Foto : Berbagai Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah KB/TK Pembangunan Jaya

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada minggu pertama tahun ajaran baru KB-TK Pembangunan Jaya, yang dulu bernama TK Kicau, menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang lazim disingkat MPLS. Program MPLS merupakan ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan, sekaligus sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di KB-TK Pembangunan Jaya, baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah.

Rangkaian kegiatan MPLS didahului dengan persiapan seperti melakukan pembersihan lingkungan sekolah dengan cara pengecatan ulang bangunan sekolah, mendekorasi ulang kelas, fogging ke tiap ruangan, mencuci karpet, mainan dll. Tidak hanya itu, sebanyak 100 orang staf pengajar di lingkungan Yayasan Sekolah Pembangunan Jaya mengikuti rapat kerja di Bogor pada tanggal 2-4 Juli yang lalu.

Sebagai puncak acara, pada hari terakhir pelaksanaan MPLS, Jumat, 20 Juli 2018 KB-TK Pembangunan Jaya yang menempati area seluas 6.400 m2 di Jalan Maleo, Bintaro Sektor 9 ini mengundang Bapak dan Ibu Polisi Sahabat Anak dari kesatuan Pusdiklantas POLRI dan SSC (School Science Center) Sekolah Pembangunan Jaya. Beragam aktivitas digelar. Di antaranya baris berbaris dan bernyanyi bersama, pengenalan rambu-rambu lalu lintas, menanam pohon bersama. presentasi Fun Science dan makan bersama.

Ingin melihat kemeriahan berbagai kegiatan MPLS? Simak foto-foto berikut ini.

Kegiatan Fogging sebelum tahun ajaran baru.
Kegiatan Pembinaan Guru - Karyawan dan Halal Bihalal Keluarga Besar Sekolah Pembangunan Jaya dengan tema "Menguatkan Kebersamaan sebagai Insan Bertaqwa dan Berintegritas" yang diadakan di Bintaro pada tanggal 6 Juli lalu.
Kegiatan Rapat Kerja Guru – Karyawan Sekolah Pembangunan Jaya yang diselenggarakan di Bogor pada tanggal 2-4 Juli lalu.
Para petugas Kepolisian RI yang tergabung pada Polisi Sahabat Anak mengadakan kegiatan baris berbaris dan bernyanyi bersama para siswa KB-TK Pembangunan Jaya. Polisi Sahabat Anak merupakan sebuah program dari Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menyasar anak-anak pada usia dini. Program ini bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan dan memberikan proses pembelajaran tentang tata tertib berlalu lintas kepada anak-anak sejak dini.
Pengenalan rambu lalu lintas oleh tim Polisi Sahabat Anak.
Tahukah Anda bahwa kegiatan berkebun seperti menanam pohon merupakan pelajaran bagi anak untuk melestarikan lingkungan. Belajar sejak dini melalui pengalaman langsung sejak usia pra sekolah penting dalam edukasi lingkungan hidup. Anak usia SD akan lebih mudah memahami pentingnya lingkungan hidup apabila sejak kecil mereka paham tentang konsep lingkungan hidup itu sendiri. Berkebun juga membuat anak belajar tentang cuaca dan iklim untuk menentukan kapan waktu terbaik menanam benih.

Di lingkungan Sekolah Pembangunan Jaya, para siswa belajar sains dengan melakukan eksplorasi dan eksperimentasi untuk mendapatkan penjelasan. Lingkungan sekolah mengajarkan bahwa sains memberikan dasar kepada anak untuk memahami dunia sekitarnya secara aktif, di mana dirinya menjadi penjelajah dengan melakukan berbagai eksplorasi secara menyenangkan.