Berita Utama

Dukung Program Pemerintah, BNI Syariah Sosialisasikan Sukuk Tabungan ST-007

BNI Syariah berkomitmen mendukung program pemerintah dalam mengembangkan pasar keuangan syariah sebagai mitra distribusi Green Sukuk Ritel – Sukuk Tabungan seri ST007. Instrumen investasi Sukuk Tabungan ST007 merupakan pembiayaan inovatif dan berkelanjutan karena berkontribusi dalam mengatasi perubahan iklim.

Untuk membantu mensosialisasikan Sukuk Tabungan ST007, BNI Syariah bersama Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan menggelar Webinar “Kupas Tuntas ST-007” pada Rabu (11/11).

Hadir dalam acara ini, Kepala Sub Direktorat Analisis Keuangan dan Pasar SBSN Kementerian Keuangan, M. Naufal Aminuddin; Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak D.I.Y, Dionysius Lucas Hendrawan; Senior Finance Market Analyst PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Rully A. Wisnubroto; dan Deputy General Manager Retail Fund Division BNI Syariah, Irvan Satya.

Deputy General Manager Retail Fund Division BNI Syariah, Irvan Satya menjelaskan bahwa BNI Syariah secara resmi telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan sebagai salah satu mitra distribusi penjualan Sukuk Tabungan ST007. “Sukuk Tabungan ST007 mempunyai kelebihan dan daya tarik yaitu imbalannya yang bersifat mengambang (floating with floor),” kata Irvan Satya.

Kepala Sub Direktorat Analisis Keuangan dan Pasar SBSN Kementerian Keuangan, M. Naufal Aminuddin mengatakan penjualan Sukuk Tabungan ST007 merupakan bagian dari upaya pemerintah memberikan alternatif investasi investor domestik terutama individu.

“Sukuk Tabungan ST007 aman dan terjangkau serta memberikan alternatif investasi menguntungkan untuk masyarakat,” kata M. Naufal Aminuddin. Selain sebagai instrumen investasi, Sukuk Tabungan ST007 juga sebagai sarana partisipasi untuk mendukung pembangunan nasional dan pelestarian lingkungan.

Seluruh dana penerbitan Green Sukuk ini digunakan mendanai eligible green projects atau proyek ramah lingkungan senilai maksimum Rp3,5 triliun. Sektor yang dibiayai diantaranya adalah terkait sustainable transportation dan sektor yang resilience terhadap perubahan iklim.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak D.I.Y, Dionysius Lucas Hendrawan mengatakan melalui Sukuk Tabungan ST007 pemerintah memberikan kesempatan kepada individu untuk berpartisipasi dalam pembangunan. “Kami berharap sosialisasi ini bisa membuat produk investasi Sukuk Tabungan ST007 tersosialisasikan dengan baik dan bisa menarik investasi secara optimal,”kata Dionysius Lucas Hendrawan.

Imbalan/kupon Sukuk Tabungan ST007 bersifat mengambang, artinya besaran imbalan akan disesuaikan mengikuti perubahan tingkat imbalan acuan yaitu BI 7-Day (Reverse) Repo Rate. Apabila tingkat imbalan acuan naik, maka tingkat imbalan sukuk tabungan juga akan mengalami kenaikan, jika tingkat imbalan acuan turun, maka imbal hasil ST007 akan tetap 5,5%. Tingkat imbalan akan disesuaikan setiap 3 (tiga) bulan pada tanggal penyesuaian imbalan sampai dengan jatuh tempo.

BNI Syariah menargetkan penjualan Sukuk Tabungan ST007 Rp75 miliar. Untuk mencapai target penjualan BNI Syariah mempunyai strategi pemasaran melalui media publikasi online seperti penyediaan influencer, digital marketing, digital flyer/poster, video edukasi hingga media publikasi lainnya seperti website maupun media luar ruang lainnya.

