Foto : Sudut-Sudut GIIAS 2017 Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 merupakan ajang pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Di ajang ke-25 dari Gaikindo ini, diikuti oleh 32 merek mobil anggota Gaikindo, yang terdiri dari 24 merek kendaraan penumpang dan 8 merek kendaraan komersial, serta lebih dari 300 merek pelaku industri otomotif di Indonesia.

Berikut adalah hal-hal menarik yang ditemukan selama berlangsungnya event ini.

Siapa bilang mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) tidak bisa terlihat gagah. Dengan dicat dop loreng-loreng ala militer Honda BR-V ini terlihat 'macho' namun tetap terlihat elegan.
GIASS 2017 merupakan ajang bagi Wuling untuk menampilkan berbagai produknya bagi konsumen di Indonesia. Wuling Motors adalah salah satu merek otomotif di bawah SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW), perusahaan patungan dengan tiga pemegang saham utama dari SAIC Motor Corporation Limited, General Motors (China), dan Guangxi Automobile Group. Salah satu model andalan Wuling adalah Confero S.
Suzuki Ignis adalah varian SUV dari Suzuki yang sporty dan stylish, namun dengan penggantian grill, penambahan spakbor yang menyambung dengan bemper depan yang dilengkapi dengan mudguard membuat mobil ini terlihat garang dan bernuansa off-road. Sayangnya, Suzuki Ignis dengan tampilan khusus ini tidak tersedia di pasar Indonesia. Kabarnya di Jepang, orang bisa membeli varian off-road ini. Sebetulnya tidak ada perbedaan yang signifikan dengan Suzuki Ignis yang beredar di Indonesia, kecuali tampilan dan joknya.
Mobil yang terlihat imut-imut namun 'berkarakter' ini adalah Daihatsu Canbus. Di Jepang, mobil ini banyak berseliweran di jalan, namun di Indonesia ini merupakan mobil konsep. Untuk spesifikasi mesin, mobil yang menggunakan velg R16 itu menggunakan mesin 3 silinder berkapasitas 658 cc dengan sistem transmisi CVT. Cocok bagi eksekutif muda yang banyak menghadapi kemacetan jalan karena ukurannya yang ramping.
Lexus LC 500 Corvette. Lexus sebagai sayap bisnis premium dari Toyota menampilkan satu varian corvette andalannya, LS 500. Tampil dengan warna kuning metalik yang sporty, mobil yang dilengkapi dengan mesin 5000 cc, V8 ini sanggup menghasilkan daya 467 Hp. Tidak heran dengan tampilannya yang cukup menonjol, mobil ini banyak menjadi perhatian pengunjung GIIAS 2017.
Tidak mau kalah dengan dengan mobil penumpang, truk pun bisa tampil indah. Ini adalah FAW Mixer Truck FD280MT / 6x4. Merek asal Tiongkok yang diageni oleh PT. Gaya Makmur Mobil ini terlihat 'lembut' dengan lukisan riak-riak air. Jauh dari kesan sebuah truk proyek.
Tampilan truk lain yang tidak kalah menarik adalah FAW Tractor Head DB300TH / 4x2. Dengan body yang dicat warna biru logo dari FAW dan dop roda berwarna kuning putih, truk ini terlihat berbeda dari truk-truk lainnya.
Ajang Rally Paris - Dakar yang legendaris banyak melahirkan mobil-mobil hebat yang mampu memenangkan kejuaraan rally yang 'terganas' di dunia. Salah satunya adalah Hino 'Little Monster' ini. Veteran Rally Paris Dakar ini sebetulnya merupakan varian Hino Ranger 500 yang juga beredar di Indonesia. Bermesin 6 silinder, 8000 cc, truk ini mampu menghasilkan daya 440 Hp. Dijuluki Little Monster karena truk ini mampu mengimbangi pesaing-pesaingnya dari berbagai merek terkemuka lainnya yang berukuran lebih besar, padahal dilihat dari volume mesin, truk ini termasuk kategori truk kelas menengah.
Bagi yang hobi melukis mural, di ajang GIIAS 2017 ini Anda bisa berkreasi sepuas mungkin. Medianya tidak main-main. Sebuah truk baru!!! Sebuah UD Trucks Quester GDE 280 6x2 Tractor berwarna putih terlihat berbeda berkat kreativitas pengunjung. SPG akan menawari Anda untuk berpartisipasi membubuhkan karya Anda. Bagi pengunjung yang berpartisipasi diberikan souvenir menarik.
Bagi yang ingin mengoperasikan alat berat dengan dump truk seperti di area pertambangan, di stand Fuso tersedia games menarik. Pengunjung bisa mengoperasikan excavator dan dump truck secara langsung. Namun kali ini ukurannya mini. Excavator dan dump truck ini dioperasikan dengan remote control yang mudah dioperasikan. Jadwal games ini dari pukul 12.00-21.00 dengan durasi masing-masing orang 1 jam.
Be strong man...!!! Kata 'mighty' yang berarti kuat ditunjukkan dengan game memukul hammer di stand Hyundai commercial vehicle ini. Pengunjung bisa beradu kekuatan memukul hammer besar pada sebuah landasan yang terhubung dengan sensor. Peserta harus memukul landasan sekuatnya 2x. Kekuatan pukulan akan langsung terpampang pada layar display digital. Games ini dilakukan di atas sebuah truk Hyundai Mighty kategori sedang. Bagi peserta diberikan goody bag berisi souvenir dari Hyundai.