Universitas Pembangunan Jaya

Evaluasi Diri dengan Segenap Hati

Saat ini kita menjelang akhir tahun 2018. Sudah selayaknya kita melakukan evaluasi diri mengenai apa saja yang telah kita kerjakan di tahun ini dan merencanakan apa yang akan kita capai di tahun mendatang.

Memang pada hakekatnya manusia menghubungkan waktu (time) yang telah berlalu dengan pengalaman dan memori tentang pengalaman itu sendiri. Hal ini menciptakan persepsi tentang waktu, yang kemudian dihubungkan erat dengan kegiatan perencanaan dan pengambilan keputusan.

Salah satu contoh nyatanya adalah bahwa menjelang akhir tahun atau awal tahun, kita terdorong untuk memikirkan ulang segala kegiatan dan keputusan yang telah dilaksanakan di sepanjang tahun yang sudah berlalu. Selain itu, muncul pula pikiran-pikiran mengenai konsekuensi, tanggung jawab atau tantangan yang akan dihadapi di tahun mendatang.

Pikiran-pikiran seperti ini bukanlah sesuatu yang perlu dihindari tetapi justru perlu dipertahankan karena mendorong kita untuk melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Evaluasi diri sangatlah penting bagi kehidupan seorang individu untuk memastikan bahwa ia berada pada jalur kehidupan yang tepat.

Tujuan hidup, perilaku, hubungan interpersonal dan performa kita dalam pengerjaan tugas atau tanggung jawab adalah beberapa hal yang perlu dievaluasi demi menjadi lebih baik dan berkembang secara optimal. Selain itu, evaluasi juga dapat memperdalam pemahaman terhadap sebuah pengalaman dan membuka berbagai pilihan kehidupan yang sebelumnya tidak disadari.

Terlepas dari berbagai keuntungan yang dimunculkan, evaluasi diri adalah juga kegiatan yang paling sering dihindari. Kita cenderung sengaja mengabaikan atau sengaja terdistraksi untuk melakukan kegiatan lain yang dianggap lebih tidak mengancam. Mengancam? Ya, mengancam.

Evaluasi diri menghasilkan penilaian terhadap diri sendiri tanpa membuka kesempatan untuk menghilangkan data, perasaan atau pendapat yang kita miliki. Linangan air mata yang turun ketika menonton film animasi khusus anak-anak, rasa cemburu terhadap mantan pacar yang sudah punya pacar lagi atau perasaan kecewa dengan prestasi anak adalah hal-hal yang mungkin tidak pernah diakui atau diungkapkan, namun individu yang bersangkutan mengetahui fakta yang sesungguhnya terjadi.

Intinya, kita terikat dengan semua pengetahuan ada tentang diri kita sendiri. Oleh karena itu, evaluasi diri harus dilakukan dengan tepat agar dapat berjalan dengan optimal dan berdampak positif pada perkembangan diri.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan evaluasi diri agar memunculkan hasil yang bermakna. Hal pertama adalah bahwa kegiatan ini harus dilakukan dengan sengaja dan dipersiapkan. Waktu dan tempat adalah dua kebutuhan dasar. Sediakan waktu dan tempat secara khusus untuk melakukannya. Bila memerlukan alat bantu, sediakan terlebih dulu, misalnya alat tulis atau agenda sebagai pengingat kegiatan.

Kadang kala kita perlu menggali informasi terlebih dahulu dari orang-orang tercinta di sekitar kita atau orang-orang yang kita anggap penting dalam kehidupan. Apakah mereka mendukung cara berpikir dan keputusan-keputusan yang pernah kita ambil di masa lalu atau mereka memiliki pendapat yang berbeda.

Perhatian berikutnya adalah pada target dari evaluasi diri itu sendiri. Target evaluasi diri yang jelas akan membantu kita memfokuskan perhatian pada sifat, sikap atau perilaku yang ingin dievaluasi. Dengan demikian, kita tidak akan tenggelam ke alam memori dan sibuk menikmati ingatan-ingatan masa lalu saja.