Beberapa keunggulan Sukuk Tabungan ST007 diantaranya adalah aman karena dijamin negara, tingkat imbalan lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito BUMN, pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption), dan kemudahan pembelian online melalui sistem elektronik.

Proses pembelian sudah bisa dilakukan dengan sistem online melalui portal https://HaiSBSN.bnisyariah.co.id. HaiSBSN merupakan platform yang disediakan oleh BNI Syariah untuk mengakomodasi investor melakukan transaksi pemesanan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel Online yang ditawarkan oleh pemerintah. Informasi lebih lanjut bisa mengakses website BNI Syariah www.bnisyariah.co.id.

Untuk pemesanan online, nasabah harus sudah mempunyai rekening BNI Syariah untuk rekening afiliasi kupon yang diterima setiap bulan. Nasabah dapat mulai mengakses layanan HaiSBSN setelah melakukan pendaftaran dan telah menerima email aktivasi yang dikirimkan ke email yang didaftarkan saat registrasi.

Nasabah dapat mulai melakukan transaksi pembelian setelah melakukan registrasi dan memperoleh Single Investor Identification (SID) dan Sub Rekening Efek (SRE) melalui email yang didaftarkan. Proses tersebut akan berlangsung selama 2 x 24 jam / 2 hari kerja.

Jika belum mempunyai SID, calon investor/nasabah harus mendatangi/menghubungi Petugas BNI Syariah terdekat untuk dibantu mengisi formulir pendaftaran Single Investor Identification (SID) dan Sub Rekening Efek (SRE) terlebih dahulu.

Nasabah/Investor akan mendapatkan Kode Billing untuk melakukan pembayaran pemesanan Sukuk melalui e-Channel BNI Syariah (Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, dan ATM) atau melalui Teller di Cabang BNI Syariah terdekat.

Kementerian Keuangan menawarkan Sukuk Tabungan ST007 pada 4 November 2020 hingga 25 November 2020. Sukuk Tabungan tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, namun memiliki fasilitas early redemption tanpa dikenakan biaya pencairan. Minimal pembelian adalah Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

ST007 menggunakan akad wakalah dengan penggunaan dana untuk kegiatan Investasi berupa pembelian hak manfaat barang milik negara serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada pemerintah. Kupon pertama dibayarkan pada 10 Januari  2021 di hari kerja tanggal 10 setiap bulannya.

Melalui penerbitan Sukuk Tabungan ST007, pemerintah akan membiayai proyek-proyek ramah lingkungan, seperti transportasi berkelanjutan (sustainable transportation) dan ketahanan terhadap perubahan iklim (resilience to climate change), sebagaimana digariskan dalam Green Bond/Sukuk Framework.

(BON)

 

Baca Juga

  • Sekolah Kreasi Anak Bangsa, Sekolah Sekaligus Daycare Bagi Anak Anda

    Sekolah Kreasi Anak Bangsa, Sekolah Sekaligus Daycare Bagi Anak Anda

    Tempat Penitipan Anak (TPA) bermunculan di perkotaan. Kehadirannya di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menjadi tempat alternatif mengasuh anak saat orangtua bekerja. Meski belum menjadi pilihan utama, kehadiran “TPA atau day care” tersebut dinilai penting dan memenuhi kebutuhan pekerja. Ada beragam alasan orang tua menitipkan anaknya ke TPA. Menurut Harian Kompas, 6 Agustus […]
  • Pantjoran PIK Diresmikan, ShopeePay Jadi Pembayaran Digital Pertama

    Pantjoran PIK Diresmikan, ShopeePay Jadi Pembayaran Digital Pertama

    Dalam rangka memperluas penerimaan dan mendukung protokol kesehatan, ShopeePay, penyedia layanan pembayaran digital yang mudah, aman, dan memuaskan, menggandeng destinasi kuliner Pantjoran PIK untuk menyediakan pembayaran digital yang contactless agar pengunjung lebih aman dan nyaman saat bertransaksi. Pantjoran PIK baru diresmikan pada 20 November 2020 lalu dan ShopeePay menjadi pembayaran digital pertama di gerai-gerai tenant […]
  • Dorong Pemilik UMKM Jual Produk Digital, Tokopedia Luncurkan Aplikasi 1 MB “Mitra Tokopedia”

