Kesehatan

FFI Milkversation: Frisian Flag Indonesia Dorong Investasi Gizi melalui Asupan Protein Hewani

Data Food and Agriculture Organization (FAO) menyebutkan tingkat konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia pada 2017 masih tertinggal jauh dari negara-negara maju, bahkan dengan beberapa negara ASEAN – baru mencapai 8 persen, sementara Malaysia mencapai 30 persen, Thailand 24 persen, dan Filipina mencapai 21 persen.

Kondisi ini berimplikasi pada kualitas gizi para penerus bangsa. Faktanya, data RIKESDAS 2018 menyebut 17,7% anak Indonesia masih masuk dalam kategori gizi kurang dan buruk, sedangkan 30.8% berada di kategori pendek dan sangat pendek. Pemenuhan protein hewani menjadi sebuah keharusan, mengingat peran asam amino lengkap yang terkandung di dalamnya, dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan individu secara maksimal.

Memahami kondisi ini, Frisian Flag Indonesia (FFI) kembali menggelar MilkVersation – sebuah kegiatan edukasi bagi rekan-rekan media. Menghadirkan narasumber kompeten di bidangnya; Pakar Gizi Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc serta Pakar Dietisien, Geetruida D. Rory, S.K.M, R.D – keduanya memberikan edukasi terkait peran penting protein hewani, dampak jika asupan ini tidak terpenuhi, serta cara mengolah ragam jenis protein hewani dengan bahan pangan lokal yang mudah dan kaya manfaat.

“Rendahnya tingkat konsumsi protein hewani di tengah masyarakat Indonesia berdampak bukan hanya pada terhambatnya pertumbuhan individu, tapi juga dapat berakibat pada rendahnya kualitas generasi penerus bangsa. Menanggapi situasi ini, FFI mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan konsumsi protein hewani, salah satunya susu – sebagai bentuk investasi gizi, guna membantu membangun generasi produktif Indonesia yang berkualitas. Kita ketahui bersama, berbagai studi dan ahli meyakini bahwa kandungan asam amino esensial lengkap yang terkandung dalam susu memiliki dampak signifikan bagi kualitas kesehatan jangka panjang. Upaya FFI dalam membantu peningkatkan asupan protein hewani masyarakat Indonesia, juga diwujudkan melalui kehadiran rangkaian produk susu berkualitas terjangkau, guna melengkapi kebutuhan gizi harian keluarga Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi yang diusung perusahaan yaitu ‘Nourishing by Nature’. Kami berharap, melalui upaya ini serta didukung peran aktif masyarakat dan seluruh pihak terkait, bersama-sama kita dapat mengambil peran dalam pembangunan generasi bangsa Indonesia yang berkualitas dan berkapabilitas” ujar Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro.

Menjadi komponen utama dari jaringan tubuh, protein merupakan senyawa kimia yang terdiri dari rangkaian asam amino (AA) dengan ikatan peptide, yang dapat ditemukan dari 2 jenis sumber, yaitu hewani dan nabati. Meski keduanya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, namun kandungan asam amino serta struktur yang dimiliki protein hewani dengan protein nabati tidaklah sama. “Asam amino merupakan senyawa organik dari sumber protein, yang terurai ketika masuk ke dalam tubuh.

Pada protein hewani, asam amino yang terkandung adalah asam amino esensial lengkap, yang berperan penting pada periode masa pertumbuhan, maupun fase kehidupan berikutnya. Sementara protein nabati tidak mengandung asam amino esensial yang lengkap seperti protein hewani.

Protein hewani yang tidak terpenuhi dengan baik, dapat berdampak pada kesehatan dalam berbagai aspek, mulai dari terhambatnya pertumbuhan yang dapat menyebabkan stunting dan gangguan kognitif, anemia, gangguan kondisi fisik dan organ tubuh, kualitas tulang, gigi, rambut dan kulit, hingga mempengaruhi emosi dan kesehatan mental seseorang. Inilah mengapa, protein hewani berkualitas dengan asam amino lengkap menjadi kebutuhan primer, serta bentuk investasi gizi dalam menjaga kesehatan jangka panjang.