Proses evaluasi diri perlu dijalani dengan sikap yang positif terhadap diri sendiri namun membuka kesempatan kepada respon spontan kapan saja. Terlebih lagi bila kita melakukan evaluasi ini sendiri. Sering kali kita terjebak pada penilaian “biasa-biasa saja” terhadap diri sendiri dan malu mengakui kelebihan atau kelemahan kita, bahkan kepada diri sendiri.

Pada kesempatan ini bangunlah dialog dengan diri sendiri dengan mempertanyakan perasaan dan pikiran tentang berbagai keputusan penting yang telah diambil. Apakah keputusan-keputusan tersebut ideal, baik, aman, terburu-buru, emosional atau bahkan bodoh?

Hargailah penilaian pertama yang muncul ketika mengingat sebuah tindakan atau keputusan. Bila kita merasa keputusan di masa lalu adalah keputusan yang bodoh, galilah faktor-faktor yang mendukung munculnya keputusan tersebut sehingga muncul tindakan korektif yang dapat dilakukan untuk memperbaiki situasi atau mencegah terulangnya pengambilan keputusan yang serupa.

Jangan lupa juga untuk melakukan proses yang sama terhadap keputusan yang tepat. Berilah pujian kepada diri sendiri untuk tindakan tersebut dengan tetap memperhatikan faktor-faktor yang mendukung pembentukannya.

Evaluasi diri tidak berhenti ketika kita sudah berhasil mengidentifikasi keberhasilan, kegagalan serta faktor-faktornya tetapi juga termasuk dengan pembuatan rencana perkembangan diri selanjutnya. Setelah mengetahui apa saja kelemahan dan ancaman yang ada, kita juga mendapatkan pengetahuan tentang berbagai minat dan kesempatan yang terbuka atau terlewatkan selama ini.

Mengejar kemajuan karir, mempelajari keterampilan baru, melakukan terminasi hubungan percintaan atau mengambil kesempatan berwirausaha adalah mungkin beberapa hal yang perlu dipikirkan untuk mendapatkan orientasi baru terhadap kehidupan selanjutnya.

Dengan bekal evaluasi diri, kita tidak gegabah menentukan arah kehidupan maupun tindakan yang akan diambil di masa depan. Terlebih lagi bila keputusan-keputusan penting tersebut berlawanan dengan rencana atau dugaan kita selama ini.

Pemahaman yang kokoh terhadap diri sendiri akan menjadi informasi yang tak lekang oleh waktu dan justru menjadi dasar kekuatan tersendiri untuk menjalani kehidupan. Dengan demikian, evaluasi diri tidak lagi menjadi momok di akhir tahun seperti ini tetapi menjadi sebuah proses personal yang membebaskan dan memuaskan.

Penulis:
Veronica Kaihatu
Dosen Program Studi Psikologi
Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya

Daftar Referensi:

Hancock, P. A. & Block, R. A. (2014). The Psychology of time: a view backward and forward. (Artikel). Diperoleh dari https://www.researchgate.net/publication/230809358_The_Psychology_of_Time_A_View_Backward_and_Forward

Pelusi, N. (2004, 1 April). Assesing yourself, honestly. (Artikel). Psychology Today. Diperoleh dari https://www.psychologytoday.com/us/articles/200404/assessing-yourself-honestly.

Lipman, V. (2013, 16 Januari). How to make employee reviews constructive, not demotivating. Psychology Today. Diperoleh dari https://www.psychologytoday.com/us/blog/mind-the-manager/201301/how-make-employee-reviews-constructive-not-demotivating

Tags

Baca Juga

  • Meningkatkan Kemampuan Mengingat Anak Dengan Student Memory Course

    Meningkatkan Kemampuan Mengingat Anak Dengan Student Memory Course

    Kemampuan mengingat merupakan salah satu kemampuan seorang anak untuk dapat berhasil dalam pendidikannya.Ingatan merupakan kumpulan reaksi elektrokimia yang rumit yang diaktifkan melalui beragam saluran indrawi dan disimpan dalam jaringan syaraf yang sangat rumit dan unik di seluruh bagian otak. Ingatan yang sifatnya dinamis ini terus berubah dan berkembang sejalan dengan bertambahnya informasi yang disimpan. Untuk […]
  • Foto : Mengenal School Science Center (SSC) Sekolah Pembangunan Jaya

