Berita Utama

Dukung Program Pemerintah, BNI Syariah Sosialisasikan Sukuk Tabungan ST-007

BNI Syariah berkomitmen mendukung program pemerintah dalam mengembangkan pasar keuangan syariah sebagai mitra distribusi Green Sukuk Ritel – Sukuk Tabungan seri ST007. Instrumen investasi Sukuk Tabungan ST007 merupakan pembiayaan inovatif dan berkelanjutan karena berkontribusi dalam mengatasi perubahan iklim.

Untuk membantu mensosialisasikan Sukuk Tabungan ST007, BNI Syariah bersama Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan menggelar Webinar “Kupas Tuntas ST-007” pada Rabu (11/11).

Hadir dalam acara ini, Kepala Sub Direktorat Analisis Keuangan dan Pasar SBSN Kementerian Keuangan, M. Naufal Aminuddin; Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak D.I.Y, Dionysius Lucas Hendrawan; Senior Finance Market Analyst PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Rully A. Wisnubroto; dan Deputy General Manager Retail Fund Division BNI Syariah, Irvan Satya.

Deputy General Manager Retail Fund Division BNI Syariah, Irvan Satya menjelaskan bahwa BNI Syariah secara resmi telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan sebagai salah satu mitra distribusi penjualan Sukuk Tabungan ST007. “Sukuk Tabungan ST007 mempunyai kelebihan dan daya tarik yaitu imbalannya yang bersifat mengambang (floating with floor),” kata Irvan Satya.

Kepala Sub Direktorat Analisis Keuangan dan Pasar SBSN Kementerian Keuangan, M. Naufal Aminuddin mengatakan penjualan Sukuk Tabungan ST007 merupakan bagian dari upaya pemerintah memberikan alternatif investasi investor domestik terutama individu.

“Sukuk Tabungan ST007 aman dan terjangkau serta memberikan alternatif investasi menguntungkan untuk masyarakat,” kata M. Naufal Aminuddin. Selain sebagai instrumen investasi, Sukuk Tabungan ST007 juga sebagai sarana partisipasi untuk mendukung pembangunan nasional dan pelestarian lingkungan.

Seluruh dana penerbitan Green Sukuk ini digunakan mendanai eligible green projects atau proyek ramah lingkungan senilai maksimum Rp3,5 triliun. Sektor yang dibiayai diantaranya adalah terkait sustainable transportation dan sektor yang resilience terhadap perubahan iklim.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak D.I.Y, Dionysius Lucas Hendrawan mengatakan melalui Sukuk Tabungan ST007 pemerintah memberikan kesempatan kepada individu untuk berpartisipasi dalam pembangunan. “Kami berharap sosialisasi ini bisa membuat produk investasi Sukuk Tabungan ST007 tersosialisasikan dengan baik dan bisa menarik investasi secara optimal,”kata Dionysius Lucas Hendrawan.

Imbalan/kupon Sukuk Tabungan ST007 bersifat mengambang, artinya besaran imbalan akan disesuaikan mengikuti perubahan tingkat imbalan acuan yaitu BI 7-Day (Reverse) Repo Rate. Apabila tingkat imbalan acuan naik, maka tingkat imbalan sukuk tabungan juga akan mengalami kenaikan, jika tingkat imbalan acuan turun, maka imbal hasil ST007 akan tetap 5,5%. Tingkat imbalan akan disesuaikan setiap 3 (tiga) bulan pada tanggal penyesuaian imbalan sampai dengan jatuh tempo.

BNI Syariah menargetkan penjualan Sukuk Tabungan ST007 Rp75 miliar. Untuk mencapai target penjualan BNI Syariah mempunyai strategi pemasaran melalui media publikasi online seperti penyediaan influencer, digital marketing, digital flyer/poster, video edukasi hingga media publikasi lainnya seperti website maupun media luar ruang lainnya.

Beberapa keunggulan Sukuk Tabungan ST007 diantaranya adalah aman karena dijamin negara, tingkat imbalan lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito BUMN, pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption), dan kemudahan pembelian online melalui sistem elektronik.

