Pendidikan

Dorong Literasi, BNI Syariah Gelar Webinar dengan Mitra Pondok Pesantren

BNI Syariah menggelar Webinar Kegiatan Edukasi dan Literasi Keuangan Syariah kepada  pimpinan, pengurus dan guru Pondok Pesantren Mitra BNI Syariah, Jumat (5/11). Acara ini bertujuan sebagai sarana implementasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah berbasis ekosistem pondok pesantren yang telah diluncurkan pemerintah.  Selain itu dengan acara ini diharapkan dapat meningkatkan inklusi dan literasi keuangan syariah, serta mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional menghadapi pandemi COVID-19.

Hadir dalam acara ini, Asisten Deputi (Direktur) Keuangan Inklusif dan Keuangan Syariah, Kemenko Perekonomian, Erdiriyo; Direktur Grup Sistem Pembayaran Nilai Besar dan Perizinan Sistem Pembayaran Ritel/Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Ameriza M. Moesa; Kepala Bagian Informasi Otoritas Jasa Keuangan, Anugrah Sutejo; Kepala Seksi Iklim Usaha, Direktorat Pemasaran dan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Farrid Prihawanto; SEVP Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Babas Bastaman; dan Pemimpin Divisi Dana Ritel BNI Syariah, Ida Triana Widowati.

SEVP Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Babas Bastaman berharap dengan acara ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan tingkat inklusi dan literasi keuangan syariah di lingkungan pesantren. “Hal ini demi menciptakan  ekosistem pesantren yang swadaya dengan segala sumberdaya dan dengan didukung oleh peran perbankan syariah dalam hal ekonomi,” kata Babas.

Babas menjelaskan pesantren saat ini menjadi salah satu penggerak ekonomi umat.  Sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah berkomitmen untuk menjalankan Hasanah Way, yang ditunjukkan dengan dukungan terhadap implementasi ekosistem pengembangan ekonomi dan keuangan syariah kepada pondok pesantren yang ada di seluruh wilayah Indonesia. BNI Syariah berharap bisa lebih berkontribusi positif bagi pesantren yang swadaya dan berkontribusi pada perekonomian bangsa Indonesia secara luas.

Pemimpin Divisi Dana Ritel BNI Syariah, Ida Triana Widowati mengatakan saat ini jumlah pesantren yang sudah bekerjasama dengan BNI Syariah sebanyak 1000 pesantren dengan dana kelolaan sebanyak Rp172 miliar. “BNI Syariah terus berupaya memberikan double benefit kepada nasabah yaitu dari sisi halal dan berkah dalam produk dan layanan diantaranya adalah BNI KUR iB Hasanah, pembiayaan modal kerja, supply chain financing, asset based financing, rent/lease based financing, cash management, dan transactional banking,”  kata Ida.

Asisten Deputi (Direktur) Keuangan Inklusif dan Keuangan Syariah, Kemenko Perekonomian, Erdiriyo mengatakan kegiatan webinar Literasi Keuangan Inklusif bagi Pondok Pesantren mempunyai nilai yang strategis. “Hal ini karena pondok pesantren mempunyai potensi yang sangat besar,” kata Erdiriyo.

Dengan webinar ini, Erdiriyo berharap BNI Syariah bisa meningkatkan pemahaman terhadap produk perbankan syariah. Selain itu, pondok pesantren diharapkan bisa mengakses pembiayaan dari perbankan.

Direktur Grup Sistem Pembayaran Nilai Besar dan Perizinan Sistem Pembayaran Ritel/Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Ameriza M. Moesa merekomendasikan bank syariah untuk memanfaatkan teknologi digital salah satunya standar Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk memperluas ekosistem digital di pesantren dan ekonomi digital secara umum. “Teknologi QRIS berpotensi untuk dikembangkan pesantren karena memiliki sifat inklusif, mudah, cepat, dan handal,” kata Ameriza M. Moesa.