    Foto : Mengenal School Science Center (SSC) Sekolah Pembangunan Jaya

    Indonesia masih harus mengejar ketertinggalan dari negara lain dalam soal inovasi teknologi. Meskipun memiliki keunggulan sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk besar dan tingkat pertumbuhan ekonomi tinggi dibanding negara maju, kurangnya penerapan teknologi masih menempatkan Indonesia di bawah negara berkembang lainnya dari segi indeks kompetitif. Sebagai garda terdepan dalam pengembangan sumber daya manusia, pendidikan adalah […]
  • Menginterpretasikan Kehidupan Melalui Photo Painting, Dik Doank Art Studio

    Menginterpretasikan Kehidupan Melalui Photo Painting, Dik Doank Art Studio

    Bagi setiap orang, kehidupan ibarat kanvas luas tidak bertepi yang bisa dilukis berbagai hal sepanjang hidupnya. Keindahan lukisan yang dihasilkan bergantung kemampuan setiap orang menggoreskan kuas dan catnya ke atas permukaan kanvas, yang dipengaruhi hubungannya dengan Sang Pencipta. Bagi seorang seniman seperti Dik Doank, seni adalah bagian dari menerjemahkan kehidupan menjadi suatu hasil karya indah […]
  • Tempat Nongkrong di Bintaro – Burger N’ Grill Ubah Konsep

    Tempat Nongkrong di Bintaro – Burger N’ Grill Ubah Konsep

    INFOBINTARO (IB) – Saat ini, tempat jajanan kuliner yang ramai bisa berfungsi ganda sebagai tempat nongkrong. Salah satu contohnya adalah Bintaro Peoples Market (BPM) yang kini jadi tempat nongkrong di Bintaro yang banyak dikunjungi untuk kongkow-kongkow bersama teman ataupun keluarga. Tempat Nongkrong di Bintaro dengan Inovasi Baru Tempat nongkrong identik dengan banyaknya pengunjung berkumpul menghabiskan […]
  • Pengiriman Barang Berat/Ringan ke Jawa/Madura Harga Hemat Dengan MUS Express

    Pengiriman Barang Berat/Ringan ke Jawa/Madura Harga Hemat Dengan MUS Express

    Dalam suatu usaha yang bersifat memasarkan produk, pengiriman barang adalah hal yang sangat penting. Mengirim barang dari satu tempat ke tempat tujuan tertentu adalah bagian dari jalannya sebuah bisnis. Namun, tidak semua barang bisa dikirim oleh pelaku bisnis itu sendiri. Disinilah peranan dari perusahaan jasa pengiriman yang profesional. Barang yang ingin dikirimkan akan sampai di […]
  • Ragam Destinasi Wisata di Dubai untuk Semua Generasi

    Ragam Destinasi Wisata di Dubai untuk Semua Generasi

    Dubai adalah destinasi wisata ideal untuk seluruh anggota keluarga dengan beragam objek wisata yang dapat dinikmati oleh anak-anak hingga dewasa. Berikut daftar taman wisata hingga restoran yang dapat menjadi pilihan keluarga anda dalam menikmati liburan Anda. Di Dubai, liburan bersama Anak akan menjadi pengalaman yang menyenangkan! UNTUK BAYI DAN BALITA Dubai memastikan perjalanan yang menyenangkan […]
  • Apresiasi Nasabah Milenial, BNI Syariah Gelar Customer Online Gathering

    Apresiasi Nasabah Milenial, BNI Syariah Gelar Customer Online Gathering

    BNI Syariah menggelar program nasional Customer Loyalty Gathering dengan tema Milenial Buktikan Cintamu dengan Berqurban. Acara dengan format webinar ini merupakan pertama kali diselenggarakan untuk nasabah milenial BNI Syariah di Jabodetabek, Cilegon, Lampung, dan sekitarnya. Hadir dalam kesempatan ini Pendakwah, Ustadz Hanan Attaki, Lc; Pengusaha Brand Muslimah Jilbab Arfa, Asysyifa Fathi Rabbani dan Ali Ghuraisah; […]
  • Tampil Cantik Natural Kini Semakin Mudah dan Praktis

