Jum. Mei 24th, 2019

EKTIZO Coding, Pelopor Kursus Coding Jarak Jauh di Indonesia

Berkat internet, sistem pembelajaran jarak jauh tidak menjadi masalah lagi. Hal ini dibuktikan oleh EKTIZO Coding yang merupakan sebuah perusahaan rintisan (start-up company) yang bergerak dalam bidang coding tutorial. Didirikan pada tahun 2015 oleh Budi Chang, seorang akademisi dan praktisi teknologi dan pendidikan, yang terpanggil untuk mendidik generasi muda Indonesia terutama anak-anak dan remaja dalam bidang coding.

EKTIZO berasal dari kata E dan Ktizo yang berarti berkreasi dengan teknologi. “Satu hal yang menjadi kelebihan dari sistem pembelajaran jarak jauh ini adalah sang anak dapat fleksibel menentukan jam kursusnya di rumah. Tidak perlu buang waktu pergi ke tempat kursus pulang pergi. Untuk mereka yang berada di luar pulau Jawa pun dapat mengikuti program kursus ini secara mudah,” ujar Budi Chang saat diwawancarai oleh Info Bintaro beberapa waktu lalu.

Menurut Budi Chang, alumni Universitas Bina Nusantara, sebelum tahun 2015, pendiri EKTIZO ini sudah memperkenalkan coding kepada lebih dari 3000 siswa di seluruh Indonesia melalui berbagai kegiatan seminar, workshop dan pelatihan terutama melalui gerakan Hour of Code, sebuah kampanye global dari Amerika Serikat yang bertujuan memperkenalkan coding kepada semua orang terutama anak-anak dan remaja.

Manfaat belajar coding

Pembelajaran coding adalah kegiatan memrogram komputer melalui penyusunan instruksi-instruksi dengan bahasa pemrograman. Untuk siswa pemula khususnya anak-anak, tersedia bahasa pemrograman yang menyediakan kumpulan instruksi dalam bentuk blok sehingga tidak perlu dihafal. Dengan mengerti logika dan menguasai penyusunan blok, anak-anak dapat membuat games, animasi, cerita digital, musik, dll.

Para pendidik dan praktisi teknologi mengatakan bahwa coding sangat penting bagi generasi digital ini. Bahkan coding dipercaya akan menjadi literasi keempat yang harus dikuasai setelah membaca, menulis dan berhitung. Setelah mereka dewasa nanti, teknologi digital dipercaya akan menjadi bagian yang sangat penting dan tak terpisahkan dari hidup mereka. Kemampuan coding akan sangat membantu mereka dalam memecahkan berbagai masalah, mendukung pekerjaan mereka atau bahkan menjadi karir mereka.

BACA JUGA  Daya Tampung Jalur Zonasi Jenjang SMP 90 Persen

Usia peserta kursus

Idealnya pada saat anak berusia 9 tahun atau duduk di kelas 3 SD. “Pada masa itu anak sudah mendapat pelajaran matematika yang cukup lengkap . “Di EKTIZO Coding, kami mulai mengajarkan coding untuk siswa usia 9 tahun (SD kelas 3) sampai siswa SMA Kelas 12. Bahkan ada mahasiswa dan ibu rumah tangga yang belajar membuat web design sederhana di EKTIZO Coding.

Buat yang sama sekali belum pernah belajar coding, ditawarkan kelas creative coding yang ditempuh selama 3-9 bulan (tergantung jenjang sekolah siswa). Setelah itu, siswa boleh memilih salah satu dari 4 jurusan yang tersedia, yaitu web design, web programming, mobile programming atau game programming. Ada pun biaya kursus per kelas berkisar Rp. 2.700.000-3.000.000 untuk 3 bulan.

Sistem pelajaran

Menurut Budi Chang, yang juga pernah mengajar paruh waktu di Universitas Multimedia Nusantara, EKTIZO Coding memiliki konsep blended e-tutoring yaitu pembelajaran berbasis proyek dengan pendampingan private secara online dan pembelajaran kelompok sebulan sekali di salah satu cabang EKTIZO Coding di Kedoya atau Gading Serpong.

Diambil dari konsep pengajaran coding di Universitas Harvard dan MIT, dua universitas terkemuka di Amerika. Dalam satu bulan, peserta kursus akan online seminggu sekali dalam 3 minggu pertama. Di minggu keempat ada pertemuan offline di salah satu cabang EKTIZO, di mana siswa akan mempresentasikan project yang dikerjakan di hadapan para orang tua.

Info lebih lanjut:
EKTIZO Coding
Cabang 1: Taman Kedoya Baru
Jl. Albasia Raya BXI No.13
Jakarta Barat 11520

Cabang 2: Ruko ODESSA
Blok AA 2 No. 42
Jl. Boulevard Raya, Gading Serpong
Tangerang 15811

Telp: +62 812 1888 1099
WA: +62 859 2012 348
E-mail: budi@ektizo.com

Website: http://www.ektizo.com

 

(EGS)

 

 

Baca Juga