    Dorong Pemilik UMKM Jual Produk Digital, Tokopedia Luncurkan Aplikasi 1 MB “Mitra Tokopedia”

    Tokopedia resmi meluncurkan Mitra Tokopedia, aplikasi dimana semua orang bisa berjualan produk digital Tokopedia, seperti paket data, token listrik, BPJS, voucher game dan lain sebagainya. Mitra Tokopedia akan mempermudah semua orang untuk memulai dan mengembangkan usaha, terutama para pemilik usaha kecil, baik toko kelontong, warung, kios, usaha individu atau sejenisnya. Melalui aplikasi ini, Tokopedia menjembatani […]
  • BNI Syariah Luncurkan Program Nabung Haji Bisa Ngaji

    BNI Syariah Luncurkan Program Nabung Haji Bisa Ngaji

    BNI Syariah meluncurkan program Nabung Haji Bisa Ngaji bekerjasama dengan Askar Kauny yaitu lembaga non profit yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan serta berkhidmat dalam generasi penghafal Al-Qur’an. Hal ini sebagai salah satu bentuk value based reward kepada nasabah BNI Syariah. Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengatakan program ini memberikan benefit bagi […]
  • OPPO Umumkan Pemenang Reno4 Virtual Run

    OPPO Umumkan Pemenang Reno4 Virtual Run

    OPPO Indonesia mengumumkan pemenang event lari daring Reno4 Virtual Run yang telah diadakan sejak 12 Oktober – 31 Oktober 2020 secara online. Lomba lari virtual ini merupakan ajang pertama yang digelar oleh OPPO untuk mengajak masyarakat tetap berolahraga dan menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19 yang belum mereda. Event Reno4 Virtual Run ternyata disambut baik […]
  • Semua Berawal dari Rumah

    Semua Berawal dari Rumah

    Masih segar dalam ingatan kita, film Keluarga Cemara yang tayang beberapa bulan lalu di bioskop. Film yang merupakan adaptasi dari novel dan seri televisi karya Arswendo Atmowiloto di era 90an. Film ini berkisah tentang ketangguhan sebuah keluarga yang belajar saling memahami dan menguatkan satu sama lain ketika menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada. Selain menawarkan pembelajaran bagi […]
  • Peluncuran Vivo V15 Dihelat pada 5 Maret 2019 di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta

    Peluncuran Vivo V15 Dihelat pada 5 Maret 2019 di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta

    Vivo Smartphone secara resmi mengkonfirmasi bahwa peluncuran Vivo V15 akan dilaksanakan pada Selasa, 5 Maret 2019. Peluncuran smartphone dengan 32MP Pop-Up Camera pertama di Indonesia ini akan mengusung konsep “Vivo V15 Go Up Grand Launch” dan bertempat di Taman Wisata Air Mancur Sri Baduga, Situ Buleud, Purwakarta, Jawa Barat. Memadukan konsep pertunjukan air mancur menari […]
  • Dirut Allianz Life Indonesia: Ini Inovasi dan Akselerasi yang Kami Lakukan untuk Sambut Adaptasi Kebiasaan Baru

    Dirut Allianz Life Indonesia: Ini Inovasi dan Akselerasi yang Kami Lakukan untuk Sambut Adaptasi Kebiasaan Baru

    Menyikapi dan merespon adanya berbagai tantangan perubahan yang terjadi secara signifikan akibat dari pandemi COVID-19, Alianz Indonesia secara konsisten menempatkan kepedulian dan inovasi sebagai prioritas utama. Hal tersebut diwujudkan dalam tiga langkah utama untuk menghadapi situasi krisis saat ini yaitu: (1) memastikan keamanan dan kesehatan para karyawan Allianz, (2) memastikan pelayanan yang terbaik bagi Nasabah […]
  • Berbagai Aktivitas Program Aku Dokter Cilik, RS Omni Hospitals Alam Sutera

