Fotografi Ponsel Bisa Jadi Hobi yang Menghasilkan

Kata hobi sering jadi sinonim untuk bermain atau bersenang- senang. Kata hobi, juga dipandang sebagai kata yang sinonim dengan menghabiskan uang. Tetapi bagaimana kalau kali ini, kita membalikkan kondisi dan mindset itu 180 derajat, dan alih-alih mengeluarkan uang dari dompet untuk melakukan apa yang kita senangi, justru kita membangun situasi untuk memasukkan uang ke dalam dompet, setiap kali kita melakukan hobi kita? Jadi mungkin ini saatnya Anda berhenti menjadikan hobi sebagai pintu pemborosan. Mulai sekarang hobi harus dijadikan pintu pemasukan, karena semua hobi bisa menghasilkan uang!

Baca Juga: Belajar Fotografi dengan Kamera HP Bersama Dik Doank

Bila Anda hobi memotret dengan ponsel, barangkali Anda dapat bergabung dengan komunitas Mata Ponsel yang ada di Indonesia. Ini merupakan komunitas fotografi ponsel yang aktif di jejaring sosial yang kini lagi tren, yakni Instagram dengan akun utama @mataponsel.

Di Indonesia bahkan di seluruh dunia, kegiatan mengambil foto dengan ponsel telah menjadi tren bagi pecinta fotografi. Melihat fenomena ini, maka di tahun 2014 lahirlah Komunitas Mataponsel sebagai tempat belajar dan berbagi tentang fotografi ponsel dan editingfoto. Dalam sesi ngobrol bareng di Café Chil Bill yang ada di kawasan Emerald Boulevard Bintaro Sektor 9 tanggal 25 Agustus lalu, Dirga, yang biasa dipanggil Dirgazilla, salah satu co-founder Mataponsel berbagi ilmu tentang hobi fotografi ponsel. Karya Dirga dapat dilihat di akun instagramnya: https://www.instagram.com/dirgazilla/

Baca Juga: Foto : Chill Bill, Tempat Nongkrong yang Baru di Bintaro

Pada sesi presentasi fotografi ponsel, Dirga membagikan berbagai tips kepada para peserta. Materi yang sangat menarik dan suasana café yang nyaman membuat para peserta bersemangat mengikuti acara hingga usai. Tips pertama yang disampaikan Dirga adalah pentingnya mengenali ponsel yang dimiliki, apa keunggulannya dan fitur apa yang dimiliki. Hal tersebut disampaikan oleh Dirgazilla yang memiliki nama lengkap Dirgantoro Purnawarman. “Ketika membeli handphone pun, kita patut memperhatikan faktor-faktor apa yang sering kita gunakan. Bila kita sering mendengarkan musik, maka faktor kualitas audio akan sangat menentukan pilihan kita. Faktor image stabilizer patut menjadi pertimbangan bagi mereka yang suka buat vlog. Sedangkan bagi mereka yang sering main game, pilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhan dari tampilan layar, prosesor, RAM, sampai konsumsi baterai.

Baca Juga:

Xiaomi Perkenalkan Sub-brand Baru Pocophone untuk Memberikan Performa Unggulan
Oppo Resmi Luncurkan F9 dengan Desain Warna Gradasi dan Teknologi VOOC Flash Charge

Tips Kedua– Pahami varian produk atau jasa dari hobi Anda. Di komunitas fotografi Mataponsel terdapat 9 style fotografi ponsel yakni Style BNW, Style Colorsplash, Style Fantasy, Style HDR, Style Landscpae, Style Macro, Style Minimalis, Style Video Ponsel, dan Style VSCO. Dirga menyarankan agar konsentrasi ke satu edit style sebelum mempelajari edit style lainnya. Ini bisa dimulai dari yang paling Anda minati. Di dunia fotografi, ada banyak unsur yang dapat dipelajari. Mulai dari cahaya yang dibutuhkan, komposisi (ROT) sampai angle pengambilan foto. Dan hasilnya bisa disempurnakan  dengan aplikasi yang ada sesuai dengan kebutuhan.

