Universitas Pembangunan Jaya

Edisi Spesial Sumpah Pemuda : Sumpah Pemuda Generasi Millennial Jaman Now

Sembilan puluh tahun lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, sejumlah pemuda Indonesia mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Di secarik kertas yang ditulis Moehammad Yamin termuat cita-cita bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu: Indonesia. Saat itulah imajinasi bangsa (national imaginary) pertama kali dideklarasikan.

Baca juga: Mengenal Museum Sumpah Pemuda

Hari itu, pemuda berbagai etnis menomorduakan keinginan jadi nomor satu sendiri dan tidak memutlakkan diri sendiri. Karena itulah, bangsa Indonesia lahir. Ketika sejumlah individu merelakan kepentingan pribadi (self-interest), maka kepentingan lebih besar yaitu bangsa dapat tercapai.

Bagaimana dengan pemuda Indonesia jaman now?

Generasi Millennial

Kini di tahun 2018, kita mengenal generasi usia 20-an sebagai millennial. Lahir antara tahun 1982-2003, generasi ini dikenal memiliki ambisi, kepercayaan diri dan optimisme.

Karakteristik generasi millennial di antaranya adalah mencari keseimbangan dunia kerja dan dunia di luar pekerjaan, mengejar gaji dan tunjangan (good pay and benefits), mencari kesempatan pengembangan diri (opportunities for advancement), mengharapkan pengalaman kerja bermakna (meaningful work experience) dan mendambakan lingkungan kerja yang memberi bimbingan (a nurturing work environment).

Temuan di atas menyimpulkan bahwa dalam bekerja, generasi millennial memprioritaskan hal-hal individualistik. Karena lahir saat dunia sarat pilihan, mereka tumbuh sebagai generasi transaksional, cenderung tidak loyal serta mudah mengeluh. Time Magazine menahbiskan generasi ini sebagai generasi digital addict dan narsis – The Me Me Me Generation.

Khusus Indonesia, generasi ini disebutsebagai Generasi Phi karena dipandang, seperti lingkaran, merekalah yang menyempurnakan siklus generasi pengubah Indonesia. Sedikit berbeda, Sebastian dan Amran (2016) bersama Youth Lab menyebut mereka dengan label Generasi Langgas.

Baca Juga: https://swa.co.id/swa/review/book-review/generasi-langgas-di-mata-yoris-sebastian

Simak video ulasan tentang buku Generasi Langgas di https://www.youtube.com/watch?v=dzOEU-HnAeA

Mengambil lini masa berbeda, generasi millennial Indonesia adalah mereka saat reformasi 1998 masih di bawah 10 tahun, tak merasakan hidup serba terkungkung ala Orde Baru serta mengalami transisi analog ke digital.

Generasi ini sering dianggap serba irasional. Maklum, mereka lahir saat situasi sosial politik riuh dengan perkembangan digital, radikalisme, korupsi dan pasar bebas. Generasi ini bebas memilih baik pendidikan maupun pekerjaan.

Dapat disimpulkan, ada banyak penelitian memotret generasi millennial. Yang jelas generasi ini punya karakteristik unik dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Karakter generasi merupakan predikat kolektif yang diwariskan dari para pendahulu-pendahulu.

Kembali ke Sumpah Pemuda, bagaimana generasi millennial Indonesia meneruskan semangat Sumpah Pemuda?

Sumpah Pemuda dan Generasi Millennial

Sejak 1928-2018, Indonesia banyak berubah dan akan terus berubah. Saat Indonesia menikmati bonus demografi tahun 2020-2030, generasi millennial berperan. Dengan 84 juta millenial Indonesia, 23 persen pemuda di ASEAN ada di negara ini.

Kreativitas dan inovasi merupakan penanda generasi ini, diungkapkan utamanya media sosial berkat koneksi internet tanpa jeda. Jika dulu isu kebangsaan didiskusikan dalam Kongres Pemuda, kini semuanya gaduh di media sosial. Sayangnya, teknologi lebih banyak digunakan untuk mengonsumsi, sedangkan untuk produktivitas masihlah langka.