Proses pembelian sudah bisa dilakukan dengan sistem online melalui portal https://HaiSBSN.bnisyariah.co.id. HaiSBSN merupakan platform yang disediakan oleh BNI Syariah untuk mengakomodasi investor melakukan transaksi pemesanan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel Online yang ditawarkan oleh pemerintah. Informasi lebih lanjut bisa mengakses website BNI Syariah www.bnisyariah.co.id.

Untuk pemesanan online, nasabah harus sudah mempunyai rekening BNI Syariah untuk rekening afiliasi kupon yang diterima setiap bulan. Nasabah dapat mulai mengakses layanan HaiSBSN setelah melakukan pendaftaran dan telah menerima email aktivasi yang dikirimkan ke email yang didaftarkan saat registrasi.

Nasabah dapat mulai melakukan transaksi pembelian setelah melakukan registrasi dan memperoleh Single Investor Identification (SID) dan Sub Rekening Efek (SRE) melalui email yang didaftarkan. Proses tersebut akan berlangsung selama 2 x 24 jam / 2 hari kerja.

Jika belum mempunyai SID, calon investor/nasabah harus mendatangi/menghubungi Petugas BNI Syariah terdekat untuk dibantu mengisi formulir pendaftaran Single Investor Identification (SID) dan Sub Rekening Efek (SRE) terlebih dahulu.

Nasabah/Investor akan mendapatkan Kode Billing untuk melakukan pembayaran pemesanan Sukuk melalui e-Channel BNI Syariah (Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, dan ATM) atau melalui Teller di Cabang BNI Syariah terdekat.

Kementerian Keuangan menawarkan Sukuk Tabungan ST007 pada 4 November 2020 hingga 25 November 2020. Sukuk Tabungan tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, namun memiliki fasilitas early redemption tanpa dikenakan biaya pencairan. Minimal pembelian adalah Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

ST007 menggunakan akad wakalah dengan penggunaan dana untuk kegiatan Investasi berupa pembelian hak manfaat barang milik negara serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada pemerintah. Kupon pertama dibayarkan pada 10 Januari  2021 di hari kerja tanggal 10 setiap bulannya.

Melalui penerbitan Sukuk Tabungan ST007, pemerintah akan membiayai proyek-proyek ramah lingkungan, seperti transportasi berkelanjutan (sustainable transportation) dan ketahanan terhadap perubahan iklim (resilience to climate change), sebagaimana digariskan dalam Green Bond/Sukuk Framework.

(BON)

 

Baca Juga

  • Stasiun Pondok Ranji Riwayatmu Kini

    Stasiun Pondok Ranji Riwayatmu Kini

    Stasiun Pondok Ranji merupakan salah satu dari 3 stasiun yang ada di wilayah Bintaro, selain Stasiun Jurangmangu dan Sudimara. Lokasinya yang strategis membuat stasiun ini tidak pernah sepi, bahkan sebelum kedua stasiun lainnya masih sepi dengan penumpang belasan tahun yang lalu, Stasiun Pondok Ranji sudah dipadati penumpang. Pembenahan terus dilakukan PT. KAI untuk memberikan kenyamanan […]
  • Perkuat Konektivitas, Garuda Indonesia Resmikan Penerbangan Langsung Rute Jakarta – Nias PP

    Perkuat Konektivitas, Garuda Indonesia Resmikan Penerbangan Langsung Rute Jakarta – Nias PP

    Maskapai nasional Garuda Indonesia meluncurkan rute penerbangan terbaru Jakarta – Nias pp yang dioperasikan menggunakan armada CRJ Bombardier 1000 Next-Gen berkapasitas 96 penumpang. Adapun rute penerbangan Jakarta – Nias tersebut beroperasi sebanyak 3 kali seminggu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Pembukaan rute penerbangan baru ke Gunung Sitoli tersebut efektif mulai 15 November 2018 yang […]
  • Siap-siap! Meranoia Festival Kembali Menghibur Generasi Milenial