    Tampil Cantik Natural Kini Semakin Mudah dan Praktis

    Perempuan jaman NOW dengan segala rutinitas mereka yang tinggi, dituntut selalu tampil cantik dan prima sepanjang hari. Ditengah kesibukan dan waktu yang terbatas, mereka membutuhkan make-up yang bisa melengkapi penampilan natural mereka dengan mudah, cepat dan tentunya dapat diandalkan. Wardah dengan rangkaian produk #INSTAPERFECT menjawab kebutuhan perempuan jaman NOW, khususnya yang tinggal di berbagai kota […]
  • Kolaborasi Inggris-Indonesia Hadirkan Pagelaran Mode Inklusif di Jakarta Fashion Week

    Kolaborasi Inggris-Indonesia Hadirkan Pagelaran Mode Inklusif di Jakarta Fashion Week

    British Council, organisasi internasional Inggris untuk hubungan budaya dan kesempatan pendidikan, menghadirkan pergelaran mode inklusif hasil kolaborasi desainer Inggris-Indonesia, Teatum Jones dan Sean Sheila, di Jakarta Fashion Week, Minggu 21 Oktober 2018. Pergelaran mode ini merupakan puncak kolaborasi para desainer setelah sebelumnya terlibat dalam sejumlah kegiatan termasuk dalam pelaksanaan lokakarya bersama fotografer mode Hilarius Jason […]
  • Dampak Pandemi, Transaksi Belanja Online Produk Kosmetik Naik 80%

    Dampak Pandemi, Transaksi Belanja Online Produk Kosmetik Naik 80%

    Pelaku industri kecil menengah (IKM) dituntut untuk bisa mencari peluang usaha di tengah kondisi pandemi Covid-19. Adanya adaptasi kebiasaan baru akibat pendemi, telah menggeser pola belanja dari offline menjadi online. Ini terlihat dengan meningkatnya transaksi online produk kosmetik sebesar 80%. “Social distancing menyebabkan konsumen menjadi lebih banyak waktu di rumah, sehingga lebih banyak waktu merawat […]
  • Ketan Susu 51, Kuliner Bintaro Yang Legit!

    Ketan Susu 51, Kuliner Bintaro Yang Legit!

    INFOBINTARO (IB) – Jangan pernah kehabisan akal untuk terus mengeksplor bermacam varian kuliner Bintaro yang tiada kenal jemu untuk kita kenal dan bahas satu persatu. Di minggu ini IB akan membahas salah satu kedai yang menjual makanan khas dalam negeri yakni ketan susu. Menilik Kelezatan Ketan Susu Sebagai Salah Satu Kuliner Bintaro Ketan susu atau […]
  • Operasi Komersial MRT Jakarta Hari Pertama

    Operasi Komersial MRT Jakarta Hari Pertama

    Sejak Senin, 1 April 2019 pukul 05.30 WIB, MRT Jakarta memulai operasi komersial. Dalam pelaksanaan hari pertama ditemukan beberapa kendala teknis pada ticket vending machine (mesin tiket otomatis) yang menyebabkan pengoperasiannya tidak optimal, sehingga mengakibatkan penumpukan antrian penumpang pada ticket office (gerai tiket). Ditemukan juga beberapa passenger gate (gerbang pembayaran) yang tidak dapat menerima kartu […]
  • Kukuhkan Semangat Membangun Negeri, Brantas Abipraya Siap Menata Borobudur dan Kupang

    Kukuhkan Semangat Membangun Negeri, Brantas Abipraya Siap Menata Borobudur dan Kupang

    PT Brantas Abipraya (Persero), perusahaan milik negara yang bergerak di industri konstruksi ini memperkuat posisinya sebagai salah satu agen pembangunan terbaik di Indonesia dengan mengantongi dua pekerjaan penataan permukiman dan kawasan, yaitu proyek Penataan Permukiman Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dan proyek Penataan Kawasan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. “Setelah memulai […]
  • First Klaz Menjadi Solusi Pembelajaran Jarak Jauh