    Berbagai Aktivitas Program Aku Dokter Cilik, RS Omni Hospitals Alam Sutera

    Untuk memberikan pemahaman kepada para siswa sekolah mengenai pekerjaan seorang dokter dan bidan serta pekerjaan medis lainnya, RS Omni Hospitals Alam Sutera memiliki program Aku Dokter Cilik. Sehingga setelah mengikuti program ini, anak tidak perlu takut lagi ke dokter. Berikut adalah berbagai aktivitas pada program ini. Lihatlah betapa anak-anak ini bersemangat belajar menjadi seorang dokter. […]
  • Kuliner di Bintaro  Sate Taichan Khas Dengan Rasa Pedas, Asin dan Asem!

    Kuliner di Bintaro Sate Taichan Khas Dengan Rasa Pedas, Asin dan Asem!

    INFOBINTARO – Kuliner di Bintaro yang satu ini sangat unik dan menggugah selera. Bagaimana tidak, apabila kita mengkonsumsi sate pada umumnya, maka rasa yang akan kita dapatkan biasanya hanya rasa manis dari kecap dan bumbu kacangnya. Nah, bila kalian mampir ke sate yang satu ini, maka kalian akan merasakan sensasi yang berbeda. Salah Satu Kuliner […]
  • Telkomsel Maknai Idul Adha 1441H dengan Menyalurkan Hewan Kurban kepada 43.000 Penerima Manfaat

    Telkomsel Maknai Idul Adha 1441H dengan Menyalurkan Hewan Kurban kepada 43.000 Penerima Manfaat

    Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Telkomsel memberikan bantuan 777 hewan kurban  yang akan disalurkan kepada sekira 43.000 penerima manfaat di seluruh Indonesia. Bantuan hewan kurban yang terdiri dari 101 ekor sapi dan 676 ekor domba/kambing ini merupakan bagian dari kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) Telkomsel yang pada tahun ini mengambil semangat Sebarkan Kebahagiaan. […]
  • Tut Wuri Handayani di Era Revolusi Industri 4.0 (Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional)

    Tut Wuri Handayani di Era Revolusi Industri 4.0 (Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional)

    Pada tanggal 2 Mei, Ki Hadjar Dewantara merintis sekolah untuk kaum pribumi agar bisa setara dengan penjajah Belanda. Saat ini, musuh terbesar bukan lagi penjajah, melainkan kesempatan pendidikan yang tidak merata. Seperti kita ketahui pendidikan merupakan aktivitas pemberian ilmu dari seorang pendidik kepada pelajar. Tujuannya untuk membantu  mengembangkan potensi diri yang ia miliki sehingga muncul […]
  • Belanja Cerdas dan Hemat di Bulan Ramadan Bersama Hero Group

    Belanja Cerdas dan Hemat di Bulan Ramadan Bersama Hero Group

    Menyambut bulan Ramadan, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) menggelar talk show bertajuk “Anti Boncos di Bulan Ramadan” bertempat di Plaza Kuningan, Jakarta Selatan. Acara yang dipandu oleh Astrid Tiar ini menghadirkan Perencana Keuangan, Ligwina Hananto yang memberikan tips mengelola keuangan di bulan Ramadan. “Ramadan adalah momen istimewa yang selalu ditunggu oleh mayoritas keluarga Indonesia […]
  • Patroli Gabungan Berupaya Cegah Perampokan di Rumah Kosong

    Patroli Gabungan Berupaya Cegah Perampokan di Rumah Kosong

    Patroli bersama  Polrestro Tangerang Kota,  TNI, dan  satpam dilakukan di kawasan permukiman dan perumahan di wilayah  Kota Tangerang  hingga Senin (18/6/2018). Patroli dilakukan untuk mengawasi rumah kosong yang ditinggal mudik Lebaran oleh pemiliknya. ”Patroli dilakukan untuk mengantisipasi dari tindakan kriminal. Apalagi rumah kosong akan menjadi sasaran tindak kejahatan konvensional pada saat penghuninya mudik ke kampung […]
  • Foto : Yang Tersisa dari GIIAS 2018