    Siap-siap! Meranoia Festival Kembali Menghibur Generasi Milenial

    Sukses dengan debutnya tahun lalu yang dihadiri belasan ribu penonton, Meranoia Festival akan kembali digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu, 11-12 Juli 2020 di Istora Senayan Kompleks GBK, Senayan, Jakarta. Melihat penjualan tiket sold out tahun lalu yang cepat ludes sejak dibuka penjualan tiket perdana, penggemar Meranoia Festival dapat berburu tiket sejak Jumat, 14 Februari 2020, […]
  • Peluncuran Perdana Rumah Premium di Navapark BSD City Mendapat Sambutan Luar Biasa

    Peluncuran Perdana Rumah Premium di Navapark BSD City Mendapat Sambutan Luar Biasa

    Anjuran pemerintah selama pandemi Covid-19 agar menjalankan berbagai aktivitas dari rumah membuat warga semakin lama berada di tempat tinggalnya. Pandemi Covid-19 yang telah berjalan sekitar delapan bulan bahkan membuat Indonesia mengalami resesi ekonomi. Namun minat masyarakat, khususnya kelas atas atau high-end, terhadap properti kelas premium tetap tinggi. Hal tersebut terlihat dari antusiasme masyarakat kalangan atas […]
  • Foto : The Lugue Coffee, Tempat Nongkrongnya Lu dan Gue

    Foto : The Lugue Coffee, Tempat Nongkrongnya Lu dan Gue

    Lagi cari tempat nongkrong yang kekinian dan nyaman? Ada satu lagi pilihan buat kamu nih, di Lugue Coffee. Cafe yang baru buka akhir November 2017 ini menawarkan tempat yang ok banget bagi kamu dan teman-teman untuk menghabiskan waktu atau mengerjakan tugas kuliah. Lokasinya mudah dijangkau, terletak di Komplek Ruko Gracia Boulevard, Jl. Graha Raya No. […]
  • Panduan Terbang Bersama AirAsia Selama Masa Kewaspadaan COVID-19

    Panduan Terbang Bersama AirAsia Selama Masa Kewaspadaan COVID-19

    AirAsia bekerja sama dengan pemerintah, otoritas penerbangan sipil dan kesehatan melakukan pengetatan prosedur penanganan penumpang selama masa penyebaran wabah Covid-19. Semua tamu AirAsia baik yang melakukan perjalanan domestik maupun internasional wajib membawa dokumen berikut: PERSYARATAN PERJALANAN DOMESTIK Calon penumpang yang akan melakukan perjalanan domestik harus dapat menunjukkan persyaratan berikut ini untuk diperkenankan naik ke pesawat: […]
  • 5 Jurus Berburu Gadget Harga Miring Agar Liburan Makin Seru

    5 Jurus Berburu Gadget Harga Miring Agar Liburan Makin Seru

    Liburan akhir tahun tinggal hitungan minggu. Pastikan Anda sudah menyiapkan segala perlengkapan. Agar liburan makin seru, silakan membawa gadget andalan. Mulai dari ponsel serbaguna untuk kebutuhan entertainment dan navigasi, USB-OTG (on the go) yang bisa memutar film favorit langsung dari ponsel, wi-fi portable agar bisa tetap eksis berinternet, dan powerbank berkapasitas mumpuni yang bisa mengisi daya […]
  • Kilas Sejarah Chevrolet Sebagai Pelopor SUV Sejak Pertama Kali Diperkenalkan Tahun 1935

    Kilas Sejarah Chevrolet Sebagai Pelopor SUV Sejak Pertama Kali Diperkenalkan Tahun 1935

    Selama lebih dari 80 tahun, Chevrolet telah dikenal sebagai sebuah brand pelopor kendaraan SUV (sport utility vehicles) yang saat ini terus berkembang pesat di pasar dunia. Di Indonesia saat ini, Chevrolet memiliki dua produk SUV unggulan yakni Chevrolet Trailblazer dan Trax. Berkaitan dengan hal tersebut, mari kita telusuri sejarah Chevrolet dalam mengembangkan kendaraan jenis SUV. […]
  • Swikee Purwodadi De Sis Memang Tidak Ada Duanya

