Foto : Menyelami Kedalaman Makna Tumpeng Melalui Karya Lukisan Pada TUFE 2017

Untuk memperkenalkan filosofi tumpeng ke generasi muda, para mahasiswa S1 Event Prasetiya Mulya angkatan 2015 mengadakan event TUFE 2017 yang berlangsung pada hari Kamis, 24 Agustus 2017, di Titan Center, Bintaro (Baca juga : Pertunjukan Filosofi Tumpeng Dalam Kemasan Modern). TUFE 2017 menampilkan 2 bentuk acara, story telling dan art exhibition. Pada art exhibition ada 4 perupa yang menampilkan hasil karyanya, yaitu Fadel Ichsan, Tities Sapoetra, Tisa TS, dan Shelton Aprilette. Simak kedalaman makna dari karya-karya lukisan dari para perupa ini.

Fadel Ichsan. Nama Karya: Buru.
Tentang Karya: Buru adalah sebuah proyek seni yang menggabungkan pewarnaan alami indigo, teknik shibori, tambal sulam dan juga anyaman berbasis tanaman. Proyek ini mengambil inspirasi utama dari lanscape perkotaan, perbedaan tinggi dan juga bentuk gedung pencakar langit tergambarkan dalam motif yang ada. Buru berarti biru dalam bahasa Jepang. Warna biru melambangkan ketenangan, melalui karya ini ingin menyuarakan bahwa cara hidup yang penuh dengan ketidakseimbangan dan ketidakpastian, namun kita harus tenang sama seperti ombak di lautan. Kaitannya dengan nilai tumpeng yaitu kacang panjang yang melambangkan ketenangan seseorang.
Tities Sapoetra. Nama Karya: Tribute to David Bowie.
Tentang karya: David Bowie dikenal sebagai musikus yang tidak takut berpakaian nyentrik. pernah satu ketika dia melakukan sesi foto dengan busana berwarna-warni dan separuh mukanya juga dicat berwarna merah dan biru. Keberanian David Bowie dalam mengeksplorasi warna ini diterjemahkan oleh Tities ke dalam busana. Titites menampilkan warna yang mencolok merah, biru tua, kuning dan ungu dalam satu busana, juga mendesain sendiri motif pop art yang dicetak digital di kainnya. Ada sebuah quotes David Bowie bahwa kita tidak tahu sampai kapan kita hidup dan harus berbuat apa dan seperti filosofi tumpeng seharusnya manusia tetap terus menyembah Tuhan (dalam tumpeng, ada nasi) dan juga menjaga kebersamaan dan keberukunan (dalam tumpeng, ada ikan teri)
Tisa TS. Nama Karya: Puisi Rasa
Tentang Karya: Manusia suka menjadi lemah karena rasa atau perasaan, dan juga suka terlalu menggunakan perasaan dalam kehidupan sehari-hari. Memang dilihat bahwa perasaan memang paling pentind alam hidup, namun harus diingat juga bahwa jika berlebihan memuja sebuah rasa dapat berakibat negatif. Nilai tumpeng yang menjadi insipirasi beliau adalah nilai telor di mana semua tindakan harus direncanakan demi kesempurnaan.
Shelton Aprilette. Nama Karya: Filosofi Tumpeng
Tentang Karya: sebuah karya kaligrafi modern yang merepresentasikan nilai-nilai keberagaman budaya dan filosofis yang terkandung dalam elemen tumpeng. Dalam kaligrafi ini terdapat goresan aksara Jawa yang mewakili tumpeng sebagai wadah bagi generasi muda menampilkan karyanya.