Foto : Bird Watching, Wisata Edukasi Anak Untuk Mencintai Alam

Tidak kenal maka tidak sayang, begitulah ungkapan yang cukup kita kenal dalam kehidupan sehari-hari yang menggambarkan pentingnya pengenalan terhadap sesuatu. Bagi anak-anak, mengenali sesuatu lebih mudah dengan melihat, mendengar dan merasakan langsung, seperti halnya pengenalan akan alam bisa menumbuhkan rasa cinta mereka untuk melestarikannya.

Untuk mengedukasi masyarakat khususnya anak-anak, mengenal beragam jenis burung perkotaan, Burung Indonesia, sebuah lembaga swadaya masyarakat di bawah Birdlife International yang bergerak di bidang pelestarian burung di Indonesia menggelar Bird Watching di sela-sela event Tanah Tingal Family & Culture Festival, Minggu, 19 November 2017 yang lalu. Kegiatan ini mengambil tempat di hutan kecil Tanah Tingal, sebuah tempat wisata alam di Ciputat, Tangerang Selatan.

Para peserta yang terdiri dari anak-anak usia TK dan SD diajak untuk mengamati burung-burung liar yang ada di hutan kecil di Tanah Tingal dengan menggunakan teropong. Masing-masing anak dilengkapi dengan sebuah leaflet berisi daftar dan gambar jenis burung-burung perkotaan yang ada di situ. Antusiasme anak-anak tergambar dari keingintahuan mereka melihat burung-burung berwarna indah yang beterbangan dari satu pohon ke pohon sambil merasakan udara yang sejuk dan aroma tumbuhan yang ada.

Burung Indonesia juga terbuka bila ada permintaan dari masyarakat, sekolah atau komunitas untuk mengadakan acara serupa tanpa dipungut biaya alias gratis. Cukup dengan menghubungi Burung Indonesia, Jl. Dadali No. 32, Bogor 16161. Telp. : 0251 – 835 7222, Fax : 0251 – 835 7961, PO BOX 310/Boo, Bogor 16003, Email : info@burung.org, Website : www.burung.org, Facebook : Burung Indonesia

Simak suasana Bird Watching yang sangat mengasyikkan ini.

[masterslider id=”53″]