    Swikee Purwodadi De Sis Memang Tidak Ada Duanya

    Bagi penggemar kuliner swikee, Anda tahu tidak mudah menemukan gerai kuliner yang menyajikan menu swikee di wilayah Bintaro dan sekitarnya, apalagi swikee yang betul-betul lezat. Jika Anda berkeliling wilayah Bintaro dari mulai Veteran, Bintaro Sektor 1 sampai 9, bahkan Graha Raya, bisa dipastikan Anda akan kecewa, karena hampir tidak ada yang menyajikan swikee di menunya. […]
  • AHM Inisiasi Kontes Kreativitas Mengajar Guru SMK

    AHM Inisiasi Kontes Kreativitas Mengajar Guru SMK

    Melanjutkan komitmen berkesinambungan dalam mendukung pendidikan vokasi di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) menginisiasi Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020. Kegiatan ini menjadi bentuk dukungan bagi para guru dalam proses belajar mengajar secara daring untuk penerapan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di 682 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia. Pembelajaran secara […]
  • Viennetta Berbagi Kebahagiaan

    Viennetta Berbagi Kebahagiaan

    Wall’s, brand es krim yang memiliki purpose #SemuaJadiHappy percaya bahwa kebahagiaan adalah milik semua orang, tanpa terkecuali. Wall’s kembali berbagi kebahagiaan kali ini dengan menghadirkan kembali Viennetta di Indonesia. Ini adalah berkat besarnya animo masyarakat akan #KembalikanViennetta di media sosial yang dimulai oleh satu orang dengan petisi online di Change.org dan sebuah cuitan di Twitter […]
  • Shopee Super Brand Day Bersama Xiaomi Mencatatkan Sekitar 500.000 Pengunjung ke Official Store Xiaomi di Shopee

    Shopee Super Brand Day Bersama Xiaomi Mencatatkan Sekitar 500.000 Pengunjung ke Official Store Xiaomi di Shopee

    Setelah debut pertama dari Super Brand Day dengan merek FMCG terdepan, P&G, Shopee perusahaan e-commerce terdepan di Indonesia, sekali lagi telah berhasil menggelar Super Brand Day untuk kali kedua. Bekerjasama dengan pemimpin teknologi global, Xiaomi, pada 25 Mei lalu, Super Brand Day kali ini juga ditandai oleh kedatangan dari Redmi S seri terbaru dengan kemampuan […]
  • Vivo V9 True Red, Seri Terbaru V9 dengan Warna Energetik

    Vivo V9 True Red, Seri Terbaru V9 dengan Warna Energetik

    Masih konsisten dengan pilihan warna modis, vivo siap meluncurkan seri terbaru V9 dengan pilihan warna merah bertajuk “vivo V9 True Red”. Menjadi seri warna terbaru vivo V9 di Indonesia, V9 True Red akan langsung diperkenalkan vivo kepada konsumen via gerai resmi dan jaringan vivo store per Sabtu (5/5) besok, disusul e-commerce mitra vivo pada pekan […]
  • Pengguna Aplikasi Halodoc Bebas Akses Layanan Telemedicine Tanpa Kuota Selama Penanggulangan COVID-19

    Pengguna Aplikasi Halodoc Bebas Akses Layanan Telemedicine Tanpa Kuota Selama Penanggulangan COVID-19

    Berkolaborasi dengan Telkomsel, layanan telemedicine di aplikasi Halodoc kini dapat diakses tanpa kuota oleh pelanggan Telkomsel selama masa penanggulangan COVID-19. Melalui kolaborasi ini, Halodoc dan Telkomsel bersama-sama mendukung imbauan pemerintah untuk membatasi jarak fisik (physical distancing) dengan memberikan akses akan kebutuhan informasi dan layanan kesehatan secara jarak jauh melalui Halodoc. VP Marketing Halodoc, Felicia Kawilarang […]
  • Sambut Ramadan 2020, Blibli Berkomitmen Menopang Ritel untuk Mempertahankan Ekonomi Indonesia