Di tengah berbagai versi realita, tak heran generasi saat ini mengalami kebingungan. Keluarga memiliki peran yang tepat untuk menumbuhkan nasionalisme dan menolak intoleransi. Selain keluarga, tempat kerja juga perlu merumuskan kembali misi organisasi agar generasi milenial terlibat dalam tujuan sosial dan bukan sekedar profit.

https://www.youtube.com/watch?v=WDKDj7LPRvk

Kesimpulan

Di akhir tulisan ini, maka dapat disimpulkan bahwa apabila keluarga maupun tempat kerja dapat melibatkan generasi milenial pada aktivitas sosial kemanusiaan – termasuk isu kebangsaan – dengan memanfaatkan teknologi untuk kreativitas dan inovasi, maka semangat Sumpah Pemuda tetap hidup sampai hari ini.

Penulis:

Gita Widya Laksmini Soerjoatmodjo
Dosen Program Studi Psikologi
Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya

Referensi

  • Breazaele, R. (2014). The millennial generation: Transforming today’s corporate workforce. DIpublikasikan di Psychology Today 21 Agustus.
  • Foulcher, K. (2000). Sumpah pemuda: The making and meaning of a symbol of Indonesian Nationhood
  • Noreen, C. (2015). “Are millennials really the “Go-Nowhere” generations”?” Journal of the American Planning Association 81:2, 90-1003, DOI: 10.1080/01944363.2015.1057196.
  • Faisal, Muhammad. (2017). Generasi phi: Memahami milenial pengubah Indonesia. Jakarta: Penerbit Republika.
  • Hershatter A., & Epstein, M. (2010). “Millennials and the world of work: an organization and management perspective.” Journal of Business Psychology Vol. 25: 211-223 DOI 10.1007/s10869-010-9160-y.
  • Sasongko, B.J. (2017). Sumpah Pemuda dan generasi milenial. Dipublikasikan di Kontan 30 Oktober.
  • Sebastian, Y., Amran, D. & Youth Lab. (2016). Generasi Langgas Millennials Indonesia. Jakarta: Gagas Media.
  • Stein, J. (2013). Millennials: The me me me generation. Dipublikasikan di Time Magazine 20 Mei.
  • Suseno, F.M. (2008). Etika kebangsaan, etika kemanusiaan: 79 tahun sesudah Sumpah Pemuda. Yogyakarta: Impulse.
  • Ng, E.S.W., Schweitzer, L. & Lyons, S.T. (2010). “New generation, great expectations: A field study of the millennial generation.” Journal of Business Psychology Vol. 25: 211-292 DOI 10.1007/s10869-010-9159-4.
  • Wilson, M. & Gerber, L.E. (2000) “How generational theory can improve teaching: Strategies for working with the “Millennials” Currents in Teaching and Learning. Vol. 1, No. 1, Fall 2008

Baca Juga

  • Pameran Batik Kreasi Mahasiswa UMN

    Pameran Batik Kreasi Mahasiswa UMN

    Batik merupakan kekayaan budaya nusantara yang harus dilestarikan. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni & Desain Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang memiliki mata kuliah Batik menggelar hasil karya para mahasiswa kelas Batik di kampus UMN beberapa waktu yang lalu. Untuk menghasilkan batik-batik yang indah ini bukanlah hal yang mudah. Para mahasiswa memulainya dari selembar kain putih […]
  • Monitor Gaming Terbaru BenQ EX2780Q 144HZ dengan Teknologi HDRi Pertama di Dunia

    Monitor Gaming Terbaru BenQ EX2780Q 144HZ dengan Teknologi HDRi Pertama di Dunia

    BenQ, penyedia perlengkapan gaya hidup digital berskala internasional, telah meluncurkan monitor gaming EX2780Q yang dilengkapi dengan teknologi HDRi eksklusif dengan pengoptimalan visual terbaik, audio Hi-Fi 2.1 channel yang dirancang khusus, dan teknologi Eye-Care untuk menjaga kesehatan mata. Monitor gaming QHD 27 ” IPS panel, dilengkapi dengan refresh rate144Hz, FreeSync, Black eQualizer, Color Vibrance, dan port […]
  • Johnson & Johnson Indonesia Hadirkan Lensa Kontak Photochromic Pertama di Dunia

