Sel. Des 10th, 2019

Foto : Bird Watching, Wisata Edukasi Anak Untuk Mencintai Alam

Tidak kenal maka tidak sayang, begitulah ungkapan yang cukup kita kenal dalam kehidupan sehari-hari yang menggambarkan pentingnya pengenalan terhadap sesuatu. Bagi anak-anak, mengenali sesuatu lebih mudah dengan melihat, mendengar dan merasakan langsung, seperti halnya pengenalan akan alam bisa menumbuhkan rasa cinta mereka untuk melestarikannya.

Untuk mengedukasi masyarakat khususnya anak-anak, mengenal beragam jenis burung perkotaan, Burung Indonesia, sebuah lembaga swadaya masyarakat di bawah Birdlife International yang bergerak di bidang pelestarian burung di Indonesia menggelar Bird Watching di sela-sela event Tanah Tingal Family & Culture Festival, Minggu, 19 November 2017 yang lalu. Kegiatan ini mengambil tempat di hutan kecil Tanah Tingal, sebuah tempat wisata alam di Ciputat, Tangerang Selatan.

Para peserta yang terdiri dari anak-anak usia TK dan SD diajak untuk mengamati burung-burung liar yang ada di hutan kecil di Tanah Tingal dengan menggunakan teropong. Masing-masing anak dilengkapi dengan sebuah leaflet berisi daftar dan gambar jenis burung-burung perkotaan yang ada di situ. Antusiasme anak-anak tergambar dari keingintahuan mereka melihat burung-burung berwarna indah yang beterbangan dari satu pohon ke pohon sambil merasakan udara yang sejuk dan aroma tumbuhan yang ada.

Burung Indonesia juga terbuka bila ada permintaan dari masyarakat, sekolah atau komunitas untuk mengadakan acara serupa tanpa dipungut biaya alias gratis. Cukup dengan menghubungi Burung Indonesia, Jl. Dadali No. 32, Bogor 16161. Telp. : 0251 – 835 7222, Fax : 0251 – 835 7961, PO BOX 310/Boo, Bogor 16003, Email : info@burung.org, Website : www.burung.org, Facebook : Burung Indonesia

Simak suasana Bird Watching yang sangat mengasyikkan ini.

"Ayo, masing-masing mendapat daftar burung-burung yang akan kita lihat", begitu yang disampaikan pendamping dari Burung Indonesia saat membagikan leaflet berisi gambar dan nama 22 jenis burung kota yang ada di sekitar Tanah Tingal. Selain leaflet, masing-masing peserta juga dipinjamkan binokular alias teropong untuk mengamati burung-burung.
Leaflet berisi daftar burung kota yang akan diamati.
Anak-anak sangat antusias mencari burung-burung yang beterbangan di pepohonan untuk diamati. "Sebelum mengamati, kita perhatikan arah dari suara burung-burung. Burung-burung kota biasanya hinggap di ranting-ranting pohon dan berpindah dengan cepat ke pohon lainnya," begitu penjelasan para pendamping Bird Watching.
Menyusuri jalan-jalan berbatu kerikil di sela-sela hijaunya tumbuh-tumbuhan menjadi pengalaman mengasyikan dan tidak terlupakan bagi anak-anak.
Seekor burung jenis Cabai Jawa dengan kombinasi warna merah, abu-abu dan hitam yang indah sedang hinggap di sebuah ranting pohon.
Salah seorang aktivis Burung Indonesia, Haura Sekar Mayang, mengajak masyarakat untuk bergabung sebagai volunteer di Burung Indonesia. Dengan bergabung kita bisa ikut melestarikan burung-burung dan lingkungannya.
BACA JUGA  Foto : Relawan Pajak, Membantu Masyarakat Membantu Negara : Pojok Pajak PKN STAN
 

Baca Juga

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.