digunakan untuk menyimpan dan membawa makanan dengan aman, praktis, dan nyaman, serta membuat para driver untuk tidak perlu menggunakan kantong plastik ketika mengantarkan makanan.

Dua inisiatif di atas merupakan solusi yang direncanakan akan lebih berkesinambungan karena secara nyata langsung bisa dilakukan oleh merchant, driver, dan pelanggan sebagai pengambil keputusan dalam setiap transaksi GO-FOOD.

Sebelumnya, GOJEK secara aktif telah mendukung upaya pemerintah di berbagai daerah untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Di Bali, GOJEK bersama Pemerintah Kota Denpasar telah menginisiasi program pelatihan khusus yang melibatkan ratusan mitra merchant dengan menggandeng pemerintah dan organisasi peduli lingkungan lokal untuk membantu menumbuhkan kesadaran akan pentingnya mengurangi risiko penggunaan plastik sekali pakai yang berlebihan.

Inisiatif serupa juga telah dilakukan di Bandung. Melalui penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) bersama jajaran pemerintah kota untuk mendukung keberhasilan Program Bandung Smart City, GOJEK membagikan 10.000 tote bag kepada mitra driver sehingga mereka bisa secara langsung mengurangi penggunaan kantong plastik untuk mengambil dan mengantar orderan sehari-hari.

Untuk memberikan dampak yang signifikan, GO-FOOD tidak bisa berjalan sendiri. Karenanya, GO-FOOD sebagai pelopor upaya pelestarian lingkungan di industri layanan pesan-antar makanan menggandeng lembaga dan organisasi kredibel, diantaranya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta World-Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia, organisasi konservasi lingkungan independen terbesar di Indonesia.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rosa Vivien Ratnawati menyatakan, “Pemerintah telah mempunyai kebijakan pengelolaan sampah secara nasional dan mengakselerasi penerapannya untuk memastikan pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan di daerah. Ada 14 kota dan 1 provinsi (Bali) yang telah melarang penggunaan plastik sekali pakai.

BACA JUGA  Lippo Mall Hadirkan Karakter "Snow White" Dan "Ariel"

Oleh karena itu, KLHK mengapresiasi GO-FOOD sebagai aplikasi layanan pesan-antar makanan pertama di Indonesia yang mendukung upaya pemerintah untuk pengurangan sampah plastik dengan memberikan pilihan kepada konsumen GO-FOOD untuk tidak menggunakan alat makan sekali pakai.

Hal ini tentu sejalan dengan program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik dan kami sangat berharap semua pihak, produsen maupun konsumen dapat mengikuti jejak GOJEK untuk menjadi agen perubahan untuk hal ini.”

“KLHK juga berkolaborasi dengan GOJEK untuk mendorong penggunaan delivery bag untuk pengemudi dalam layanan GO-FOOD. KLHK membantu melakukan komunikasi, informasi dan edukasi kepada para produsen penyedia makanan untuk tidak menggunakan kemasan plastik sekali pakai dan menggunakan delivery bag dalam pengiriman makanan pesanan konsumennya, sebagai upaya mendorong pihak terkait untuk mendukung kebijakan pengurangan sampah plastik,” lanjut Vivien.

Hal serupa juga disampaikan oleh Direktur Kelautan dan Perikanan WWF-Indonesia, Imam Musthofa yang menyambut ajakan kolaborasi dari GO-FOOD. “WWF-Indonesia mengapresiasi GOJEK yang terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan namun juga memastikan menjalankan praktik bisnis yang ramah lingkungan. Kami menilai langkah yang diambil GOJEK melalui layanan GO-FOOD dengan dua ‘fitur’ barunya yaitu memberikan pilihan untuk tidak memesan alat makan sekali pakai di dalam aplikasi dan pengadaan delivery bag untuk pengemudi GOJEK merupakan langkah tanggap dalam upaya mengurangi sampah plastik sekali pakai. Sebagai dukungan terhadap GOJEK, WWF-Indonesia mengambil peran sebagai mitra pengetahuan (knowledge partner) dengan menyediakan sarana edukasi kepada merchant, driver, dan user untuk membangun kesadaran, perubahan perilaku, dan pada akhirnya membentuk kebiasaan peduli lingkungan dengan tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai,” tambah Imam.

Menurut hasil riset dari Alvara Research Centre yang berjudul “Perilaku dan Preferensi Konsumen Milenial Indonesia terhadap Aplikasi E-Commerce 2019” GO-FOOD mendominasi pasar pesan-antar makanan karena jauh lebih banyak digunakan oleh konsumen atau 71,7% dibanding kompetitor.