Kepala Bagian Informasi Otoritas Jasa Keuangan, Anugrah Sutejo memberikan saran terkait dengan pengelolaan keuangan terutama untuk mengatur arus kas dan pengeluaran pondok pesantren di masa pandemi. “Dengan webinar ini diharapkan bisa meningkatkan literasi masyarakat sehingga bisa mengurangi resiko menggunakan produk keuangan syariah tanpa mengetahui

Kepala Seksi Iklim Usaha, Direktorat Pemasaran dan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Farrid Prihawanto mengatakan dukungan pemerintah untuk pengembangan ekosistem pesantren diantaranya mengenai kebijakan dan sinergi yang dilakukan untuk memberdayakan ekonomi pesantren.

“Ada empat hal yang dilakukan Kementerian Perdagangan untuk memfasilitasi pengembangan ekonomi pesantren diantaranya peningkatan kapasitas produk dan sumber daya, bantuan sarana dan perdagangan; kampanye dan sosialisasi; dan promosi dan pemasaran,” kata Farrid Prihawanto.

Saat ini, sudah ada beberapa kerjasama yang sudah dilakukan antara BNI Syariah dengan mitra pondok pesantren diantaranya kerjasama antara Kemenko Perekonomian bersama Sekretariat Wakil Presiden dan Bank BNI Syariah. BNI Syariah juga telah melakukan penandatangan nota kesepahaman (memorandum of understanding) dan penandatangan perjanjian kerjasama (PKS) antara BNI Syariah dengan Serikat Ekonomi Pesantren (SEP) atau Yayasan Simpul Energi Pesantren.

Pada hari Santri 2020 di empat Pondok Pesantren yaitu Pesantren Syekh An-Nawawi Tanara, Serang Banten; Pesantren Madinatunnajah, Tangerang Selatan; Pesantren Investa Cendikia Amanah, Depok; dan dan Pesantren Al-Ittifaq, Bandung, BNI Syariah aktif melakukan kolaborasi dan pemberian bantuan kepada pondok pesantren dengan nilai total Rp1,2 miliar dalam rangka ketahanan pangan dan penguatan ekonomi pesantren melalui pelatihan entrepreneur dan bantuan modal usaha kepada para santri.

Untuk mendorong transaksi dan memperluas pasar UMKM, BNI Syariah menyediakan produk dan layanan melalui inovasi digital diantaranya adalah BNI iB Hasanah Card untuk memfasilitasi transaksi nasabah melalui kartu pembiayaan. BNI iB Hasanah Card  juga bisa digunakan untuk bertransaksi di merchant dengan bidang usaha halal.

BNI Syariah juga mengembangkan uang elektronik HasanahKu yang menjadi salah satu flagship positioning BNI Syariah dalam digitalisasi dan payment system. HasanahKu dipasarkan sebagai value added product pada area atau segmen yang menjadi kekuatan BNI Syariah yaitu ekosistem halal, lembaga pendidikan, lembaga kesehatan dan lembaga Ziswaf.

Dalam upaya pengembangan wakaf, BNI Syariah juga mempunyai platform digital yaitu Wakaf Hasanah. Platform Wakaf Hasanah merupakan wakaf melalui uang untuk project wakaf yang dapat diakses wakif melalui website dan aplikasi Wakaf Hasanah dengan pembayaran melalui transfer ke rekening Virtual Account. Wakaf uang yang terkumpul dari wakif melalui wakaf hasanah akan didistribusikan kepada nazhir dengan proyek yang sudah wakif pilih.

Saat ini ada total 27 nazhir yang bergabung di dalam Wakaf Hasanah dengan total wakif sebanyak 7.198. Total dana terhimpun melalui Wakaf Hasanah sebesar Rp 8,25 miliar dari 61 proyek wakaf yang sudah berjalan.

Untuk kenyamanan nasabah bertransaksi saat pandemi COVID-19, BNI Syariah juga menghimbau segenap nasabah menggunakan layanan E-Banking (BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking, dan BNI SMS Banking).