    Johnson & Johnson Indonesia Hadirkan Lensa Kontak Photochromic Pertama di Dunia

    PT Johnson & Johnson Indonesia (Johnson & Johnson Indonesia) hari ini bertempat di Ciputra Artpreneur Jakarta, secara resmi meluncurkan ACUVUE® OASYS with Transitions™ di Indonesia, lensa kontak photocromic pertama di dunia yang dapat beradaptasi pada cahaya. Dinobatkan oleh Majalah TIME sebagai salah satu Best Inventions di tahun 2018, ACUVUE® OASYS with Transitions™ dikembangkan dengan teknologi […]
  • RPX Turut Mendukung Tren Perkembangan Startup Generasi Muda Indonesia

    RPX Turut Mendukung Tren Perkembangan Startup Generasi Muda Indonesia

    Sebagai bentuk dukungan dalam pengembangan kreativitas dan inovasi berbasis teknologi digital pada anak muda, RPX pionir pengiriman logistik terpadu (One Stop Logistics) menjalin kemitraan strategis dengan Lintasarta melalui gelaran “Energizing Startups” pada Sabtu, 29 September 2018 di Ruang Bulaksumur, Hotel UC UGM, Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut, Vice President One Stop Logistics, RPX Group memaparkan bank […]
  • Tokopedia Hadirkan Fitur Langsung Laku

    Tokopedia Hadirkan Fitur Langsung Laku

    Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, hari ini (21/10/19) resmi meluncurkan fitur Tokopedia Langsung Laku yang mempermudah masyarakat dalam menjual smartphone lama secara mudah dan cepat dengan harga terbaik, yang dapat langsung dicairkan dalam bentuk uang tunai ke saldo Tokopedia. Penentuan nilai jual smartphone lama akan dilakukan melalui sistem di dalam […]
  • First Media Menjalankan Kampanye #Healthyfirst #Safetyfirst

    First Media Menjalankan Kampanye #Healthyfirst #Safetyfirst

    Dilatarbelakangi adanya status pandemi virus Corona atau COVID-19 di seluruh dunia, termasuk Indonesia serta dalam rangka mendukung imbauan Pemerintah terkait langkah preventif baru-baru ini, PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media, pemimpin di industri penyedia TV Cable dan Fixed Broadband Cable Internet di Indonesia, menjalankan kampanye #HealthyFirst #SafetyFirst sebagai bentuk kepedulian First Media […]
  • JobMine Start Up Digital yang Keren di Tangsel

    JobMine Start Up Digital yang Keren di Tangsel

    Indonesia patut berbangga karena saat ini banyak generasi muda yang berprestasi. Salah satunya adalah para mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara yang mendirikan satu start up digital yang bernama JobMine. JobMine adalah salah satu portal yang membantu mempertemukan mahasiswa dengan perusahaan atau startup yang membutuhkan jasa freelance, part time, atau magang. Berbeda dengan portal lowongan kerja lain […]
  • Gandeng Mastercard, Bank Commonwealth Luncurkan Dua Kartu Debit untuk Transaksi Daring dan Keliling Dunia

    Gandeng Mastercard, Bank Commonwealth Luncurkan Dua Kartu Debit untuk Transaksi Daring dan Keliling Dunia

    PT Bank Commonwealth (Bank Commonwealth) bekerja sama dengan Mastercard, hari ini, meluncurkan Kartu Debit Mastercard Platinum untuk nasabah emerging affluent khususnya milenial dan Kartu Debit Mastercard World untuk nasabah affluent (Premier). Dengan teknologi dan jaringan pembayaran Mastercard, nasabah Bank Commonewalth yang memiliki Kartu Debit Mastercard Platinum dan Kartu Debit Mastercard World akan menikmati transaksi yang […]
  • Baju Kulit Kayu Bukti Kekayaan Budaya Nusantara

