Rab. Nov 13th, 2019

Foto : Cooking Class Membuat Sushi Bersama Master Sushi Chef Armiyanto Setiyaki

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Sepintas dari penampilannya, sushi terlihat sederhana, namun tidak sembarang orang bisa membuat sushi secara baik. Untuk membagikan pengalamannya, Master sushi Chef Armiyanto Setiyaki yang akrab dipanggil Chef Setiyaki, pemilik dari Resto Oshi Sushi Indonesia di PHX Bintaro mengadakan Cooking Class Sushi tingkat Basic pada hari Minggu, 29 Oktober 2017. Cooking Class yang diikuti oleh 22 peserta yang semuanya wanita ini mengajarkan cara pembuatan 4 jenis sushi : Uramaki, Hosomaki, Temaki dan Gunkanmaki. Simak liputannya pada foto-foto berikut.

Chef Setiyaki menjelaskan cara pembuatan aneka sushi secara menarik dan sangat jelas. Diselingi joke dan berbagai pengetahuan seputar sushi berdasarkan pengalamannya, suasana cooking class pun menjadi santai dan tidak membosankan.
Para peserta mencoba membuat satu jenis sushi : Hosomaki, setelah ditunjukkan caranya oleh Chef Setiyaki. Ternyata banyak hal yang harus diperhatikan saat pembuatan sushi.
Para peserta menyimak penjelasan Chef Setiyaki mengenai cara memotong sushi yang telah dibuat masing-masing peserta sebelum melakukannya sendiri. Tidak hanya menjelaskan cara pembuatan berbagai sushi, Chef Setiyaki juga berbagi berbagai kunci menjalankan bisnis sushi dan mendorong peserta untuk berani menjalankannya kelak.
Para peserta bersiap memotong sushi yang telah dibuatnya. Wah ternyata tidak mudah ya untuk memotong sushi dengan rapi.
Satu bentuk sushi Gunkanmaki yang telah selesai dibuat. Gunkanmaki merupakan sushi yang dibungkus nori (rumput laut) dengan isi di bagian atas dan bawah yang diberi hiasan (garnis).
 

Baca Juga