Mayoritas milenial memilih GO-FOOD karena aspek kualitas layanan yang baik. Oleh karena itu, partisipasi merchant untuk membuat layanannya lebih bertanggung jawab secara lingkungan akan membuat pilihan kuliner mereka lebih diminati oleh pelanggan yang sudah sadar atas isu lingkungan ini.

GO-FOOD berkomitmen untuk selalu menjadi andalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kuliner yang praktis dan nyaman lewat inisiatif dan inovasi teknologi. “Kedepannya, kami sedang merancang lebih banyak inisiatif dan inovasi yang bisa mendorong masyarakat untuk peduli lingkungan melalui program edukasi bersama KLHK, WWF, dan partner lainnya. Pada dasarnya, kami juga terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak agar lebih banyak lagi masyarakat yang bisa turut berpartisipasi dan merasakan dampak positif yang dihadirkan ekosistem GOJEK melalui teknologi,” tutup Catherine.

(BON)

 

Baca Juga

  • Cashlez Berkolaborasi dengan Ovo Permudah Transaksi Nontunai

    Cashlez Berkolaborasi dengan Ovo Permudah Transaksi Nontunai

    PT Cashlez Worldwide Indonesia (“Cashlez”) mengawali tahun 2019 dengan menggandeng platform pembayaran digital terbesar di Indonesia, OVO. Cashlez selaku payment aggregator terus bergerak secara cepat dan agresif dalam mewujudkan komitmennya untuk terus memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha dan masyarakat dalam melakukan transaksi nontunai. Kerjasama ini, tentu saja semakin melengkapi metode pembayaran Cashlez yang kini […]
  • Sepatu Peninggi Badan by ShoesVaganzas

    Sepatu Peninggi Badan by ShoesVaganzas

    Hai, warga Bintaro…Tahukah Anda kalau sekarang ada sepatu peninggi badan buat pria lho. Gimana modelnya ya? Bila dilihat dari luar, tidak ada perbedaan dari sepatu pria umumnya. Padahal terdapat hidden sol di bagian dalam 3 – 4 cm. Sedangkan sol luar yang terlihat tingginya sekitar 3 – 4 cm. Wow…kan? Nah, siapa sih pengguna sepatu […]
  • Dapatkan Paket 2 in 1 BBQ & Suki di Ngunya, Hanya Rp. 99.000 All You can Eat

    Dapatkan Paket 2 in 1 BBQ & Suki di Ngunya, Hanya Rp. 99.000 All You can Eat

    Saat ini banyak restaurant barbeque alias BBQ di Bintaro. Menu ini memang dinikmati beramai-ramai bersama keluarga atau teman. Ada pula yang menyukai menu suki dari Jepang. Memang restoran BBQ khas Korea dan Jepang biasanya yang paling dijadikan favorit karena cita rasa makanannya yang sangat unik dan dijual dengan sistem all you can eat. Namun sayangnya […]
  • Bulan Penuh Cinta di Love Festival Bintaro Xchange Mall

    Bulan Penuh Cinta di Love Festival Bintaro Xchange Mall

    Bulan Februari sering diidentikkan dengan bulan cinta. Mungkin hal ini disebabkan pada tanggal 14 Februari dirayakan sebagai Hari Valentine. Walaupun banyak orang yang pro dan kontra terhadap Hari Valentine ini. Nyatanya banyak anak muda di seluruh dunia yang menjadikan tanggal 14 Februari sebagai tanggal untuk menunjukkan perasaannya terhadap orang yang dicintainya. Bintaro Xchange Mall tidak […]
  • Bantu Tingkatkan Wisatawan Mancanegara, Telkomsel Hadirkan Kartu Perdana ‘Simpati Tourist Wonderful Indonesia’

    Bantu Tingkatkan Wisatawan Mancanegara, Telkomsel Hadirkan Kartu Perdana ‘Simpati Tourist Wonderful Indonesia’

    Dalam rangka mewujudkan kerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar) sebagai official partner ‘Wonderful Indonesia’, Telkomsel kini mewujudkan dukungannya bagi sektor pariwisata Indonesia dengan meluncurkan kartu perdana khusus ‘simPATI Tourist Wonderful Indonesia’. Kartu perdana ini memiliki desain khusus dan memiliki spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan mancanegara. ‘SimPATI Tourist Wonderful Indonesia’ memiliki 11 desain […]
  • Penampilan Juara-Juara Dance Competition : Sky Full of Stars