Sumber protein hewani terbaik, dapat ditemukan pada produk susu sapi, daging, telur, unggas serta ikan. Produk susu sapi menjadi salah satu sumber protein hewani baik, bukan hanya karena kandungan asam amino lengkapnya, tapi juga formula cairnya yang mudah diserap tubuh. Terbukti, Digestible Indispensable Amino Acid Score (DIAAS) menempatkan susu sapi sebagai sumber protein terbaik ” jelas Pakar Gizi Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc.

Selain mengandung asam amino yang lengkap baik jenis maupun jumlahnya, pangan hewani juga mengandung banyak zat gizi penting, seperti vitamin B12, vitamin D, asam lemak omega-3, zat besi, kalsium dan seng. Manfaat pangan hewani lebih maksimal, ketika bahan pangan tersebut diolah dengan tepat dan dikonsumsi dengan proporsional sesuai kebutuhan gizi masing-masing individu.

Pakar Dietisien, Geetruida D. Rory, S.K.M, R.D menerangkan, “Ragam pilihan makanan yang kurang bergizi serta literasi gizi yang masih rendah, menjadi bagian yang mempengaruhi ketidakseimbangan kualitas asupan zat gizi sehari-hari. Pada anak, peran orang tua memiliki peran krusial, dalam menyusun menu padat gizi, guna mendukung pertumbuhan maksimal, salah satunya dengan memastikan pemenuhan kebutuhan pangan hewani”. Berikut tips menyiapkan menu padat gizi bagi anak:

  • Ketahui kebutuhan gizi anak dalam sehari
    o Contoh: kebutuhan gizi anak usia 7-9 tahun, dengan TB 130 cm, BB 27 kg, kebutuhan energi/hari adalah 1650 kcal; protein 40 gram; lemak 55 gram (Omega 3: 0.9 gram dan Omega 6: 10 gram); karbohidrat 250 gram, serat 22 gram dan air 1600 ml.
    o Kebutuhan lemak pada anak adalah 30%, umumnya lebih tinggi dibandingkan kebutuhan orang dewasa. Protein 10% dan karbohidrat 60%
  • Distribusikan ke dalam pembagian menu makan sehari. Menu pagi 25% = 400 kcal, siang 30% = 500 kcal dan malam 25%= 400 kcal. Sisanya bisa diberikan dalam bentuk 2X camilan.
  • Siapkan menu-menu praktis yang padat gizi
    Menu modifikasi dengan bahan dasar pangan lokal yang dipadukan dengan pangan hewani berkualitas seperti susu, dapat disiapkan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anak. Contohnya klapertart dengan bahan dasar singkong/ubi. Dipadukan dengan susu, keju, kismis dan almond, 1 porsi camilan sehat ini mengandung energi 260 kcal dan protein 4-5 gram – menjadikannya camilan lezat dengan mutu gizi lebih tinggi.

“Untuk meningkatkan minat dan daya terima anak pada asupan bergizi, orang tua juga perlu cerdas dalam mengolah menu makanan yang sehat juga praktis. Di samping itu, aneka bahan pangan lokal pun dapat dimanfaatkan untuk mencapai pemenuhan gizi seimbang, dengan membuat variasi terutama mengganti bahan yang sudah biasa digunakan dengan pangan lainnya, misalnya penggunaan santan yang dapat diganti dengan susu sapi. Pemanfaatan susu sebagai paduan bahan dalam menu anak, bukan hanya baik dari segi tambahan protein hewani saja, tapi juga meningkatkan cita rasa yang lebih disukai anak” tambah Geetruida.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • PT Piaggio Indonesia Mengajak Anda Live More With A New Start dengan Penawaran Spesial untuk Pembelian Piaggio dan Vespa

    PT Piaggio Indonesia Mengajak Anda Live More With A New Start dengan Penawaran Spesial untuk Pembelian Piaggio dan Vespa

    Bagi para penggemar skuter pada umumnya, Vespa memiliki nilai lebih pada desainnya yang khas dan ikonik. Namun, bagi para penggemar berat Piaggio dan Vespa, kelebihannya ada di rasa persaudaraan, kebersamaan, serta semangat positif yang dipupuk antar penggemarnya. Semangat positif tersebut senantiasa direfleksikan melalui program-program yang dijalankannya. Kali ini, Piaggio Indonesia siap memanjakan penggemar skuter otentik […]
  • TIKI Luncurkan Tiki Jemput Antar Layanan City Courier dengan Harga Super Hemat