(AB)

 

Baca Juga

  • Vivo Dukung Finalis Berikan Performa Tangguh di Grand Final Vivo Z1 Pro Battle 2019

    Vivo Dukung Finalis Berikan Performa Tangguh di Grand Final Vivo Z1 Pro Battle 2019

    Kompetisi vivo Z1 Pro Battle PUBG Mobile 2019 telah menyelesaikan babak Grand Final yang berlangsung seru dan menarik perhatian pada event Gadget Innovation Week (GIW) 2019 pada 1 September 2019 di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Pada Grand Final vivo Z1 Pro PUBG Mobile Battle 2019, tim eSport 8 Dream Genio telah memenangi laga terbaik […]
  • HOMEDEC Online Fair X Tokopedia Home Living Salebration – Home Makeover Fair

    HOMEDEC Online Fair X Tokopedia Home Living Salebration – Home Makeover Fair

    PT Citra Inovasi Strategi Exhibition sebagai penyelenggara Homedec, pameran barang-barang kebutuhan rumah berkolaborasi dengan Tokopedia, perusahaan teknologi dengan marketplace terdepan di Indonesia, menyelenggarakan Homedec Online Fair X Tokopedia Home Living Salebration yang akan berlangsung pada tanggal 16 – 30 November 2020 melalui platform Tokopedia. Program kolaborasi ini  merupakan inovasi dari kegiatan pameran yang saat ini […]
  • Tips: Liburan Nyaman, Kantong Tetap Aman

    Tips: Liburan Nyaman, Kantong Tetap Aman

    Menurut beberapa survei, bagi anak-anak muda berlibur merupakan salah satu kebutuhan prioritas. Hal ini terlihat juga dari pertumbuhan pesat pada industri yang terkait gaya hidup seperti makanan dan liburan. Menurut Forbes, 20 persen pelancong di dunia adalah anak muda. Mempersiapkan liburan jauh hari juga bukan gaya anak muda zaman sekarang. Menurut data Travel and Tech […]
  • Menang Banyak dengan Motor Pilihan Milenial di Era New Normal

    Menang Banyak dengan Motor Pilihan Milenial di Era New Normal

    Memasuki era New Normal, pemilihan sepeda motor yang praktis menjadi prioritas utama dalam mendukung mobilitas. Salah satu sepeda motor yang dikenal dengan fitur dan kepraktisannya adalah Yamaha FreeGo. Salah satu produk Generasi 125 yang mendapat predikat Best Buy Matic (dalam Motor Plus Award 2019) ini semakin banyak menuai testimoni positif dari berbagai kalangan khususnya kaum […]
  • Perkenalkan Octo Clicks, CIMB Niaga Sempurnakan Pengalaman Digital Internet Banking

    Perkenalkan Octo Clicks, CIMB Niaga Sempurnakan Pengalaman Digital Internet Banking

    Melanjutkan inovasi digital banking OCTO Mobile yang diluncurkan pada Mei 2020 lalu, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengembangkan kemampuan digitalnya dengan menyempurnakan internet banking “CIMB Clicks” menjadi “OCTO Clicks”. Terobosan baru ini dilakukan untuk memberikan pengalaman perbankan digital yang semakin mudah dan lengkap kepada nasabah, terutama pada kondisi saat ini yang menjadikan […]
  • Siap Temani Masyarakat, Honda Vario Tampil Lebih Sporti

    Siap Temani Masyarakat, Honda Vario Tampil Lebih Sporti

    PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penyegaran pada skutik popular New Honda Vario 150 dan New Honda Vario 125 untuk menemani aktivitas masyarakat. Tampil semakin berkelas dengan desain sporti, keduanya hadir dengan suguhan warna dan stripe terbaru yang melengkapi performa terbaiknya. New Honda Vario 150 sebagai pilihan skutik bagi anak muda yang menyukai desain ekslusif […]
  • Pengumuman Pembatalan Maybank Marathon 2020

    Pengumuman Pembatalan Maybank Marathon 2020

    Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di hampir seluruh kota besar di Indonesia, serta pembatasan penerbangan antar kota, dengan ini Maybank Indonesia menyampaikan pembatalan pelaksanaan Maybank Marathon di Bali tahun 2020. Pembatalan penyelenggaraan Maybank Marathon 2020 tidak mempengaruhi predikat World Athletics Bronze Label yang disandang Maybank Marathon […]
  • Berburu Konten Edukasi di YouTube