    Penampilan Juara-Juara Dance Competition : Sky Full of Stars

    Dance Competition yang dibesut oleh Lastminute Entreprise berlangsung di Bintaro Plaza menampilkan potensi-potensi dari anak-anak dan kaum muda dalam Modern Dance dan K-Pop Dance Cover. Event yang berlangsung 2 tahap, yaitu Modern Dance pada Sabtu & Minggu, 28-29 Mei 2016 dan K-Pop Dance Cover yang akan berlangsung pada Sabtu & Minggu, 4-5 Juni 2016, ini […]
  • Kementerian Pariwisata Dukung PT Unilever Gelar Event Festival Jajanan Bango 2018

    Kementerian Pariwisata Dukung PT Unilever Gelar Event Festival Jajanan Bango 2018

      Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan PT Unilever Indonesia Tbk. mendukung penyelenggaraan event Festival Jajanan Bango (FJB) 2018 yang akan berlangsung di Jakarta pada 14-15 April 2018 dan Makassar pada 5-6 Mei 2018. Penyelenggaraan FJB mendapat sambutan antusias dari para pencinta kuliner di Tanah Air. Event ini menjadi media yang efektif untuk mempromosikan kuliner tradisional sebagai […]
  • She’s Mercedes: Inspirasi dan Pemberdayaan Wanita

    She’s Mercedes: Inspirasi dan Pemberdayaan Wanita

    “Be bold for change” (berani untuk berubah) adalah motto dari Hari Perempuan Internasional. Tekad kuat tersebut juga mendorong para wanita penting yang hidup pada saat Mercedes-Benz pertama kali didirikan di akhir abad ke-19. Berbekal sifat percaya diri dan tanggung jawab, mereka merupakan pionir mobilitas yang berhasil menentang perlawanan di masyarakat. Nama MercedesBenz dapat ditelusuri dari […]
  • Test Drive Mercedes Benz PRO Motor BSD di Puri Bintaro

    Test Drive Mercedes Benz PRO Motor BSD di Puri Bintaro

    Untuk mendekatkan diri dengan calon-calon pelanggannya, PRO Motor BSD, sebuah dealer mobil kelas atas, Mercedes Benz di BSD, mengadakan test drive di wilayah Puri Bintaro, Bintaro Sektor 9, pada Sabtu dan Minggu, 15 & 16 April 2017. Test drive yang berlangsung di sisi danau (poulder) Puri Bintaro berlangsung dari pukul 6 pagi sampai dengan 17.30. […]
  • Ikuti COSPLAY COMPETITION 6 Desember 2017 di Japanese Café Festival – Kampus UMN, Serpong

    Ikuti COSPLAY COMPETITION 6 Desember 2017 di Japanese Café Festival – Kampus UMN, Serpong

    Permainan kostum atau Cosplay (コスプレ Kosupure) adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata “costume” (kostum) dan “play” (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Pelaku permainan kostum disebut pemain kostum/cosplayer, […]
  • Si #Juaracepat GrabFood Siap Antar Menu Hokben Favoritmu Gak Pake Lama!

    Si #Juaracepat GrabFood Siap Antar Menu Hokben Favoritmu Gak Pake Lama!

    HokBen telah menjadi salah satu restoran cepat saji favorit masyarakat Indonesia. Beef Teriyaki? Ebi Furai? Egg Chicken Roll? Wah! Kebayang dong, kelezatannya! Kini, pelanggan dapat menikmati menu favorit HokBen mereka dengan lebih mudah, melalui layanan pesan-antar makanan GrabFood! Dengan rata-rata waktu pengantaran 29 menit, pesanan HokBen kamu akan tiba selagi hangat, dan siap memanjakan perut […]
  • Gojek Hadirkan Layanan Ramah dan Aman bagi Perempuan dan Anak

    Gojek Hadirkan Layanan Ramah dan Aman bagi Perempuan dan Anak

    Gojek, pemimpin layanan on-demand di Indonesia, hari ini menjadi layanan on-demand pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dalam menghadirkan layanan yang aman bagi perempuan dan ramah anak. Bekerja sama dengan KPPPA, Gojek terus menghadirkan keamanan dan keselamatan bagi seluruh penggunanya melalui inovasi teknologi, edukasi dan pelatihan, serta […]
  • Berbagai Lomba Cinta Anak di Baby & Kids Explore

    Berbagai Lomba Cinta Anak di Baby & Kids Explore

    Pada hari Minggu, 6 November 2016, bertempat di Lotte Mall, Bintaro Sektor 7, diadakan berbagai lomba yang dikemas dalam satu event yang bertajuk Baby & Kids Explore. Event ini merupakan kerjasama antara LotteMart Hypermarket dengan tabloid Mom & Kiddie dan Genie yang memperebutkan hadiah jutaan rupiah. Berbagai lomba yang unik yang membutuhkan interaksi antara orang tua […]
  • Apakah Anda Menyadari Tubuh Anda Telah Terjangkit Hepatitis? Waspadalah…