    Baju Kulit Kayu Bukti Kekayaan Budaya Nusantara

    Di event Festival Budaya Nusantara UMN 2017 tanggal 11-15 September lalu terdapat satu stand yang menarik perhatian pengunjung. Ada satu boneka pajang (manequin) di stand NTT yang mengenakan baju dari kulit kayu. Hal ini dapat ditemukan di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Dengan adanya pameran di kampus UMN Serpong tersebut, diharapkan generasi muda tetap menjaga […]
  • Investasi 2018: Demam Bitcoin, Aset Digital, Jangan Sampai Demam Sungguhan

    Investasi 2018: Demam Bitcoin, Aset Digital, Jangan Sampai Demam Sungguhan

    Semakin hari, semakin banyak orang berbicara tentang cryptocurrency, mata uang maya yang tidak tampak. Kenaikan aset cryptocurrency yang luar biasa juga menarik khalayak ramai. Walau tentu saja, pembelian aset itu ada risikonya. Persoalannya, tidak sedikit orang yang memandang enteng risiko dari kenaikan harga itu. Padahal, membeli cryptocurrency, termasuk bitcoin, tanpa perhitungan matang, tanpa memahami risikonya, […]
  • SKACI Bintaro Cyber Kids 2016, Ajang Uji Kreativitas Anak

    SKACI Bintaro Cyber Kids 2016, Ajang Uji Kreativitas Anak

    Setiap anak memiliki bakat yang akan berkembang jika diberikan lingkungan dan sarana yang mendukung. Sayangnya tidak semua lingkungan dapat membantu anak untuk tumbuh dan berkembang dengan cara yang menyenangkan, walau pun sarana yang tersedia memadai. Banyak anak yang harus tumbuh dan berkembang tanpa memiliki kesempatan untuk mengembangkan minat yang dimilikinya. Dengan kecenderungan setiap anak untuk bermain, […]
  • Asuransi Tak Mengganti Kerusakan Kendaraan yang Disengaja

    Asuransi Tak Mengganti Kerusakan Kendaraan yang Disengaja

    Risiko kerusakan yang menimpa kendaraan bermotor bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Secara umum, penggantian biaya kerusakan tersebut masih bisa ditanggung pihak asuransi. Namun apabila kerusakan tersebut disebabkan karena disengaja, apakah asuransi akan tetap mengganti kerugian atas risiko yang dialami? Menilik pada sebuah video yang viral di media sosial beberapa hari lalu menampilkan […]
  • Test Drive Mercedes Benz PRO Motor BSD di Puri Bintaro

    Test Drive Mercedes Benz PRO Motor BSD di Puri Bintaro

    Untuk mendekatkan diri dengan calon-calon pelanggannya, PRO Motor BSD, sebuah dealer mobil kelas atas, Mercedes Benz di BSD, mengadakan test drive di wilayah Puri Bintaro, Bintaro Sektor 9, pada Sabtu dan Minggu, 15 & 16 April 2017. Test drive yang berlangsung di sisi danau (poulder) Puri Bintaro berlangsung dari pukul 6 pagi sampai dengan 17.30. […]
  • Gandeng Modal Saham dan Baba Rafi Enterprise, Hipmi Ciptakan 1 Juta Pengusaha Muda untuk Indonesia Berdaulat

    Gandeng Modal Saham dan Baba Rafi Enterprise, Hipmi Ciptakan 1 Juta Pengusaha Muda untuk Indonesia Berdaulat

    Salah satu komitmen Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) adalah mengembangkan dan mewujudkan peran serta dalam membangun jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda. Salah satu langkah untuk mewujudkan misi tersebut adalah dengan menciptakan wirausaha muda baru dari kalangan mahasiswa. CEO ModalSaham, Muhammad Reza Alkhawarismi mengatakan, problem utama mahasiswa yang ingin mulai berbisnis saat ini adalah akses […]
  • Unboxing Samsung Galaxy A01, Smartphone Sejutaan untuk Sejuta Gaya