    TIKI Luncurkan Tiki Jemput Antar Layanan City Courier dengan Harga Super Hemat

    PT. Citra Van Titipan Kilat (“TIKI”), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, secara resmi mengumumkan peluncuran produk terbarunya TIKI Jemput Antar (PUTAR) yang menawarkan pilihan pengiriman secara instan untuk wilayah pengantaran dalam kota yang sering disebut dengan istilah city courier. Pada tahap awal peluncurannya, TIKI PUTAR baru akan berlaku untuk pengiriman dari dan ke wilayah […]
  • Berniat Membuka Resto? Hubungi Rifani Sebagai Konsultannya

    Berniat Membuka Resto? Hubungi Rifani Sebagai Konsultannya

    Bisnis kuliner memang merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini terlihat dari terus bermunculannya berbagai gerai kuliner di berbagai tempat yang menawarkan berbagai pilihan menu. Namun sayangnya, tidak semua orang yang mencoba masuk ke bisnis kuliner mengalami kesuksesan sekalipun memiliki dana yang cukup. Banyak faktor penyebabnya, salah satunya adalah kurangnya pengalaman. Walaupun belum memiliki pengalaman, atau […]
  • XL Axiata Hadirkan XL Smart Hydroponics Solusi IoT untuk Urban Farming

    XL Axiata Hadirkan XL Smart Hydroponics Solusi IoT untuk Urban Farming

    Salah satu solusi berbasis Internet of Thing (IoT) yang saat ini PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus kembangkan ditujukan untuk melayani pelaku industri pertanian, termasuk urban farming. Solusi precision farming tersebut diberi nama “XL Smart Hydroponics”. Sesuai dengan namanya, solusi ini dibangun untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian yang menggunakan teknik hidroponik. Penggunaan solusi […]
  • Gandeng Jet Commerce, Miniso Berhasil Perkuat Bisnis di e-Commerce Selama Pandemi

    Gandeng Jet Commerce, Miniso Berhasil Perkuat Bisnis di e-Commerce Selama Pandemi

    Meningkatnya tren belanja online di Indonesia selama masa pandemi telah mendorong MINISO untuk melakukan optimasi bisnisnya melalui kerja sama dengan Jet Commerce, perusahaan e-commerce enabler penyedia solusi e-commerce terpadu. Sebagai e-commerce enabler yang sudah berpengalaman, Jet Commerce dipercaya oleh MINISO dalam memenuhi peningkatan jumlah pesanan pada gerai daring milik MINISO. Kerja sama yang dijalin sejak […]
  • GIIAS 2018 Resmi Dibuka

    GIIAS 2018 Resmi Dibuka

    Gelaran world class auto show series, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada Kamis, 2 Agustus 2018 secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang. Presiden didampingi oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto. Sebagai satu-satunya pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Gabungan […]
  • Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Indosat Ooredoo Manfaatkan Live Chat dengan Artificial Intelligent untuk Mudahkan Layan

    Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Indosat Ooredoo Manfaatkan Live Chat dengan Artificial Intelligent untuk Mudahkan Layan

    Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional dan sejalan dengan strategi LEAD, Indosat Ooredoo sebagai operator telekomunikasi terdepan di Indonesia selalu berusaha untuk memberikan kepuasan dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Indosat Ooredoo terus memanfaatkan tren teknologi terbaru untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menyediakan chat-bot INDIRA (Indosat Digital Representative Assistant), asisten digital yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). INDIRA […]
  • Komitmen Green Tourism, ITDC Manfaatkan Bus Listrik Produksi UI

    Komitmen Green Tourism, ITDC Manfaatkan Bus Listrik Produksi UI

    Pada hari ini, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) terkait pengelolaan kawasan pariwisata. Kedua MoU tersebut adalah MoU dengan Universitas Indonesia (UI) terkait pemanfaatan bus listrik produksi UI, serta MoU dengan […]
  • Viennetta Berbagi Kebahagiaan