    Sambut Ramadan 2020, Blibli Berkomitmen Menopang Ritel untuk Mempertahankan Ekonomi Indonesia

    Ramadan, bulan yang identik dengan perayaan, akan berlangsung dalam kondisi berbeda tahun ini akibat pandemi COVID-19 yang mengharuskan masyarakat untuk melanjutkan physical distancing. Hal ini berdampak pada berbagai sektor ekonomi dan industri tanah air, termasuk ritel di bulan Ramadan yang umumnya berkontribusi besar pada ekonomi karena mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga. Melihat situasi ini, Blibli […]
  • Ekonomi Power Liquid Hadirkan Cairan Pencuci Piring Berbahan Dasar Siwak

    Ekonomi Power Liquid Hadirkan Cairan Pencuci Piring Berbahan Dasar Siwak

    Setelah bertahun-tahun sukses dengan sabun cream EKONOMI yang merupakan merek ikoniknya, Wings Group Indonesia melalui Wings Care, kembali memperluas portofolio bisnis mereka dengan meluncurkan produk cairan pencuci piring bermerek Ekonomi Power Liquid. Hadir untuk pertama kalinya dengan varian Jeruk Nipis pada tahun 2019 lalu, tak menghentikan inovasi yang dilakukan oleh Ekonomi Power Liquid guna memberikan […]
  • Taman Jajan Bintaro, Tempat Nongkrong Baru di Bintaro

    Taman Jajan Bintaro, Tempat Nongkrong Baru di Bintaro

    Popularitas Bintaro sebagai salah satu pusat kuliner menjadi makin lengkap dengan hadirnya pusat kuliner baru yang dinamakan Taman Jajan Bintaro. Bintaro sebagai perumahan kaum urban yang berciri masyarakatnya memiliki aktivitas yang sibuk dari pagi hingga malam hari, sehingga kebutuhan untuk hadirnya tempat nongkrong yang nyaman dimana pengunjung dapat mengerjakan berbagai aktivitasnya, dari bersosialisasi, mengadakan pertemuan […]
  • Buka Jurusan D3 Perhotelan, UMN Bekerjasama Dengan Grup Hotel Santika

    Buka Jurusan D3 Perhotelan, UMN Bekerjasama Dengan Grup Hotel Santika

    Setelah mendapatkan akreditasi institusi A dari BAN-PT pada Desember lalu, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) membuka program studi (prodi) baru, yakni Perhotelan pada tahun ajaran 2017/2018. Program studi ini masuk ke dalam Fakultas Bisnis dan memiliki gelar Diploma 3 (D3). Wakil rektor bidang akademik Hira Meidia menjelaskan, sudah saatnya bagi UMN membuka prodi baru guna mengisi […]
  • Johnson & Johnson Indonesia Hadirkan Lensa Kontak Photochromic Pertama di Dunia

    Johnson & Johnson Indonesia Hadirkan Lensa Kontak Photochromic Pertama di Dunia

    PT Johnson & Johnson Indonesia (Johnson & Johnson Indonesia) hari ini bertempat di Ciputra Artpreneur Jakarta, secara resmi meluncurkan ACUVUE® OASYS with Transitions™ di Indonesia, lensa kontak photocromic pertama di dunia yang dapat beradaptasi pada cahaya. Dinobatkan oleh Majalah TIME sebagai salah satu Best Inventions di tahun 2018, ACUVUE® OASYS with Transitions™ dikembangkan dengan teknologi […]
  • Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat Berbadan Lebar untuk Penerbangan Musim Haji 1440H/2019M

    Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat Berbadan Lebar untuk Penerbangan Musim Haji 1440H/2019M

    Maskapai nasional Garuda Indonesia menyiapkan 14 pesawat berbadan lebar (wide body) untuk pelaksanaan operasional haji tahun 2019 (1440 H), menyusul telah ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama (PKS) bersama kementerian Agama RI mengenai pengadaan transportasi udara penyelenggaraan haji tahun ini oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara dan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI Prof H. […]

Tinggalkan Balasan