First Klaz Menjadi Solusi Pembelajaran Jarak Jauh

PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media, terus menghadirkan program-program yang dapat mendukung berbagai langkah preventif yang dilakukan di tengah krisis pandemi ini. Dalam rangkaian kampanye #HealthyFirst #SafetyFirst, sebagai upaya untuk mendukung produktivitas di rumah, terutama terkait dengan kebijakan pemerintah untuk menerapkan metode belajar online, First Klaz produk milik First Media Business, menjadi alternatif teknologi pendukung untuk program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

First Klaz merupakan produk terpadu Internet Dedicated yang handal dan Learning Management System (LMS) yang dirancang untuk pencatatan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berbasis aplikasi, serta dilengkapi konten-konten e-learning yang sesuai dengan kurikulum pendidikan di Indonesia.

Selain konten e-learning yang bisa diakses tanpa biaya tambahan, platform LMS First Klaz juga dilengkapi dengan kemampuan Artificial Intelligence (AI) yang membantu guru dapat lebih optimal dalam memberikan arahan kepada peserta didik, mendistribusikan materi ajar, memonitor tahap dan perkembangan belajar siswa, melakukan penilaian materi, dan mempersiapkan laporan hasil belajar. Sebagai fitur unggulan, AI dengan cerdas dapat menganalisa dan memberi saran materi secara otomatis, sehingga siswa mendapat ruang gerak lebih untuk mengeksplorasi minatnya.

Agung Satya Wiguna, Enterprise Sales Director PT Link Net Tbk mengatakan, “Platform LMS First Klaz yang berbasis Aplikasi dan WebApp ini dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan fitur-fitur yang tersedia seperti Kelas Virtual serta Tugas dan Kuis Online, sangat memudahkan para guru dalam mengajar secara jarak jauh. Selain itu, selama kelas berlangsung, sistem akan mencatat sejauh mana siswa mengikuti kelas dan topik materi yang disampaikan. Laporan hasil belajar pun bisa secara otomatis dihasilkan dan secara real-time dimonitor melalui akses khusus bagi orangtua.”

First Klaz sangat cocok dalam penerapan metode blended learning, dimana siswa dapat mempelajari materi yang sudah disiapkan oleh guru sesuai kebutuhan topik melalui Bank Materi, baik dalam format tulisan maupun video. Kemudian pembahasan lebih lanjut akan dilakukan di kelas virtual bersama guru melalui fasilitas webinar atau forum diskusi, sehingga proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bisa tetap efektif, ringkas, dan terarah.

Lebih lanjut mengenai bagaimana fitur First Klaz dapat sangat bermanfaat bagi Kepala Sekolah, guru, murid, hingga orangtua:

Classroom Management yang dapat dipergunakan oleh pihak sekolah untuk mengatur jadwal seluruh kegiatan kelas, dan memberikan notifikasi kepada peserta didik ataupun orangtua bilamana ada jadwal tugas dan tes yang belum memenuhi ketentuan, sehingga dengan fitur ini waktu dan pola belajar menjadi lebih efisien dan terarah.

Kelas virtual dan kuis secara daring (Application and Web App), pelaksanaan kegiatan belajar daring yang terstruktur dan tercatat secara komprehensif, mulai dari belajar, ulangan atau ujian dimana proses serta hasilnya dapat dipantau oleh orangtua dan Kepala Sekolah. Fitur ini membuat pelaksanaaan kegiatan belajar mengajar daring lebih mudah, optimal dengan penilaian yang dapat diketahui secara real time.

e-Learning Content berisi materi pembelajaran tambahan dalam format digital siap akses yang dibuat oleh tutor ahli di bidangnya dan disesuaikan dengan kurikulum pembelajaran. Fitur ini mengefesiensikan waktu guru dalam menyediakan tambahan materi pembelajaran yang relevan dan memberikan kemudahan untuk memonitor perkembangan tiap siswa sesuai dengan tahap pembelajaran di kelas.

Real Time Report Analysis atau analisa menyeluruh terhadap kegiatan belajar mengajar yang dihasilkan secara real time dan dapat diakses melalui platform First Klaz, baik melalui aplikasi maupun WebApp. Dengan fitur ini, guru akan lebih mudah membuat penilaian dan pelaporan kegiatan hasil belajar mengajar yang hasilnya dapat dipantau oleh siswa/orangtua dan Kepala Sekolah.

Artificial Intelligence untuk mengetahui pemahaman siswa melalui rekomendasi materi yang relevan dan adaptif mengikuti pola pemahaman siswa. Fitur ini membantu guru untuk memaksimalkan pengembangan minat siswa sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efisien dan efektif.

Untuk mengaselerasi KBM dengan aman, nyaman di rumah, First Media Business berkolaborasi dengan Prambors memberikan free 3 (tiga) bulan akses produk First Klaz bagi sekolah-sekolah yang berminat mencoba First Klaz, dengan cara tweet ke @prambors dengan format NAMA/SEKOLAH/KOTA/HASHTAG #PRAMBORSXFIRSTKLAZ.

“Dalam semangat yang sama dengan pemerintah untuk memprioritaskan pendidikan yang berperan penting dalam mencetak generasi penerus bangsa, kami memberikan gratis 3 bulan penggunaan platform Learning Management System (LMS) yang dilengkapi ribuan konten e-learning dari produk First Klaz, untuk membantu aktifitas belajar jarak jauh. Kami berharap upaya pencegahan COVID-19 dapat terlaksana dengan baik tanpa mengurangi mutu pembelajaran guru dan siswa.” Pungkas Agung.

(EV)

Leave a Reply