    Foto : Yang Tersisa dari GIIAS 2018

    Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung sejak 2-12 Agustus 2018, telah berakhir. Di ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini berbagai merek mobil maupun sepeda motor berlomba menggoda pengunjung untuk mampir ke booth-nya, syukur-syukur melakukan pembelian produk-produknya. Info Bintaro tidak ketinggalan meliput acara yang menjadi fokus masyarakat Indonesia selama 11 hari […]
  • Danamon Luncurkan Layanan Application Programming Interface (API) Central

    Danamon Luncurkan Layanan Application Programming Interface (API) Central

    PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) hari ini meluncurkan Application Programming Interface (API) Central, yaitu layanan open API atau open banking yang memungkinkan nasabah terhubung langsung dengan bank untuk pelaksanaan transaksi, baik transaksi finansial maupun non-finansial. Layanan ini menjawab kebutuhan dalam era digital yang serba cepat dan agile, dimana bank dituntut untuk menyediakan layanan […]
  • Siapa Bilang Anak PKN STAN Cuma Paham Perpajakan?

    Siapa Bilang Anak PKN STAN Cuma Paham Perpajakan?

    Kesan mahasiswa PKN STAN yang cuma paham perpajakan langsung menghilang ketika menyaksikan pementasan para mahasiswa jurusan pajak pada hari Minggu, 24 September 2017 ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan dari mahasiswa jurusan Pajak di mana kampus melepas calon wisudawan dan menyambut para mahasiswa baru. Rangkaian kegiatan ini dinamakan OLYMPUS 2017: REVOLUTION BEYOND LIMIT!. Yang menjadi panitia […]
  • Di tengah Pandemi Covid-19 Hino Selalu Hadir untuk Pelanggan Setianya

    Di tengah Pandemi Covid-19 Hino Selalu Hadir untuk Pelanggan Setianya

    Total Support selalu menjadi filosofi dasar bagi PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) untuk selalu memberikan layanan penuh kepada para pelanggan setianya. Dalam situasi Pendemi Covid-19 saat ini, Hino hadir untuk memastikan armada truk dan bus milik pelanggan selalu dalam kondisi prima dan siap beroperasi, baik dengan dukungan perawatan maupun pelatihan keselamatan berkendara yang Hino […]
  • Ajang Pencarian Bakat “The Voice Kids Indonesia” Season Ke 4 Dimulai!

    Ajang Pencarian Bakat “The Voice Kids Indonesia” Season Ke 4 Dimulai!

    Apakah putra putri Anda memiliki bakat menyanyi? GTV dengan bangga akan kembali menyuguhkan sebuah ajang pencarian bakat dan kompetisi bernyanyi kelas dunia di tengah-tengah pemirsa. Setelah sebelumnya membawa Keva peserta asal Denpasar keluar sebagai juara, kini The Voice Kids Indonesia yang memasuki season ke-4 dan bersiap menggelar recruitment-nya untuk mencari talenta baru anak-anak dari seluruh […]
  • J&T Express Gelar Talkshow Edukasi Penjual Online dengan Tema Strategi Meningkatkan Bisnis Online

    J&T Express Gelar Talkshow Edukasi Penjual Online dengan Tema Strategi Meningkatkan Bisnis Online

    J&T Express selaku perusahaan jasa pengiriman ekspres di Indonesia kembali menggelar talkshow edukasi bertajuk Express Your Online Business untuk kedua kalinya dengan tema Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online. Talkshow kedua yang diadakan di Hotel Menara Peninsula – Slipi Jakarta Barat ini ditargetkan untuk para penjual online untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha online mereka agar […]

Tinggalkan Balasan