    Berburu Konten Edukasi di YouTube

    Ilmu pengetahuan, selain bisa diperoleh lewat sekolah atau kuliah, kini juga bisa didapatkan melalui internet dengan mudah dan cepat. Internet atau jagat maya menawarkan ribuan konten yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah pengetahuan, baik melalui website, blog, Instagram, atau kanal YouTube yang bertemakan edukasi. Seperti saat ini, kebanyakan pengguna smartphone terutama kalangan usia muda lebih condong memilih YouTube sebagai […]
  • Manfaatkan Aplikasi Pulse, Prudential Indonesia dan Halodoc Sediakan 50.000 Rapid Test Covid-19 Tanpa Biaya

    Manfaatkan Aplikasi Pulse, Prudential Indonesia dan Halodoc Sediakan 50.000 Rapid Test Covid-19 Tanpa Biaya

    PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meningkatkan kerja sama dengan Halodoc, salah satu penyedia layanan kesehatan berbasis online asal Indonesia, dengan menyediakan layanan tes diagnostik cepat COVID19 (rapid test) tanpa biaya bagi 50.000 warga Jakarta dan Surabaya melalui aplikasi Pulse by Prudential (Pulse). Pulse adalah aplikasi kesehatan digital yang menghadirkan pengelolaan kesehatan holistik dan didukung […]
  • Foto : Serunya Pertandingan Liverpool vs MU di PHX Bintaro

    Foto : Serunya Pertandingan Liverpool vs MU di PHX Bintaro

    PHX Bintaro, sebuah foodcourt di Bintaro Sektor 9, menggelar acara Nonton Bareng (Nobar) bagi pengunjungnya pada Sabtu, 14 Oktober 2017. Nobar ini menampilkan pertandingan yang sudah ditunggu-tunggu para penggemar sepak bola yaitu antara Liverpool melawan MU. Suasana malam Minggu pun menjadi hangat dengan teriakan para pengunjung yang menonton pertandingan ini sambil menikmati berbagai pilihan menu […]
  • Tempat Nongkrong di Bintaro : Waroeng Zuta BarBalap

    Tempat Nongkrong di Bintaro : Waroeng Zuta BarBalap

    INFOBINTARO – Mencari tempat nongkrong di Bintaro yang asik dan mengenyangkan? Maka jawabannya adalah Waroeng Zuta Barbalap. Yap, ini adalah tempat nongkrong yang menyediakan berbagai menu mulai dari makanan ringan hingga berat. Waroeng Zuta Barbalap Sering Jadi Tempat Nongkrong di Bintaro Malam Hari Kedai ini sering dijadikan sasaran hang out oleh warga Bintaro khususnya mereka […]
  • Stress Dengan Kemacetan? Ini Alternatif Solusi Jalan Keluarnya

    Stress Dengan Kemacetan? Ini Alternatif Solusi Jalan Keluarnya

    Lebaran sudah usai. Wilayah Jakarta dan daerah-daerah sekitarnya yang sebelumnya ditinggalkan warganya mudik ke kampung halaman kini kembali berdenyut. Wilayah Jabodebatek kembali dipenuhi berbagai kendaraan dari warga masyarakat yang beraktivitas (baca juga : Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran, Jalur Tol di Jakarta Padat). Kembalinya normalnya aktivitas masyarakat tentunya membawa dampak bagi kemacetan lalu lintas yang […]
  • Daimler Commercial Vehicles Indonesia Tetap Membuka Jaringan Layanan Servis untuk Pelanggan

    Daimler Commercial Vehicles Indonesia Tetap Membuka Jaringan Layanan Servis untuk Pelanggan

    PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) dan PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) berkomitmen untuk selalu menjaga bisnis pelanggan kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia tetap berjalan, dengan aktif menyediakan jaringan layanan servis dan pasokan suku cadang selama situasi darurat wabah COVID-19 di Indonesia. DCVI dan DCVMI memantau setiap perkembangan situasi dengan seksama, termasuk kesehatan […]
  • Hati-hati Penipuan! Kenali Ciri-ciri Lowongan Kerja yang Tidak Aman

    Hati-hati Penipuan! Kenali Ciri-ciri Lowongan Kerja yang Tidak Aman

    Baru-baru ini Info Bintaro menerima iklan lowongan kerja yang mencurigakan via Whatsapps. Biasanya sesudah Lebaran, sebagian orang berpikir untuk mencari pekerjaan baru. Runyamnya ada orang jahat yang memangsa korban para pencari pekerjaan. Agar Anda tidak tertipu, simak tips dari JobsDB.com mengenai ciri-ciri yang harus Anda perhatikan dalam mengidentifikasi lowongan kerja yang tidak aman. Perekrutan Berbayar […]
  • Segala Food, Menu Yang Pas Buat Lembur di Kantor