    Viennetta Berbagi Kebahagiaan

    Wall’s, brand es krim yang memiliki purpose #SemuaJadiHappy percaya bahwa kebahagiaan adalah milik semua orang, tanpa terkecuali. Wall’s kembali berbagi kebahagiaan kali ini dengan menghadirkan kembali Viennetta di Indonesia. Ini adalah berkat besarnya animo masyarakat akan #KembalikanViennetta di media sosial yang dimulai oleh satu orang dengan petisi online di Change.org dan sebuah cuitan di Twitter […]
  • Mengenali Diri Melalui Tulisan Tangan: Komunitas Grafologi

    Mengenali Diri Melalui Tulisan Tangan: Komunitas Grafologi

    Saat kita menulis sebenarnya tangan kita hanya sebagai alat untuk memegang alat tulis. Gaya tulisan kita itu berasal dari pikiran bawah sadar kita. maka bisa dikatakan bahwa tulisan bisa mengungkapkan berbagai perasaan emosi si penulisnya. Tulisan tangan sebenarnya adalah tulisan dari otak manusia yang merupakan gambaran dari kepribadian setiap individu. Sama seperti bahasa tubuh, tulisan […]
  • TADA, Gojek, dan Moka Luncurkan Gerakan SupportLocalBrandsID Dukung Merek Lokal

    TADA, Gojek, dan Moka Luncurkan Gerakan SupportLocalBrandsID Dukung Merek Lokal

    TADA, platform retensi konsumen, Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, dan Moka, penyedia aplikasi sistem kasir digital, baru-baru ini meluncurkan gerakan dukung merek lokal atau #supportlocalbrandsID. Gerakan ini mengajak masyarakat yang #dirumahaja selama masa pandemi COVID-19 untuk mendukung keberlangsungan merek-merek karya anak bangsa favorit mereka di masa penuh tantangan ini. Adapun kolaborasi ketiga perusahaan […]
  • Dibalik Kecepatan Penjemputan dan Teknologi Peta Milik Grab yang Mendukung Mobilitas Anda

    Dibalik Kecepatan Penjemputan dan Teknologi Peta Milik Grab yang Mendukung Mobilitas Anda

    Bagi Grab, perjalanan pelanggan tidak dimulai saat mitra pengemudi menjemput penumpang, namun telah dimulai jauh dari proses pemesanan terjadi. Proses pertemuan pelanggan dengan mitra pengemudi mungkin bisa membuat pusing, terutama ketika berada di tempat yang baru atau tempat dengan banyak akses masuk dan keluar. Memahami dilema ini, Grab menghadirkan titik penjemputan yang lebih banyak agar […]
  • Satu Data Indonesia: Kunci Perbaikan Tata Kelola Data untuk Mempertajam Strategi dan Fokus Pembangunan

    Satu Data Indonesia: Kunci Perbaikan Tata Kelola Data untuk Mempertajam Strategi dan Fokus Pembangunan

    Peran Satu Data Indonesia atau SDI sangat penting dalam mendukung pelaksanaan fokus-fokus pembangunan 2021, antara lain Reformasi Sistem Kesehatan Nasional, Reformasi Sistem Perlindungan Nasional dan penguatan ketahanan pangan. Untuk itu, sinergi antar kementerian/lembaga, antara pusat dan daerah, serta antara pemerintah dan masyarakat luas dalam penyelenggaraan SDI adalah sangat penting untuk memastikan kontribusi nyata penyelenggaraan SDI […]
  • Samsung Smart TV 2019 Hadirkan Channel Premium 24 Jam Setahun Penuh

    Samsung Smart TV 2019 Hadirkan Channel Premium 24 Jam Setahun Penuh

    Samsung Electronics Indonesia memberikan dua belas bulan akses tayangan premium untuk setiap pembelian Samsung Smart TV keluaran tahun 2019. Terhitung dari saat TV diaktifkan pertama kalinya, Samsung Smart TV yang dibeli dalam periode 12 November – 31 Desember 2019 akan mendapatkan akses eksklusif selama setahun ke channel-channel premium berbayar yang memberikan hiburan 24 jam tanpa […]
  • Pendaftaran Sudah Dibuka, Berikut 5 Tips Lolos SNMPTN 2021