    Apakah Anda Menyadari Tubuh Anda Telah Terjangkit Hepatitis? Waspadalah…

    Hampir semua orang tentunya pernah mendengar tentang nama penyakit Hepatitis. Hepatitis merupakan peradangan organ hati atau liver yang akut. Penyebabnya mayoritas disebabkan virus, walaupun ada juga yang disebabkan non virus dengan jumlah yang kecil. Hepatitis mulai populer disebut-sebut dalam kehidupan masyarakat Indonesia semenjak sekitar 30 tahun yang lalu. Namun seiring dengan berjalannya waktu, popularitas penyakit […]
  • Kepingin Menikmati Youtube dan Aplikasi Sehari-hari Sepuasnya Selama Satu Tahun?

    Kepingin Menikmati Youtube dan Aplikasi Sehari-hari Sepuasnya Selama Satu Tahun?

    Indosat Ooredoo melalui brand IM3 Ooredoo terus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pengalaman internet terbaik di era digital ini. Sebagai pionir program smartphone bundling di Indonesia, IM3 Ooredoo bekerja sama dengan Advan sebagai produsen smartphone asal Indonesia meluncurkan paket bundling smartphone terbaru yaitu Advan i6 – IM3 Ooredoo Unlimited yang sudah didukung teknologi 4G […]
  • Di Warung Leko, Iga Sapi Bisa Jadi Luar Biasa

    Di Warung Leko, Iga Sapi Bisa Jadi Luar Biasa

    Kawasan Bintaro memang memiliki segudang tempat makan enak dan bervariasi, berbagai pilihan menu dari mulai menu tradisional Indonesia sampai menu dari berbagai negara di dunia tersedia di sini. Mau yang murah meriah sampai yang mahal bisa menjadi pilihan Anda. Salah satu tempat makan yang Info Bintaro rekomendasikan bagi Anda untuk dikunjungi, terutama jika Anda penyuka […]
  • Christmas Cooking Competition Bersama Chef Abboud – Lomba Memasak Bernuansa Natal dari Parkson Gourmet Mart

    Christmas Cooking Competition Bersama Chef Abboud – Lomba Memasak Bernuansa Natal dari Parkson Gourmet Mart

    Untuk memeriahkan suasana Natal, Parkson Gourmet Mart mengadakan lomba memasak yang bertajuk Christmas Cooking Competition pada Sabtu, 17 Desember 2016. Acara yang berlangsung di Lantai 2 Parkson Gourmet Mart, CBD Bintaro Sektor 7, ini menghadirkan Chef Abboud, seorang chef ternama dan host dari acara Selera Asal di TVOne. Christmas Cooking Competition ini memperebutkan hadiah uang […]
  • Hari Ini! Penjualan Perdana Smartphone Fashionable Vivo V9 Cool Blue Limited Edition

    Hari Ini! Penjualan Perdana Smartphone Fashionable Vivo V9 Cool Blue Limited Edition

    Edisi spesial vivo V9 Cool Blue Limited Edition sudah bisa dibeli langsung mulai hari ini (30/04/18) baik via online di JD.id maupun gerai-gerai resmi vivo Indonesia. Konsumen yang telah menanti kehadiran smartphone ini pun bisa mendapatkannya dengan harga resmi Rp 3.999.000. Edy Kusuma, General Manager for Brand & Activation Vivo Indonesia menyatakan “Kami antusias untuk […]
  • Tiga Hidangan Baru dengan Harga Terjangkau di Hokben yang Wajib Kamu Coba

    Tiga Hidangan Baru dengan Harga Terjangkau di Hokben yang Wajib Kamu Coba

    HokBen, yang dikenal sebagai pelopor makanan bergaya Jepang di Indonesia selama ini berkomitmen untuk selalu memberikan berbagai inovasi produk makanan yang lezat. Di penghujung tahun 2018 ini pun HokBen kembali menghadirkan tiga varian menu baru yang unik dan wajib dicoba yakni Furi-Furi Salad, Hot & Spicy Chicken and Beef Teriyaki, serta Tori Fingers. Tak hanya […]
  • Resep Sapi Lada Hitam ala Chinese Food

    Resep Sapi Lada Hitam ala Chinese Food

    Apakah anda hobi masak? Mungkin bisa mencoba resep memasak sapi lada hitam berikut ini. Bahan 100 gr sapi has dalam, iris gemuk Bahan Marinasi: 1 sdt lada hitam tumbuk kasar 1/2 sdt garam 1,5 sdm kecap manis 1 sdm saus tiram 1/4 sdt kecap asin Bahan Tumisan: 1/2 paprika hijau 1/2 paprika merah 1 bawang […]

Tinggalkan Balasan