Gepuk Teteh, Nasi Liwet Tanpa Teri atau Ikan Asin Asal Bintaro

Selain Nasi Liwet Solo, Indonesia juga punya ragam nasi yang berbumbu dan bercita rasa gurih. Antara lain nasi lemak, nasi uduk, nasi megono, nasi gemuk, dan lainnya. Salah satu jenis nasi yang populer hingga kini ialah liwet yang masuk tatar sunda yaitu Nasi liwet Bandung, atau dikenal dengan “sangu liwet” khas Sunda. “Proses pembuatan nasi liwet sunda disebut “ngaliwet”. Ngaliwet dalam Tatar Sunda umumnya memakai ketel/kastrol atau panci, dimasak bersama bumbu-bumbu namun tanpa santan. Bumbunya antara lain garam, bawang merah, bawang putih, daun salam, sereh, lengkuas, cabe, santan, minyak kelapa

Di balik kelezatannya, nasi liwet khas sunda menyimpan cerita. Berasal dari kehidupan masyarakat perkebunan, nasi liwet sunda lahir dari alasan penghematan. Sebenarnya dulu lahir dari penghematan. Ada nasi yang dimasak bersama lauk pauk.

Jaman dahulu masyarakat Sunda harus berjalan jauh untuk mencapai kebunnya. Setelah sampai di kebun pun, jauh dari sumber makanan. Oleh karena itu nasi liwet dibawa dengan tempat memasak, ketel atau kastrolnya yang tertutup rapat.

Makanan santri atau dikenal dengan sebutan Deungeun Santri yang terdiri dari nasi liwet, ikan peda, lalapan dan sambal. Deungeun Santri biasa dimasak oleh para santri di di Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Maksud hal tersebut ialah agar nasi yang sudah bercampur lauk tersebut tahan lama dari pagi hingga siang, bahkan tetap hangat dimakan. Jika ingin memanaskan pun cukup menaruh ketelnya langsung di atas pembakaran. “Nasi liwet di Sunda tujuannya penghematan, beda sama di Jawa. Karena orang sunda dulu makan nasi sama ikan asin dan sambal aja cukup, selesai. Untuk sayurnya dia tinggal ngambil langsung di kebunnya, biasa dinamakan lalapan.

Lauk yang biasa dimasukkan ke dalam nasi liwet khas Sunda juga khas, dan berbeda dengan lainnya. Seperti ikan peda merah, ikan kembung yang sudah dipindang, bisa juga ikan asin. Semuanya dimasak bersama nasi setengah matang tanpa menggunakan santan. Uniknya dari sejarah munculnya nasi liwet sunda yang merupakan sebuah penghematan dari kalangan bawah, kini panganan tersebut menjelma di restoran-restoran modern. Banyak yang menyukai jenis liwetan ini dengan langsung disajikan dalam ketelnya. “Liwetan Sunda sekarang banyak ditemui di resto-resto modern, unik menggunakan ketel, walaupun dituang juga. Dalam nasinya sudah ada teri atau ikan asin

Nasi Liwet Khas Sunda yang bercita rasa gurih ini, biasanya dimakan dengan ikan asin atau ayam goreng, lalapan dan tentunya sambal. Selain Sunda, Solo juga memiliki Nasi Liwet Khas-nya sendiri.

Di Bintaro juga ada nasi liwet lezat yang tidak disajikan bersama teri atau ikan asin, melainkan gepuk.

Gepuk adalah makanan khas sunda Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi,terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi, yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah mateng, kemudian dipukul-pukul hingga agak empuk. Khusus di Gepuk Teteh, bahanya dibuat dari daging pilihan dengan serat yang halus dan empuk

Gepuk Teteh

Saat ini di Bintaro ada menu nasi gepuk yang dijual via online alias instagram @gepukteteh dan aplikasi GO FOOD by Gojek.  Yang paling banyak dipesan adalah paket Gepuk, paket Nasi Liwet Gepuk, Gepuk Suwir dan Nasi liwet Peda

Usaha yang dirintis sejak tahun 2016 disukai anak-anak, orang dewasa dan orang tua. Bahkan ada yang memesannya dari luar kota. Gepuk ini pun pernah dibawa ke luar negeri sebagai oleh-oleh atau sebagai bekal makanan selama travelling. Sebagai contoh produk gepuk suwir bisa tahan 7 hari di luar ruangan dan 1 bulan di kulkas.

Kebanyakan pelanggan mengatakan harganya terjangkau. Harga nasi gepuk Rp. 30.000/porsi sedangkan nasi peda Rp. 20.000/porsi. Nasi gepuk terdiri dari tempe bacam, tahu bacem, gepuk, lalapan berupa labu siam rebus dan kacang panjang serta sambal andalan yang terasa jahenya. Kemasannya pun unik dan simpel.