    Unboxing Samsung Galaxy A01, Smartphone Sejutaan untuk Sejuta Gaya

    Samsung Electronics Indonesia menghadirkan Samsung Galaxy A01 dengan sistem operasi Android 10, ditenagai Snapdragon 439, dan dilengkapi dual kamera berkapasitas 13MP+2MP untuk rear camera dan 5MP front camera serta berbagai fitur-fitur menarik lainnya untuk aktivitas harian para generasi Z dalam mengekspesikan berjuta gaya hidup unik yang mereka miliki. Galaxy A01 hadir dengan desain yang stylish […]
  • Training Kepemimpinan Bagi Rektor dan Dekan PTS Indonesia Melalui Pendanaan Jerman

    Training Kepemimpinan Bagi Rektor dan Dekan PTS Indonesia Melalui Pendanaan Jerman

    Tiga gabungan PTS yaitu Universitas Surabaya (UBAYA, Surabaya), Universitas Ma Chung (UMC, Malang) dan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ, Bintaro-Tangsel) memenangkan proposal internasional dan menerima hibah penyelenggaraan National Multiplication Training (NMT) dari DAAD dan German Rectors’ Conference (HRK) Jerman. Pendanaan hibah diperoleh dari the Federal Ministry for Economic Cooperation and Development (BMZ) Jerman.  Hanya 10 proposal dari […]
  • Tahun Baru Imlek 2018: Makna di Balik Shio Anjing Tanah

    Tahun Baru Imlek 2018: Makna di Balik Shio Anjing Tanah

    Tahun baru Imlek akan segera tiba. Tanggal perayaannya selalu berubah setiap tahun karena bergantung pada suatu perhitungan. Biasanya berkisar antara 21 Januari sampai 20 Februari. Tahun ini, Imlek akan jatuh pada Jumat 16 Februari 2018. Tahun Baru Imlek juga dikenal sebagai Festival Musim Semi. Ini adalah perayaan terpenting dalam kalender Tionghoa. Dalam tradisi Tionghoa, setiap […]
  • Sambut Akhir Tahun 2019, PT Piaggio Indonesia Hadirkan Program Live More with Travel

    Sambut Akhir Tahun 2019, PT Piaggio Indonesia Hadirkan Program Live More with Travel

    Menyambut akhir tahun 2019, PT Piaggio Indonesia mengajak Anda untuk merayakan libur akhir tahun dengan bertualang mengendarai Piaggio atau Vespa favorit Anda. Melalui program menarik yang ditawarkan PT Piaggio Indonesia, bertemakan “Live More with Travel” bagi pelanggan dan pecinta Piaggio dan Vespa. Program “Live More with Travel” memberikan penawaran menarik untuk Anda yang ingin memiliki […]
  • Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

    Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

    Sebagai bagian dari kegiatan Youth Economic Summits 2016, Dewan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah mengadakan Seminar Nasional yang bertajuk Peningkatan Sumber Daya Kelautan Nasional sebagai Pilar Pembangunan Ekonomi Indonesia pada Jumat, 18 November 2016, pukul 08.00-11.30. Bertempat di Auditorium Harun Nasution, kampus UIN Ciputat seminar ini dibuka oleh Keynote Speaker Menteri […]
  • Kolaborasi Fila X Vespa untuk Tampil Lebih Penuh Gaya dan Ikonik

    Kolaborasi Fila X Vespa untuk Tampil Lebih Penuh Gaya dan Ikonik

    Tepat pada tanggal 7 Desember 2019 lalu, telah resmi diluncurkan koleksi Fila x Vespa yang terdiri produk apparel dan merchandise yang kontemporer, unik, dan tentunya bisa dipersonalisasikan dengan gaya sehari-hari terutama saat mengendarai Vespa kesayangan. Fila x Vespa merupakan kolaborasi antara Piaggio & C. S.p.A sebagai pemilik merek Vespa, sebuah merek skuter ikonik premium dari […]