Tips ketiga – Praktekkan langsung hobi Anda secara profesional. Di dunia fotografi ada unsur komposisi yang harus diperhatikan. Misanya posisi low angle, high angle, frog eye. Anda patut memperhatikan momen yang pas untuk mengabadikan kejadian-kejadian di sekeliling. Untuk menyempurnakan foto itu Anda dapat men-download berbagai aplikasi di Apple Store atau Google Playstore seperti PicsArt, Snapseed, Picsay Pro dan Sketch Guru.  Di youtube Anda dapat menemukan video tutorialnya  dalam bahasa Indonesia. Dirga mengingatkan bahwa kita harus mempunyai karakter sendiri, tidak sekedar meniru yang ada di video tutorial. “Dengan demikian Anda memiliki ciri khas tersendiri. Dan dapat membuat foto yang dihasilkan lebih bercerita, “ujar Dirga.

Berikut adalah contoh video tutorial di YouTube:

PicsArt:  https://www.youtube.com/watch?v=UA4nOP8ET78
Snapseed: https://www.youtube.com/watch?v=Ax8pWwhzXyM
Picsay Pro: https://www.youtube.com/watch?v=NUtu19TzIKY
Sketch Guru: https://www.youtube.com/watch?v=diEIZ5_VCmg

Tips Keempat–Tetapkan motivasi diri ketika membeli sebuah handphone. Dirga selalu membiasakan untuk memotivasi dirinya bahwa ponsel yang dibeli, harus dapat menghasilkan uang. Dengan demikian biaya yang dikeluarkan untuk beli handphone terbayar lunas. Fotografi ponsel dapat memberikan prospek penghasilan yang menjanjikan. Anda dapat menunjukkan hasil karya foto Anda ke orang terdekat Anda terlebih dahulu untuk mengecek apakah foto kita masih ada kekurangannya atau sudah bisa dinikmati orang lain.

Manfaatkan anak atau keponakan untuk difoto sebagai model. Foto adalah cerita. Kita harus mengarahkan mata orang yang melihat foto untuk memperhatikan bagian tertentu di foto tsb.  Untuk menyempurnakan hasil foto Anda, Anda dapat memanfaatkan fitur di beberapa aplikasi editing seperti PicsArt, Snapseed, Picsay Pro dan Sketch Guru serta yang lainnya. Lalu kita dapat memposting hasi karya kita di media sosial.

Selama ini Dirga sering membuat karya fotografi ponsel bagi teman, dan orang-orang yang mengontaknya via Instagram. Dan mendapat uang jasa dari karya fotografi ponselnya. Walaupun pernah juga Dirga membantu sukarela membuat foto pre-wedding temannya.

Tips Lima– Ini merupakan langkah terpenting. Anda perlu memutuskan apakah Anda akan menjadikan hobi ini sebagai sampingan semata, ataukah Anda ingin memberikan perhatian lebih serius dalam hobi ini, dan membuatnya jadi profesi permanen? Pertimbangkan dukungan dari orang-orang di sekitar Anda. Dirga menutup ceritanya dengan menyampaikan bahwa sampai saat ini dia masih bekerja di satu perusahaan rokok ternama di Indonesia. Dia patut bersyukur bahwa atasan maupun  rekan kerjanya di kantor tidak berkeberatan dengan hobinya. Yang penting tidak mengganggu pekerjaan kantor dan bisa diselesaikan tepat waktu.  Bagaimana dengan Anda?

Info Lebih Lanjut

Mataponsel
Telepon: 0822-2002-2651
Twitter/Instagram: @MataPonsel

Linesquare: Mataponsel

www.mataponsel.net/

Chill Bill Cafe & Platters
Alamat: Jalan Emerald Boulevard AA2-52, Bintaro IX
Instagram: @ chillbill_cafe
Facebook: chillbillcafe
(021) 74860358

(EGS)