Nasi Peda

Nasi peda buatan Gepuk Teteh juga diolah dengan cara liwetan juga. Terbuat dari beras yang dimasak bersama 1 ekor ikan peda, bawang merah, bawang putih, 1 batang daun bawang, daun pandan, daun salam, sereh, garam dan minyak goreng. Anda pun dapat memasaknya dengan rice cooker. Simak cara pembuatannya di https://www.youtube.com/watch?v=3E7J7PCOjLA. Nasi peda ini terasa wangi dengan taburan bawang goreng serta daun kemangi dan ketimun.

Usaha kuliner ini dimiliki sendiri oleh Retna Septi Widiantini. Cita-citanya akan membuka outletnya di satu tempat. Tunggu update selanjutnya di Info Bintaro ya.

Paket Nasi Bakar dan Nasi Liwet Merah

Bagi penyuka nasi bakar dan nasi liwet merah dapat memesannya khusus (special order) karena tidak ready setiap saat. Nasi liwet merah dimasak dari beras merah dan bumbu liwetan. Retna tidak menyangka kalau produk ini pun banyak disuka konsumen. Anda dapat memesan selama jam operasi Gepuk Teteh pukul 08.00 hingga pukul 19.00. Bia Anda membeli lebih dari 100 box, harus dilakukan pemesanan 3 hari sebelumnya dengan membayar DP 50%.

Untuk pemesanan, silahkan hubungi:
Gepuk TETEH Gepuk Sambal Pedas +62812-8307-3388
Bisa dipesan via ojek online

Nah, bila weekend ini Anda belum ada rencana,mengapa tidak belajar memasak nasi liwet ini? Simak resep pembuatannya berikut ini.

BAHAN

  • 500 gr beras
  • 150 gram ikan asin atau teri yang sudah digoreng
  • 1200 ml air
  • 8 siung bawang merah
  • 3 lembar daun salam
  • 3 batang sereh
  • Garam

INSTRUKSI

  • Cuci beras hingga bersih
  • Selanjutnya masukkan air dan beras ke dalam rice cooker atau panci
  • Lalu masukkan ikan asin atau teri, daun sereh, daun salam, garam dan bawang merah ke dalam beras dalam rice cooker atau panci
  • Terakhir aduk semua bahan hingga merata
  • Lalu masak menggunakan api kecil tunggu sampai masak

Baca juga: https://www.infobintaro.com/nasi-liwet-atau-nasi-lemak-sama-nikmatnya-di-kedaikoe/

Mau hunting nasi liwet di Bintaro?

Nasi Liwet Keprabon  
Bintaro Xchange Lantai 3 Food Xchange Kecamatan Ciputat Tangerang Selatan
0856-9513-6475

Nasi Liwet Nikmat Estu  
Jl. Maleo Raya Blok Ja 2 No.8, Pd. Pucung, Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15229
(021) 7456934

Sego Liwet Mbah Wondo  
Jl. Bintaro Utama 5 No.6, Jurang Manggu Tim., Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan
0852-1555-5182

Rasana Sunda  
Jl. Boulevard Bintaro Jaya, Ruko Kebayoran Arcade 2 Blok B3 no 32, Tangsel 15224
(021) 29511823
Baca juga: http://www.infobintaro.com/wajib-dicoba-beragam-nasi-khas-jawa-barat-di-rasana-sunda/

Bakoel Rasa  
Blok Ja 1, Jl. Bintaro Utama 9 Blok Ja 1 No.4, Pondok Pucung, Pondok Aren, South Tangerang City, Banten 15229
0812-3221-1166
Baca juga: http://www.infobintaro.com/bakoel-rasa-masakan-rumahan-di-bintaro-sektor-9/

Waroeng Kita
Bintaro Jaya Xchange Mall, Lantai UG
Telp:  (021) 2986 4652
Baca juga: http://www.infobintaro.com/aneka-masakan-indonesia-di-waroeng-kita/

Nasi Liwet Solo Pojok Kalitan  
Bintaro 9 Walk Foodcourt Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Pd. Pucung, Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Jawa Barat 15220
0816-4830-215
Baca Juga: http://www.infobintaro.com/nongkrong-sambil-sarapan-pagi-di-bintaro-9-walk/

Warung Timlo Solo  
Taman Jajan CBD Sektor 7 Bintaro Selatan, Pd. Jaya, Pd. Aren, Tangsel 15412
0812-8540-5439
Baca Juga: http://www.infobintaro.com/saya-belum-pernah-makan-masakan-solo-tapi-saya-langsung-suka-begitu-makan-di-warung-timlo-solo/

(EGS)