    First Klaz Menjadi Solusi Pembelajaran Jarak Jauh

    PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media, terus menghadirkan program-program yang dapat mendukung berbagai langkah preventif yang dilakukan di tengah krisis pandemi ini. Dalam rangkaian kampanye #HealthyFirst #SafetyFirst, sebagai upaya untuk mendukung produktivitas di rumah, terutama terkait dengan kebijakan pemerintah untuk menerapkan metode belajar online, First Klaz produk milik First Media Business, menjadi […]
  • Weekend Program: Saatnya Bersihkan Komedo di Muka

    Weekend Program: Saatnya Bersihkan Komedo di Muka

    Coba Anda perhatikan wajah Anda di cermin. Apakah ada bintik-bintik di hidung? Aha, itu pertanda komedo yang muncul di wajah Anda. Bila bertambah banyak, komedo ini dapat mempengaruhi rasa percaya diri Anda.  Namun sebenarnya apakah itu komedo? Komedo adalah benjolan (papula) kecil pada permukaan  kulit yang berwarna hitam. Komedo merupakan  jenis jerawat yang tergolong ringan […]
  • Bantu Pelaku UMKM, Himbara Luncurkan Pinjaman Digital lewat Platform Ekosistem Digital

    Bantu Pelaku UMKM, Himbara Luncurkan Pinjaman Digital lewat Platform Ekosistem Digital

    Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) yang beranggotakan Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BTN terus berupaya mendorong UMKM tetap tumbuh ditengah kondisi seperti saat ini. Kali ini, Himbara bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) RI bekerjasama dengan pelaku ekosistem digital meluncurkan secara virtual produk DigiKU atau Digital Kredit UMKM di Jakarta, […]
  • Jaringan Biznet Kini Hadir di Kota Bandar Lampung

    Jaringan Biznet Kini Hadir di Kota Bandar Lampung

    Pada Selasa, 7 Januari 2020, Biznet mengadakan kegiatan Media Gathering untuk mengumumkan perluasan jaringan Biznet ke Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Dengan telah hadir di Kota Bandar Lampung, layanan Biznet kini telah dapat dinikmati oleh masyarakat yang ada di empat kota di Pulau Sumatra yang mencakup Jambi, Padang, Palembang, dan Bandar Lampung. Acara Media Gathering […]
  • Manfaat Konsumsi Daging Merah

    Manfaat Konsumsi Daging Merah

    Selamat merayakan Idul Fitri ……Saat istimewa seperti sekarang ini beragam hidangan khas Lebaran akan dapat Anda nikmati. Di antaranya adalah daging sapi yang diolah menjadi beragam makanan khas seperti rendang, dendeng, rawon dan sate. Daging sapi termasuk kategori daging merah. Daging merah merupakan istilah kuliner yang merujuk kepada daging yang berwarna kemerahan. Oxford dictionary menjelaskan bahwa daging merah umumnya adalah daging sapi, daging domba, daging kambing, […]
  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia Gelar Indonesia Transport,  Logistics & Maritime Week 2017

    Kamar Dagang dan Industri Indonesia Gelar Indonesia Transport, Logistics & Maritime Week 2017

    Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia bekerjasama dengan Reed Panorama Exhibitions, resmi mengumumkan pelaksanaan rangkaian kegiatan pameran dan konferensi untuk industri transportasi, logistik & maritim di Indonesia, yang bertajuk Indonesia Transport, Logistics & Maritime Week (ITLMW) 2017. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 10 hingga 12 Oktober 2017 di Jakarta International Expo, Kemayoran. ITLMW 2017 bertujuan menjadi suatu […]
  • Hati-Hati…!!! Modus Baru Penyadapan Nomor Pin ATM

    Hati-Hati…!!! Modus Baru Penyadapan Nomor Pin ATM

    Modus kejahatan berkembang dari waktu ke waktu, para pelaku kriminal berusaha menggunakan berbagai cara untuk melaksanakan aksi jahatnya, bahkan menggunakan teknologi. Salah satu modus yang banyak disasar adalah pada mesin ATM. Modus-modus lama yang sudah biasa digunakan adalah dengan memasang pengganjal yang biasanya berupa kartu seukuran kartu ATM atau tusuk gigi dengan tujuan untuk menghambat […]