    Pendaftaran Sudah Dibuka, Berikut 5 Tips Lolos SNMPTN 2021

    Pendaftaran SNMPTN 2021 sudah dibuka sejak 15 Februari 2021 kemarin. Bagi kamu yang masuk ke dalam kuota pendaftar SNMPTN tahun ini, selamat dan semangat ya! Berbeda dengan UTBK, untuk dapat lolos diterima di perguruan tinggi negeri impian melalui jalur SNMPTN perlu strategi yang matang. Karena tolak ukur nilai rapor belum tentu menjamin diterima atau tidaknya […]
  • Cooking Mania Maxim, Lomba Masak 18 Menit di Giant Bintaro

    Cooking Mania Maxim, Lomba Masak 18 Menit di Giant Bintaro

    Untuk memperkenalkan produk terbarunya Maxim Quattro Speed Cooker, Maxim, produsen peralatan masak terkemuka yang memegang hak paten untuk pelapis Teflon mengadakan lomba masak yang berlangsung di Giant Bintaro, Minggu, 13 November 2016. Berbeda dengan panci presto (pressure cooker) pada umumnya yang terbatas untuk presto, Maxim Quattro Speed Cooker merupakan panci presto multi fungsi yang dapat digunakan untuk […]
  • Ini Best Sport Heritage dengan Gaya Klasik Modern Paling Populer

    Ini Best Sport Heritage dengan Gaya Klasik Modern Paling Populer

    Sejak diluncurkan di akhir tahun 2019, pamor Yamaha XSR 155 makin populer berkat karakter desain sport heritage yang kuat serta didukung dengan kelengkapan fitur dan teknologi yang modern. Ciri khas XSR 155 itu mampu memenuhi selera konsumen yang menginginkan hal berbeda sesuai fungsi penggunaannya dan gaya hidup berkendara saat ini. Lebih membanggakan lagi, XSR 155 […]
  • DQLab Universitas Multimedia Nusantara & Xeratic Memberikan Beasiswa Belajar Intensif lewat Pandora Box

    DQLab Universitas Multimedia Nusantara & Xeratic Memberikan Beasiswa Belajar Intensif lewat Pandora Box

    Memasuki Era Transformasi Digital, DQLab yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara dan Xeratic mengusung program beasiswa belajar Data Science secara intensif untuk memberikan pemahaman Ilmu Data Science secara mendalam. Program beasiswa ini adalah DQLab Pandora Box. Lahirnya DQLab Pandora Box yang diusung oleh DQLab ingin membangun talenta praktisi data yang siap menghadapi industri di era […]
  • Hemat Waktu Memasak dengan Frozenfood dari Menggoreng.ID

    Hemat Waktu Memasak dengan Frozenfood dari Menggoreng.ID

    Foto: Chicken Popcorn (Dokumentasi Menggoreng.ID) Di saat new normal seperti sekarang kita sudah kembali sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Sebagian sudah kembali bekerja di kantor. Dengan perhatian kepada kesehatan makanan, kita lebih sreg bila membawa makanan sendiri dari rumah. Persiapan memasak membutuhkan waktu yang lama. Tidak heran bila saat ini frozenfood menjadi tren makanan yang hits […]
  • Qualcomm Luncurkan Tiga Snapdragon Mobile Platform Baru untuk Menjawab Permintaan Ponsel Pintar 4G Saat Ini

    Qualcomm Luncurkan Tiga Snapdragon Mobile Platform Baru untuk Menjawab Permintaan Ponsel Pintar 4G Saat Ini

    Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan peluncuran tiga mobile platform terbaru, yaitu Qualcomm® Snapdragon™ 720G, 662 dan 460 yang akan meningkatkan pengalaman pengguna di bidang konektivitas, gaming dan hiburan. Tiga mobile platform ini mendukung konektivitas cepat 4G, menggunakan fitur kunci Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1 terintegrasi dengan teknologi audio canggih melalui subsistem Qualcomm® FastConnect™ seri 600, mendukung […]

Tinggalkan Balasan