Dorong Permintaan Pelanggan, Gojek & Sampoerna untuk Indonesia Berikan Subsidi Promo Ratusan UMKM Kuliner di Tangsel

Pertumbuhan UMKM menjadi salah satu kunci utama pemulihan ekonomi lokal dan nasional yang terus didorong pemerintah dan swasta. Untuk membantu pertumbuhan UMKM,  Gojek kembali berkolaborasi dengan BEDO yang merupakan Business Support Organization (BSO) nirlaba, mitra dari Sampoerna untuk Indonesia (SUI) yang merupakan payung program keberlanjutan PT HM Sampoerna, serta Pemkot Tangerang Selatan memberikan dukungan subsidi promo bagi ratusan UMKM kuliner di Tangerang Selatan dalam program bertajuk “Promo Kulineran Bareng Program Tridaya UMKM BEDO x SUI”.

Tangerang Selatan memiliki lebih dari 100.000 pelaku UMKM, dimana 30% diantaranya adalah UMKM kuliner. Sehingga, menjadi penting untuk membantu UMKM kuliner yang bisa menyerap banyak tenaga kerja.

Strategic Region Head Jabodetabek Gojek, Dani Oktobianto mengatakan, “Kami memahami bahwa UMKM kuliner merupakan salah satu sektor usaha yang paling terdampak pandemi. Untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM di ekosistem Gojek, terutama layanan GoFood, kami konsisten menghadirkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Gojek dan Sampoerna untuk Indonesia melalui BEDO memiliki misi sejalan dalam mendukung UMKM. Sehingga, kami yakin dukungan subsidi promo total belanja sebesar 25% dan eksposur melalui iklan digital serta media sosial GoFood akan sangat membantu UMKM dalam menggaet lebih banyak pelanggan.”

Sebagai pelaksana program, Program Coordinator Tridaya UMKM, Rosada Talib menyampaikan antusiasmenya untuk terlibat dalam program dukungan UMKM yang diinisiasi oleh Sampoerna untuk Indonesia dengan pihaknya dalam program Tidaya UMKM SUI x BEDO demi pertumbuhan UMKM lokal yang lebih berkelanjutan.

“Kami percaya, setiap UMKM memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Semangat inilah yang menginspirasi kami di Yayasan BEDO untuk lebih banyak terlibat dalam program yang memiliki dampak sosial positif yang juga sejalan dengan visi misi kami, utamanya yang melibatkan peningkatan kapasitas dan keterampilan UMKM.”

Sejalan dengan hal tersebut, Manager Regional Engagement & Sustainability Sampoerna untuk Indonesia, Arga Prihatmoko mengatakan, “Mengelola dampak sosial menjadi salah satu pilar Sampoerna untuk Indonesia yang secara langsung berkontribusi pada pertumbuhan sosial dan ekonomi nasional.

Untuk mencapai komitmen ini, kami melakukan banyak hal, salah satunya ikut mengembangkan UMKM. Kami senang bisa bermitra dengan Gojek yang selama sudah sangat mumpuni dalam menumbuhkan UMKM Tanah Air. Kami berharap, apa yang kami lakukan benar-benar bisa membangkitkan UMKM kuliner yang terdampak pandemi.”

Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie menyambut hangat dukungan bagi UMKM kuliner di Tangerang Selatan melalui kolaborasi Gojek dan Sampoerna untuk Indonesia yang juga melibatkan Yayasan BEDO. “Penggunaan teknologi digital dalam aktivitas sehari-hari sudah tidak dapat kita hindari. Sehingga, menyusun taktik pemasaran digital bagi UMKM merupakan suatu keharusan.

Saya yakin, dengan strategi yang tepat, omzet penjualan UMKM akan terus bertambah. Dari sisi geografis, Tangerang Selatan punya kelebihan yakni wilayah yang berbatasan dengan Jakarta dan Depok. Penduduk Tangsel ini ada sekitar 1,7 juta penduduk, dimana mayoritas merupakan masyarakat usia produktif dengan daya beli yang tinggi.

Untuk menangkap kesempatan dalam pasar yang luas ini, memanfaatkan layanan pesan-antar, seperti GoFood, adalah kunci. Saya percaya, UMKM yang berhasil berkembang adalah mereka yang berani memulai dengan sederhana, tetapi berani berkembang secara kreatif. Melalui dukungan seperti ini, saya juga berharap Tangerang Selatan bisa semakin didorong menjadi kota perdagangan dan jasa yang lebih kuat.”

Sebelumnya, inisiatif serupa juga telah diimplementasikan di Surabaya, Malang, Semarang, Solo, dan Denpasar dengan menyasar ratusan mitra UMKM kuliner GoFood. Inisiatif ini menjadi bagian dari komitmen Gojek sebagai bagian dari Grup GoTo untuk mendukung mitra UMKM #BangkitBersama. #BangkitBersama merupakan gerakan yang yang menggabungkan solusi mobilitas, e-commerce, dan layanan keuangan di dalam ekosistem GoTo untuk membantu masyarakat, termasuk UMKM dan pekerja sektor informal, untuk dapat bangkit kembali, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.

(BON)

Leave a Reply