    Segala Food, Menu Yang Pas Buat Lembur di Kantor

    Apakah Anda sering lembur di  kantor dan tidak ada OB yang bisa disuruh beli makan malam? Bila Anda tinggal di Bintaro, ada alternatif untuk pesan makan malam. Namanya Segala Food. Kenapa namanya Segala Food? Karena para pendirinya ingin menyajikan segala makanan nasi nusantara. Di sini anda dapat memesan nasi lidah lado merah dan nasi lidah […]
  • Pameran Virtual Indobuildtech 2020 resmi dibuka

    Pameran Virtual Indobuildtech 2020 resmi dibuka

    Di tengah masa pandemic yang sangat menantang, berbagai sektor dunia usaha mengalami penurunan, mulai dari sektor ekonomi informal skala mikro UMKM hingga skala industri besar, termasuk dunia konstruksi, dimana banyak tenaga kerja berada di lingkungan yang sama. Oleh karenanya, perlu dilakukan upaya-upaya inovatif agar dapat menjaga kondisi ekonomi dan sosial masyarakat, tanpa mengurangi fokus dan […]
  • Percepatan Digitalisasi Indonesia, Telkom Modernisasi Jaringan di Kota Serang dan Kabupaten Lebak

    Percepatan Digitalisasi Indonesia, Telkom Modernisasi Jaringan di Kota Serang dan Kabupaten Lebak

    Di tengah kondisi pandemi COVID-19, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tetap mengoptimalkan operasional network, salah satunya fiberisasi jaringgan demi mendukung terwujudnya pengalaman digital terbaik pelanggan yang beraktivitas di rumah. Pada akhir pekan lalu (29/5), Direktur Network & IT Solution Telkom, Zulhelfi Abidin meresmikan Modern Broadband City Kota Serang dan Kabupaten Lebak. Peresmian dilakukan secara […]
  • Bantu UMKM, Ninja Xpress Bersama Mohoi Bersinergi melalui Pesan Bumi

    Bantu UMKM, Ninja Xpress Bersama Mohoi Bersinergi melalui Pesan Bumi

    Di tengah pandemi Covid-19, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih menunjukkan ketangguhannya. Sebagai perusahaan jasa logistik, Ninja Xpress berkomitmen untuk terus membantu UMKM baik sebelum maupun saat berada di masa pandemi. Pentingnya UMKM terlihat pada sumbangsih sektor ekonomi kreatif yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Capaian ini terlihat pada tahun 2016, dari data […]
  • Ini Harga Varian All New Nmax 155 Standard Buat Pecinta Maxi Yamaha

    Ini Harga Varian All New Nmax 155 Standard Buat Pecinta Maxi Yamaha

    Akhir tahun 2019 lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memperkenalkan All New Nmax 155, produk terbarunya yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Skutik MAXI Yamaha itu langsung menjadi pusat perhatian dengan berbagai keunggulan yang disematkan dalam All New Nmax 155 yang akan membawa konsumen masuk ke babak baru “Enter The New Stage”. Yamaha pun […]
  • Shopee Ajak Pengguna Kumpulkan Donasi sebagai Bentuk Upaya Bantuan Tsunami di Selat Sunda

    Shopee Ajak Pengguna Kumpulkan Donasi sebagai Bentuk Upaya Bantuan Tsunami di Selat Sunda

    Mengakhiri tahun 2018, Indonesia kembali dilanda bencana tsunami di Selat Sunda yang menerjang kawasan barat Pulau Jawa dan pesisir Lampung. Sejak Hingga 26 Desember kemarin, tercatat 430 orang meninggal dunia, 1.495 luka-luka, 159 orang hilang, dan 21.991 pengungsi. Menindaklanjuti kerjasama dengan empat mitra lembaga kemanusiaan, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Aksi Cepat Tanggap, Rumah Zakat, […]

Tinggalkan Balasan